Worlds Time Zones

“Ima nanji desuka? ” begitu kata orang Jepang, “What time is it now ?” begitu kata orang Amerika, Inggris, Canada, Australia and New Zeal...

“Ima nanji desuka?” begitu kata orang Jepang, “What time is it now?” begitu kata orang Amerika, Inggris, Canada, Australia and New Zealand, “Jam berapa sekarang?” begitu kata orang Indonesia. 

Ini adalah pertanyaan yg umum dimanapun anda tinggal di muka bumi ini. Dan jawabannya pun tergantung dimana anda tinggal di muka bumi ini. Kita semua tahu letak Indonesia yg dilewati garis kathulistiwa (Equator). Yg merupakan 0 derajad latitude, kita semua tahu 90 derajad North latitude adalah North Pole (Kutub Utara) dan 90 derajad South latitude adalah South Pole (Kutub Utara). Semua wilayah (daratan ataupun lautan) dimuka bumi ini yg berada di selatan equator disebut Southern Hemisphere (belahan bumi selatan), dan semua wilayah (daratan ataupun lautan) dimuka bumi ini yg berada di utara equator disebut Northern Hemisphere. 

Jadi pulau Sumatera terletak di 2 belahan bumi, pulau Sumatera yg bagian utara (Medan, Aceh) terletak di Northern Hemisphere (belahan bumi utara) sedangkan pulau Sumatera yg bagian selatan (Palembang, Bandar Lampung) terletak di Sourthern Hemisphere (belahan bumi selatan).

Mungkin banyak dari KOKIERS yg sering terbang dari Jakarta (CGK) ke Singapore (SIN), penerbangan singkat yg hanya memakan waktu sekitar 1 jam 20 menit dengan jarak 883 Km (546 miles). Tetapi penerbangan singkat ini melintasi equator, dengan kata lain penerbangan singkat yg berasal dari Jakarta, di belahan bumi selatan, 6.08 derajad di selatan garis Khatulistiwa, berakhir di Singapore, di belahan bumi utara,1.17 derajad di utara garis Khatulistiwa.


Tropic region

Yg disebut tropical area adalah wilayah yg terletak antara 23.5 N sampai 23.5 S. Wilayah yg terletak di sini tidak ada pergantian musim panas ke musim dingin, seperti di Indonesia, Singapore, Malaysia, Ecuador, Congo, Kenya dan bahkan Hawaii, yg merupakan satu satunya Negara bagian di Amerika yg memiliki iklim tropical. Kota Honolulu terletak di Latitude 21.20 North & Longitude 57.56 West. 

Atau dengan kata lain yg disebut daerah tropic adalah daerah yg terletak di antara Tropic of Cancer di 23.5 N (lintang utara) dan Tropic of Capricorn di 23.5 S (lintang selatan). 

Matahari tampak persis di 23.5 North (Tropic of Cancer) setiap tahun tanggal 21 June (first day of summer & the longest day in Northern Hemisphere, and first day of winter & the shortest day in Southern Hemisphere).  

Matahari tampak persis di 23.5 South (Tropic of Capricorn) setiap tahun tanggal 21 December (first day of winter & the shortest day in Northern Hemisphere, and first day of summer & the longest day in Southern Hemisphere)

Subtropical region

Diatas 23.5 N dan dibawah 23.5 S adalah daerah yg disebut Subtropical, daerah ini sampai sekitar 35 N dibelahan bumi utara dan 35 S di belahan bumi selatan. Contoh subtropical adalah kebanyakan Negara bagian di bagian selatan USA (The Southern States) GA, FL, MS, AL, LA. Bahkan Los Angeles, CA termasuk di subtropical area (33.56 N – Lintang Utara). Mediterranean dan Perth, Western Australia (31.56 S – Lintang Selatan) juga termasuk di subtropical area.
    

North Temperate Zone vs. South Temperate Zone

Dari 35 N sampai sekitar 66 N di belahan bumi utara disebut North Temperate Zone dan dari 35 S sampai sekitar 66 S di belahan bumi selatan disebut South Temperate Zone. Ini merupakan daerah yg memiliki 4 musim; winter (dalam arti kata turun salju dimusim dingin), spring, summer and fall (autumn). 

Tokyo termasuk di wilayah ini Latitude 35.46 North & Longitude 140.23 East dan hampir semua kota2x di Eropa termasuk di dalam North Temperate Zone spt;

  • Frankfurt - Latitude 50.02 North & Longitude 008.34 East
  • Amsterdam - Latitude 52.18 North & Longitude 004.46 East
  • London - Latitude 51.28 North & Longitude 000.27 West

Kebanyakan kota2x besar di Amerika Serikat dan semua Canadian major cities termasuk di dalam North Temperate Zone spt;

  • Washington, DC - Latitude 38.57 North & Longitude 77.27 West
  • San Francisco, CA - Latitude 37.45 North & Longitude 122.27 West
  • Chicago, IL - Latitude 41.59 North & Longitude 87.54 West
  • New York, NY - Latitude 40.38 North & Longitude 73.47 West
  • Toronto, ON - Latitude 43.41 North & Longitude 79.38 West
  • Montreal, QC - Latitude 45.28 North & Longitude 73.45 West 

Anda perhatikan Montreal, Quebec, Canada terletak pada 45 derajad lintang utara yg berarti persis di tengah2x antara Kutub Utara dan Khatulistiwa. 

