Tuesday, January 31, 2012

MISTERI PIRAMIDA KHUFU DI GIZA

No comments
Selama masa pemerintahan Mesir kuno, para firaun membangun sebuah pusat kebudayaan dan pemerintahan yang kuat di wilayah lembah Nil. Mungkin pencapaian terbesar mereka adalah piramida-piramida raksasa yang dibangun untuk menaungi raja mereka setelah maut menjemput.


Piramida - Latar Belakang
Penduduk Mesir kuno percaya bahwa ketika seorang firaun meninggal, ia akan menjadi Osiris, raja orang-orang mati. Sedangkan firaun yang baru akan menjadi Horus, dewa langit dan pelindung dewa matahari. Siklus ini dilambangkan dengan terbit dan tenggelamnya matahari.
 
Sebagian dari roh firaun yang meninggal, disebut juga Ka, dipercaya masih tetap berada di tubuh jasmaninya. Karena itu mayat sang firaun harus dijaga dengan baik. 
 
Jika mayat itu tidak dirawat dengan baik, firaun itu tidak akan bisa menjalankan tugasnya sebagai raja orang-orang mati. Jika hal ini terjadi, maka siklus tersebut akan putus dan malapetaka akan menimpa Mesir.

Untuk mencegah bencana tersebut, setiap mayat firaun yang meninggal segera dimumikan. 
Semua hal yang dibutuhkan oleh sang raja sesudah kematiannya disediakan di kuburannya seperti bejana-bejana tanah liat, emas, makanan, perabot dan bahkan boneka-boneka berbentuk pelayan yang disebut Ushabti.

Setelah itu, untuk menjaga dan melindungi mayat firaun, orang Mesir membangun kuburan-kuburan yang megah berbentuk piramida.
 
Piramida...
siapakah yang membangunnya ?
Tidak seperti yang sering kita dengar, piramida tidak dibangun oleh para budak atau orang asing. Hasil penggalian arkeologi menunjukkan bahwa piramida dibangun oleh penduduk asli Mesir dengan pengawasan dari pejabat istana.

Luar biasanya, para penduduk yang membangun piramida juga membangun fasilitas-fasilitas penunjang seperti tempat pemanggangan roti, asrama, pekuburan dan bahkan fasilitas kesehatan. Menurut perkiraan, setiap hari dibutuhkan sekitar 100.000 ikat bawang dan 200.000 potong roti untuk memberi makan para pekerja.

Para buruh yang membangun piramida ini juga bangga dengan pekerjaannya. Mereka sering menyebut diri mereka "Sahabat-sahabat Khufu".

Piramida - Saqqara
Hingga tahun 2008, telah 118 piramida yang ditemukan di Mesir. Piramida tertua yang diketahui adalah piramida yang digunakan untuk kuburan firaun Djoser yang ada di Saqqara dan diperkirakan dibangun pada tahun 2600 SM.

Bangunan luar biasa ini didesain oleh seorang tokoh misterius Mesir bernama Imhotep dan dibuat dengan menumpuk batu sedemikian rupa sehingga membentuk tangga menuju puncak. Ini dibuat agar roh-roh orang yang sudah meninggal dapat naik ke langit dengan melewati tangga-tangga tersebut.

Pencapaian ini begitu luar biasa sehingga Imhotep kemudian dijadikan dewa oleh bangsa Mesir 1.400 tahun setelah kematiannya.

Piramida - Giza

Dari 118 piramida yang telah ditemukan, ada satu yang dianggap sebagai pencapaian terbesar bangsa Mesir, yaitu Piramida Khufu (cheops). Piramida ini adalah satu diantara tiga piramida yang terletak di wilayah Giza. Dua lainnya yang berukuran lebih kecil bernama piramida Khafre dan Piramida Menkaure.


Piramida Khufu mulai menarik perhatian dunia ketika Herodotus, sejarawan Yunani, menyinggungnya dalam tulisan-tulisannya.

Diperkirakan sekitar 20.000 - 30.000 pekerja membangunnya dalam kurun waktu 80 tahun. Piramida ini dibangun sebagai kuburan bagi raja Khufu dari dinasti ke-4 Mesir. Sampai sekarang struktur raksasa yang luar biasa ini belum bisa ditiru oleh teknologi modern.

Piramida Khufu dibuat dengan struktur berupa empat sisi triangular dan dasar segiempat sama sisi. Luasnya meliputi wilayah sekitar 0,5 km2. Tingginya sekitar 148 meter. Namun karena erosi, maka piramida itu kini hanya memiliki tinggi 137 meter yang tediri dari 203 undakan. Panjang masing-masing sisi dasarnya adalah 230 meter. Sudutnya adalah pada 51 derajat, 51 menit dan 14,3 detik. Ia juga memegang rekor sebagai bangunan tertinggi di dunia selama 3.800 tahun.

Jumlah batu yang digunakan untuk membangun piramida ini berjumlah sekitar 2,5 juta blok batu. Masing-masing seberat 2 ton hingga 70 ton dan berat total piramida ini diperkirakan sekitar 6,5 juta ton. Ini membuat piramida ini menjadi struktur bangunan terberat di dunia. Ini juga berarti Arsitek piramida tersebut memiliki pengetahuan mengenai geologi untuk menentukan lokasi pembangunan yang kuat menahan beban seberat itu.

kebanyakan jenis batu yang digunakan untuk membangunnya adalah batu kapur kuning. Namun untuk beberapa interior, ia menggunakan batu granit yang keras. Luar biasanya, batu yang ada di puncak piramida dan di dasar piramida memiliki jenis sama dan diperkirakan berasal dari pertambangan batu yang sama. Batu-batu ini dipotong dengan presisi yang luar biasa sehingga ketika ditumpuk, sekeping kartu atm tidak bisa menembus celahnya.

Piramida Khufu - Karakteristik
Ada hal-hal yang menarik ditemukan di Piramida ini. Pertama, Piramida khufu ternyata memiliki kesejajaran dengan empat arah mata angin pada kompas. Ini artinya empat sisinya menghadap ke arah utara, timur, selatan dan barat. Ketidaksesuaian dengan utara hanya sekitar 1/12 derajat. Yang mengejutkan tentu saja, mereka membuat struktur dengan karakteristik ini tanpa kompas yang pertama kali ditemukan sekitar tahun 1500 Masehi. Ini menunjukkan bahwa para arsitek Mesir telah memiliki pengetahuan memadai mengenai arah angin.

Selain itu, Max Toth dalam bukunya mengenai piramida mengatakan bahwa piramida khufu mewakili hukum-hukum universal yang diekspresikan secara geometri. Hal ini kelihatannya sukar untuk disangkal. Contohnya adalah pada karakteristik-karakteristik ini :

Perimeter Piramida, yaitu jarak antara empat sisi di dasarnya ternyata memiliki korelasi dengan lingkaran bumi.

Jumlah hari dalam 100 tahun adalah 36.524 hari. Ini sesuai dengan total inci pada perimeter Piramida.

Rasio antara tinggi piramida dengan perimeter dasarnya adalah persis 3,14 atau kita kenal juga dengan sebutan Phi.

Selain karakteristik geometri, karakteristik yang luar biasa lainnya adalah Temperatur didalam Piramida yang berada pada kondisi tetap, yaitu 68 derajat fahrenheit, sama persis dengan temperatur internal bumi.

