Tuesday, July 31, 2012

4 Kebiasaan Buruk Ketika Berkeramas

No comments
Berkeramas sudah menjadi aktivitas yang rutin kita lakukan. Meskipun rutin, nyatanya masih banyak orang yang melakukan kesalahan.
Padahal berkeramas bukan hanya sekedar untuk kepentingan kebersihan rambut Anda, namun berkeramas adalah cara dasar untuk membuat rambut tampil lebih indah secara alami.

http://l.yimg.com/bt/api/res/1.2/ksU.GbmEYDsAtvZajrVUFg--/YXBwaWQ9eW5ld3M7Zmk9aW5zZXQ7aD0yNzA7cT04NTt3PTQzNg--/http://media.zenfs.com/id_ID/News/Tribune_News/Keramas-ok2.jpg

Berikut ini empat kebiasaan buruk yang harus Anda hindari ketika berkeramas seperti yang dilansir Stylelist.com.

1. Berkeramas terlalu cepat
Ini adalah kesalahan yang paling sering Anda lakukan. Dikejar waktu, takut terlambat ke kantor, waktu keramas pun Anda persingkat. Padahal diperlukan waktu yang tidak sebentar agar sampo dapat benar-benar meresap ke rambut sehingga dapat mengangkat kotoran dengan maksimal.

Sama seperti ketika ingin membersihkan sebuah panci yang kotor. Kotoran akan mudah terangkat ketika direndam terlebih dahulu dalam air hangat. Mulai sekarang Anda harus meluangkan waktu khusus untuk berkeramas.

2. Fokus pada ujung rambut
Jangan lakukan ini. Fokuskan keramas pada kulit kepala Anda, karena di situlah minyak diproduksi. Pijat kulit kepala ketika berkeramas, lalu biarkan busa-busa yang dihasilkan memenuhi rambut namun biarkan ujung rambut menjadi bagian yang tidak dipenuhi sampo.

3. Terlalu jarang atau sering berkeramas
Sering mendengarkan saran yang menghimbau Anda untuk memberikan jarak waktu yang lama berkeramas? Itu ada benarnya tapi tidak sepenuhnya benar. Itu semua tergantung jenis rambut Anda.

Kenali tipe dan ketahui kapan rambut Anda harus dibersihkan. Rambut yang bergelombang cenderung lebih kering dan dapat bertahan dalam waktu yang lama tanpa dikeramas.

Mereka yang aktif dan sering berolahraga, harus mencari sampo berfomula khusus sehingga aman digunakan tiap hari. Jika Anda tidak suka dengan bentuk rambut yang tebal, atau tampilan rambut basah, akibat berkeramas, fokuskan pembersihan pada pusaran rambut.

4. Asal pakai sampo
Sering memakai hairspray atau produk penata rambut lainnya biasanya membuat rambut terasa menebal dan berminyak. untuk menyiasati efek sampingnya, Anda tidak boleh asal-asalan memilih sampo. Pastikan Anda menggunakan sampo yang memiliki formula khusus , atau yang tidak mengeringkan zat pelembab alami rambut Anda.

Kurangnya pelembab alami akan membuat rambut memproduksi minyak dalam jumlah yang berlebih.



"UFO" di Pembukaan Olimpiade 2012 London, Inggris

No comments
Olimpiade pada musim panas tahun 2012 ini telah resmi dibuka di Stadion London pada hari Jumat malam lalu (27/07/12).

Penampilan yang spektakuler pada upacara pembukaan itu, menarik perhatian lebih dari 40 juta pasang mata yang menikmati pertunjukan dari artis ternama Inggris hingga Ratu Elizabeth II, serta kemeriahan kembang api besar-besaran yang ditampilkan.

Akan tetapi, upacara pembukaan Olimpiade London 2012 ini tidak hanya menarik perhatian manusia, melainkan para makhluk asing dari luar planet Bumi ini. 

Pada rekaman meriahnya langit kota London yang dihiasi oleh kembang api itu, ternyata ada sebuah benda bercahaya dengan kubah di atasnya, melayang mendekati Stadion London pada saat itu. Benda asing itu tertangkap pada video rekaman Examiner.com. Dalam rekaman tersebut, terlihat benda asing yang diduga adalah UFO ini, melayang perlahan mendekati Stadion London, seakan-akan sedang memperhatikan meriahnya kilauan cahaya pada acara pembukaan Olimpiade London 2012. 

Hal ini mungkin tidak disadari oleh jutaan penonton yang hadir karena aksi memukau Ratu Elizabeth II dan agen rahasia Inggris yang terkenal, James Bond berperan dalam drama singkat dengan terjun dari helikopter di atas Stadion. Hal ini membuat jutaan orang yang hadir menganggap UFO itu adalah bagian dari properti yang digunakan untuk memeriahkan acara pembukaan tersebut. 

Sementara NBC Olympics, sebuah divisi bagian dari NBC Sports telah memilih balon udara Goodyear untuk mewarnai langit pada malam pembukaan Olimpiade 2012 itu. 

Namun, benda asing yang melayang tersebut tidak tampak seperti balon udara.

Menurut mantan Menteri pertahanan UFO, Nick Pope mengatakan pada bulan Juni lalu, bahwa acara besar seperti Olimpiade ini dapat mengundang kemunculan makhluk asing itu di langit Bumi kita ini, dengan tujuan mereka ingin menunjukan keberadaannya pada khalayak ramai. 

Apakah benda melayang itu benar-benar UFO yang turut menyaksikan meriahnya acara pembukaan Olimpiade musim panas London 2012? 