Sedangkan kota besar di belahan bumi selatan yg termasuk di dalam South Temperate Zone adalah Auckland, New Zealand - Latitude 36.52 South & Longitude 174.46 East. Kalau anda lihat globe memang tidak banyak kota2x besar di belahan bumi selatan di bawah 35 derajad lintang selatan, semua kota2x besar di belahan bumi selatan dibawah ini adalah diatas 35 derajad lintang selatan;

  • Buenos Aries, Argentina (Latitude 34.49 South)
  • Johannesburg, South Africa (Latitude 26.15 South)
  • Sydney, Australia (Latitude 33.56 South)
  • Sao Paulo, Brazil (Latitude 23.38 South)
  • Rio de Janeiro, Brazil (Latitude 22.49 South)

Arctic region vs. Antarctic region
Yang disebut Arctic region adalah wilayah yg terletak di atas 66 lintang utara sampai ke North Pole (90 derajad lintang utara). Sedangkan yg disebut Antarctic region adalah wilayah yg terletak di bawah 66 lintang selatan sampai ke South Pole (90 derajad lintang selatan). Ini adalah daerah yg diliputi salju abadi. Ini adalah daerah yg pada waktu musim panas melihat matahari selama 90 hari nonstop (tidak pernah gelap) tapi tetap ada salju, tetapi pada waktu musim dingin tidak melihat matahari selama 90 hari (tidak pernah terang) dan tentu saja semakin banyak salju.

Setahu saya tidak ada kota besar dimuka bumi ini yg terletak di Arctic maupun Antarctic region. Bahkan kota2x di bawah inipun masih dibawah 66 lintang utara;

  • Stockholm, Sweden (Latitude 59.21 North)
  • Helsinki, Finland (Latitude 60.19 North)
  • Anchorage, AK, USA (Latitude 61.15 North)
  • Fairbanks, AK, USA (Latitude 64.49 North)

Latitude vs. Longitude and Greenwich Mean Time (GMT)
Kalau dari tadi saya berbiacara tentang Latitude (lintang) yg merupakan garis imaginasi (imaginary lines) yg HORIZONTAL membagi bumi kita dari Utara ke Selatan, dengan 90 degree N di North Pole, 0 degree di Equator and 90 degree S di South Pole.

Masih ada garis yg VERTICAL yg membagi bumi kita dari barat ke timur, ini juga garis imaginasi (imaginary lines). Kalau kita semua setuju 0 derajad Latitude (lintang) adalah di Equator, lalu bagaimana menentukan 0 derajad Longitude (bujur)? 
Di akhir abad ke 19, tepatnya sekitar tahun 1880an wakil2x dari 30 negara bertemu di kota Greenwich di dekat kota London, England membicarakan ttg International Standard Time. Sebelomnya urusan jam adalah urusan Negara masing2x jadi suka2x Cina mau bilang ini jam berapa, suka2x Amerika mau bilang ini jam berapa, akibatnya kapten2x kapal (jaman itu belom ada pesawat terbang) bingung habis kalau berlayar dari barat ke timur atau timur ke barat. Setelah konfrensi di kota Greenwich, mereka semua setuju dengan International Standard Time dan untuk mengenang konfrensi yg diadakan di kota Greenwich, kota tsb diberi kehormatan menjadi Longitude (bujur) 0 derajad.

Semua wilayah yg terletak di barat kota Greenwich termasuk Western Hemisphere (Belahan Bumi Barat) dan semua wilayah yg terletak di timur kota Greenwich termasuk Eastern Hemisphere (Belahan Bumi Timur). Jadi kalau anda lihat longitude kota2x di Eropa barat spt yg saya sebut di atas tadi; Frankfurt 008.34 East; Amsterdam 004.46 East dan juga semua kota2x di daratan Eropa spt Berlin, Vienna, Paris, Rome, dll semua kota2x ini letaknya di SEBELAH TIMUR dari GMT, jadi sebetulnya kota2x tsb terletak di Eastern Hemisphere (Dunia Timur). 

Jadi kalau ada orang yg bilang Belanda, Jerman, Italia, Perancis, dll itu sebagai NEGARA BARAT, secara theory itu KELIRU, yg betul2x negara barat itu hanya USA, Canada, semua negara2x di America Latin, beberapa negara di pantai barat di benua Africa, sebagian besar Inggris Raya (UK) dan Republic of Ireland. Tetapi ini sudah menjadi sesuatu yg salah kaprah, krn negara2x tsb; Belanda, Jerman, Perancis, Italia, dll sudah dikenal sebagai NEGARA/DUNIA BARAT, jauh sebelom GMT dipakai sekitar tahun 1880an. 

The end of the world (180 derajad) – eastern hemisphere meets western hemisphere
Karena Bumi di berbentuk bola (lingkaran) yg tentu saja 360 derajad. Jadi dibalik kota Greenwich (halfway around the world) atau titik temu antara 180 derajad East (Bujur Timur) dan 180 derajad West (Bujur Barat) di tengah Pacific Ocean yg disebut International Date Line, an imaginary line from North Pole to South Pole, ini adalah ujung dunia, no man’s land, end of the world where Eastern Hemisphere meets Western Hemisphere. 

