Thursday, May 31, 2012

Apa Sebabnya Lingkaran Memiliki Sudut 360 Derajat?

3 comments
http://www.mathsisfun.com/geometry/images/degrees-360.gif
Lingkaran 360 derajat
Mungkin sebagian dari kita ada yang bertanya, mengapa satu lingkaran memiliki sudut sebesar 360 derajat?

http://rovicky.files.wordpress.com/2007/11/lintasan3d.jpg
peredaran bumi terhadap matahari
Ada beberapa jawaban yang mungkin atas pertanyaan itu.
Kita mungkin masih ingat pelajaran sejarah tentang bagaimana hebatnya peradaban di Mesir, Persia, Yunani atau di mesopotamia.

Salah satunya yaitu Orang Sumeria di Mesopotamia atau Irak Selatan, yang telah mengenal tulisan sekitar 3000 tahun SM dan membuat kalender di masa 2400 tahun SM ini, membagi waktu satu tahun 12 bulan dan 360 hari, sama seperti kita sekarang. Pada jaman itu mereka telah memperhatikan lamanya peredaran bumi terhadap matahari. Dari hasil pengamatannya itu mereka menentukan bahwa masa peredaran bumi terhdap matahari adalah 360 hari. Disebabkan peredaran bumi terhadap matahari adalah 360 hari maka diputuskanlah bahwa 1 lingkaran adalah 360 derajat.

Jawaban lain atas pertanyaan di atas, yaitu konon pada masa sebelum masehi (SM) persatuan ahli astronomi dari Babilonia dan Yunani yang sangat ahli dalam bidang trigonometri, membagi lingkaran menggunakan segitiga sama sisi, yang panjangnya sama dengan jari - jari lingkaran tersebut. Segitiga yang dikenal dengan chord itu berhasil membagi lingkaran menjadi 6 chord.
Nah, pada jaman (peradaban)itu, basis bilangannya menggunakan basis bilangan 60, bukan seperti sekarang yang menggunakan basis bilangan 10. Maka, 1 chord dihitung 60 derajat. 1 lingkaran terdiri dari 6 chord. Dan ditetapkanlah bahwa 1 lingkaran terdiri dari 160 derajat (60 x 6).

Duluan Mana, Ayam atau Telur? Ini Jawabnya...

No comments
Para ilmuwan berhasil menjawab salah satu tebak-tebakan tertua di dunia; mana yang lebih dulu, ayam atau telur?

Melalui komputer super, tim dari Universitas Sheffield dan Warwick, Inggris menemukan jawabannya. Apakah itu? 

Jawabnya adalah Ayam.

Kepada laman Harian The Sun, ketua tim peneliti menjelaskan bagaimana mereka berhasil memecahkan teka-teki tersebut.

"Apa yang kami temukan adalah 'kecelakaan' yang menyenangkan. Awalnya, tujuan penelitian kami adalah menemukan bagaimana binatang membuat cangkang telur."

Menurutnya, selama ini, masyarakat telah menganggap remeh ayam. Kami tidak menyadari proses luar biasa yang ditunjukan para ayam dalam proses pembuatan telur.

"Sadarkah Anda, ketika memecahkan kulit telur rebus di pagi hari, Anda sedang menyaksikan salah satu material luar biasa di dunia."

Cangkang telur memiliki kekuatan sangat luar biasa, meski beratnya sangat ringan. Manusia tak bisa membuat benda seperti itu, bahkan yang mendekatinya.

"Masalahnya, kita tak tahu bagaimana ayam membuat cangkangnya."

Tim peneliti lalu menggunakan komputer super milik Dewan Riset Sains Inggris (UK Science Research Council) yang berbasis di Edinburgh. Komputer itu dinamakan HECToR (High End Computing Terascale Resource).

"Kami ingin menelusuri bagaimana telur terbentuk, dengan melihat proses detail telur secara mikroskopis."


Yang pertama dicari adalah, mengetahui 'resep' yang digunakan ayam untuk membuat cangkang telur.

"Dengan bantuan komputer canggih, Kami memecahkan masalah ini selama berminggu-minggu. Sementara, ayam bisa menyusun cangkang itu hanya dalam semalam."