Piramida - Pandangan Alternatif
Hingga kini, secara umum, piramida diketahui sebagai kuburan para raja. Namun bagi beberapa orang, fungsinya lebih daripada itu. Salah satu hipotesis alternatif yang paling terkenal adalah teori Erich Von Daniken. Dalam bukunya "Chariots of the Gods" ia mengatakan bahwa piramida dibangun oleh alien yang berasal dari planet lain dengan teknologi maju. Ia mendasarkan teorinya pada struktur piramida yang memiliki teknologi tinggi, terlalu tinggi untuk zaman itu. Hipotesis ini diterjemahkan keadalam banyak film seperti Stargate dan Transformer 2.

Bagi yang lain, mungkin bukan alien yang membangun piramida, namun mereka percaya bahwa piramida memiliki kekuatan mistis. Kelompok-kelompok seperti Rosicrucian, Freemasonry, Kabbalah dan lainnya telah menggunakan piramida sebagai simbol ritual mereka. Contohnya bisa dilihat pada uang kertas 1 dolar dan lambang Amerika serikat yang konon didesain oleh para anggota freemasonry.

Kelompok-kelompok ini juga percaya bahwa lorong-lorong didalam piramida melambangkan tabel waktu, dan persimpangan dari lorong-lorong itu melambangkan sebuah peristiwa besar yang akan terjadi di dunia.

Teori lain yang terkenal adalah teori Orion yang dikemukakan oleh Robert Baucal dan Adrian Gilbert. Menurut mereka, tiga piramida yang terletak di Giza adalah representasi dari tiga bintang di Orion Nebula (Ini juga disinggung di film Transformer 2). Menurut teori ini, orang Mesir adalah keturunan langsung dari alien yang mengunjungi bumi dan para alien itu menyimpan sebagian pengetahuan mereka ke dalam struktur piramida.


Piramida - Kesimpulan

Piramida, hingga sekarang masih tetap menjadi salah satu bangunan yang paling misterius di dunia. Beberapa waktu yang lalu, peralatan astronomi dan wahana penjelajah milik NASA telah diterjunkan untuk memeriksa seluruh bangunan piramida khufu. Namun anehnya, NASA menolak mempublikasikan hasil penyelidikan terhadap ruang bawah tanah di dalam Piramida.

Hal ini telah memicu berbagai teori di kalangan penganut teori konspirasi, apalagi ditambah dengan sikap keras pemerintah Mesir yang selalu menolak untuk memberikan ijin terhadap eksplorasi.

Mungkin misteri piramida tidak bisa terjawab hari ini. Namun apabila anda berkesempatan mengunjungi bangunan luar biasa itu, ingatlah bawah ribuan tahun yang lalu, sekelompok bangsa telah membuat sebuah pencapaian yang tidak bisa kita tiru. Jika demikian halnya, apakah kita masih bisa menyebut bangsa kuno sebagai bangsa yang primitif?
 
 
 

PLANET DAN SATELITNYA

8 comments
Merkurius

Sumber: http://id.wikipedia.org/wiki/Tata_surya
Merkurius dikanal juga dengan bulannya Matahari karena Merkurius merupakan planet yang
paling dekat dengan Matahari dan planet ini mempunyai kemiripan dengan Bulan meskipun
diameternya lebih besar (4.900 km) daripada diameter Bulan (3.500 km). Permukaan merkurius banyak dipenuhi kawah. Rentang temperaturnya dari -185°C s.d 425°C merupakan terbesar di tata surya.
Hampir 75% diameter planet ini terdiri dari inti besi yang sangat besar. Planet ini berotasi 1,5
kali dalam satu revolusi mengelilingi Matahari.
Planet merkurius tidak memiliki Satelit.

Venus

Sumber: http://id.wikipedia.org/wiki/Venus
Venus memiliki banyak kemiripan dengan Bumi. Disamping ukuran dan jarak orbitnya hampir
sama dengan Bumi, Venus juga memiliki atmosfer tebal serta komposisi yang serupa. Tekanan
permukaan venus mencapai 90 kali dari Bumi. Atmosfernya terdiri dari 96% karbondioksida (
CO2). Sinar Matahari yang datang sebagian besar menghasilkan efek rumah kaca dengan suhu
permukaan mencapai 465°C.
Venus juga memiliki gunung berapi yang tinggi seperti kepulauan Hawai.
Planet Venus merupakan planet yang sangat panas dan tidak memilki satelit.



Bumi

Sumber: http://id.wikipedia.org/wiki/Bumi
Bumi merupakan planet dengan kehidupan yang luar biasa.
Bumi adalah salah satu dari lima planet yang berbatu dalam sistem tata surya. Bumi merupakan
satu-satunya planet yang mempunyai samudra yang luas.
Inti bagian dalam Bumi mungkin terdiri dari besi yang tercampur dengan unsur-unsur lain,
termasuk nikel. Dalam pusat bumi, suhu diperkirakan mencapai 5000°C, hampir sama dengan
panas di permukaan Matahari.
Inti bagian yang lebih luar merupakan lapisan cair yang terbuat dari silikon, magnesium, dan
oksigen, dengan besi, kalsium, dan alumunium.
Lapisan membentuk 80% volume bumi dan terbuat dari olivenite, pyroxene (besi, magnesium,
silikat), kalsium, dan alumunium.
Kerak bumi merupakan lapisan tipis, terutama kuarsa dan silikat lain. Bebatuan tersebut
membentuk dasar laut dan benua.
Bulan adalah satu-satunya satelit Planet Bumi.


Mars

http://id.wikipedia.org/wiki/Mars
Mars atau planet merah memiliki ukuran setengah dari ukuran Bumi, Mars memiliki hampir
semua kondisi yangdiperlukan kehidupan kehidupan. Kemiringan sumbu rotasi Mars hampir
sama dengan bumi, namun memerlukan waktu yang lebih banyak untuk mengelilingi Matahari.
Mars memiliki dua bulan (satelit) kecil yang disebut Phobos ‘ketakutan: dan Deimos “teror”,
yang lebih kelihatan sperti batu besar. Tudung kutub selatan tersusun dari pasir, karbondioksida
beku, dan es. Kerak planet Mars terdiri dari besi oksida yang membuat planet berwarna merah.
Mars merupakan planet yang berkarat.


Yupiter

Sumber: http://id.wikipedia.org/wiki/yupiter
Yupiter adalah Planet terbesar di Tata surya memiliki ukuran 1.400 kali bumi, dan massanya 2,5 kali dari
seluruh massa planet lainnya jika digabungkan. Yupiter hampir menjadi bintang karena memiliki
unsur seperti Matahari yaitu  90% hidrogen dan 10% helium, dengan jejak metana, air, amonia, dan debu batuan. 
Yupiter memilki 63 satelit, Empat bulan/satelit terbesar yaitu io, Europa, ganymede, dan Callisto.