Kalau anda mau merayakan malam tahun baru 2 kali silahkan anda pergi ke Big Diomede Island in Russia’s Far East pada tanggal 31 December, begitu jam menunjukkan 00.00 anda sudah merayakan malam tahun baru di Big Diomede Island, Russia. Tentu saja anda harus menahan cuaca yg sangat dingin di daerah tsb di bulan December/January (Winter in northern hemisphere). Dengan JALAN KAKI (YES, soalnya Bering Straits BEKU total pada saat itu, anda bisa jalan kaki dari Russia menuju TIMUR ke America sepanjang 2.5 miles (4 km) ke Little Diomede Island in Alaska, USA. 

Anda akan sampai di pulau tsb dan anda akan dapat 1 hari, jadi waktu di Alaska adalah dini hari 31 December, anda bisa bersiap2x utk merayakan malam tahun baru untuk kedua kalinya, besok malam waktu Alaska.   

So it is possible to walk between the two islands – from the United States’ Far West to Russia’s Far East, from today to tomorrow, or from Russia to the United States, from today to yesterday. It is even possible to stand on the frozen Bering Strait, with one foot in America and one foot in Russia! One foot on Friday afternoon (Jan 1, 2010) in Russia and one foot on Thursday afternoon (Dec 31, 2009) in America!!!

Ini ada foto Diomede island di Selat Bering, air disini BEKU total di musim dingin jadi anda bisa JALAN dari pulau yg di sebelah kiri; Little Diomede island, Alaska, USA menuju Big Diomede island, Russia (disebelah kanan). Ini adalah jarak TERDEKAT antara USA dan Russia, hanya 2.5 miles (4 km) yg juga merupakan jarak terdekat antara benua Asia dan benua Amerika.



Bumi ini memang menakjubkan Pacific Ocean yg begitu besar di belahan bumi selatan dan di khatulistiwa, tetapi di belahan bumi utara menyempit dan bahkan tidak bisa dipanggil sebagai OCEAN lagi, tetapi dipanggil SELAT/Strait, Bering Strait. Semua daratan bertemu di utara bumi dan semua samudera bertemu di selatan bumi. 

Kalau pulau yg disebelah kiri (USA) adalah hari Rabu siang, maka pulau yg disebelah kanan pada foto ini (Russia) adalah hari Kamis siang. Pulau yg disebelah kiri (USA) sering disebut dengan “Yesterday Island” sedangkan pulang yg di sebelah kanan (Russia) sering disebut dengan “Tomorrow Island” 

“Because the International Date Line runs down the 2.5 mi (4 km) gap between the two islands, one can look from Alaska into ‘tomorrow’ in Russia or one can look from Russia into ‘yesterday’ in Alaska” Zev tolong pasang fotonya, thanks!

GMT (0 derajad) – eastern hemisphere meets western hemisphere

Kalau Latitude (lintang/Horizontal Line) menentukan musim di bumi ini, Longitude (bujur/Vertical Line) menentukan waktu di bumi ini. Karena bumi itu bulat 360 derajad dan 1 hari ada 24 jam, jadi di bumi kita ini ada 24 time zone, setiap 15 derajad Longitude, akan selisih 1 jam, dengan patokan GMT (Greenwich Mean Time). 

Ini saya juga ada foto dengan judul GMT-West-meets-East.JPEG. Ini adalah foto 0 derajad bujur timur dan 0 derajad bujur barat. Foto ini diambil di Greenwich Observatory ditempatnya jam GMT di luar kota London.

Jadi anda juga bisa berdiri dengan satu kaki di Western Hemisphere dan satu kaki di Eastern Hemisphere, tetapi bagi saya yg berdiri di atas selat Bering yg beku peris di International Date Line, ketika 180 East bertemu dengan 180 West lebih KEREN (COOL) karena satu kaki anda berada di Hari Selasa siang (Russia) dan satu kaki lainnya berada di Senin siang (USA). Sedang yg di 0 derajad walaupun satu kaki anda di Eastern Hemisphere dan satu kaki anda di Western Hemisphere, kedua kaki anda tetap di waktu GMT. 

Anda bisa menentukan waktu dimanapun di muka bumi ini (kecuali di kutub utara & selatan) dengan patokan GMT, misalnya waktu di Jakarta (WIB) adalah GMT + 7. Dengan kata lain misalnya jam 7.00 am (jam 7 pagi) di Greenwich berarti jam 2.00 pm (jam 2 siang atau 14.00 WIB) di Jakarta. 

Spt yg saya bilang tadi, letak kota Greenwich adalah di luar kota London, apakah kalau jam 7 pagi di London berarti di Jakarta juga jam 2 siang? Logikanya demikian, masak sih waktu di Greenwich (GMT) bisa beda dengan waktu di London? Tidak mungkin bukan? Ini spt waktu di Jakarta dan waktu di Ciputat, pasti akan selalu sama bukan? Tidak ada perbedaan waktu antara Jakarta dan Ciputat!

Tetapi ternyata tidak demikian antara waktu di kota London dengan GMT. Dinegara 4 musim, matahari terbit dan terbenam setiap hari selalu pada waktu yg berlainan. Kalau di Jakarta saya tahu persis jam 6 pagi matahari terbit dan jam 6 sore matahari terbenam setiap hari sepanjang tahun sama bukan? 