Lucunya, pemilihan cangkang telur ayam sebagai fokus penelitian benar-benar tak disengaja. Para peneliti memilih telur ayam karena proteinnya sederhana untuk ditelaah.

Namun hasilnya ternyata sangat mengejutkan. "Kami memecahkan teka-teki sepanjang masa. Ini mengagumkan."

Hasilnya, ditemukan protein khusus yang ada di tubuh ayam. Protein itu adalah adalah 'tukang bangunan' tanpa lelah, menyusun bagian-bagian cangkang mikroskopis membentuk cangkang telur.

Protein itu menginisiasi proses pembentukan cangkang sebelum menyusun bagian telur yang lain.

Tanpa protein pembangun tersebut, telur tak mungkin terbentuk. Dan, protein itu hanya ditemukan di rahim ayam. "Itu berati ayam ada duluan sebelum telur."

Tapi, dari mana ayam berasal?

Beberapa teori mengatakan, nenek moyang ayam menciptakan telur zaman Dinosaurus.

"Penemuan kami sangat potensial. Sebab, cangkang telur dibentuk dari banyak kristal kecil. Kita bisa menggunakan informasi ini untuk mengetahui cara membuat dan menghancurkan struktur kristal lainnya."

Sebagai contoh, untuk menghilangkan kerak di ceret maupun pipa. Penelitian ini juga berimplikasi medis.

"Karena tubuh kita menggunakan metode yang sama untuk membuat gigi dan tulang, kita bisa belajar lebih banyak tentang bagaimana membangun kembali tulang manusia."



VivaNews

Monday, May 28, 2012

Menu Diet yang Sehat dan Praktis

2 comments
Haaaiiiii...... apakabar semuaaa ^_^
Di postingan kali ini, aku mau bagi-bagi menu diet yang sehat dan juga praktis bin mudah juga murah untuk disajikan. Tapi sebelumnya, aku mau cerita-cerita dulu neh, bolehh yaa? boleh dongs, hehehe...


Awalnya, gak pernah terpikirkan sama sekali untuk melakukan diet, dengan berat badanku 45 kg dan tinggi badan 155cm, yang termasuk kategori normal... aku merasa baik-baik saja, aku merasa tidak ada yang perlu diubah dengan pola hidupku, terutama tentang pola makanku, terlebih aku memang suka makan dan suka masak...
Sebenarnya sih, kalau dibilang suka banget makan, nggak juga... tapi seringnya aku tu suka menunda jam makan, aku makan tu gak teratur, kadang, kalau udah bener-bener lapar baru deh makan...
Malah, kadang seharian gak makan, atau kadang-kadang juga sehari makannya bisa sampai beberapa kali dengan porsi yang gak teratur.
Tentang kesehatan? aku pikir selama aku bisa makan enak dan banyak, aku akan sehat-sehat aja, yang ada dikepalaku tu malah diet itu adalah salah satu bentuk penyiksaan terhadap diri sendiri, yaa lah secara kenapa juga coba kita harus mengurangi jatah makan kita, berlapar-lapar ria kaya gitu, ya gak...? 
kalau ada makanan yaa tinggal dimakan aja,
(ini benar-benar cara berpikir yang sangat-sangat-sangat parraaahhhh banget yaa, hahahaa)

Naaahhh, kalau diantara kalian ada juga yang punya pemikiran seperti itu, 
hmmm... atau mungkin lebih parah dari itu, hihihiiii....
aku kasih tau yaa... menurut informasi yang aku dapat :

Ternyata... 
Pada kenyataan yang sebenarnya adalah, diet bukan mengurangi porsi makan.

Tetapi...
Diet adalah sebuah bentuk pengaturan pola makan yang dilakukan oleh seseorang untuk membuat tubuh fit dan sehat. 

Jadi, 
sekali lagi, diet bukan merupakan bentuk pengurangan porsi makan kita sehari-hari. Diet adalah pengaturan pola makan. 