Belum diketahui secara pasti, dan berikut adalah cuplikan video adanya benda asing yang melayang pada pembukaan Olimpiade 2012 di London itu,



Dan berikut adalah gambar dari hasil Screenshoot dan pembesaran untuk gambar yang diduga sebagai UFO,

http://2.bp.blogspot.com/-pGa6CJ2v9xE/UBQRlM9izbI/AAAAAAAAFaI/349PaOzhpCM/s1600/UFO,+UFOs,+sighting,+sightings,+alien,+aliens,+ET,+W56,+uredda,+paranormal,+olympic,+park,+opening,+july,+2012,+fireworks,+london,+england,+nasa,+esa,+nsa,+cia,+top+secretScreen+Shot+2012-07-29+at+12.13.31+AM.png


http://2.bp.blogspot.com/-Jn4MPG5NL18/UBQRoa86rUI/AAAAAAAAFaQ/WDYJV-GucEw/s1600/UFO,+UFOs,+sighting,+sightings,+alien,+aliens,+ET,+W56,+uredda,+paranormal,+olympic,+park,+opening,+july,+2012,+fireworks,+london,+england,+nasa,+esa,+nsa,+cia,+top+secretScreen+Shot+2012-07-29+at+12.12.27+AM.png

http://1.bp.blogspot.com/-ZsTARUpfzKI/UBQRgASrhTI/AAAAAAAAFaA/XzKGvw43aCc/s1600/UFO,+UFOs,+sighting,+sightings,+alien,+aliens,+ET,+W56,+uredda,+paranormal,+olympic,+park,+opening,+july,+2012,+fireworks,+london,+england,+nasa,+esa,+nsa,+cia,+top+secretScreen+Shot+2012-07-29+at+12.11.43+AM.png

Anda boleh memberikan pendapat Anda tentang apakah menurut Anda itu memang UFO atau hanya peralatan televisi yang digunakan untuk merekam/menyiarkan acara tersebut dari ketinggian tertentu ataukah hanya balon udara atau... mungkin anda punya pendapat sendiri tentang "benda" apakah itu...

Monday, July 30, 2012

MURID SMP DI AMERIKA TEMUKAN LUBANG MISTERIUS PADA PLANET MARS

3 comments
Penelitian terhadap planet Mars masih terus berlanjut.

Bukan hanya NASA (National Aeronautics and Space Administration) yang melakukan penyelidikan terhadap planet merah ini, tapi juga sekelompok siswa dari salah satu sekolah di California, Amerika Serikat. 

Beberapa waktu lalu, sekelompok siswa kelas 7 (1 SMP) dari sekolah Evergreen Middle School di Cottonwood, California, AS menemukan sebuah lubang di permukaan planet Mars. 

Saat sedang mengikuti program yang bernama The Mars Student Imaging Program, ke-16 siswa didikan Dennis Mitchell dari kelas ilmu pengetahuan ini menemukan lubang hitam kecil di tengah-tengah planet tersebut. Program yang diadakan di Universitas Arizona ini, memperbolehkan mereka menggunakan kamera milik NASA yang khusus dipakai untuk misi Mars Odyssey Orbiter. Sebenarnya, pada program tersebut para siswa diperbolehkan untuk mengajukan pertanyaan terkait dengan penelitian, kemudian menggunakan kamera tersebut untuk menemukan jawabannya. 

Tetapi, mereka justru menemukan temuan baru bagi antariksawan. Para peneliti yang melihat gua kecil itu, kemudian mengatakan kalau kemungkinan besar gua itu terbentuk akibat dari aktivitas vulkanik pada planet Mars. 

Gua tersebut terlihat seperti jendela loteng yang terbuka karena material utuh yang sebelumnya menutupi lubang tersebut, runtuh dan kini terbuka. Mereka juga memprediksi kalau lebar lubang itu bisa mencapai 160-190 meter, dan dalamnya sekitar 115 meter. 

Berhubung siswa dari sekolah Evergreen ini juga berjasa dalam menemukan lubang misterius tersebut, NASA pun mengajak para siswa ini untuk bergabung melakukan penelitian. 
Menurut guru mereka, Dennis Mitchell, siswa-siswanya akan melakukan penelitian yang terfokus pada lokasi yang biasa menjadi tempat munculnya tabung lava tersebut. Mereka akan mencari jawaban dari pertanyaan ini “Apakah tabung lava hanya dapat ditemui di daerah sekitar gunung berapi, atau hanya terdapat di puncak gunung berapi?” 

Dennis juga menambahkan kalau The Mars Student Imaging Program merupakan program pendidikan yang sangat bagus dan membantu para siswa untuk mengerti lebih dalam tentang caranya melakukan penelitan dan menyadari bahwa betapa pentingnya sebuah penelitian itu bagi komunitas pengetahuan.



Thursday, July 26, 2012

Mari Sahur, Sambil Melihat Hujan Meteor Delta Aquarids

19 comments

Hujan meteor kembali terjadi. Kali ini giliran hujan meteor Delta Aquarids yang memberikan pertunjukan langit. Fenomena ini dapat dinikmati pada Minggu (29/7) dinihari mendatang.

Malam minggu saat sahur, dini hari 29 Juli puncak Delta Aquarids. Posisinya di atas kepala sampai barat daya.

Pada saat puncak ada 20 meteor per jam yang bisa disaksikan. Memang hujan meteor ini tidak termasuk besar, namun para pencinta astronomi tentu tidak akan melewatkan fenomena yang bisa dilihat dengan mata telanjang ini.

Apakah cahaya bulan tidak akan menghalangi pengamatan? 

Bulan terbenam pukul 01.00 WIB, jadi tidak perlu khawatir gangguan bulan. Perlu cuaca cerah dan minim polusi cahaya untuk mengamatinya.

http://1.bp.blogspot.com/-janVqUpwTjE/Tb6xC1jIruI/AAAAAAAAAPk/hNIJHlxedC4/s1600/qwedqw.jpeg
Konstelasi Aquarius
Hujan meteor ini terlihat dari dekat bintang terang Delta Aquarius yang berada dalam konstelasi Aquarius. Karena inilah hujan meteor tersebut dinamakan. 

Para ilmuwan belum mengetahui secara pasti komet asal hujan meteor Delta Aquarids.


Dugaannya, hujan meteor ini berasal dari 96P/Machholz, komet yang ditemukan pada tahun 1986 oleh astronom amatir Don Machholz.

Jika kamu tidak dapat mengamati hujan meteor ini dengan baik, jangan khawatir karena pada 12-13 Agustus mendatang akan ada hujan meteor Perseids.
Jumlah meteor saat puncaknya adalah 90 per jam.