Nah kalau di Negara 4 musim tidak demikian, kalau tanggal 21 June (the first day of summer – the longest day) di Washington, DC matahari terbenam sekitar jam 9.00 pm atau pukul 21.00 (kita dapat sekitar 15 jam terang/daylight), sedangkan kalau tanggal 21 December (the first day of winter – the shortest day) di Washington, DC matahari terbenam sekitar jam 4.30 pm atau pukul 16.30 (kita hanya dapat sekitar 9 jam terang/daylight). Makanya banyak di negara2x 4 musim mengambil system Daylight Saving Time (DST) spt di Amerika, Canada, Eropa, Australia and New Zealand. 


Daylight Saving Time (DST)

Lalu apa sih DST itu? Di negara2x 4 musim yg memakai DST setiap tahun kita rubah jam kita 2 kali, di musim semi, di Amerika Serikat sekitar March minggu ke 2 dan di Eropa sekitar April minggu pertama, jam kita majukan 1 jam, ini istilahnya SPRING FORWARD (Pada saat in Chicago, IL beda 12 jam dengan Jakarta). Jadi kita kehilangan 1 jam, tetapi hari semakin panjang, kalau tadinya jam 6 sore udah gelap, sekitar bulan March jam 7 sore baru gelap. Dengan kata lain sehabis pulang kerja kita bisa berkebun, naik sepeda, atau melakukan outdoor activities 1 jam lebih lama krn matahari terbenam 1 jam lebih lama. Mungkin bagi anda yg tinggal di Indonesia masih tetep bingung, tetapi dampak DST cukup besar di berbagai macam bidang. Saya pernah baca fortune magazine, isinya kurang lebih gini 

Seven-week extension of DST would yield an additional $30 million for 7-Eleven stores, and the National Golf Foundation estimated the extension would increase golf industry revenues $200 million to $300 million”    

Selain itu dengan memakai DST pemakaian residential lighting juga akan berkurang yg mengakibatkan saving energy. 

Di akhir October atau awal November, sewaktu matahari di belahan bumi utara melemah, jam kita putar balik lagi, kita mundurkan 1 jam, ini namanya FALL BACK (Pada saat in Washington, DC beda 12 jam dengan Jakarta). Jadi kita dapat 1 jam extra, tetapi hari semakin pendek, kalau tadi jam 6.30 sore masih ada matahari sekarang matahari terbenam sekitar jam 5.30 sore di bulan Oct/Nov. Nanti 6 bulan lagi jam dimajukan ke depan lagi, begitu seterusnya. 

Tetapi tidak di semua Negara 4 musim ambil system Daylight Saving Times, contohnya di China & Japan yg sama2x punya 4 musim tetapi mereka tidak ada Daylight Saving Times, akibatnya Tokyo selalu 2 jam di depan Jakarta sepanjang tahun dan Beijing selalu 1 jam di depan Jakarta sepanjang tahun.


DST in use – Summer in Northern Hemisphere
Lain dengan kota2x spt London, Amsterdam, Chicago dan Washington, DC. Dimusim panas (daylight saving times) dari sekitar bulan March/April sampai October misal di Jakarta jam 3 sore (15.00 WIB) hari Kamis dan di Singapore and Bali jam 4 sore (16.00) hari Kamis;

  • Los Angeles jam 1 pagi hari Kamis
  • Phoenix jam 1 pagi hari Kamis
  • Denver jam 2 pagi hari Kamis
  • Chicago jam 3 pagi hari Kamis (Summer: Chicago & Jakarta beda 12 jam)
  • Washington jam 4 pagi hari Kamis
  • GMT jam 8 pagi hari Kamis (Jakarta is GMT + 7)   
  • London jam 9 pagi hari Kamis
  • Amsterdam jam 10 pagi hari Kamis      

DST not in use – Winter in Northern Hemisphere
Tetapi dari end of Oct or early of Nov sampai March/April misal di Jakarta jam 3 sore (15.00 WIB) hari Kamis dan di Singapore and Bali jam 4 sore (16.00) hari Kamis;

  • Los Angeles jam 12 midnight
  • Phoenix jam 1 pagi hari Kamis (lihat AZ note dibawah)
  • Denver jam 1 pagi hari Kamis
  • Chicago jam 2 pagi hari Kamis
  • Washington jam 3 pagi hari Kamis (Winter: Washington & Jakarta beda 12 jam)
  • GMT jam 8 pagi hari Kamis (So, again Jakarta is GMT + 7)   
  • London jam 8 pagi hari Kamis (Tidak ada perbedaan waktu di London dan GMT)
  • Amsterdam jam 9 pagi hari Kamis  

Karena GMT merupakan standard waktu dunia, jadi GMT TIDAK BOLEH dirubah waktunya. Therefore, in the UK, GMT is the official time only during winter; during summer British Summer Time (BST) is used.

Dengan kata lain misal GMT adalah 7.00 am, dimusim dingin jam diseluruh Inggris Raya (United Kingdom) juga 7.00 am. Sedangkan dimusim panas, misal GMT adalah 7.00 am, jam diseluruh Inggris Raya (United Kingdom) dan TERMASUK jam di kota Greenwich menunjukkan jam 8.00 am, tetapi GMT clock TETAP 7.00 am. Semoga anda nggak bingung deh, ada yg bisa menjelaskan lebih bagus nggak nih?

