Struktur Bulan

Bulan Bulan adalah satelit alam Bumi, berputar-putar di orbit yang sedikit elips pada 2.300 mil per jam (3.683 km / jam). Pada kecepa...

Bulan
Bulan adalah satelit alam Bumi, berputar-putar di orbit yang sedikit elips pada 2.300 mil per jam (3.683 km / jam). Pada kecepatan ini, dibutuhkan waktu sekitar 27 hari untuk benar-benar meliputi bumi yang 240.250 mil (384.400 km). Meskipun tidak berputar mengelilingi matahari, karena ukuran dan komposisinya,  para ilmuwan planet memanggil dengan panggilan Moon sebuah “planet terestrial” yang mirip dengan Mercury, Venus, Bumi dan Mars.

Spacecraft telah mempelajari Bulan selama hampir setengah abad. Sejarah eksplorasi bulan langsung secara resmi dimulai pada tahun 1959 oleh Soviet, dan kemudian disusul misi AS berikutnya, seperti Ranger, Surveyor dan Lunar Orbiter yang memotret permukaan bulan sebagai persiapan pendaratan astronot. 

Pada tanggal 20 Juli 1969, mimpi menempatkan manusia di Bulan menjadi kenyataan ketika Neil Armstrong turun dari pesawat ruang angkasa Apollo 11 dan ke medan bulan yang berbatu dan berdebu. Misi Apollo berikutnya,kembali dan mengambil sampel ilmiah pertama dari bulan ke Bumi yang beratnya hampir £ 850 (400 kilogram) dari batuan Bulan. Setelah kembali ke Bumi dengan membawa banyak data, termasuk gambar dan sampel batuan permukaan bulan, muncul pertanyaan ilmiah yang tidak terjawab oleh sebagian besar ilmuan. Sebagian besar komposisi dan struktur Bulan masih merupakan misteri bagi para ilmuwan.

Kurang dari seperempat permukaan bulan telah dipetakan secara detail, dan sedikit yang diketahui tentang bagaimana ia terbentuk, terbuat dari apa, dan bagaimana ia berkembang?. 

Eksplorasi bulan secara langsung telah berlangsung lebih dari empat dekade. Pada pertengahan 1960-an, misi AS yang disebut Ranger, Surveyor dan Lunar Orbiter fotografi, memetakan permukaan Bulan untuk menentukan apakah medan bulan cukup ramah untuk manusia ataukah tidak?. Misi ini berhasil memberikan gambar awal permukaan Bulan yang dipenuhi kawah.

Pada tahun 1994, sebuah pesawat ruang angkasa kecil yang disebut Clementine membuat sebuah berita ketika menemukan bukti langsung yang mungkin  adanya es/air yang ada di Bulan.

Analisis contoh batuan yang dibawa Apollo menunjukkan bahwa Bulan terdiri dan didominasi pleh bahan vulkanik, yang komposisinya sangat mirip dengan Bumi. Apollo dengan studi seismiknya dan pengukuran kepadatan juga menyatakan bahwa Bulan hanya memiliki inti logam kecil, sekitar 15 kali lebih kecil daripada Bumi.

Sampel permukaan dari Bulan walau bagaimanapun berisi petunjuk penting, tidak hanya asal Bulan itu sendiri, tapi untuk awal dari seluruh tata surya. Data yang diperoleh dari batuan Bulan, telah menyebabkan para ilmuwan untuk menyimpulkan bahwa Bulan mungkin telah terbentuk sekitar 4,5 miliar tahun lalu, Bumi bertabrakan dengan benda yang sangat besar (seukuran Mars atau lebih besar), kemudian mendepak bahan baku yang pada akhirnya menjadi Bulan. Ini dikenal sebagai teori dampak. 

Saat ini, teori dampak yang mungkin adalah salah satu yang paling banyak diterima oleh para ilmuwan planet, namun teori lain masih masuk akal. Teori Coaccretion berpendapat bahwa Bulan terbentuk di orbit Bumi bersama dengan semua planet lainnya di tata surya. 

Teori Fisi itu, ketika tata surya masih sangat muda, Bumi berputar begitu cepat (hampir 10.000 mil per jam (16.000 km / jam), atau sepuluh kali kecepatan saat ini), bahwa pada saat itu ia melemparkan sepotong besar material Untuk menstabilkan sendiri perputarannya, bahwa sebagian teori berpendapat sepotong besar itu menjadi Bulan. 

Teori Capture berpendapat bahwa Bulan terbentuk di tempat lain di tata surya dan disita oleh Bumi. 

Dari semua teori-teori ini, teori dampak paling cocok dengan semua data yang sejauh ini telah terakumulasi tentang Bulan. Eksplorasi Masa Depan, khususnya yang akan menentukan komposisi massal secara global. Bulan sangat membantu para ilmuwan menyelesaikan masalah ini.

Permukaan dari 38 mil (60 km) kerak bulan yang tebal ditutupi dengan lapisan debu tepung yang disebut regolith. Daerah Bulan adalah kombinasi dari dataran tinggi dengan dipenuhi oleh kawah dan maria halus dan  kasar. 
Ada dataran tinggi yang lebih tua yang lebih banyak dan terpahat pada awal sejarah lunar (lebih dari empat miliar tahun yang lalu), ketika kristal mengapung ke permukaan Bulan  “Lautan magma” pada saat itu cairan maria lebih muda, halus dan besar. 

Dataran gelap  dibentuk 3-4.000.000.000 tahun lalu setelah cekungan besar akibat dentuman dari asteroid yang kemudian diisi dengan lava cair.

Berbeda dengan Bumi, Bulan tidak memiliki medan magnet yang signifikan, dan tidak memiliki atmosfer yang signifikan. 
Regolith terlindungi dengan demikian terus-menerus yang dibombardir oleh angin matahari. Yang terus melekat di bulan yaitu unsur kimia, seperti ion hydrogen dari matahari yang sampai ke permukaan bulan. 

Jadi, dengan mempelajari permukaan Bulan, ilmuwan dapat belajar banyak tentang Matahari.

Banyak pertanyaan lain. Sebagai contoh, para ilmuwan masih tidak mengerti mengapa kerak lebih tebal pada satu sisi, atau bagaimana sejarah vulkanik Bulan?. 
Lunar Prospector akan berusaha untuk menjawab beberapa pertanyaan yang tersisa dengan ilmuwan yang telah mempelajari tentang Bulan dan sejarahnya.



Sumber : Kafe Astronomi

You Might Also Like

0 Comments