Tujuannya jelas,
untuk membuat tubuh kita tetap dalam kondisi terbaiknya.
Jika kemudian tubuh kita menjadi terlihat lebih proporsional (yang kurus menjadi lebih berisi, dan yang gendut menjadi lebih langsing) itu adalah sekedar ‘bonus’.
Prinsip dari diet sebenarnya sangat sederhana, makanlah saat kamu lapar dan berhentilah sebelum kamu kenyang. 
Dan sebenarnya, ini juga sesuai dengan kata-kata Nabi Muhammad SAW, "nabi makan sebelum lapar, berhenti sebelum kenyang"  
 
Dan asal tahu saja, makan 3x sehari itu tidak cukup bagi kita. 
Kalau kita makan 3x sehari, kita pasti akan mengalami rasa lapar pada jam-jam dimana jarak makan yang satu dengan yang lainnya cukup jauh. Karena itu, di dalam prinsip diet, dianjurkan untuk makan 5-6 sehari agar tubuh tidak terlalu lemas.

Dari situlah, aku mulai berpikir untuk segera mengubah pola hidupku. Pola hidup yang lebih sehat, terutama mengubah pola makanku yang selama ini tu gak teratur, dari mulai waktu dan porsi makannya juga.
Semuanya ini aku lakukan untuk hidup yang lebih sehat, dan saat ini aku telah memulainya

Ini dia menu diet saya
http://www.tipsdietcepat.com/wp-content/uploads/2011/07/TIPS-DIET-CEPAT-DETOKS-e1311226490697.jpg

Jam 07.00 atau 08:00 Pagi
  • 1 lembar roti gandum + selai (selai kacang atau selai buah) + susu rendah lemak
 Jam 10.00 Pagi
  • Jus buah, atau
  • 1  piring kecil buah potong
Jam 12.00 Siang
  • 1 buah kentang rebus + steak (ayam/tenderloin/tuna) + salad tanpa mayonaise, atau
  • 4 sendok makan nasi merah + ikan bakar + lalapan
 Jam 03.00 Sore
  • 1 gelas jus buah, boleh tambah sedikit susu, atau
  • 1 pisang/ubi rebus + teh hijau tanpa gula, atau
  • Salad buah
Pada intinya, disini kita mengurangi asupan garam, gula dan minyak ke dalam tubuh kita.


Bila mengkonsumsi jus buah usahakan menghindari pemberian gula yang berlebihan. 

Selain itu sering-seringlah mngonsumsi air minum khususnya air putih sehingga untuk menghindari rasa haus yang terlalu sering. 

Rasa haus inilah yang kadang sulit untuk dibedakan dengan rasa lapar, sehingga kita sering kali makan di saat merasa kehausan. 

Menu diet sehat ini diharapkan bisa diimbangi dengan olahraga yang teratur.

Untuk mengetahui atau menghitung tinggi dan berat tubuh yang ideal silahkan klik disini

Tinggi dan Berat Badan

1 comment
Khusus huat kamu yang ingin mengetahui bagaimana cara menghitung berat badan yang ideal dan normal, caranya gampang banget kok...
Dan cara yang paling akurat untuk menghitung berat badan normal dan ideal itu adalah dengan memakai versi indeks Broca.


http://upload.wikimedia.org/wikipedia/commons/thumb/5/56/Paul_Broca.jpg/230px-Paul_Broca.jpg
Pierre Paul Broca (28 June 1824 – 9 July 1880)
Broca adalah seseorang yang pernah hidup di jamannya (telah meninggal dunia pada tahun 1880 di Paris dan memiliki segudang keahlian yang salah satunya adalah keahlian pada ilmu antropometri (secara literal berarti pengukuran manusia). 

Kini, antropometri berperan penting dalam bidang perancangan industri, perancangan pakaian, ergonomik, dan arsitektur. Dalam bidang-bidang tersebut, data statistik tentang distribusi dimensi tubuh dari suatu populasi diperlukan untuk menghasilkan produk yang optimal. 

Perubahan dalam gaya kehidupan sehari-hari, nutrisi, dan komposisi etnis dari masyarakat dapat membuat perubahan dalam distribusi ukuran tubuh (misalnya dalam bentuk epidemik kegemukan), dan membuat perlunya penyesuaian berkala dari koleksi data antropometrik.

Dan inilah cara untuk menghitung berat badan normal dan berat badan ideal,

http://media.vivanews.com/images/2011/08/07/119151_timbang-badan.JPG
1. Berat Badan Normal
Berat Badan Normal = Tinggi Badan - 100

Contoh :
Jika tinggi kamu dari ujung kaki hingga ujung kepala adalah 160 cm maka berat badan normal kita adalah 160 - 100 = 60 kg.