AZ Note:
Negara bagian Arizona di USA tidak memakai Daylight Saving Time, jadi jam di kota2x di Arizona spt di Phoenix, AZ; Flagstaff, AZ; Tempe, AZ, dll tidak pernah dirubah, SELALU 14 jam dibelakang Jakarta atau selalu GMT -7 dan Jakarta SELALU GMT + 7 

World’s time zone – during Summer in Northern Hemisphere
Dibawah ini adalah daftar world’s time zones sewaktu Daylight Saving Times in Northern Hemisphere (dari bln March/April sampai akhir October)



GMT – 10
Hawaiian Standard Time – No DST


8.00 am Saturday morning in Honolulu, HI.

Meliputi semua kepulauan Hawaii. Selain Arizona, negara bagian Hawaii juga tidak memakai Daylight Saving Times, jadi jam tidak pernah dirubah di Hawaii. Honolulu, HI SELALU 17 jam dibelakang Jakarta sepanjang tahun.




GMT – 8
Alaskan Standard Time – DST in use in the summer

10.00 am Saturday morning in Anchorage, AK.

Meliputi semua wilayah Alaska 



GMT – 7
Pacific Standard Time (PST) – DST in use in the summer


11.00 am Saturday morning in Los Angeles, CA.

Meliputi wilayah pantai barat (West Coast) Amerika Serikat yg meliputi negara2x bagian; Washington, Oregon, California & Nevada yg meliputi kota2x dibawah ini;

Los Angeles, CA; San Francisco, CA; San Diego, CA; Seattle, WA; Las Vegas, NV; Portland, OR & Phoenix, AZ (lihat keterangan AZ Note diatas, No DST)

Juga meliputi provinsi British Columbia (BC) & Yukon Territory (YT) di Canada

Vancouver, BC & Whitehorse, YT


GMT – 6
Mountain Standard Time (MST) – DST in use in the summer


12.00 noon on Saturday in Denver, CO.

Meliputi wilayah Rocky Mountains di Amerika Serikat, negara2x bagian spt Colorado, New Mexico, Utah, Wyoming, Idaho & Montana. 

Kota2x di AS di bawah ini berada di MST – Mountain Standard Time;

Denver, CO; Salt Lake City, UT; Albuquerque, NM; Santa Fe, NM; Billing, MT; Boise, ID & El Paso, TX (Texas bagian barat masuk MST)

Juga Canadian Rockies yg meliputi propinsi Alberta (AB) & Northern Territory (NT):

Calgary, AB & Edmonton, AB

Time Zone ini juga meliputi kota2x tsb di America Latin

San Jose, Costa Rica; San Salvador, El Salvador & Tegucigalpa, Honduras 
 
GMT – 5

Central Standard Time (CST) – DST in use in the summer

1.00 pm (13.00) on Saturday in Chicago, IL.

Meliputi wilayah tengah di Amerika Serikat yg meliputi negara2x bagian spt; Wisconsin, Illinois, Iowa, Missouri, Arkansas, Louisiana, Alabama, Minnesota, Oklahoma, Kansas. 
Sedangkan sebagian besar dari pada negara2x bagian tsb ada di CST kecuali bagian2x barat dari pada negara2x bagian tsb berada di MST; Texas, Nebraska, North Dakota, South Dakota. 

Kota2x di AS dibawah ini berada di CST – Central Standard Time;

Minneapolis, MN; Chicago, IL; Kansas City, MO; Dallas, TX; Houston, TX; San Antonio, TX; New Orleans, LA; Little Rock, AR; Oklahoma City, OK; Wichita, KS; Olathe, KS ; St. Louis, MO; Des Moines, IA & Omaha, NE

Dan juga Canadian prairie yg meliputi propinsi2x Manitoba (MB) & Saskatchewan (SK):

Winnipeg, MB; Regina, SK & Saskatoon, SK

Time Zone ini juga meliputi kota2x tsb di America Latin

Bogota, Colombia; Quito, Ecuador; Mexico City, Mexico & Lima, Peru 



GMT – 4
Eastern Standard Time (EST) – DST in use in the summer

2.00 pm (14.00) on Saturday afternoon in Washington, D.C

Meliputi kota2x di pantai timur (East Coast) Amerika Serikat dari ujung utara Maine sampai ujung selatan Florida di pantai timur, juga sampai jauh ke barat ke Ohio & Michigan yg masih termasuk EST. Michigan adalah negara bagian yg paling barat yg termasuk di wilayah EST. 