Saturnus

Sumber: http://id.wikipedia.org/wiki/saturnus
Saturnus merupakan planet terbesar kedua di Tata Surya. Saturnus ham,pir seluruhnya tersusun
oleh hidrogen dan helium. Cincinnya yang terkenal membentuk sebuah pita hingga 200.000 km.
Namun, ketebalannya hanya beberapa ratus meter. Cincin saturnus menyerupai sebuah cakram
materi yang keras. Faktanya terdiri dari banyak blok es dan debu yang mengorbit planet.
Hingga kini diketahui Saturnus memiliki 22 satelit. Sebagian besar terbuat dari es yang
bercampur dengan metana, amonia, dan karbondioksida.
Saturnus memiliki 59 satelit alami, 48 di antaranya memiliki nama. Banyak satelit Saturnus yang sangat kecil, dimana 33 dari 50 satelit memiliki diameter lebih kecil dari 10 kilometer dan 13 satelit lainnya memiliki diameter lebih kecil dari 50 km. 7 satelit lainnya cukup besar untuk, dimana satelit tersebut adalah Titan, Rhea, Iapetus, Dione, Tethys, Enceladus dan Mimas. Titan adalah satelit terbesar, lebih besar dari planet Merkurius dan satu-satunya satelit di atmosfer yang memiliki atmosfer yang tebal. Hyperion dan Phoebe adalah satelit terbesar lainnya, dengan diameter lebih besar dari 200 km.


Uranus

Sumber: http://id.wikipedia.org/wiki/Uranus
Planet terbesar ketiga di Tata Surya yang terbentuk dari batu, es dan hidrogen. Keberadaan
metana menjadikan Uranus memiliki warna biru kehijauan.
Uranus sedikitnya memiliki 21 sateliot, lima di bagian luar, sebelas di bagian dalam.
Lima satelit utamanya adalah Miranda, Ariel, Umbriel, Titania dan Oberon.


Neptunus

Sumber: http://id.wikipedia.org/wiki/Neptunus
Neptunus merupakan planet biru yang mirip dangan Uranus, meskipun ukurannya lebih kecil,
massanya lebih besar. Planet gas terluar memiliki 4 cincin yang tipis dan gelap, kemungkinan
terbentuk dari debu. Atmosfer Neptunus tersusun dari hirogen, helium, dan metana (yang
menghasilkan warna biru planet).
Neptunus memiliki13 satelit, diantaranya Triton, Naiad, Thalassa, Despina, Galatea, Proteus, dan Larissa.

=============================================================================
Menurut http://id.wikipedia.org/wiki/Tata_surya daftar planet dan jarak rata-rata planet dengan Matahari dalam tata surya adalah seperti berikut:
57,9 juta kilometer ke Merkurius
108,2 juta kilometer ke Venus
149,6 juta kilometer ke Bumi
227,9 juta kilometer ke Mars
778,3 juta kilometer ke Jupiter
1.427,0 juta kilometer ke Saturnus
2.871,0 juta kilometer ke Uranus
4.497,0 juta kilometer ke Neptunus

Pilih Sisir yang Tepat untuk Rambut Lebih Sehat

No comments
Memilih sisir untuk rambut sepertinya kegiatan mudah. Tapi hati-hati, menggunakan sisir yang salah bisa merusak rambut Anda.

http://gayarambut.net/wp-content/uploads/2011/05/combbrush.jpg
Sisir Rambut
sumber gambar : gayarambut.net
Berbagai jenis rambut tentu memiliki kebutuhan yang berbeda. Menyisir merupakan kegiatan penting untuk kesehatan rambut. Pada saat menyisir, selain merapikan rambut, minyak pada kulit kepala juga didistribusikan dan bisa membantu memperlancar sirkulasi darah di kepala. Karena itu jangan sepelekan kegiatan menyisir. Sisir yang tepat bisa membantu membuat rambut Anda terlihat lebih sehat.

Sisir yang kita kenal umumnya terdiri dari dua jenis. Sisir pipih yang terdiri dari gigi-gigi yang terbuat dari bahan plastik, aluminium, tulang, dan berbagai bahan lainnya. Sedangkan jenis lainnya adalah sisir berbentuk seperti sikat, dengan sikat yang terbuat dari bulu atau bahan lain seperti plastik, kayu, dan logam. Bentuknya juga bermacam-macam, ada yang kotak, setengah lingkaran, oval, atau bundar.

Rambut yang panjang, pendek, tipis, tebal, lurus sampai keriting memiliki tekstur yang berbeda. Umumnya, semakin panjang dan tebal rambut, sebaiknya makin besar sisir atau diameter sisir sikat yang digunakan.

Rambut pendek

Pemilik rambut pendek bisa menggunakan sisir biasa untuk merapikan rambut. Untuk menata rambut atau membuat volume saat mengeringkan rambut, gunakan sisir sikat bulan dengan diameter sedang. Rambut pendek membuat ujung sisir rentan melukai kulit kepala. Pilih bahan sisir yang lembut dan tidak mudah melukai kulit kepala. Perhatikan pinggiran dan ujung sisir jika memilih sisir plastik. Pastikan tidak ada ujung yang tajam yg bisa melukai kulit kepala.

Rambut panjang
Sisir sikat dengan kepala sikat kotak bisa menjadi pilihan si rambut panjang untuk merapikan rambut. Gunakan sisir sikat bulat berdiameter besar untuk menata rambut, membentuk gelombang, atau menambah volume rambut. Untuk pemilik rambut tebal dan panjang, pilih sisir sikat yang terbuat dari plastik atau kayu yang terdapat bulatan pada ujungnya. Ujung bulat pada sikat sisir membuat lebih mudah ketika memisahkan rambut yang kusut dengan lembut.

Si rambut tebal juga sebaiknya memilih sisir dengan gigi yang jarang untuk mencegah rambut mudah tersangkut sehingga memicu kerontokan. Pastikan bahan sisir lembut pada rambut dan tidak kasar pada kulit kepala. Untuk yang berambut tipis, pilih sisir dengan sikat yang memiliki bantalan lembut dan bulu sikat alami yang lebih lembut. Sisir jenis ini lebih ramah pada kulit kepala dan tidak mudah merusak rambut.

Rambut keriting
Sisir sikat bergigi jarang dari bahan logam dengan ujung yang bulat bisa menjadi pilihan. Sisir sikat dengan bahan kayu yang lembut merupakan pilihan yang tepat. Bahan kayu, ramah pada rambut sehingga mengurangi risiko gesekan yang mengakibatkan kerontokan pada rambut keriting. Selain itu, bahan kayu bisa menyerap minyak dan menyebarkannya dengan baik ketimbang bahan lainnya.

Pada saat rambut basah, gunakan sisir berbentuk garpu dengan gigi yang jarang untuk merapikan rambut. Merapikan rambut dengan sisir yang terlalu rapat bisa merusak tampilan indah tekstur rambut Anda.

T i p s :
1. Cuci sisir teratur paling tidak satu minggu sekali. Kumpulan minyak, produk perawatan rambut, dan debu bisa merusak rambut Anda. Bersihkan sisa rambut dari sisir, cuci dengan sampo lalu keringkan. Jangan cuci dengan sabun mandi karena bisa membuat sisir Anda berminyak dan menganggu keseimbangan minyak rambut Anda.

2. Pada saat rambut basah, hanya gunakan sisir pipih bergigi jarang untuk merapikan rambut. Saat basah, rambut lebih rapuh. Penggunaan sisir dengan gigi yang rapat bisa membuat rambut mudah tersangkut dan patah.
 


John Titor Sang Penjelajah Waktu, Benar atau Bohong?

