Friday, August 31, 2012

DO'A UNTUK ORANG SAKIT

No comments
Assalamualaikum, semuanyaaa.... :)

Alhamdulillah saat ini aku  masih diberi kesempatan untuk posting yang insya Allah berguna buat kita semua terutama saya pribadi. Kali ini tentang Doa Untuk Orang Sakit. Silahkan disimak...

Aisjah r.a. berkata : Adanya Nabi Salallahu Alaihi Wasalam jika didatangi oleh orang yang mengeluh sakit atau luka, Maka Nabi Salallahu Alaihi Wasalam meletakkan jari telunjuknya ke tanah dan diludahi sedikit, kemidian diusapkan kepada apa yang dirasakan sambil berdoa : 

BISMILLAHI TURBATU ARDLINA BIRIQOTI BA'DLINA YUSYFA SAQIMUNA BI'IDZNI ROBBINA 
(Dengan nama Allah tanah kami dengan ludah setengah dari kami, semoga disembuhkan orang sakit ini dengan izin Allah). 
(HR. Bukhari, Muslim.)

Aisjah r.a. berkata : adalah Nabi Salallahu Alaihi Wasalam berziyarah kepada salah seorang keluarganya yang sedang sakit maka ia mengusap-usap si sakit dengan tangan kanannya sambil membaca :

Allahumma Robbannas, Adz-hibil ba'sa isyfi antasy-syafi la syifa'a illa syifa'uka syifa'an la yughadiru saqoman 
(Ya Allah Tuhan dari semua manusia, hilangkan segala penyakit, sembuhkanlah, hanya Engkau yang dapat menyembuhkan, tiada kesembuhan kecuali dari padaMu, sembuh yang tidak dihinggapi penyakit lagi). 
(HR. Bukhari, Muslim).

Anas r.a. berkata kepada Tsabit : Sukakah aku menjampi kau dengan jampi Rasulullah..? Jawab Tsabit : Baiklah. Maka Anas membaca :

Allahumma Robbannas Mudzhibal-bas, isy fi antasy-syafi, la syafiya illa anta syifa'an la yughadiru saqoman  
(Ya Allah Tuhan semua manusia, yang menghalaukan segala penyakit, sembuhkanlah, hanya Engkau yang menyembuhkan, tiada yang menyembuhkan kecuali Engkau, sembuh yang tidak dihinggapi penyakit lagi).
(HR. Bukhari)

Ibn Abbas r.a. berkata : Bersabda Rasulullah : Siapa yang menjenguk/menengok orang sakit yang belum tiba ajalnya, kemudian dibacakan do'a ini tujuh kali, pasti Allah menyembuhkannya dari itu penyakit. Yaitu :

Asalullahal adhim, robbal arsyil adhim an-yasyfiyaka 7x.
(Aku mohon kepada Allah yang Maha Agung. Tuhan yang mempunyai arasy yang besar, semoga Allah menyembuhkan engkau) 
(HR. Abu Dawud, Attirmidzy dan Alhakim).

Ibn Abbas r.a. berkata : Rasulullah menjenguk kepada orang badwi, dan biasa Rasulullah jika menjenguk pada orang sakit berkata : 

La Ba'sa Thohurun Insya Allah. 
(Tidak apa-apa semoga penyakit ini menjadi pencuci dari dosa-dosa Insya Allah). 
(HR. Bukhari).

Demikian Rasulullah menuntun supaya masing-masing orang dari umatnya dapat mendoakan dirinya sendiri, dan mengadakan hubungan langsung kepada Allah dalam segala hal.

Semoga bermanfaat dan bisa kita amalkan serta mendapat ridha Allah SWT... Amin...

FENOMENA BULAN BIRU

10 comments
Bulan Biru atau Blue Moon didefinisikan sebagai purnama kedua yang terjadi dalam satu bulan yang sama.

http://assets.kompas.com/data/photo/2011/12/11/1257169620X310.jpg
Ilustrasi Bulan Biru
Credit : NASA
Meski fenomenanya bernama Bulan Biru, tak berarti saat itu Bulan berwarna biru. Bulan Biru di sini hanyalah kiasan untuk menggambarkan jarangnya kejadian itu.

Fenomena Bulan Biru adalah sebuah kejadian yang termasuk langka, karena muncul setiap 3 tahunan atau lebih tepatnya terjadi setiap 2,5 tahun dan hanya sekali dalam setahun. Ini disebabkan oleh lunasi Bulan yang lamanya 29,5 hari sementara satu bulan dalam kalender masehi ada yang 31 hari. Namun, dalam periode 19 tahun sekali, Bulan Biru bisa terjadi dua kali dalam setahun. Pada 1999, misalnya, Bulan biru terjadi pada bulan Januari dan Maret.