Kota-kota di AS dibawah ini berada di EST – Eastern Standard Time; 

Boston, MA; Providence, RI; New York, NY; Newark, NJ; Washington, DC; Wilmington, DE; Baltimore, MD; Detroit, MI; Miami, FL; Orlando, FL; Atlanta, GA; Cleveland, OH; Cincinnati, OH; Columbus, OH; Pittsburgh, PA; Philadelphia, PA & Indianapolis, IN

EST Juga meliputi 2 propinsi di Canada; Ontario (ON) & Quebec (QC);

Ottawa, ON; Toronto, ON; Montreal, QC & Quebec City, QC


GMT – 3
Atlantic Standard Time (AST) – DST in use in the summer

3.00 pm (15.00) on Saturday afternoon in Halifax, NS

Amerika Serikat tidak mempunyai wilayah yg masuk ke dalam Atlantic Standard Time. Ini hanyalah kota2x di pantai timur Canada seperti di provinsi2x; Nova Scotia (NS), New Brunswick (NB) & Prince Edward Island (PE)

Kota-kota di Canada dibawah ini berada di AST – Atlantic Standard Time; 
Halifax, NS; St. John, NB; Fredericton, NB & Charlottetown, PE

Atlantic Standard Time Zone juga dipakai di sini:

Rio de Janeiro, Brazil; Sao Paulo, Brazil &; Buenos Aries, Argentina 



GMT - 2.5
Newfoundland Time Zone– DST in use in the summer

3.30 pm (15.30) on Saturday afternoon in St. John’s, NF

Meliputi wilayah paling timur dari Canada

St. John’s, Newfoundland (NF) NOT to be confused with St. John, New Brunswick (NB). Keduanya sama2x kota di Canada’s Atlantic Provinces.

Yang disebut Canada’s Atlantic Provinces adalah semua propinsi2x di timur propinsi Quebec (yg berbicara bahasa Perancis) yg meliputi;

Nova Scotia (NS); New Brunswick (NB); Newfoundland (NF) & Prince Edward Island (PE) 

Iceland = GMT
6.00 pm (18.00) on Saturday evening at Reykjavik, Iceland    

Greenwich Mean Time (GMT)
6.00 pm (18.00) on Saturday evening GMT
Tetapi kota Greenwich sendiri menunjukkan pukul 7.00 pm (19.00) spt kota London pada waktu musim panas. Walaupun demikian GMT clock menunjukkan jam 6.00 pm (18.00) jam ini TIDAK BOLEH dirubah krn ini merupakan patokan jam dunia!


GMT + 1
British Summer Time (BST) – DST in use in the summer

Western European Time (WET)

7.00 pm (19.00) on Saturday evening in London

Spt yg saya jelaskan pada musim panas (Apr – Oct) waktu di London adalah GMT + 1

Meliputi semua kota2x di United Kingdom (UK), Republic of Ireland & Portugal;

London, England; Manchester, England; Edinburgh, Scotland ; Belfast, Northern Ireland; Dublin, Republic of Ireland & Lisbon, Portugal  


GMT + 2
Central European Time (CET) – DST in use in the summer

8.00 pm (20.00) on Saturday night in Amsterdam

Meliputi kota2x di daratan Eropa Barat KECUALI kota2x di Portugal

Amsterdam, Netherlands; Berlin, Germany; Frankfurt, Germany; Paris, France; Brussels, Belgium; Vienna, Austria; Zurich, Switzerland & Stockholm, Sweden 


GMT + 3
Russia zone 1 – Kaliningrad Time Zone (USZ1) – DST in use in the summer

Eastern European Time (EET) – DST in use in the summer
9.00 pm (21.00) on Saturday night in Helsinki

Meliputi kebanyakan kota2x di Eropa Timur (yg tadinya bekas USSR)

Kaliningrad Oblast, Russia; Helsinki, Finland; Tallinn, Estonia; Bucharest, Romania; Kiev, Ukraine; Istanbul, Turkey; Ankara, Turkey; Athens, Greece & Beirut, Lebanon 


GMT + 4
Russia zone 2 – Moscow Time (MSK) – DST in use in the summer

10.00 pm (22.00) on Saturday night in Moscow

Moscow, Russia; St. Petersburg, Russia & Abu Dhabi, United Arab Emirates 



GMT + 4.5
10.30 pm (22.30) on Saturday night in Kabul

Kabul, Afghanistan


GMT + 5
Russia zone 3 – Samara Time (SAMST) – DST in use in the summer

11.00 pm (23.00) on Saturday night in Baku

Baku, Azerbaijan; Yerevan, Armenia; Izhevsk, Russia & Dushanbe, Tajikistan 



GMT + 5.5
11.30 pm (23.30) on Saturday night in New Delhi

New Delhi, India; Colombo, Sri Lanka 


GMT + 6
Russia zone 4 – Yekaterinburg Time (YEKT) – DST in use in the summer

12.00 Midnight (00.00) in Islamabad

Islamabad, Pakistan; Ekaterinburg, Russia; Perm, Russia & Astana, Kazakhstan


GMT + 7


Russia zone 5 – Omsk Time (OMSK) – DST in use in the summer
 


Waktu Indonesia (Bagian) Barat (WIB) – No DST
 

Thailand Standard Time – No DST
1.00 am on Sunday early morning in Jakarta

Meliputi wilayah Indonesia bagian barat dan juga Indochina

Jakarta, Indonesia; Bangkok, Thailand; Hanoi, Vietnam; Phnom Penh, Cambodia; Vientiane, Laos; Western Siberian Region, Russia & Novosibirsk, Russia (This is the largest city in Siberia and the third largest city in Russia after Moscow and St. Petersburg)


GMT + 8
Russia zone 6 – Krasnoyarsk (KRAT)


Russia zone 7 – Irkutsk (IRKT)

Waktu Indonesia (Bagian) Tengah (WITA)

Australia Western Standard Time (AWST)

Malaysia Standard Time – No DST

China Standard Time – No DST


Philippine Standard Time– No DST

Mongolia Standard Time – No DST
2.00 am on Sunday early morning in Singapore

Meliputi wilayah tengah Indonesia juga Singapore, Malaysia, China dan pantai barat (West Coast) Australia:

Singapore; Denpasar, Bali; Kuala Lumpur, Malaysia; Buryatia, Russia (Eastern Siberian region); Manila, Philippine; Perth, Western Australia; Beijing, China &

Shanghai, China dan semua kota2x di Cina, negara Cina yg sebesar itu hanya punya 1 time zone and no DST. 