2. Berat Badan Ideal
Berat Badan Ideal = (Tinggi Badan - 100) - ( 10% tinggi badan -100)

Contoh : Jika tinggi badan kita adalah setinggi 150 cm, maka berat badan ideal kita adalah (150 - 100) - (10% x (150 - 100) = 50 - 5 = 45 kg.

Dari hasil tersebut dapat kita ketahui apa yang terjadi dengan diri kita dengan membandingkan hasilnya berikut di bawah ini :
  • Kelebihan Berat Badan/Overweight = Hasilnya 10% s/d 20% lebih besar
  • Kegemukan/Obesitas/Obesity = Hasilnya lebih dari 20% dari yang seharusnya
  • Kurus = Hasilnya 10% kurang dari yang seharusnya.

Perlu diingat, dalam hal ini, Usia tidak visa dibandingkan, karena tinggi seseorang tidak tergantung umurnya.^^

Oh iya, kamu juga bisa menghitung berapa berat badan ideal kamu dengan menggunakan rumus BMI (Body Mass Index), silahkan klik disini.

Cara Menghitung Berat Badan menggunakan Rumus BMI

No comments
Ingin tahu apakah berat badan kamu Ideal dengan Tinggi Badan yang Kamu Miliki?
Pada postingan kali ini saya tuliskan artikel tentang rumus menghitung berat badan ideal. Ada 2 metode yang kami bawakan. Perhitungan konvensional dan melalui Body Mass Index (index massa tubuh).

1. Perhitungan Berat Ideal Konvensional
Jika Anda telah selesai menghitungnya, maka yang Anda peroleh adalah berat badan ideal yang seharusnya Anda miliki. Tapi jangan takut jika berat badan Anda tidak masuk hitungan ideal -karena hasil hitungan rumus ini adalah angka tertentu- sebab range berat badan normal yang dimiliki setiap orang adalah plus/minus 10% berat idealnya.

1. Berat Badan Ideal (BBI) bayi (anak 0-12 bulan)
BBI = (umur (bln) / 2 ) + 4

2. BBI untuk anak (1-10 tahun)
BBI = (umur (thn) x 2 ) + 8

3. Remaja dan dewasa
BBI = (TB - 100) - (TB - 100) x 10%
atau
BBI = (TB - 100) x 90%

[Ket:]
TB = Tinggi badan (cm)

Kalau data TB tidak diketahui bagaimana? 
Misalnya pada pasien ascites atau eudeme anasarka, kan susah tuh.. ga mungkin pake berat badan aktual (selain juga bisa konversi -30% dari BB aktual) atau pada pasien pasca bedah, ga mungkin kita ukur tingginya.. so, Konversi dong dari nilai antropomentri Tinggi lutut atau rentang lengan.

TB berdasarkan Tinggi Lutut (TL)
TB Pria = 6,50 + (1,38 + TL) - (0,08 x U)
TB Wanita = 89,68 + (1,53 x TL) - (0,17 x U)

TB berdasarkan Rentang Lengan (RL)
TB Pria = 118,24 + (0,28 x RL) - 0,07 x U)
TB Wanita = 63,18 + (0,63 x RL) - 0,17 x U)

[ket:]
U = Umur (tahun)

2. Berat Ideal versi Rumus BMI

Ingin menghitung BMI (Body Mass Index) Anda? 
BMI adalah suatu rumus kesehatan, di mana berat badan (BB) seseorang (kg) dibagi dengan tinggi badan (TB) pangkat dua (m2).

