GERHANA BULAN SEBAGIAN, 4 JUNI 2012

Gerhana Bulan adalah peristiwa ketika terhalanginya cahaya Matahari oleh Bumi sehingga tidak semuanya sampai ke Bulan.   Peristiwa yang m...

Gerhana Bulan adalah peristiwa ketika terhalanginya cahaya Matahari oleh Bumi sehingga tidak semuanya sampai ke Bulan. 
Peristiwa yang merupakan salah satu akibat dinamisnya pergerakan posisi Matahari, Bumi dan Bulan ini hanya terjadi pada saat fase purnama dan dapat diprediksi sebelumnya. Adapun Gerhana Matahari adalah peristiwa terhalangnya cahaya Matahari oleh Bulan sehingga tidak sampai ke Bumi dan selalu terjadi pada saat fase bulan baru.

Pada tahun 2012 ini diprediksi terjadi empat buah gerhana berupa dua buah Gerhana Matahari dan dua buah Gerhana Bulan. 
Gerhana Matahari tersebut adalah berupa Gerhana Matahari Cincin (GMC) yang terjadi pada 21 Mei 2012 dan Gerhana Matahari Total (GMT) yang terjadi pada tanggal 14 November 2012. 
Sedangk Gerhana Bulan yang terjadi adalah Gerhana Bulan Sebagian (GBS) yang terjadi pada tanggal 04 Juni 2012 dan Gerhana Bulan Penumbra (GBP) terjadi pada tanggal 28 November 2012.

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) sebagai institusi pemerintah yang salah satu tupoksinya dalam hal pengamatan posisi bulan dan matahari, penentuan tanda waktu dan pelayanan informasi tanda waktu, berkepentingan dengan pelayanan informasi GBS 4 Juni 2012 tersebut. 
Untuk itu, BMKG menyampaikan informasi GBS 4 Juni 2012 sebagai berikut.

Proses GBS 4 Juni 2012 yang diilustrasikan pada Gambar di bawah ini, fase-fase dan waktunya adalah sebagai berikut:
1. Gerhana Penumbra mulai (P1) : 
08j 46,5m UT = 15j 46,5m WIB
2. Gerhana Sebagian mulai (U1) : 
09j 59,3m UT = 16j 59,3m WIB
3. Puncak Gerhana : 
11j 03,2m UT = 18j 03,2m WIB
4. Gerhana Sebagian berakhir (U4) : 
12j 07,0m UT = 19j 07,0m WIB
5. Gerhana Penumbra berakhir (P4) : 
13j 19,9m UT = 20j 19,9m WIB

Ilustrasi Proses Gerhana Bulan Sebagian 4 Juni 2012
Dari uraian di atas, dapat diketahui bahwa durasi gerhana dari fase Gerhana Penumbra mulai (P1) ke Gerhana Penumbra berakhir (P4) adalah 4 jam 33,4 menit. 
Adapun dari fase Gerhana Sebagian mulai (U1) hingga Gerhana Sebagian berakhir (U4) berlangsung selama 2 jam 7,7 menit. Pada saat puncak gerhana, persentase piringan Bulan yang tertutupi bayangan umbra Bumi dibandingkan dengan piringan Bulan secara keseluruhan adalah sebesar 37,05%. Piringan yang tertutupi ini adalah bagian yang mengarah ke sebelah Selatan pada arah mata angin pengamat.

Sebagaimana telah diuraikan di atas, setiap gerhana gerhana dapat diprediksi. 
Hal ini terkait dengan suatu siklus gerhana yang disebut seri Saros. Dalam seri Saros ini, GBS 4 Juni 2012 merupakan anggota ke – 24 dari seri saros 128 yang jumlah anggotanya 77 buah gerhana bulan. 
Gerhana sebelumnya yang berasosiasi dengan GBS 4 Juni 2012 ini adalah GBS 25 Mei 1994. Sementara gerhana yang berasosiasi sesudahnya adalah GBS 15 Juni 2030.

Gerhana Bulan Sebagian 4 Juni 2012 ini dapat diamati dari :
1. wilayah sebagian besar Amerika, Samudra Pasifik, Australia, Asia Timur, Asia Tenggara serta sebagian kecil Asia Selatan bagian Timur. 
2. wilayah Asia bagian Barat, Afrika dan Eropa tidak dapat menyaksikannya. Pengamat di Amerika dapat mengamati gerhana pada saat Bulan akan terbenam, sehingga prosesi akhir gerhana tidak akan teramati. 
3. wilayah Pasifik, sebagian besar Australia bagian Timur dan Papua dapat mengamati keseluruhan prosesi gerhana. 
4. wilayah Asia Timur, Asia Tenggara serta Asia Selatan bagian Timur akan mengamati gerhana pada saat bulan akan terbit, sehingga prosesi awal gerhana tidak akan teramati.


Pada Gambar dibawah ini ditampilkan lokasi di Indonesia yang dapat digunakan untuk menyaksikan GBS 4 Juni 2012. 
Garis miring bertanda P1 yang melewati Papua pada Gambar dibawah menunjukkan fase Gerhana Penumbra mulai (P1) bersamaan waktunya dengan waktu terbit Bulan di lokasi yang ditandai garis tersebut. 
Demikian juga garis miring bertanda U1 yang melewati Selat Makassar dan Nusatenggara Barat pada Gambar dibawah menunjukkan fase Gerhana Bulan Sebagian mulai (U1) bersamaan waktunya dengan waktu terbit Bulan di lokasi yang ditandai garis tersebut.


Peta Gerhana Bulan Sebagian 4 Juni 2012 dari Indonesia.

Berdasarkan Gambar di atas, dapat dikatakan bahwa pengamat di sebelah Timur garis P1 dapat mengamati keseluruhan fase gerhana, sebagaimana diilustrasikan pada Gambar Ilustrasi Proses Gerhana Bulan Sebagian 4 Juni 2012 diatas.
Sementara untuk pengamat yang berada di antara garis P1 dan U1, Bulan telah memasuki bayangan penumbra Bumi pada saat Bulan terbit. Akibatnya pengamat di daerah tersebut tidak dapat mengamati fase Gerhana Bulan mulai (P1), namun masih dapat mengamati fase-fase berikutnya hingga Gerhana Bulan berakhir (P4). Adapun untuk pengamat yang berada di sebelah Barat garis U1, Bulan telah memasuki bayangan umbra
Bumi pada saat Bulan terbit. Akibatnya pengamat di daerah tersebut tidak dapat mengamati fase Gerhana Bulan mulai (P1) dan Gerhana Bulan Sebagian mulai (U1), namun masih dapat mengamati fase Gerhana Bulan Sebagian berakhir (U4) dan fase Gerhana Bulan berakhir (P4). 

Berdasarkan informasi ini, dapat dikatakan bahwa Gerhana Bulan Sebagian 4 Juni 2012 dapat diamati dari Indonesia pada awal malam tanggal 4 Juni 2012 dan semakin ke arah Timur Indonesia keseluruhan fase gerhana akan dimungkinkan untuk teramati.



dari www.bmkg.go.id

You Might Also Like

2 Comments