Terus terang saya agak bingung dengan Russia zone 6 – Krasnoyarsk Time Zone (KRAT) dan Russia zone 7 – Irkutsk Time Zone (IRKT). Mungkin yg satu ada daylight saving time dan yg satu lagi tidak ada daylight saving time. Maklum belom pernah ke Russia. Mungkin bagi anda yg paham dengan Russia bisa dijelaskan. 

Tetapi Russia punya 11 time zones, more than any country on this planet, 11 time zones mean almost half of all the time zones on this planet!! Betapa besarnya Russia dari Eropa di ujung barat sampai Russia’s far east di Asia di ujung timur dekat dengan Alaska, USA. 

GMT + 9
Russia zone 8 – Yakutsk (YAKST)



Waktu Indonesia (Bagian) timur (WIT)

Japan Standard Time – No DST

3.00 am on Sunday early morning in Tokyo

Meliputi wilayah timur Indonesia juga Jepang dan Korea

Jayapura, Irian Jaya; Tokyo, Japan; Seoul, South Korea & Zabaykalsky Krai, Russia

GMT + 9.5
Australia Central Standard Time (ACST)

3.30 am on Sunday early morning in Adelaide, Australia

Meliputi wilayah tengah Australia yg terdiri dari South Australia and Northern Territory

Adelaide, South Australia & Alice Springs, Northern Territory 

GMT + 10
Russia zone 9 – Vladivostok (VLAT)


Australia Eastern Standard Time (AEST)
4.00 am on Sunday early morning in Sydney

Meliputi wilayah di pantai timur (East Coast) Australia

Sydney, New South Wales; Canberra, Australian Capital Territory; Melbourne, Victoria & Brisbane, Queensland  
Time zone ini juga meliputi Russia di timur:

Vladivostok, Russia & Sakhalin Island, Russia - Anda inget pesawat Korean Airlines yg ditembak Russia di tahun 1982? Pesawat tsb di tembak di atas pulau Sakhalin terbang dari Anchorage, AK, USA menuju Seoul, South Korea. Pesawat tsb ditembak krn oleh Russia dianggap melewati Russia’s Air Space. 


GMT + 11
Russia zone 10 – Magadan (MAGT)

5.00 am on Sunday morning in Honiara, Solomon Island

Kuril Island, Russia; Port Vila, Vanuatu & Honiara, Solomon Island
 

GMT + 12
Russia zone 11 – Kamchatka (PETT)

New Zealand Standard Time (NZST)


6.00 am on Sunday morning in Auckland, New Zealand

Wellington, New Zealand; Auckland, New Zealand & Kamchatka Peninsula, Russia’s far east next to Alaska.  

Time in Honolulu, HI vs. time in Auckland, New Zealand; Beda 2 jam atau 22 jam?

Nah sekarang kalau anda lihat waktu di Honolulu, HI 8.00 am & waktu di Auckland, New Zealand 6.00 am, jadi beda waktu antara Honolulu & Auckland 2 jam atau 22 jam? 

Yg benar adalah 22 jam, soalnya di Honolulu, Hawaii jam 8 pagi hari Sabtu sedangkan di Auckland, New Zealand adalah jam 6 pagi hari Minggu. Kalau anda bingung, harap ingat Auckland terletak di belahan bumi timur pada 174.46 E (Bujur Timur) atau hanya 5.54 derajad di barat International Date Line (180 – 174.46 = 5.54)

Sedangkan Honolulu terletak pada 157.56 W (Bujur Barat) atau 22.44 derajad di timur International Date Line (180 – 157.56 = 22.44). Jadi sebetulnya jarak antara Auckland, New Zealand dan Honolulu, Hawaii hanya 22.44 + 5.54 = 27.98 derajad. 

Kalau 1 lingkaran adalah 360 derajad dan 1 hari adalah 24 jam, jadi setiap jam adalah 15 derajad (360/24 = 15). Jadi 27.98 derajad (dibulatkan menjadi 30 derajad) makanya kalau di Auckland, New Zealand 6.00 am (pagi) di Honolulu, HI 8.00 am (pagi) itu benar, hanya selisih 2 jam. 

Tapi karena International Date Line terletak di antara Auckland dan Honolulu jadi perbedaan waktu menjadi 22 jam. Tapi kalau anda terbang dari Honolulu ke Auckland tidaklah terlalu jauh dan anda tidak akan jet lag berat. Ingat International date Line adalah titik temu 180 E and 180 W. 