BMI = (BB) / (TB) * (TB)

Misalnya: BB = 45 kg dan TB = 165 cm, maka

BMI = (45) / (1.65) * (1.65) = 16.5

Apakah Anda termasuk kurus, normal, atau overwight? Lihat patokan di bawah ini:

BMI < 18.5 = berat badan kurang (underweight)

BMI 18.5 - 24 = normal

BMI 25 - 29 = kelebihan berat badan (overweight)

BMI >30 = obesitas

Ini tabel BMI-nya
http://1.bp.blogspot.com/_95SAhuYMlT0/SZ7QacaX2LI/AAAAAAAAAJw/ZjO_rLCO1eo/s320/bb.bmp
* Warna biru kurang berat
* Warna hijau sehat
* Warna kuning kelebihan berat
* Warna oranye obesitas

Saturday, May 26, 2012

Koleksi Gambar ANTARIKSA dari Teleskop Hubble

No comments
The set of astonishing pictures from the Hubble Space Telescope – one of the largest and most versatile orbital telescopes that has recently celebrated its 22nd year of operation.

Breathtaking Space Photographs Taken by the Hubble Telescope
The merging Antennae galaxies. As the two galaxies smash together, billions of stars are born, mostly in groups and clusters of stars.

Breathtaking Space Photographs Taken by the Hubble Telescope
The massive star Eta Carinae in our Milky Way galaxy that experts believe might explode in a supernova at any time.

Breathtaking Space Photographs Taken by the Hubble Telescope
A giant star-forming nebula with massive young stellar clusters.

Breathtaking Space Photographs Taken by the Hubble Telescope
Supernova remnant 0509-67.5, located in the Large Magellanic Cloud, a small galaxy about 170,000 light-years from Earth.

Breathtaking Space Photographs Taken by the Hubble Telescope
Young, blue star clusters.

Breathtaking Space Photographs Taken by the Hubble Telescope
The four moons of Saturn passing in front of their parent planet. The giant orange moon Titan casts a large shadow onto Saturn's north polar hood. Below Titan, near the ring plane and to the left, is the moon Mimas, casting a much smaller shadow onto Saturn's equatorial cloud tops. Farther to the left, and off Saturn's disk, are the bright moons Dione and the fainter Enceladus.

Breathtaking Space Photographs Taken by the Hubble Telescope
Interacting galaxies consisting of NGC 5754, the large spiral on the right, and NGC 5752, the smaller companion in the bottom left.

Breathtaking Space Photographs Taken by the Hubble Telescope
Remnants from a star that exploded thousands of years ago.

Breathtaking Space Photographs Taken by the Hubble Telescope
The Bug Nebula (NGC 6302) with impressive walls of compressed gas, laced with trailing strands and bubbling outflows.

Breathtaking Space Photographs Taken by the Hubble Telescope
The "Black Eye" galaxy, so named because an ancient cosmic smashup produced a dark ring and a roiling, conflicted interior.

Breathtaking Space Photographs Taken by the Hubble Telescope
The Eagle Nebula with a tall, dense tower of gas being sculpted by ultraviolet light from a group of massive, hot stars.

Breathtaking Space Photographs Taken by the Hubble Telescope
The Sombrero galaxy, with stars in a pancake-shaped disk along with a glowing central bulge of stars.

Breathtaking Space Photographs Taken by the Hubble Telescope
A comet-like object scientists believe was created by the collision of two asteroids, possible siblings of the rogue rock blamed for killing the dinosaurs millions of years ago.
Breathtaking Space Photographs Taken by the Hubble Telescope
The strikingly unusual planetary nebula, NGC 6751. Glowing in the constellation Aquila like a giant eye, the nebula is a cloud of gas ejected several thousand years ago from the hot star visible in its center.
Breathtaking Space Photographs Taken by the Hubble Telescope
A pair of gravitationally interacting galaxies called Arp 147

Breathtaking Space Photographs Taken by the Hubble Telescope
Images of Saturn, shown in a composite photo, captured from 1996 to 2000, depict the planet in different stages of its 29-year journey around the sun.

Breathtaking Space Photographs Taken by the Hubble Telescope
This double star cluster of stars, named NGC 1850, is found in one of earth's neighboring galaxies, the Large Magellanic Cloud.

Breathtaking Space Photographs Taken by the Hubble Telescope
Star V838 Monocerotis's (V838 Mon) light echo, which is about six light years in diameter.

Breathtaking Space Photographs Taken by the Hubble Telescope
Arp 148 is the staggering aftermath of an encounter between two galaxies, resulting in a ring-shaped galaxy and a long-tailed companion.

Breathtaking Space Photographs Taken by the Hubble Telescope
The Boomerang Nebula. This reflecting cloud of dust and gas has two nearly symmetric lobes of matter that are being ejected from a central star.

