Pengertian Bintang

Bintang merupakan benda langit yang memancarkan cahaya.  Terdapat bintang semu dan bintang nyata. Bintang semu adalah bintang yang tid...

Bintang merupakan benda langit yang memancarkan cahaya. 
Terdapat bintang semu dan bintang nyata. Bintang semu adalah bintang yang tidak menghasilkan cahaya sendiri, tetapi memantulkan cahaya yang diterima dari bintang lain. Bintang nyata adalah bintang yang menghasilkan cahaya sendiri. Secara umum sebutan bintang adalah objek luar angkasa yang menghasilkan cahaya sendiri (bintang nyata).

Menurut ilmu astronomi, definisi bintang adalah:
"Semua benda masif (bermassa antara 0,08 hingga 200 massa matahari) yang sedang dan pernah melangsungkan pembangkitan energi melalui reaksi fusi nuklir."

Sebuah bintang adalah bola, besar bercahaya plasma yang diselenggarakan bersama oleh gravitasi. 

http://stat.ks.kidsklik.com/statics/files/2012/01/132630056616127283.jpg

Pada akhir hayatnya, bintang juga dapat mengandung proporsi degenerate materi. Bintang terdekat ke Bumi adalah Matahari, yang merupakan sumber dari sebagian besar energi di Bumi. 

Bintang-bintang lainnya yang terlihat dari bumi pada malam hari ketika mereka tidak outshone oleh Matahari atau diblokir oleh fenomena atmosfir. 

Secara historis, bintang paling menonjol di wilayah langit dikelompokkan bersama ke dalam konstelasi dan asterisms, dan bintang-bintang terang mendapatkan nama yang tepat. Katalog ekstensif bintang telah dirakit oleh para astronom, yang memberikan sebutan bintang standar.

Untuk setidaknya sebagian dari hidupnya, sebuah bintang bersinar karena fusi termonuklir hidrogen di intinya melepaskan energi yang melintasi bintang interior dan kemudian memancar ke luar angkasa. Hampir semua elemen alami yang lebih berat dari helium diciptakan oleh bintang-bintang, baik melalui sintesis-inti bintang selama hidup mereka atau nukleosintesis bintang supernova saat meledak. 

Para astronom dapat menentukan massa, usia, komposisi kimia dan sifat lain dari bintang dengan mengamati spektrum, luminositas dan gerak melalui ruang

Massa total bintang adalah penentu utama dalam evolusi dan nasib akhirnya. Karakteristik lain dari sebuah bintang ditentukan oleh sejarah evolusi, termasuk diameter, gerakan rotasi, dan suhu. Sebuah plot suhu banyak bintang terhadap luminosities mereka, yang dikenal sebagai Hertzsprung-Russell diagram (H-R diagram), memungkinkan usia dan negara evolusi sebuah bintang yang akan ditentukan.


Sebuah bintang dimulai sebagai awan runtuh bahan terutama terdiri dari hidrogen, bersama dengan jumlah jejak helium dan unsur yang lebih berat. 
Setelah inti bintang cukup padat, beberapa hidrogen diubah menjadi helium terus melalui proses fusi nuklir. Sisa dari interior bintang membawa energi dari inti melalui kombinasi proses radiasi dan konveksi. Tekanan internal bintang mencegah dari runtuh lebih lanjut di bawah gravitasinya sendiri. Setelah bahan bakar hidrogen pada intinya habis, bintang-bintang memiliki setidaknya 0,4 kali massa Matahari berkembang menjadi raksasa merah, di sekering kasus beberapa unsur yang lebih berat di inti atau pada kulit sekitar inti. Bintang kemudian berevolusi menjadi sebuah bentuk, daur ulang sebagian dari materi ke dalam lingkungan antar, di mana akan membentuk generasi baru bintang dengan proporsi yang lebih tinggi dari unsur-unsur berat.

Sistem biner dan multi-bintang terdiri dari dua atau lebih bintang yang terikat secara gravitasional, dan umumnya bergerak di sekitar satu sama lain dalam orbit yang stabil. Ketika dua bintang seperti memiliki orbit relatif dekat, interaksi gravitasi mereka dapat memiliki dampak yang signifikan pada evolusi mereka.

Galaksi NGC 4444, spiral galaksi pada rasi bintang Coma Berenices,
berdiameter sekitar 17.000 parsec dan berjarak 20 juta parsec.
Bintang dapat membentuk bagian dari struktur yang terikat secara gravitasional lebih besar, seperti cluster atau galaksi.


oke, segitu dulu yaa... semoga dapat menambah pengetahuan kita semua...

Terima Kasih,

You Might Also Like

4 Comments