Antartica, South Pole (Amundsen-Scott station)
Pernahkah anda berpikir kalau waktu itu ditentukan oleh Longitude (bujur), imaginary lines yg VERTICAL di bumi ini, kalau anda pikir, semua imaginary lines akan berakhir dan berasal dari North Pole dan South Pole. Lalu jam berapakah di South Pole dan North Pole? Apakah waktu di North Pole persis sama dengan waktu di South Pole (Tidak ada perbedaan waktu). Lalu jam berapakah di South Pole? 

Saya tidak perduli dengan North Pole karena North Pole itu sebenarnya hanyalah es yg membeku, kalau anda lihat Globe, semua benua (America, Europe dan Asia) ketemu di atas lalu di atas sono ada Arctic Ocean, jadi North Pole itu ada di tengah laut. Tetapi kalau anda lihat Globe, semua samudera; Pacific, Atlantic and Indian oceans bertemu di bawah dan dibawah sono ada benua luas namanya Antarctica, nah South Pole ada di benua ini. Saya lihat disini http://www.timeanddate.com/worldclock/city.html?n=468 disini kok waktu di South Pole = waktu di Auckland, New Zealand, kok bisa? Jawabannya ada disini (saya quote);

Antarctica has no official time zones .Therefore, researchers in the Arctic and Antarctic regions of the earth usually use the time zone associated with their research stations. For example, since nearly all flights to Antarctica and the South Pole are from New Zealand, New Zealand time is the most commonly used time zone in Antarctica.”

Menurut logika saya, Antarctica adalah satu satunya tempat di muka bumi ini yg mempunyai ke 24 time zones di muka bumi ini. Coba bayangkan semua imaginary lines (Longitude/Bujur) di muka bumi ini pasti akan melewati benua Antarctica dan berakhir di South Pole, jadi sekali lagi, what time is it in South Pole? Does anybody have the answer? Satu satu penjelasan yg bisa saya terima, adalah sbb:

Apakah penting utk mengetahui jam berapa di South Pole? Pada musim dingin, anda tidak akan melihat matahari (gelap terus selama 90 hari). Jadi anda tidak akan bisa membedakan jam 6 pagi, jam 12 siang, jam 6 sore, atau jam 12 malam soalnya gelap terus selama 3 bulan.

Dan pada waktu musim panas (masih tetap ada salju) anda akan melihat matahari (terang terus selama 90 hari nonstop), anda tidak akan bisa membedakan jam 6 pagi, jam 12 siang, jam 6 sore, atau jam 12 malam soalnya matahari bersinar terus selama 3 bulan. 

Jadi nggak ada gunanya ada waktu/jam disana!! 
Dan satu lagi yg saya pengin tahu, kalau kita berdiri di South Pole, dan kita bawa kompas, jarum kompas tsb akan menunjuk ke arah mana ya? Ada yg tahu nggak? Soalnya kemanapun kita menghadap kalau kita berdiri di South Pole, kita akan menghadap ke arah Utara (bener bukan?). 

There is NO East or West at the South Pole. In fact, this is the only two points on earth where East truly meets West (the other one is North Pole), whereas 0 degree longitude (GMT) where Eastern Hemisphere meets Western Hemisphere and 180 degree longitude (International Date Line) where Eastern Hemisphere meets Western Hemisphere are all man’s made. 

If we decided to have 0 degree longitude somewhere else, then International Date Line would have been somewhere else, perhaps in the middle of Atlantic Ocean or Indian Ocean instead of in the middle of Pacific Ocean. However, 0 degree latitude ALWAYS in the equator and as a consequence, 90 degree north ALWAYS in North Pole and 90 degree south ALWAYS in South Pole, this is NOT man’s made. 

In other words, latitude is not man’s made but longitude is man’s made. Therefore, since there no East and West in South Pole, no matter where you are standing on the South Pole, you are ALWAYS facing north.  
Ini ada foto South Pole yg saya ambil dari internet, foto ini diambil di Amundsen-Scott South Pole Station (Latitude 90.00 South) sewaktu 2007 – 2008 summer season, bayangkan kalau summer kayak gini, winter kayak apa coba?


Asal anda tahu saja, South Pole is the coldest place on earth, South Pole is much colder than North Pole since North Pole lies at sea level in the middle of an ocean (which acts as a reservoir of heat), while South Pole is located at continental land mass. Antarctica is the coldest, highest, driest and windiest of the continents – and the least hospitable to human life.
Suhu udara di South Pole di musim panas sekitar (January) = -25 Celcius

Suhu udara di South Pole di musim dingin sekitar (July) = -63 Celcius   

Anda merasa kepanasan di Jakarta – Latitude 6.08 South & Longitude 106.36 East, atau di Denpasar – Latitude 8.45 South & Longitude 115.10 East atau di Singapore – Latitude 1.17 North & Longitude 103.51 East? 

Pikir lagi, masih untung anda merasa kepanasan dari pada kedinginan dengan temperature di musim panas minus 25 Celcius di South Pole – Latitude 90.00 South & Longitude (terus terang saya bingung longitudenya berapa derajad) ada yg tahu nggak? 

Greetings from Latitude 38.57 North & Longitude 77.27 West. HL-DC. 

References:

  • http://www.worldtimezone.com/
  • http://www.timeanddate.com/worldclock/about.html
  • http://www.timeanddate.com/worldclock/
  • http://www.gov.state.ak.us/trade/2003/tad/russia/facts.htm
  • http://www.southpolequest.com/


Sumber :  

You Might Also Like

0 Comments