4 comments
Dari sejak beberapa tahun yang lalu, bahkan hingga saat ini kabar yang beredar di internet mengenai sang pengelana waktu ini kian merebak.
Sehingga banyak sekali tanggapan mengenai berita ini, ada yang meyakini itu sebagai kebenaran dan ada juga yang mentah-mentah menyangkalnya, bahwa kabar tersebut adalah bohong alias hoax... 

Dengan analisis pada sumber-sumber „terpercaya“ melalui sedikit kajian ilmiah dan logika, kita bisa membuat analisisnya :

Berita utamanya adalah : 

"John Titor lahir tahun 1998 di Florida, dia mengemban tugas dari Militer Amerika tahun 2036 untuk kembali ke tahun 1975 untuk mengambil PC IBM 5100, yang menurut dia di komputer itu terdapat bahasa unik yang dapat memecahkan beragam bahasa unik. Menurut dia teknologi di komputer itu hanya segelintir orang IBM saja yang tahu dan teknologi itu tidak pernah lagi di pasang di komputer generasi selanjutnya hingga 2036. Menurut dia semua sistem unik akan menghadapi time error di tahun 2036, oleh sebab itu IBM 5100 sangat penting. Hal ini langsung di akui oleh pihak IBM , dan mereka kaget, karena hanya 5 org yg boleh mengetahui hal itu, dan itu pun terjadi pada tahun 1975.”

Analisisnya adalah: 

Tidaklah mungkin hanya segelintir orang saja yang tahu mengenai teknologi ini, karena komputer diproduksi secara masal, jadi pembuatannya pun akan jelas terpapar pada prosedur pembuatan barangnya dan tentunya diarsipkan, artinya seluruh pekerja pembuat komputer itu akan mengetahuinya. 

Pihak IBM kaget dan mengakuinya? 
Lucu.... 
katanya rahasia, tapi mengapa diberi tahu kalau yang mengetahui hal yang rahasia ini hanya lima orang? 
Bukan rahasia lagi dOoOooonks!!!

Berita selanjutnya : 

"John Titor memperingatkan keluarganya di masa lalu pada tahun 2001 untuk pindah dari Florida karena akan ada badai yang menerjang daerah itu. Setelah John Titor pergi, kejadian itu pun terjadi.“

Analisis selanjutnya : 

John titor bersabda dalam hukum mesin waktunya : 
"Apapun yg saya lakukan dgn pergi ke masa silam tidak akan merubah masa depan saya, karena kita hidup di dimensi yg berbeda." 

Jadi menurut dia bahwa masa depan adalah keputusan. Apa pun keputusan yang dibuat, di masa depan sudah ada jawaban nya.

Nah... kenapa keluarganya di masa lalu diselamatkan? 
Sungguh mulia benar hati anak ini plus tidak konsisten sama teorinya. 

Misi penyelamatan ini memunculkan teori yang menyalahi teori John Titor sebelumnya bahwa bila Titor tidak menyelamatkan keluarganya, dia tidak akan ada di masa depan. Teori kimia pun akan lebih kuat bermain di sini. Seluruh proses yang ada di dunia ini bekerja berdasarkan teori kimia dan fisika. Reaksi yang telah terjadi tidak bisa dikembalikan, apabila little Titor mati terbunuh badai, tidak akan ada Titor sang penyelamat.

Bagaimana mungkin dia hidup di tahun 2036 dan menyelamatkan little Titor kalau dia sudah mati 36 tahun sebelumnya...???
HeLLooOOowww.... lelucon macam apa ini...? -____________-

Ada berita seperti ini : 

Di salah satu situs tertulis: 
"Kaum yang tak percaya tetap menyerangnya dengan pertanyaan bahwa jika John memang benar dari masa depan, kenapa John tidak memperingatkan dunia tentang tragedi WTC 9/11, bom Bali, tsunami Aceh sebab tragedi-tragedi itu menghebohkan dunia. Tapi kaum yg percaya membela John bahwa tragedi-tragedi itu tidak ada artinya dibandingkan Perang Dunia 3 dan perang sipil 2015 yg mengoyak Amerika menjadi 5 pecahan (itu sebabnya John tidak menganggap penting untuk menyebutkan tragedi WTC dan lain-lain).

Di situs lainnya tertulis : 
"John pernah menyatakan di NY akan ada gedung pencakar langit yang akan hilang dalam waktu dekat (9/11) dan tidak ditemukan nya senjata pemusnah massal di timur tengah (Irak) tetap membuat politik Amerika untuk berperang.”

Ada analisis seperti ini : 

Sudah jelas dan pasti, ketika terdapat dua keterangan yang berlawanan dari sumber yang sama, maka keterangan itu dianggap tidak bisa dipercaya. 

Makanya, kalau mau berbohong, disarankan untuk konsisten... >_<

Satu lagi, John Titor memberikan prediksi tentang Olimpiade (dibahas di bawah). 
So...? Olimpiade lebih penting dari pada Tsunami Aceh, Perang Irak- Afghanistan- Palestina, Flu Babi, dan Krisis Global ya gitu...?

Ada berita lagi: 

"Untuk membuat mesin waktu bahan-bahan yang dibutuhkan adalah : Magnetic housing units for dual microsignularities, Electron injection manifold to alter mass and gravity of microsingularities, Cooling and x-ray venting system, Gravity sensors (VGL system), Main clocks (4 cesium units), Main computer units (3)".

Ada analisis lagi: 

Barang-barang ini memang ada, tetapi mengapa kita tidak diberitahu cara perakitannya? 
Mengapa diberitahukan kepada kita? 
Lalu, mengapa hal ini tidak mendapat respon dari pihak berwenang seperti NASA dan media masa lainnya?
Mungkin karena informasi ini untuk orang awam saja, karena kalau sampai ke ilmuan, mungkin hanya akan ditertawakan.... =______=

Perkataan-Perkataan a.k.a Kebohongan-Kebohongan John Titor dan Fakta yang Sebenarnya....


KATA JOHN : 

Olimpiade 2004 adalah olimpiade terakhir, olimpiade selanjutnya dilaksanakan tahun 2040.

FAKTA : 

Olimpiade Beijing berlangsung lancar tahun 2008.

KATA JOHN : 

Perang saudara di Amerika bergejolak sejak tahun 2004.

FAKTA : 

Tidak ada perang saudara di Amerika hingga saat ini.

Melalui fakta-fakta ini sebenarnya kita sudah bisa menyimpulkan kalau cerita mengenai  John Titor itu hanya kebohongan belaka. Sebenarnya dia sudah menyebutkan prediksi-prediksi lainnya mengenai masa depan mengenai perang dunia tahun 2015 dan bencana lainnya. Kalau anda nonton semua seri Naked Science di Metro TV, anda dapat langsung menyimpulkan kalau prediksi-prediksi John Titor sangat mirip dengan prediksi-prediksi di tayangan ini.

K e s i m p u l a n

Berita mengenai John Titor hanyalah sebuah HOAX atau kebohongan yang dirancang sedemikian rupa sehingga menyerupai kenyataan yang ilmiah. Sasaran berita bohong ini adalah pengguna internet yang kebanyakan adalah orang awam dan heboh, sehingga HOAX pun akhirnya menyebar ke dunia luas dan menimbulkan keresahan di masyarakat.