Oh iyaa, baca-baca juga tentang Kalender Astronomi Tahun 2012 yaa... >_<

Monday, July 23, 2012

Jam Piket Organ Tubuh Manusia

8 comments
Tubuh manusia ternyata mempunyai jam piket, lho...
Berikut jam-jam piket bagi organ-organ tubuh kita,

1. LAMBUNG
http://upload.wikimedia.org/wikipedia/commons/thumb/7/70/Est%C3%B3mago.svg/200px-Est%C3%B3mago.svg.png
Lambung:  1) Esofagus, 2) Kardia, 3) Fundus,
4) Selaput lendir, 5) Otot lapisan, 6) Lambung mukosa
7) Tubuh perut, 8) Pilorik antrum, 9) Pilorus,
10) Usus dua belas jari (duodenum)
Jam 07.00 - 09.00
Jam piket organ lambung sedang kuat, wajib makan pagi untuk proses pembentukan energi tubuh sepanjang hari. Minum air putih, jus atau ramuan sebaiknya sebelum sarapan pagi.

Jam 19.00 - 21.00
jam piket lambung mulai lemah, sebaiknya kita tidak makan makanan yang sulit atau lama dicerna. Bahkan pada jam-jam ini lebih baik sudah berhenti makan.

2. LIMPA
http://upload.wikimedia.org/wikipedia/commons/thumb/7/72/Gray1217.png/220px-Gray1217.png
Tampak samping manusia,
bagian berwarna hijau adalah lokasi limpa
Jam 09.00 - 11.00
Jam piket organ limpa kuat, dalam mengirim nutrisi untuk energi pertumbuhan. Bila pada jam-jam ini mengantuk, berarti fungsi limpa sedang lemah. Ini tanda agar kamu mengurangi makan manis, lemak, minyak dan protein hewani.

Jam 21.00 - 23.00
Jam piket organ limpa mulai lemah, terjadi proses pembungan racun dan proses pembentukan sel limpa baru. Inilah saatnya kita tidur, karena tubuh memerlukan istirahat.

3. JANTUNG
http://upload.wikimedia.org/wikipedia/commons/thumb/c/c7/Herz-Heart.jpg/250px-Herz-Heart.jpg
Gambar penampang melintang jantung manusia
Jam 11.00 - 13.00
Jam piket organ jantung kuat, sebaiknya istirahat, hindari panas dan olah fisik.

Jam 23.00 - 01.00
Jam piket organ jantung mulai lemah. Jam ini adalah jam tidur, jika kita tidak tidur, maka fungsi jantung akan lemah dan bisa terkena penyakit jantung.

4. HATI
Jam 13.00 - 15.00
Jam piket organ hati akan lemah, bila kita tidur sejenak sekitar 5 - 20 menit, darah merah berkumpul dalam organ hati dan terjadi proses pembentukan sel-sel hati yang baru. Apabila fungsi hati kuat maka tubuh akan kuat juga menangkal segala penyakit.

Jam 01.00 - 03.00
Jam piket organ hati kuat. Pada jam ini terjadi proses pembuangan racun hasil olah tubuh. Tubuh akan memberi sinyal jika terjadi gangguan pada hati kita.

5. PARU-PARU
http://upload.wikimedia.org/wikipedia/commons/thumb/e/e6/Heart-and-lungs.jpg/250px-Heart-and-lungs.jpg
Paru-paru menyampingi
jantung dan pembuluh darah besar
dalam rongga dada
Jam 15.00 - 17.00
Jam piket organ paru-paru lemah, diperlukan istirahat, untuk proses pembuangan racun dan proses pembentukan energi paru-paru.

Jam 03.00 - 05.00
Jam piket organ paru-paru kuat, terjadi proses pembuangan racun pada organ paru-paru. Jika kita batuk, bersin-bersin dan berkeringat itu tandanya ada gangguan fungsi paru-paru. Olahraga yang teratur bisa mengembalikan paru-paru yang sehat dan kuat.

6. GINJAL
http://upload.wikimedia.org/wikipedia/commons/thumb/d/da/Gray1120.png/250px-Gray1120.png
Ginjal dilihat dari belakang
(tulang rusuk dihilangkan)
Jam 17.00 - 19.00
Jam piket organ ginjal kuat, sebaiknya digunakan untuk melakukan belajar atau kegiatan mengasah otak lainnya karena pada jam ini terjadi proses pembentukan sumsum tulang dan otak serta kecerdasan.

7. USUS BESAR
http://upload.wikimedia.org/wikipedia/commons/thumb/0/04/Stomach_colon_rectum_diagram.gif/220px-Stomach_colon_rectum_diagram.gif
Letak usus besar (large intestine)
dalam sistem pencernaan manusia
Jam 05.00 - 07.00
Jam piket organ usus besar kuat, ini waktu terbaik untuk membuang racun tubuh melalui buang air besar secara teratur.

Jaga baik-baik organ tubuh kita yaa... >_<


sumber:

Majalah Chaki edisi 125

Wikipedia.org

Tiga Astronot Menuju ISS dengan Roket Rusia

No comments
http://l1.yimg.com/bt/api/res/1.2/r43TtyH8.32AjIeNCcHPQQ--/YXBwaWQ9eW5ld3M7Zmk9aW5zZXQ7aD0yNzU7cT04NTt3PTQwMA--/http://media.zenfs.com/id-ID/News/AFP/int-20120715131431-astronot.jpg
Tiga Astronot Menuju ISS dengan Roket Rusia
Sebuah roket Rusia membawa tiga orang awak internasional berhasil meluncur ke luar angkasa tanpa hambatan menuju Stasiun Luar Angkasa Internasional (ISS) pada Minggu, yang merupakan misi berawak pertama dalam dua bulan terkahir.

Astronot Sunita Williams dari NASA, Akihiko Hoshide dari Jepang dan Yury Malenchenko dari Rusia memulai perjalanan mereka di dalam roket Soyuz-FG di bawah langit biru padang rumput Kazakhstan sesuai dengan jadwal pada 2.40 GMT.

