Perbedaan Waktu Rotasi Planet-Planet

QS. Yasiin (36):40 . Tidaklah mungkin bagi matahari mendapatkan bulan dan malam pun tidak dapat mendahului siang . Dan masing-masing ...

QS. Yasiin (36):40. Tidaklah mungkin bagi matahari mendapatkan bulan dan malam pun tidak dapat mendahului siang. Dan masing-masing beredar pada garis edarnya.
Berdasarkan urutan penyebutan dalam ayat itu maka kata ‘masing-masing’ dapat dipahami merujuk pada:
  • Matahari
  • Bulan
  • Malam
  • Siang
‘Malam’ dan ‘Siang’, pada ayat-ayat tertentu, biasanya dalam satu ayat bersama kata ‘matahari’ dan ‘bulan’ akan merujuk pada ‘bumi, planet dan benda-benda langit lainnya yang berotasi sehingga mengalami pergantian malam dan siang’.
QS. Al – A’raf (7):54. Sesungguhnya Tuhan kamu ialah Allah yang telah menciptakan langit dan bumi dalam enam masa, lalu Dia bersemayam di atas Arasy. Dia menutupkan malam kepada siang yang mengikutinya dengan cepat, dan (diciptakan-Nya pula) matahari, bulan dan bintang-bintang (masing-masing) tunduk kepada perintah-Nya. Ingatlah, menciptakan dan memerintah hanyalah hak Allah. Maha Suci Allah, Tuhan semesta alam.
Kata ‘dengan cepat’ akan ada atau bermakna karena adanya pembanding yaitu ‘dengan lambat’. Atau tidak ada yang cepat kalau tidak ada yang lambat. 
Jadi dapat dipahami bahwa Allah lewat firman-Nya 14 abad yang lalu, telah mengatakan dalam Al-Qur’an bahwa planet-planet ada yang berotasi dengan cepat sehingga malam dan siang pun berlangsung ‘dengan cepat’. Hal ini berarti pula ada planet-planet yang berotasi dengan lambat.

Berikut waktu rotasi planet-planet tata surya pada sumbunya, berdasarkan jam/waktu bumi:


Mercurius : 59 Earth days
Venus       : 243 Earth days
Earth        : 23 hours, 56 minutes, 4 seconds
Mars         : 24 hours, 37 minutes, 23 seconds
Jupiter     : 9 hours and 55 minutes
Saturn      : 10 hours, 40 min, 24 sec
Uranus     : 17 hours
Neptune   : 16 hours and 7 minutes

Terlihat bahwa ada planet-planet yang berotasi dengan lebih cepat ada pula yang lebih lambat. 
Maka terbuktilah lagi kebenaran Al-Qur’an setelah ilmu pengetahuan astronomi berkembang dewasa ini.



Sumber tentang waktu rotasi planet-planet : 

You Might Also Like

0 Comments