Hoax adalah suatu kata yang digunakan untuk menunjukan pemberitaan palsu atau usaha untuk menipu
atau mengakali pembaca atau pendengarnya untuk mempercayai sesuatu,
padahal sang pencipta berita palsu tersebut tahu bahwa berita tersebut adalah palsu.
Seorang philologist asal Inggris, Robert Nares (1753–1829),
berpendapat bahwa kata 'Hoax' berasal dari kata "Hocus", yang berarti "menipu".
HOAX memang sedang ngetren, hal ini dipermudah dengan akses internet terjangkau oleh berbagai orang dan kekreatifitasan orang jaman sekarang yang membabi buta.

HOAX mengenai John Titor adalah contoh HOAX yang sukses dan didukung oleh banyak orang.


Penyebaran HOAX mengenai John Titor bukanlah tanpa alasan. 
Saya sangat salut pada para pencipta ide sekaligus pelaksana kebohongan ini yang telah merancang semua kebohongan sehboh mungkin, walaupun kadang mereka ga kompak. 

Alasan mereka berbuat begitu adalah bukan hanya pencarian sensasi, tetapi juga motif ekonomi. 
Mungkin kabar ini dipublikasikan awalnya adalah sebagai promosi unik dan sekaligus menyesatkan untuk mendongkrak penjualan komputer IBM itu sendiri kali....
Selain itu... lihat saja di website John Titor sendiri, dijual : "John Titor The Time Traveler’s Tale“ seharga 100 dollar, “John Titor Graviti Distortion Gear”, sampai "John Titor Bumper Sticker and Mugs".....

ckckckkkk......



dari schariev dengan perubahan

6 Fenomena Misterius di Lautan

No comments

http://blueseafer.files.wordpress.com/2010/04/laut-tropis-indonesia.jpg

http://4.bp.blogspot.com/_dqTgXNgm2bE/TKwfBaO8egI/AAAAAAAAAC0/9BtGZVk_FPM/s1600/Asal+Mula.jpg

http://1.bp.blogspot.com/_LKAawDdzKEo/TJ4MZwYCAxI/AAAAAAAAAd0/RBNRI4CrKMU/s1600/laut.jpg

Lautan tak hanya indah dan mengerikan jika ombak sedang bergulung-gulung, sehingga kebanyakan manusia lebih memilih untuk mengaguminya dari pantai dibanding melayari hamparan air birunya yang tak berujung. Selain kedua hal tersebut, laut juga memiliki misteri dan fenomena yang di antaranya bahkan belum dapat dipecahkan penyebabnya. 
Jika Anda ingin tahu apa saja misteri tersebut, berikut datanya yang dikutip dari situs berita Rusia, Pravda.

1. Segitiga Bermuda
Nama ini merupakan yang paling banyak disebut dalam beberapa dekade terakhir akibat banyaknya kejadian mistrius di kawasan seluas jutaan kilometer persegi dan berada di antara tiga wilayah itu, yakni Kepulauan Bermuda, Puerto Rico, dan Fort Lauderdale.

Nama Segitiga Bermuda mulai beken ketika satu skuadron tempur yang terdiri atas lima pembom torpedo Angkatan Laut, hilang pada 5 Desember 1945. Hingga kini jasad 14 kru pesawat dan bangkai kapalnya tidak ditemukan. Menurut data, hingga kini setidaknya sudah 50 kapal dan pesawat yang dilaporkan hilang di wilayah itu.

Pada 1980-an, Segitiga Bermuda kehilangan reputasi mistisnya karena tidak lagi 'melahap' apapun yang melintas di atasnya. Namun demikian, sejumlah teori telah berupaya mengungkap misteri itu, baik dari segi pseudosains, paranormal, sampai UFO. Namun. Teori yang paling meyakinkan adalah yang dikemukakan Joseph Monaghan dari Monash University. Pada 2003, ilmuwan tersebut menulis artikel dalam American Journal of Physics. Judulnya, 'Bisakah Gelembung Metana Menenggelamkan Kapal?'

Menurut Monaghan, gelembung besar bisa terbentuk dari deposit metana padat -- yang dikenal dengan gas hidrat. Untuk diketahui gas metan bisa memadat di bawag tekanan besar di dalam laut. Deposit metana yang mirip es bisa pecah, berubah gas, dan menciptakan gelembung di permukaan air. Konsentrasi gas yang lepas bisa menyebabkan kerusakan alat elektronik pada pesawat juga kapal. Tak hanya itu, kapal bisa tenggelam di lokasi tersebut karena pengurangan kepadatan (densitas) air secara mendadak.

Fenomena lain di Segitiga Bermuda disebut Flying Dutchman - lenyapnya awak kapal secara misterius. Teori ilmiah ditawarkan untuk menjelaskan dari hilangnya para pelaut itu. Yakniinfrasonik. Beberapa ilmuwan yakin, infrasonik itu ditimbulkan gelembung gas metana saat naik ke permukaan.

Getaran infrasonik memicu resonansi berbahaya di jantung dan pembuluh darah. Saat itu, manusia yang terkena bisa terserang panik. Ini mungkin yang membuat para pelaut panik dan melompat ke luar kapal - untuk melepaskan diri dari perasaan aneh yang menimpanya.

Bagaimanapun, tak ada satupun teori yang menjelaskan, mengapa pada pertengahan tahun 1980-an, Segitiga Bermuda berhenti melahap kapal dan pesawat. Mungkin karena kemajuan teknologi pesawat dan kapal.

2. Laut Sargasso

Banyak orang menyamakan Laut Sargasso dengan Segitiga Bermuda. Padahal perairan ini terdapat di tenggara Segitiga Bermuda di Samudera Atlantik. Ada beberapa keunikan di wilayah ini. Samudera bergerak searah jarum jam, tedapat banyak alga Sargassum di dalamnya.

Laut ini memiliki pusaran raksasa yang memiliki aturannya sendiri. Temperatur di luar pusaran jauh lebih tinggi dari bagian luarnya. Sejumlah orang yang berlayar di sana mengaku melihat fatamorgana: misalnya, Matahari terbit di Timur dan Barat dalam waktu bersamaan.


Richard Sylvester dari University of Western Australia berpendapat, pusaran raksasa Sargasso bersifat sentrifugal -- yang lantas menciptakan pusaran kecil yang mencapai wilayah segitiga bermuda. Pusaran kecil ini menimbulkan siklon mini di udara -- cukup kuat untuk mencelakakan sebuah pesawat kecil.


3. Laut Setan (Devil's Sea)

Ini adalah wilayah di Pasifik, sekitar Pulau Miyake - 100 kilometer Selatan Tokyo. 'Saudara' Segitiga Bermuda ini tidak bisa ditemukan di peta manapun, namun para pelaut memilih untuk menghindarinya. Badai bisa muncul secara tiba-tiba dan menghilang sama mendadaknya. Paus, lumba-lumba, bahkan burung tak hidup di wilayah itu. Sembilan kapal menghilang dalam waktu lima tahun pada tahun 1950-an. Yang paling terkenal adalah menghilangnya Kaiyo Maru No.5, kapal riset Jepang.

Laut Setan berada di kawasan seismik yang sangat aktif. Lantai laut bergerak konstan. Pulau vulkanik muncul dan menghilang secara reguler. Wilayah ini juga diketahui sangat aktif aktivitas siklonnya.