Cuplikan rekaman dari dalam kapsul Soyuz TMA-05M yang akan merapat ke ISS setelah perjalanan dua hari tersebut menunjukkan sebuah boneka kecil dengan pakaian merah menggantung di antara ketiga astronot itu sebagai jimat keberuntungan, saat roket tersebut mulai meluncur.

Para astronot membaca dengan tenang lembar prosedur awak, sementara komandan misi Malenchenko mengontrol beberapa pengendalian jarak jauh dengan tongkat hitam di tangannya.

"Itulah salah satu aspek lain dari teknologi pesawat ruang angkasa Soyuz," kata komentator penerbangan NASA pada siaran video langsung.

"Beberapa tombol memang sedikit jauh dari jangkauan para awak sehingga tongkat tersebut membuatnya sedikit lebih mudah untuk mengakses kontrol."

Kapsul TMA-05M dijadwalkan akan merapat dengan modul operasi Rassvet Rusia pada Selasa di 5:52 GMT.



Korsel Rencanakan Peluncuran Roket Baru pada Oktober

No comments
http://upload.wikimedia.org/wikipedia/commons/thumb/0/09/Flag_of_South_Korea.svg/800px-Flag_of_South_Korea.svg.png
Bendera Korea Selatan
Korea Selatan akan melakukan upaya ketiga pada Oktober ini, untuk melakukan peluncuran roket yang bertujuan menempatkan satelit ke orbit, kata kementerian ilmu pengetahuan, Kamis.

Keputusan itu menyusul dukungan komite ruang angkasa nasional, ujar kementerian tersebut menambahkan.

Rusia sedang membangun roket peluncur utama pertama, sementara Korsel sedang membangun roket peluncuran kedua.

Korea Selatan memiliki ambisi jangka panjang untuk menempatkan satelit ke orbit dengan menggunakan roket yang dirakit di dalam negeri, suatu prestasi yang akan memungkinkan mereka untuk bergabung dengan klub eksklusif dari negara-negara yang sudah melakukan hal tersebut saat ini yang berjumlah sembilan negara.

Negara tersebut hingga saat ini mengirim satelit ke ruang angkasa yang menggunakan pesawat peluncur dari negara lain.

Pada 2009, sebuah roket mencapai orbit tetapi mekanisme peluncuran rusak menyebabkan pelepasan sebuah satelit ilmiah tidak berjalan dengan sempurna.

Dalam percobaan satu tahun kemudian mengakibatkan sebuah ledakan karena mengalami masalah dalam sistem listrik roket dan mengakibatkan roket tersebut menyimpang dari jalur.



Jepang Kirim Pesawat Kargo ke Stasiun Ruang Angkasa

No comments
http://upload.wikimedia.org/wikipedia/id/thumb/f/fa/ISS_August_2005.jpg/300px-ISS_August_2005.jpg
Stasiun Luar Angkasa Internasional
difoto setelah berpisah dengan
Pesawat ulang-alik Discovery, 7 Agustus 2005
Sebuah roket Jepang, H-IIB pada Sabtu meluncur untuk mengirimkan pesawat tak berawak ke Stasiun Antariksa Internasional.

Roket itu lepas landas dari bagian selatan pulau Tanegashima sesuai jadwal yaitu pukul 11:06 pagi waktu setempat (0206 GMT), seperti ditunjukkan foto-foto yang disampaikan Badan Eksplorasi Luar Angkasa Jepang (JAXA).

Roket itu membawa sebuah pesawat kargo yang disebut "konotori" (dalam bahasa Jepang berarti bangau), yang berisi berbagai persediaan seperti makanan, pakaian, dan alat-alat yang diperlukan untuk melakukan eksperimen di ruang angkasa.

Roket meluncur ke langit dan harus melepaskan pesawat kargo tersebut sekitar 15 menit setelah peluncuran.

Kargo itu harus mencapai Stasiun Antariksa Internasional, di mana astronot Jepang Akihiko Hoshide tinggal, pada 27 Juli.


NASA Ciptakan Menu Makanan Untuk Rencana Misi ke Mars Pada 2030-an

No comments

Tersembunyi di labirin lorong, jauh di dalam sebuah bangunan era 1960-an yang sudah menjadi tempat penelitian sejak tahun-tahun awal perjalanan ruang angkasa AS, sekelompok ilmuwan berjubah putih mengaduk, mencampur, mengukur, menyikat dan yang paling penting, mencicipi hasil masakan mereka. 

Misi mereka: Menciptakan menu untuk perjalanan yang direncanakan ke Mars pada 2030-an. 

Menu ini harus menyediakan cukup makanan untuk sekelompok astronot yang terdiri dari enam sampai delapan orang, memenuhi standar kesehatan, serta menawarkan keragaman makanan saat berada di luar angkasa. 

Itu bukan hal sederhana mengingat bahwa mungkin akan butuh enam bulan untuk sampai ke Mars. Astronot harus tinggal di sana 18 bulan dan kemudian akan menghabiskan enam bulan lagi untuk kembali ke Bumi. Bayangkan harus berbelanja pasokan buat satu keluarga sekaligus untuk makan cukup selama jangka waktu tersebut. 

"Mars berbeda karena begitu jauh," kata Maya Cooper, ilmuwan senior Lockheed Martin yang memimpin upaya untuk menciptakan menu tersebut. "Kita tidak bisa mengirim kendaraan setiap enam bulan dan mengirim pasokan makanan seperti yang kita lakukan untuk Stasiun Antariksa Internasional." 



Astronot yang melakukan perjalanan ke stasiun ruang angkasa disediakan berbagai macam makanan, sekitar 100 atau lebih pilihan berbeda. Tapi itu semua telah disiapkan sebelumnya dan dibekukan untuk bertahan minimal dua tahun. 

Para astronot ini membentuk sebuah panel untuk mencicipi makanan dan menyetujuinya sebelum berangkat, namun kurangnya gravitasi berakibat pada indera bau dan perasa yang terganggu. Jadi makanan pun terasa hambar. 