Breathtaking Space Photographs Taken by the Hubble Telescope
The first visible-light snapshot of a planet circling another star. Estimated to be no more than three times Jupiter's mass, the planet, called Fomalhaut b, orbits the bright southern star Fomalhaut, located 25 light-years away in the constellation Piscis Australis, or the "Southern Fish."

Breathtaking Space Photographs Taken by the Hubble Telescope
This Whirlpool Galaxy image showcases the spiral galaxy's curving arms where newborn stars reside and its yellowish central core that serves as home for older stars.

Breathtaking Space Photographs Taken by the Hubble Telescope
Some stars aren't born, they're hatched from interstellar gas pockets called EGGS (Evaporating Gas Globules) at the end of vast tubes known as "elephant trunks."

Breathtaking Space Photographs Taken by the Hubble Telescope
Jupiter's trademark belts and zones of high- and low-pressure regions appear in crisp detail. Circular convection cells can be seen at high northern and southern latitudes.

Breathtaking Space Photographs Taken by the Hubble Telescope
The Cone Nebula, M17. As spectacular as the central subjects of the photographs are, the background is of critical importance to astronomers. What appear as jewel-toned pinwheels, ovals and diamonds on the blackness of space are actually faraway galaxies.

Breathtaking Space Photographs Taken by the Hubble Telescope
The nearby dwarf galaxy NGC 4214.

Breathtaking Space Photographs Taken by the Hubble Telescope
A large rare population of hot, bright stars inside the hub of the neighboring Andromeda galaxy.

Breathtaking Space Photographs Taken by the Hubble Telescope
A ghostly ring of dark matter in a galaxy cluster designated Cl 0024+17.

Breathtaking Space Photographs Taken by the Hubble Telescope
Several hundred never before seen galaxies are visible in this "deepest-ever" view of the universe.

Breathtaking Space Photographs Taken by the Hubble Telescope
A crater on an object called 8405 Asbolus, a 48 mile-wide chuck of ice and dust that lies between Saturn and Uranus.

Breathtaking Space Photographs Taken by the Hubble Telescope
The coil-shaped Helix Nebula.

Breathtaking Space Photographs Taken by the Hubble Telescope
A bizarre X-pattern of filamentary structures near the point-like nucleus of the object and trailing streamers of dust.

Breathtaking Space Photographs Taken by the Hubble Telescope
The black hole-powered core of a nearby active galaxy.

Breathtaking Space Photographs Taken by the Hubble Telescope
Glowing gold at its center and ringed by a purplish halo, a nearby galaxy holds a vast, stellar nursery with dusty and clean areas for newborn stars.

Breathtaking Space Photographs Taken by the Hubble Telescope
Mars 11 hours before the planet made its closest approach to Earth on August 26, 2003.

Breathtaking Space Photographs Taken by the Hubble Telescope
The Antennae Galaxies (also known as NGC 4038 and 4039).

Breathtaking Space Photographs Taken by the Hubble Telescope
ESO 99-4 is a galaxy with a highly peculiar shape that is probably the remnant of an earlier merger process that has deformed it beyond visual recognition, leaving the main body largely obscured by dark bands of dust.

Breathtaking Space Photographs Taken by the Hubble Telescope
The glowing remains of a dying, Sun-like star known as the "Ant Nebula."

Breathtaking Space Photographs Taken by the Hubble Telescope
Massive baby stars, nestled in a cloud of glowing gases and shining as bright as 300,000 suns, are at the center of a galactic "family portrait."

Breathtaking Space Photographs Taken by the Hubble Telescope
The Horsehead nebula.

Breathtaking Space Photographs Taken by the Hubble Telescope
A close-up picture of Jupiter shows the impact site of Fragment G of Comet Shoemaker-Levy 9.

Breathtaking Space Photographs Taken by the Hubble Telescope
The Elephant's Trunk Nebula, an elongated dark globule within the emission nebula IC 1396 in the constellation of Cepheus.

Breathtaking Space Photographs Taken by the Hubble Telescope
The tempestuous stellar nursery called the Carina Nebula, located 7,500 light-years away from Earth in the southern constellation Carina.


hubblesite.org