4. Tanjung Harapan

Daerah ini juga dikenal sebagai Tanjung Badai. Kapal-kapal besar tenggelam dalam kurun waktu ratusan tahun. Sebagian besar kapal hancur karena cuaca buruk, khususnya ombak mematikan, atau 'cape roller'. Para ilmuwan menyebutnya gelombang soliter -- yang tingginya bisa mencapai 30 meter, sejatinya terdiri dari dua ombak yang bergabung menjadi satu.

Gelombang raksasa itu menciptakan rongga besar, yang tingginya hanya sedikit lebih rendah dari gelombang itu. Meski fenomena ombak ini bisa terjadi di laut lainnya, namun area di Tanjung Harapan yang paling bahaya.


5. Bagian Timur Samudera Hindia dan Teluk Persia

Daerah ini dikenal fenomena yang sangat mengesankan dan misterius: lingkaran cahaya raksasa yang berputar-putar di permukaan air.

Ahli kelautan Jerman, Kurt Kahle percaya, fenomena itu adalah akibat dari gempa bawah laut, yang menimbulkan pendaran plankton. Lalu timbul gerakan seperti putaran roda. Namun, hipotesis ini menuai kritik akhir-akhir ini karena belum mampu menjelaskan transformasi lingkaran cahaya secaralogis. Sains modern juga belum mampu menjelaskan bentuk lingkaran sempurna obyek tersebut. Karenanya, muncul teori baru bahwa lingkaran tersebut adalah UFO atau disebabkan oleh UFO.


6. Pusaran air (maelstrom)

Meski tak terlalu mengesankan seperti pusaran air di Laut Sargasso. Namun para pelaut tahu fenomena menakjubkan tentang pusaran jenis ini. Pusaran air ini terjadi dua kali sehari, di bagian barat laut Laut Norwegia Kata 'maelstrom' dipopulerkan oleh Edgar Alan Poe. Maelstrom adalah air yang berputar kuat dan besar. Permukaan air dari pusaran lebihrendah puluhan meter dari permukaan air laut. Kekuatannya puluhan kali lipat dari arus biasa.

Yang aneh, pusaran berubah arah berlawanan setiap tiga sampai empat bulan. Bisa terjadi di manapun, termasuk Segitiga Bermuda. Diyakini, pusaran berputar berlawanan arah jarum jam di belahan bumi utara dan searah jarum jam di bagian bumi selatan.
 

Sunday, January 29, 2012

10 Fenomena yang Tak Dapat Dijelaskan oleh Sains

No comments
Ilmu pengetahuan memang menakjubkan. Mampu menyibak beragam misteri kehidupan. Mencari energi alternatif, mengobati penyakit, menjelajah antariksa, bahkan menciptakan mahluk hidup buatan. Semua keajaiban sains itu membuat kita terheran-heran.
Tapi tidak semua misteri kehidupan bisa dipecahkan. Masih banyak fenomena lain yang belum dapat terjawab oleh ilmu pengetahuan.
Tercatat ada 10 fenomena yang hingga kini belum dapat dijelaskan secara ilmiah. Apa saja itu? Mari kita simak. Siapa tahu Anda mau menambahkannya.
  1. Dengungan Taos Penduduk dan pengunjung kota kecil Taos di New Mexico selama bertahun-tahun diganggu oleh dengungan aneh. Suara berfrekuensi rendah tersebut mengumandang di sepanjang udara gurun pasir. Uniknya, hanya 2 persen dari penduduk setempat yang mendengar suara itu. Sebagian orang meyakini suara itu disebabkan oleh getaran yang tidak biasa. Hingga hari ini misteri dengungan aneh ini belum jua terpecahkan.
  2. Bigfoot. Selama puluhan tahun dilaporkan temuan mahluk besar berambut, berkaki besar dan meninggalkan jejak di sepanjang daerah di Amerika. Bahkan ada saksi matanya juga. Lucunya, tidak ada temuan berupa potongan organ tubuh sama sekali. Hanya berupa rekaman foto dan film. Sama dengan monster Loch Ness, Bigfoot oleh mayoritas orang dianggap hanya mitos. Secara ilmiah belum terbuktikan keberadaannya.
  3. Intuisi Sebagian orang menyebutnya “indra keenam”. Nyaris semua orang pernah berpengalaman menggunakan intuisinya baik sengaja maupun tidak. Misalnya saat kita merasa ada sesuatu yang salah, ternyata benar. Kajian psikologi menganalisanya sebagai kemampuan manusia mengenali suatu peristiwa dengan mengumpulkan informasi sekitar. Kita bisa tahu tentang sesuatu tanpa paham bagaimana caranya. Tapi belum ada jua penjelasan yang dapat diterima di dunia sains tentang ini.
  4. Menghilang Secara Misterius Manusia bisa hilang karena banyak alasan. Melarikan diri, kecelakaan, terbunuh, dan masih dapat ditemukan. Namun ada beberapa kasus dimana orang menghilang secara misterius. Sebut saja sejumlah kru kapal Spanyol Marie Celeste, Jimmy Hoffa, Amelia Earthart dan Natalee Holloway. Nama-nama tersebut adalah orang yang menghilang tanpa jejak. Belum ada juga penjelasan ilmiah tentang misteri ini.
  5. Hantu Dari karya Shakespeare, Machbet, sampai aneka acara televisi terkini, selalu menceritakaan adanya roh orang yangsudah meninggal. Di seantero dunia, perbagai negara, orang percaya adanya hantu. Pemburu hantu serta teknologi paling anyar mencoba menjelaskan secara ilmiah tentang mahluk tersebut. Sayang, masih belum ada penjelasan yang dapat diterima dengan pengetahuan manusia.
  6. Déjà vu Berasal dari bahasa Perancis yang artinya “pernah terlihat”, déjà vu adalah peristiwa dimana kita merasa pernah mengalami kejadian yang sama di masa silam. Nyaris semua orang mengalaminya. Ada yang menganggap sebagai pengalaman di kehidupan sebelumnya. Para psikolog mencoba menjelaskannya secara naturalistik. Tapi kejadian ini tetaplah misteri.
  7. UFOs Tak bisa disangkal bahwa begitu banyak orang bersaksi melaporkan keberadaan Unidentified Flying Objects (UFOs), Dari piring terbang hingga mahluk berkepala botak dengan mata memanjang. Para astronom percaya bahwa meteor berasal dari angkasa luar. Namun apakah ada mahluk hidup di luar sana? Sebuah pertanyaan yang belum dijawab oleh sains.
  8. Pengalaman Nyaris Mati dan Hidup Sesudah Mati Di Indonesia dikenal istilah mati suri, mati sesaat lalu hidup kembali. Ternyata kejadian ini dialami oleh manusia di semua benua di dunia. Pengalaman ini rata-rata berkisah tentang sinar yang menyilaukan yang dijumpai saat menuju ke alam baka. Kaum skeptis menganggapnya hanya sebagai halunisasi. Orang yang relijius meyakini bahwa sinar itu adalah Tuhan. Penjelasan ilmiahnya? Belum ada.
  9. Kekuatan Psikis Ini adalah kekuatan yang melebihi intuisi, dimana orang bisa meramalkan apa yang akan terjadi di masa mendatang. Sebagaian mendapatkan dari mimpi atau mendadak mendapat pengelihatan tentang apa yang akan terjadi. Di Indonesia dikenal sebagai paranormal atau dukun atau peramal. Kekuatan ini juga belum dapat dianalisa secara sains.
  10. Hubungan Tubuh dan Pikiran Ilmu kesehatan memang mempercayai bahwa pikiran kita sangat mempengaruhi kondisi fisik. Pada efek plasebo misalnya, mendemonstrasikan bagaimana suatu penyakit dapat berangsur membaik dengan cara si pasien memikirkan hal-hal positif. Atau penderitaan mental yang justru memperburuk kondisi kesehatan. Tapi sampai sekarang ilmuwan belum mampu menjelaskan detail ilmiah hubungan antara pikiran dan tubuh kita.