Meski begitu, di Mars ada sedikit gravitasi, sehingga NASA mempertimbangkan perubahan signifikan terhadap menu luar angkasa saat ini. Di situlah tim Cooper diperbantukan. Perjalanan ke Mars membuka kemungkinan bahwa astronot bisa melakukan hal seperti memotong sayuran dan memasak sendiri. Meskipun tingkat tekanan berbeda dengan Bumi, para ilmuwan menganggap mereka mungkin akan bisa merebus air dengan pemanas. 

Salah satu pilihan yang dipertimbangkan Cooper dan stafnya di Johnson Space Center di Houston adalah agar astronot memiliki "rumah kaca." Mereka akan disediakan berbagai buah-buahan dan sayuran - dari wortel sampai paprika - dalam larutan hidroponik, yang berarti buah dan sayur tersebut akan ditanam di air yang mengikat mineral dan bukan tanah. 

Para astronot akan merawat kebun mereka dan kemudian menggunakan bahan-bahan tersebut, dikombinasikan dengan bahan lainnya, seperti kacang-kacangan dan rempah-rempah yang dibawa dari Bumi, untuk mengolah makanan. 

"Menu itu menguntungkan karena memungkinkan para astronot untuk benar-benar memiliki tanaman hidup yang tumbuh, Anda mendapatkan nutrisi optimal dengan buah-buahan dan sayuran segar. Pilihan ini benar-benar memungkinkan mereka untuk memiliki kebebasan memilih saat memasak menu karena tidak dalam bentuk menu instan, "kata Cooper. 

Prioritas utama adalah untuk memastikan bahwa para astronot mendapatkan nutrisi, kalori dan mineral dalam jumlah yang tepat untuk menjaga kesehatan fisik dan mendukung kinerja mereka untuk misi ini, ujar Cooper. 

Menu juga harus menjamin kesehatan psikologis para astronot, Cooper menjelaskan. Ia mencatat penelitian yang telah menunjukkan bahwa dengan makan makanan tertentu - seperti roti daging dan kentang tumbuk atau kalkun pada perayaan Thanksgiving - akan meningkatkan suasana hati orang dan memberi mereka kepuasan. 

Bahwa "makanan yang mengingatkan pada rumah" akan menjadi kunci bagi astronot pada misi Mars, dan saat ini terdapat dua studi akademik untuk mencari lebih lanjut hubungan antara suasana hati dan makanan. Kekurangan vitamin atau mineral tertentu juga dapat membahayakan otak, katanya.



Jerry Linenger, seorang pensiunan astronot yang menghabiskan 132 hari di stasiun ruang angkasa Mir Rusia pada 1997, mengatakan makanan penting bagi semangat juang dan makan makanan yang sama selama berhari-hari sangatlah tidak enak. 

"Anda hanya ingin sesuatu yang berbeda. Saya tidak peduli apakah itu sesuatu yang saya tidak mau makan sama sekali ketika di Bumi. Jika itu berbeda, saya akan memakannya," kata Linenger, mengingat sambil tertawa bagaimana dia bahkan akan minum sebuah ramuan susu asam Rusia untuk sarapan atau minum borscht karena cuma itu makanan berbeda yang ada.

Tim Cooper telah menghasilkam sekitar 100 resep, semuanya menu vegetarian karena para astronot tidak akan disediakan produk daging atau susu. Tidak mungkin untuk mengawetkan produk tersebut cukup lama hingga sampai ke Mars. 

Untuk memastikan diet vegetarian menyediakan jumlah protein yang tepat, para peneliti sedang merancang berbagai hidangan, antara lain tahu dan kacang-kacangan, termasuk pizza Thailand yang tidak menggunakan keju namun hanya dengan topping wortel, paprika merah, jamur, daun bawang, kacang tanah dan saus buatan sendiri yang cukup pedas. 

Untuk menjaga menu ini, dan mempergunakan sebaik-baiknya hasil penelitian tentang ketahanan pangan di Mars, Cooper mengatakan NASA mungkin akan memilih satu astronot yang semata-mata didedikasikan untuk menyiapkan makanan.

Namun, karena masih belum jelas berapa banyak waktu yang akan dihabiskan perencana misi tentang persiapan makanan, Cooper juga menciptakan menu alternatif siap makan, mirip dengan apa yang dilakukan untuk kru yang melakukan tugas selama enam bulan di Stasiun Luar Angkasa Internasional. 

Untuk opsi ini, makanan harus memiliki lemari penyimpanan selama lima tahun dibandingkan dengan yang sudah tersedia sekarang, yaitu dua tahun. NASA, Departemen Pertahanan dan berbagai instansi lain meneliti cara untuk memungkinkan hal tersebut, kata Cooper. 

Yang ideal adalah dengan menggabungkan kedua pilihan tersebut. 

"Sehingga mereka akan mendapatkan tanaman segar dan beberapa makanan yang akan kita kirim dari Bumi," kata Cooper. 

Salah satu kendala terbesar, pada saat ini, mungkin adalah keterbatasan anggaran. Proposal anggaran Presiden Barack Obama pada Februari membatalkan misi robot bersama AS-Eropa ke Mars pada 2016, dan sisa dari anggaran NASA lainnya juga telah dipotong. 

Pada saat ini, Michele Perchonok, ilmuwan proyek teknologi makanan di NASA, mengatakan sekitar 1 juta dolar Amerika rata-rata dihabiskan setiap tahun untuk meneliti dan menciptakan menu Mars. Anggaran keseluruhan NASA pada 2012 lebih dari 17 miliar dolar Amerika. 

Dia berharap dengan semakin mendekatnya misi - sekitar 10 sampai 15 tahun sebelum peluncuran - anggaran akan meningkat, memungkinkan untuk penelitian yang lebih mendalam dan konklusif. 

Misi ini penting karena akan memberikan para ilmuwan kesempatan untuk melakukan penelitian unik apapun, mulai dari mencari bentuk kehidupan lain dan asal-usul kehidupan di Bumi hingga efek gravitasi parsial pada pengeroposan tulang. Ini juga akan memungkinkan para ilmuwan makanan memeriksa pertanyaan berkesinambungan. "Bagaimana kita mendukung para kru, 100 persen mendaur ulang segala sesuatu dalam dua setengah tahun?" ujar Perchonok. 