MUTANT

No comments
Mutant/Mutasi adalah perubahan yang terjadi pada bahan genetik (DNA maupun RNA), baik pada taraf urutan gen (disebut mutasi titik) maupun pada taraf kromosom.
Mutasi pada tingkat kromosomal biasanya disebut aberasi. Mutasi pada gen dapat mengarah pada munculnya alel baru dan menjadi dasar munculnya variasi-variasi baru pada spesies.
Mutasi terjadi pada frekuensi rendah di alam, biasanya lebih rendah daripada 1:10.000 individu. Mutasi di alam dapat terjadi akibat zat pembangkit mutasi (mutagen, termasuk karsinogen), radiasi surya maupun radioaktif, serta loncatan energi listrik seperti petir.
Individu yang memperlihatkan perubahan sifat (fenotipe) akibat mutasi disebut mutan. Dalam kajian genetik, mutan biasa dibandingkan dengan individu yang tidak mengalami perubahan sifat (individu tipe liar atau "wild type").


Macam-macam Mutasi Berdasarkan Sel yang Bermutasi

Mutasi somatik adalah mutasi yang terjadi pada sel somatik, yaitu sel tubuh seperti sel kulit. Mutasi ini tidak akan diwariskan pada keturunannya.
Mutasi Gametik adalah mutasi yang terjadi pada sel gamet, yaitu sel organ reproduksi yang meliputi sperma dan ovum pada manusia. Karena terjadinya di sel gamet, maka akan diwariskan kepada keturunannya.
Pada umumnya, mutasi itu merugikan, mutannya bersifat letal dan homozigot resesif. Namun mutasi juga menguntungkan, diantaranya, melalui mutasi, dapat dibuat tumbuhan poliploid yang sifatnya unggul. Contohnya, semangka tanpa biji, jeruk tanpa biji, buah stroberi yang besar, dll. Mutasi ini juga menjadi salah satu kunci terjadinya evolusi di dunia ini.
Terbentuknya tumbuhan poliploid ini menguntungkan bagi manusia, namun merugikan bagi tumbuhan yang mengalami mutasi, karena tumbuhan tersebut menjadi tidak bisa berkembang biak secara generatif.
Bahan-bahan yang menyebabkan terjadinya mutasi disebut MUTAGEN. Mutagen dibagi menjadi 3, yaitu:
Mutagen bahan kimia, contohnya adalah kolkisin dan zat digitonin. Kolkisin adalah zat yang dapat menghalangi terbentuknya benang-benang spindel pada proses anafase dan dapat menghambat pembelahan sel pada anafase.
Mutagen bahan fisika, contohnya sinar ultraviolet, sinar radioaktif, dan sinar gamma. Sinar ultraviolet dapat menyebabkan kanker kulit.
Mutagen bahan biologi, diduga virus dan bakeri dapat menyebabkan terjadinya mutasi. Bagian virus yang dapat menyebabkan terjadinya mutasi adalah DNA-nya.


Macam-macam mutasi berdasarkan bagian yang bermutasi

Mutasi titik...

Mutasi titik merupakan perubahan pada basa N dari DNA atau RNA. Mutasi titik relatif sering terjadi namun efeknya dapat dikurangi oleh mekanisme pemulihan gen. Mutasi titik dapat berakibat berubahnya urutan asam amino pada protein, dan dapat mengakibatkan berkurangnya, berubahnya atau hilangnya fungsi enzim. Teknologi saat ini menggunakan mutasi titik sebagai marker (disebut SNP) untuk mengkaji perubahan yang terjadi pada gen dan dikaitkan dengan perubahan fenotipe yang terjadi.
contoh mutasi gen adalah reaksi asam nitrit dengan adenin menjadi zat hipoxanthine. Zat ini akan menempati tempat adenin asli dan berpasangan dengan sitosin, bukan lagi dengan timin.

Aberasi

Mutasi kromosom, sering juga disebut dengan mutasi besar/gross mutation atau aberasi kromosom adalah perubahan jumlah kromosom dan susunan atau urutan gen dalam kromosom. Mutasi kromosom sering terjadi karena kesalahan meiosis dan sedikit dalam mitosis.

     Aneuploidi  adalah perubahan jumlah n-nya. Dalam hal ini, "n" menandakan jumlah set kromosom. Sebagai contoh, sel tubuh manusia memiliki 2 paket kromosom sehingga disebut 2n, dimana satu paket n manusia berjumlah 23 kromosom. Aneuploidi dibagi menjadi 2, yaitu: >> Autopoliploidi, yaitu n-nya mengganda sendiri karena kesalahan meiosis. >> Allopoliploidi, yaitu perkawinan atau hibrid antara spesies yang berbeda jumlah set kromosomnya.

     Aneusomi adalah perubahan jumlah kromosom. Penyebabnya adalah anafase lag (peristiwa tidak melekatnya beneng-benang spindel ke sentromer) dan non disjunction (gagal berpisah).
Aneusomi pada manusia dapat menyebabkan:
Sindrom Turner, dengan kariotipe (22AA+X0). Jumlah kromosomnya 45 dan kehilangan 1 kromosom kelamin. Penderita Sindrom Turner berjenis kelamin wanita, namun ovumnya tidak berkembang (ovaricular disgenesis).
Sindrom Klinefelter, kariotipe (22 AA+XXY), mengalami trisomik pada kromosom gonosom. Penderita Sindrom Klinefelter berjenis kelamin laki-laki, namun testisnya tidak berkembang (testicular disgenesis) sehingga tidak bisa menghasilkan sperma (aspermia) dan mandul (gynaecomastis) serta payudaranya tumbuh.
Sindrom Jacobs, kariotipe (22AA+XYY), trisomik pada kromosom gonosom. Penderita sindrom ini umumnya berwajah kriminal, suka menusuk-nusuk mata dengan benda tajam, seperti pensil,dll dan juga sering berbuat kriminal. Penelitian di luar negeri mengatakan bahwa sebagian besar orang-orang yang masuk penjara adalah orang-orang yang menderita Sindrom Jacobs.
Sindrom Patau, kariotipe (45A+XX/XY), trisomik pada kromosom autosom. kromosom autosomnya mengalami kelainan pada kromosom nomor 13, 14, atau 15.
Sindrom Edward, kariotipe (45A+XX/XY), trisomik pada autosom. Autosom mengalami kelainan pada kromosom nomor 16,17, atau 18. Penderita sindrom ini mempunyai tengkorak lonjong, bahu lebar pendek, telinga agak ke bawah dan tidak wajar.

     Delesi  Terjadi ketika sebuah fragmen kromosom patah dan hilang pada saat pembelahan sel. Kromosom tempat fragmen tersebut berasal kemudian akan kehilangan gen-gen tertentu. Namun dalam beberapa kasus, fragmen patahan tersebut dapat berikatan dengan kromosom homolog menghasilkan Duplikasi.Fragmen tersebut juga dapat melekat kembali pada kromosom asalnya dengan arah terbalik dan menghasilkan Inversi

Thursday, January 26, 2012

10 Planet Baru Yang Unik & Aneh

No comments
Alam semesta tidak ada habisnya untuk dijelajahi dan dipelajari. Pada tahun 1990, para ilmuwan menemukan sejumlah planet baru yang aneh dan unik di luar tata surya (exoplanet). Planet-planet tersebut sangat beragam. Mulai dari planet api, planet berukuran raksasa, planet berbatu, planet yang tidak memiliki bintang, dan banyak lagi. Hingga kini, penemuan exoplanet mencapai 230 planet. Berikut adalah daftar sepuluh exoplanet 2009 versi Space.com

1. Sang Kuda Api
welcome to my world

Planet 51 Pegasi b adalah exoplanet pertama yang ditemukan para pemburu planet pada 1990. Planet mirip Jupiter, namun bertemperatur panas ini diberi julukan Bellerphon, pahlawan mitos Yunani yang menjinakkan kuda bersayap Pegasus. Pemberian julukan tersebut berdasarkan gugus bintang Pegasus, lokasi planet itu.

2. Tetangga Terdekat Bumi
welcome to my world

Berjarak hanya 10,5 tahun cahaya, Epsilon Eridani b adalah exoplanet terdekat dengan bumi. Planet tersebut mengorbit jauh dari bintangnya sehingga air atau kehidupan mustahil ada.

3. Planet Tanpa Bintang
welcome to my world

Terdapat sejumlah exoplanet yang memiliki bintang atau matahari lebih dari satu, bahkan hingga memiliki tiga matahari. Lain halnya dengan Planemos. Planet tersebut hanya “mengambang” begitu saja tanpa mengitari bintang apa pun.

4. Si Gesit
welcome to my world

Planet SWEEPS-10 hanya berjarak 740.000 mil dari bintangnya. Saking dekatnya, planet yang disebut ultra-short-period planets (USPPs) itu hanya membutuhkan waktu kurang dari satu hari untuk mengorbit. Satu tahun di sana sama dengan sepuluh jam di bumi.

5. Dunia Api dan Es

welcome to my world

Planet ini “terkunci” pada bintangnya, sama seperti bulan yang selalu menjadi satelit bumi. Jadi, satu sisi dari planet Upsilon Andromeda b selalu menghadap ke sana. Posisi ini menciptakan temperatur paling tinggi yang sejauh ini diketahui para astronom. Satu sisi planet sangat panas bagai lahar, sedangkan sisi lainnya bertemperatur sangat dingin.

6. Cincin Raksasa

welcome to my world

Planet yang mengorbit pada bintang Coku Tau 4 ini adalah exoplanet termuda yang berumur kurang dari satu juta tahun. Para astronom mendeteksi keberadaan planet ini dari lubang besar dari cincin planet tersebut. Lubang tersebut berukuran sepuluh kali lebih besar dari bumi.

7. Si Tua Bangka

welcome to my world

Planet tertua yang juga disebut primeval world ini berumur kurang lebih 12,7 miliar tahun. Para ilmuwan menduga planet tersebut terbentuk delapan miliar tahun silam sebelum bumi terwujud dan hanya berselisih dua miliar tahun dari kejadian Big Bang. Penemuan ini menimbulkan wacana bahwa kehidupan mungkin terjadi lebih awal dari yang diduga selama ini.

8. Planet yang Menyusut

welcome to my world

Serupa dengan SWEEPS-10, planet HD209458b mengorbit sangat dekat dengan bintangnya sehingga atmosfer planet tersebut tersapu oleh angin stellar. Sejumlah ilmuwan mengestimasi planet tersebut kehilangan sepuluh ribu ton material setiap detiknya. Pada akhirnya, mungkin hanya inti dari planet itu yang akan tersisa.

9. Si Atmosfir Tebal
welcome to my world

Planet HD 189733b adalah planet pertama yang atmosfernya “tercium” oleh para ilmuwan. Dengan menganalisis cahaya dari sistem bintang planet itu, astronom mengatakan atmosfir planet tersebut tertutup oleh semacam kabut tebal serupa dengan butiran pasir. Sayangnya, air tidak terdeteksi di planet tersebut. Namun, pemburu planet menduga ada kehidupan di balik kabut tebal itu.

10. Kembaran Bumi?
welcome to my world

Gliese 581 C adalah exoplanet yang saat ini banyak menarik perhatian para ilmuwan di seluruh dunia. Pasalnya, planet terkecil di luar sistem tata surya ini berada di “zona aman”. Artinya, planet ini terletak tidak terlalu jauh maupun terlalu dekat dengan bintangnya, sama seperti posisi bumi kita dengan matahari. Penemuan ini menaikkan probabilitas terdapat air atau bahkan kehidupan di sana. Planet ini 50 persen lebih besar dan lima kali lebih masif dari bumi.

Mungkinkah ada kehidupan lain di luar sana? Para ilmuwan mengatakan dapat lebih menguak hal tersebut pada tahun 2013, saat pengerjaan teleskop berteknologi tinggi bernama James Webb Space Telescope (JWST)

Wednesday, January 25, 2012

ALIEN ADA DI PLANET BERWARNA BIRU, BENARKAH?

2 comments
Perburuan planet mirip Bumi terus dilakukan oleh astronom. Studi mendapati alien dapat ditemui di planet berwarna biru yang mirip Bumi, jika dilihat dari jauh.

Peneliti telah merancang cara mudah membedakan planet di tata surya kita berdasarkan informasi warna. Bumi tampak paling cemerlang dibanding lainnya di tata surya. Bumi berwarna lebih biru dibanding Mars, Venus, Merkurius.

Temuan ini dapat membantu mencari kehidupan di luar Bumi, dan membantu astronom fokus pada pencarian planet yang kemungkinan besar terdapat kehidupan. “Pada akhirnya, saat teleskop menjadi semakin besar, warna pada planet lain akan makin terlihat,” kata pemimpin studi Lucy McFadden dari Goddard Space Flight Center NASA.

“Warna mereka akan memberitahu kita planet mana yang dapat dipelajari lebih lanjut,” tambahnya.


Planet di sekitar bintang biasanya memiliki warna seperti pelangi. Menggunakan tiga filter, astronom akan dapat melihat permukaan dan atmosfir planet.

Contohnya, jika planet alien memiliki sidik warna seperti Bumi, tak berarti planet itu memiliki langit biru dan samudera luas seperti Bumi. Namun, hal ini dapat membuat astronom melihat lebih teliti pada planet itu.

Hal tersebut merupakan langkah penting pertama mengetahui kompleksitas warna 490 planet alien yang telah ditemukan, kata peneliti. Saat ini, astronom telah banyak mengambil gambar penting.

Hal ini akan meningkatkan teknologi menjadi lebih maju dan meningkatkan teknik ilmuwan. Studi ini akan diterbitkan di Astronomical Journal.