Tapi hal pertama yang harus diatasi: Semua ini tidak akan terwujud tanpa makanan.




Sunday, July 22, 2012

Foto Bumi dari Citra Satelit Landsat

No comments
Selama 40 tahun terakhir, program pengamatan satelit Landsat merekam berbagai perubahan detail yang terjadi di permukaan Bumi.

Berikut adalah beberapa gambar-gambar Bumi seperti diambil citra Landsat.

http://l.yimg.com/bt/api/res/1.2/IVwKv._jfpeS_WCfqgifbg--/YXBwaWQ9eW5ld3M7Zmk9aW5zZXQ7aD02MzA7cT04NTt3PTYzMA--/http://l.yimg.com/os/152/2012/07/23/670107main-van-gogh-from-space-jpg_185728.jpg
In the style of Van Gogh's painting "Starry Night," massive congregations of greenish phytoplankton swirl in the dark water around Gotland, a Swedish island in the Baltic Sea. Population explosions, or blooms, of phytoplankton, like the one shown here, occur when deep currents bring nutrients up to sunlit surface waters, fueling the growth and reproduction of these tiny plants.
(Credit: NASA Goddard Space Flight Center/USGS)
http://l.yimg.com/bt/api/res/1.2/v.i97OfwTz6DH2bXGCXj6g--/YXBwaWQ9eW5ld3M7Zmk9aW5zZXQ7aD02MzE7cT04NTt3PTYzMA--/http://l.yimg.com/os/152/2012/07/23/670109main-yukon-delta-jpg_185732.jpg
Countless lakes, sloughs, and ponds are scattered throughout this scene of the Yukon Delta in southwest Alaska. One of the largest river deltas in the world, and protected as part of the Yukon Delta National Wildlife Refuge, the river's sinuous waterways seem like blood vessels branching out to enclose an organ. (Credit: NASA Goddard Space Flight Center/USGS)

http://l1.yimg.com/bt/api/res/1.2/zUOUZIOuIbmnatT_wDwy2A--/YXBwaWQ9eW5ld3M7Zmk9aW5zZXQ7aD02MzE7cT04NTt3PTYzMA--/http://l.yimg.com/os/152/2012/07/23/670111main-algerian-abstract-jpg_185727.jpg
What look like pale yellow paint streaks slashing through a mosaic of mottled colors are ridges of wind-blown sand that make up Erg Iguidi, an area of ever-shifting sand dunes extending from Algeria into Mauritania in northwestern Africa. Erg Iguidi is one of several Saharan ergs, or sand seas, where individual dunes often surpass 500 meters (nearly a third of a mile) in both width and height.
(Credit: NASA Goddard Space Flight Center/USGS)

http://l1.yimg.com/bt/api/res/1.2/kSV85IAOMLtOg4Ap9UPfzg--/YXBwaWQ9eW5ld3M7Zmk9aW5zZXQ7aD02MzA7cT04NTt3PTYzMA--/http://l.yimg.com/os/152/2012/07/23/670103main-lake-eyre-jpg_185730.jpg
The scary face in this image is actually inundated patches of shallow Lake Eyre (pronounced "air") in the desert country of northern South Australia. An ephemeral feature of this flat, parched landscape, Lake Eyre is Australia's largest lake when it's full. However in the last 150 years, it has filled completely only three times.
(Credit: NASA Goddard Space Flight Center/USGS)

http://l3.yimg.com/bt/api/res/1.2/2Glc26HRdtta8bVQMwEjDA--/YXBwaWQ9eW5ld3M7Zmk9aW5zZXQ7aD02MzA7cT04NTt3PTYzMA--/http://l.yimg.com/os/152/2012/07/23/670105main-meandering-mississippi-jpg_185732.jpg
Small, blocky shapes of towns, fields, and pastures surround the graceful swirls and whorls of the Mississippi River, the largest river system in North America. Countless oxbow lakes and cutoffs accompany the meandering river south of Memphis, Tennessee, on the border between Arkansas and Mississippi.
(Credit: NASA Goddard Space Flight Center/USGS)



5 Bintang Paling Terang Setelah Matahari

2 comments
Seperti yang kita telah ketahui bahwa matahari merupakan bintang paling terang di jagat raya ini. 
Cahaya dan sinar dari matahari mampu menuju ke bumi sehingga matahari merupakan komponen penting dalam bumi kita ini. Tetapi terdapat 5 bintang lagi yang kita tidak ketahui yang memiliki terang selain matahari.

Berikut adalah 5 Bintang Paling Terang Setelah Matahari.

1. Sirius

Photobucket

Photobucket

Sirius adalah bintang paling terang di langit malam yang terletak di rasi Canis Major. Sirius dapat dilihat hampir di semua tempat di permukaan Bumi kecuali oleh orang-orang yang tinggal pada lintang di atas 73,284° utara. 

Saat terbaik untuk dapat melihat bintang ini adalah sekitar tanggal 1 Januari, dimana dia mencapai meridian pada tengah malam. Pada kondisi yang sesuai, Sirius dapat dilihat dengan mata telanjang saat Matahari masih berada di atas horison. 


Ketika berada di atas kepala, bintang ini dapat dilihat pada kondisi cuaca sangat bersih, asalkan pengamat berada di tempat yang tinggi, dan posisi Matahari cukup rendah.

2. Canopus

Photobucket

Canopus adalah bintang paling terang di rasi Carina, dan merupakan bintang paling terang kedua di langit malam, setelah Sirius. Penampakan terbaik Canopus adalah pada 28/29 Desember, yaitu saat berada di meridian pada tengah malam. Pada saat itu, orang yang tinggal di sekitar khatulistiwa dapat melihat Canopus pada ketinggian sekitar 37° di atas horizon selatan. Bagi yang berada di hemisfer selatan, dimungkinkan untuk dapat melihat dua bintang paling terang, Sirius dan Canopus dalam satu malam. Jika Sirius dapat terlihat di sekitar zenith, dipastikan dapat melihat Canopus di sebelah selatannya. Bagi yang tinggal di lintang yang lebih tinggi dari 37°18’15″ LS, Canopus akan menjadi bintang sirkumpolar, yaitu bintang yang tidak pernah tenggelam.

3. Arcturus

Photobucket

Photobucket

Arcturus atau bintang Biduk adalah bintang paling terang di rasi Bo├Âtes, dan bintang paling terang ketiga di langit malam setelah Sirius dan Canopus.

Arcturus juga merupakan bintang paling terang di belahan langit utara. Mengingat letaknya yang tidak terlalu jauh dari ekuator langit, Arcturus hampir dapat dilihat oleh semua orang di permukaan Bumi, kecuali bagi mereka yang tinggal di atas lintang 70,818° selatan.


Penampakan terbaiknya adalah sekitar bulan April, di saat bintang ini mencapai meridian pada tengah malam.

4. Alpha Centauri

Photobucket

Photobucket

Alpha Centauri (dikenal juga sebagai Rigil Kentaurus, Rigil Kent, atau Toliman) adalah bintang paling cerah dalam rasi Centaurus. 
Walaupun tampak seperti satu titik dilihat dengan mata telanjang, bintang ini sebenarnya adalah sistem tiga bintang. Alpha Centauri adalah sistem bintang terdekat dari tata surya kita, dengan jarak 4,2 sampai 4,4 tahun cahaya. 

Dengan deklinasi -60°50′, Alpha Centauri dapat dilihat oleh sebagian besar yang berdiam di belahan bumi selatan. 
Bagi yang tinggal di lintang yang lebih tinggi dari 29°10’ selatan, Alpha Centauri akan menjadi bintang sirkumpolar. 


Penampakan terbaiknya adalah pada akhir bulan April atau awal Mei, saat ia berada di sekitar meridian pada tengah malam. Bersama dengan Beta Centauri, Alpha Centauri menjadi ’’pointer ke arah Crux’’. Dengan pointer ini orang dapat membedakannya dari crux palsu.

5. Vega

Photobucket

Photobucket
Vega adalah bintang paling terang di rasi Lyra, bintang paling terang ke lima di langit malam, bintang paling terang kedua di belahan langit utara setelah Arcturus, dan merupakan “bintang tetangga” Matahari pada jarak 25,3 tahun cahaya. 

Vega memiliki kelas spektrum A0V, dan dengan demikian merupakan bintang deret utama yang sedang melangsungkan pembakaran hidrogen menjadi helium di intinya. Sebagai bintang kelas A0V, Vega hanya akan bersinar satu miliar tahun saja, sepersepuluh dari kala hidup Matahari. 

Umur Vega saat ini diperkirakan antara 200 dan 500 juta tahun. Vega dua kali lebih masif daripada Matahari dan memancarkan energi 50 kali lebih banyak. Vega juga merupakan bintang yang berotasi sangat cepat. Karena efek presesi pada rotasi Bumi, pada sekitar tahun 14.000, Vega akan menjadi Bintang Utara.


wikipedia

Dunia Lain di Lingkar Kutub Utara

No comments

Di Lingkar Kutub Utara atau Lingkar Arktik, suhu bisa turun sampai -40 derajat Celsius. 

Fotografer Niccolo Bonfadini menghabiskan waktu di sana untuk mendokumentasikan kawasan tersebut. Hasilnya adalah bentuk-bentuk aneh yang muncul dari bawah tanah. Ternyata, pohon-pohon yang tertutup oleh es.

http://l3.yimg.com/bt/api/res/1.2/tFJnRKKsA6xCXVZDtNXvGA--/YXBwaWQ9eW5ld3M7Zmk9aW5zZXQ7aD00MjA7cT04NTt3PTYzMA--/http://l.yimg.com/os/152/2012/07/23/SN-Icebergs-01-jpg_182816.jpg
(Photo by Niccolo Bonfadini / Solent News)
http://l.yimg.com/bt/api/res/1.2/ekavJwEuQ5kg5__DewuLIQ--/YXBwaWQ9eW5ld3M7Zmk9aW5zZXQ7aD00MTc7cT04NTt3PTYzMA--/http://l.yimg.com/os/152/2012/07/23/SN-Icebergs-04-jpg_182820.jpg
(Photo by Niccolo Bonfadini / Solent News)

http://l1.yimg.com/bt/api/res/1.2/wXEGV2.UHN1TQFY9vtL9ug--/YXBwaWQ9eW5ld3M7Zmk9aW5zZXQ7aD00MTY7cT04NTt3PTYzMA--/http://l.yimg.com/os/152/2012/07/23/SN-Icebergs-05-jpg_182819.jpg
(Photo by Niccolo Bonfadini / Solent News)
http://l.yimg.com/bt/api/res/1.2/A_3s0AnHZw0Qg7_duMJvZA--/YXBwaWQ9eW5ld3M7Zmk9aW5zZXQ7aD00MTk7cT04NTt3PTYzMA--/http://l.yimg.com/os/152/2012/07/23/SN-Icebergs-06-jpg_182813.jpg
(Photo by Niccolo Bonfadini / Solent News)
http://l3.yimg.com/bt/api/res/1.2/ReF3.z2Hwx9lzd3wAFBM9g--/YXBwaWQ9eW5ld3M7Zmk9aW5zZXQ7aD00MjA7cT04NTt3PTYzMA--/http://l.yimg.com/os/152/2012/07/23/SN-Icebergs-08-jpg_182813.jpg
(Photo by Niccolo Bonfadini / Solent News

Subhanallah... Terlihat bagus dan indah sekali yaa >_<
Dan terlihat seperti bukan di Planet Bumi, hehehe...



MENGAPA JARUM JAM BERPUTAR KE KANAN?

No comments
Pada jaman dulu jam adalah benda mewah yang hanya bisa dimiliki oleh orang-orang ber-uang, bentuknya pun masih berukuran besar. Tapi kini jam telah menjadi perlengkapan yang wajib dimiliki, ukurannya juga sudah banyak berevolusi.

Pernahkah terpikirkan oleh Anda, mengapa jarum jam bergerak ke kanan?

Sekilas hal kecil seperti ini memang nampak sepele, namun ada sejarahnya mengapa jarum jam bergerak ke kanan.

http://1.bp.blogspot.com/_yKsm5RB5qcM/TJq_FHg0iCI/AAAAAAAAAjM/7Ndqkk3Ikog/s1600/Egypt.jpg
Tugu Obelisk Mesir
Dahulu sebelum jam ditemukan beberapa suku dan bangsa kuno sudah mengenal sistem waktu dengan cara pengukuran yang berbeda.

Bangsa mesir merupakan salah satu bangsa yang pada waktu itu sudah bisa mengamati waktu dengan memanfaatkan pergerakan matahari.

Mereka mendirikan sebuah tugu yang disebut obeliks, ketika matahari bergerak maka bayangan dari tugu tersebut juga akan bergerak, dari sanalah mereka mengukur waktu. 


Karena matahari terbit dari timur dan Mesir berada di belahan dunia bagian utara maka ketika matahari bergerak bayangan dari tugu obeliks pun bergerak ke kanan.

Itulah alasan kuat mengapa akhirnya jarum jam dibuat bergerak ke kanan, seandainya Mesir berada di belahan dunia bagian selatan mungkin kita akan melihat jarum jam bergerak ke kiri.

Untuk memahami, mengapa jarum jam berputar demikian (dari arah kiri ke kanan), silahkan sobat baca dan perhatikan gambar ilustrasi dibawah ini.

Di belahan bumi Utara, ketika matahari terbit di Timur, bayangan berada di Barat. Ketika matahari terbenam di Barat, akhirnya bayangan berada di Timur. Sejak terbit sampai terbenamnya matahari, bayangan bergerak dari Barat ke Timur melewati Utara (seperti arah jarum jam sekarang).
Perhatikan gambar ilustrasi berikut :

http://www.masterporn.me/images/uqct2wwsingxk1mbzdvv.gif


Bisa dipahami...?
Nah, karena itulah jarum jam berputar seperti yang kita lihat sekarang:

http://www.masterporn.me/images/rqm4kkdwq14rk9n7y2a.gif


Saturday, July 21, 2012

20 Keistimewaan Wanita Dalam Islam

No comments


1. Wanita itu Cantik

2. Wanita yang solehah (baik) itu lebih baik daripada 1000 lelaki yang soleh.

3. Barang siapa yang menggembirakan anak perempuannya, derajatnya seperti orang yang senantiasa menangis Karena takut Allah SWT dan orang yang takut Allah SWT akan diharamkan api neraka keatas tubuhnya.

4. Barang siapa yang membawa hadiah (barang, makanan dari pasar kerumah) lalu diberikan kepada keluarganya, maka pahalanya seperti bersedakah. Hendaklah mendahulukan anak perempuan daripada anak lelaki. Maka barang siapa yang menyukai akan anak perempuan seolah-olah dia memerdekakan anak Nabi Ismail A.S

5. Wanita yang tinggal bersama anak-anaknya, akan tinggal bersama aku (Rasulullah SAW) di dalam surga.

6. Barang siapa yang mempunyai tiga anak perempuan atau tiga Saudara perempuan atau dua Saudara perempuan , lalu dia bersikap ihsan dalam pergaulan dengan mereka dengan penuh rasa takwa serta bertanggung jawab, maka baginya adalah surga.

7. Dari Aisyah r.a. "Barang siapa yang diuji dengan sesuatu dari anak-anak perempuannya lalu dia berbuat baik kepada mereka , maka mereka akan menjadi penghalang baginya api neraka."

8. Surga itu di bawah telapak kaki ibu.

9. Apabila memanggilmu dua orang ibu bapamu maka jawablah panggilan ibumu dahulu.

10. Wanita yang taat berkhidmat kepada suaminya akan tertutup pintu-pintu neraka dan terbuka pintu-pintu surga . Masuklah dari manapun pintu yang dia kehendaki dengan tidak dihisab.

11. Wanita yang taat pada suaminya, semua ikan-ikan di laut, burung di udara, malaikat di langit, matahari dan bulan, semuanya beristigfar baginya selama dia taat kepada suaminya dan rekannya (serta menjaga sembahyang dan puasanya).

12. Aisyah r.a. berkata " aku bertanya pada rasulullah SAW, siapakah yang lebih besar haknya terhadap wanita? Jawab baginda "suaminya". Siapa pula berhak terhadap lelaki?" jawab Rasulullah SAW "Ibunya"

13. Perempuan apabila sembahyang lima waktu, puasa di bulan Ramadhan, memelihara kehormatannya serta taat pada suaminya, masuklah dia dari pintu surga mana saja yang dia kehendaki

14. Tiap perempuan yang menolong suaminya dalam urusan agama, maka Allah SWT memasukkan dia kedalam surga lebih dahulu daripada suaminya (10.000 tahun)

15. Apabila seorang perempuan mengandung janin dalam rahimnya, maka beristigfarlah para malaikat untuknya. Allah SWT mencatatkan baginya setiap hari dengan 1000 kebaikan dan menghapuskan darinya 1000 kejahatan.

16. Apabila seorang perempuan mulai sakit hendak bersalin, maka Allah SWT mencatatkan baginya pahala orang yang berjihad pada jalan Allah SWT

17. Apabila seorang perempuan melahirkan anak, keluarlah ia dari dosa-dosa seperti keadaan ibunya melahirkan

18. Apabila telah lahir (anak) lalu disusui, maka bagi ibu itu setiap satu tegukan dari susunya diberi satu kebajikan

19. Apabila semalaman (ibu) tidak tidur dan memelihara anaknya yang sakit, maka Allah SWT memberinya pahala seperti memerdekakan 70 orang hamba dengan ikhlas untuk membela agama Allah SWT.

20. Do'a wanita lebih makbul daripada lelaki karena sifat penyayang yang lebih kuat daripada lelaki. Ketika ditanya kepada Rasulullah SAW akan hal tersebut, jawab baginda : " Ibu lebih penyayang daripada Bapak dan doa orang yang penyayang tidak akan sia-sia.