Terjadinya Bulan Biru berkaitan dengan lama penanggalan Masehi dan Bulan. Satu tahun dalam kalender Masehi berjumlah 365 hari, sementara dalam kalender Bulan 354 hari. Sisa hari akan diakumulasikan sehingga pada tahun tertentu akan terjadi dua purnama dalam sebulan.

Penyebab terjadinya dua kali Bulan Biru dalam setahun juga berkaitan dengan penanggalan. Sejarah mencatat, biasanya dua Blue Moon dalam setahun terjadi pada bulan Januari dan Maret.

Blue Moon dalam bulan Januari terjadi menjelang akhir bulan. Karena Februari umumnya berjumlah 28 hari, maka pada bulan itu tak ada purnama sama sekali. Purnama selanjutnya baru terjadi pada awal Maret. Blue Moon pada Maret bisa terjadi karena Maret berjumlah 31 hari.

Langkanya fenomena tersebut melatarbelakangi munculnya ungkapan "once in a blue moon".

Bulan Biru Adalah Nyata
Bulan Biru biasanya dianggap sebagai kiasan karena sebenarnya bulan memang tidak tanmpak berwarna biru. Istilah Bulan Biru diberikan karena fenomena purnama dua kali dalam sebulan jarang terjadi. Meski demikian, sejarah juga mencatat bahwa Bulan Biru itu nyata. Artinya, Bulan memang tampak kebiruan.

Bulan yang berwarna biru pernah terjadi pada tahun 1992, tepatnya saat terjadi gerhana Bulan 9 Desember 1992. Sebagian kecil cakram Bulan saat gerhana tampak kebiruan. Adapun bagian lain tampak gelap, bukan kemerahan seperti biasanya.
Fenomena tersebut berkaitan dengan letusan Gunung Pinatubo. 
Richard Keen, peneliti yang merekapitulasi citra Gerhana Bulan Total sejak masa Gunung Agung, mengatakan bahwa saat Gerhana Bulan total 1992 (bulan berwarna kebiruan) alasannya karena hamburan Matahari oleh ozon.

Situs NASA menyebutkan bahwa Bulan yang tampak biru disebabkan oleh adanya partikel yang lebih besar dari panjang gelombang warna merah (0,7 mikron). Partikel tersebut bisa bersumber dari abu letusan gunung berapi.

Bulan Biru paling fenomenal yang tercatat sejarah terjadi saat letusan Krakatau tahun 1883. Tidak hanya saat gerhana, Bulan juga tampak kebiruan setiap malam, entah sabit, separuh, ataupun purnama.

Berdasarkan penjelasan di situs NASA, Bulan berwarna biru tersebut terjadi selama bertahun-tahun sesudah letusan. Debu letusan Krakatau mengotori atmosfer dan menyebabkan sinar putih yang biasanya diperlihatkan Bulan tampak biru.

Bulan Biru juga terjadi setelah letusan Gunung St. Helen pada 1980 dan Gunung El Chicon di Meksiko tahun 1983.

Dan dengan demikian, fenomena Bulan yang tampak kebiruan bukan hanya kiasan, melainkan nyata terjadi.

Gerhana 10 Desember 2011 dan Bulan Biru
Contoh terakhir bulan yang tampak kebiruan terjadi pada Sabtu, 10 Desember 2011 malam, saat Gerhana Bulan Total memasuki totalitas sekitar pukul 21.07 - 21.57 WIB.

Bulan yang berwarna kebiruan teramati oleh dua teleskop berbeda. Warna kebiruan cenderung menumpuk di satu titik. Berbeda dari gerhana Bulan total 1992, warna kebiruan pada gerhana kali ini dihiasi oleh warna merah pada bagian cakram Bulan yang lain.

Apa sebab Bulan yang tampak biru kali ini? Beberapa waktu lalu Gunung Merapi di Yogyakarta memang sempat meletus. Warna kebiruan yang tampak tidak berkaitan dengan abu vulkanik Merapi. Buktinya, Bulan masih tampak kemerahan semalam.

Bulan dengan kelir kebiruan yang terjadi semalam tidak teramati di tempat selain Gombong. Oleh sebab itu, belum diketahui apakah fenomena tersebut lokal atau ekstraterestrial. 

Dengan demikian, belum tahu pasti sebab munculnya warna kebiruan. Hipotesa saat ini, kemungkinan itu cahaya hasil hamburan ozon atau ada kebakaran yang menghasilkan asap sehingga Bulan saat itu berwarna biru.

Fenomena Bulan Biru 31 Agustus 2012
Fenomena unik bernama Bulan Biru ini, bisa disaksikan pada akhir pekan ini, tepatnya 31 Agustus 2012 malam. Seperti pengamatan Bulan biasa, fenomena ini bisa dilihat dengan mata telanjang.


Pada Jumat minggu ini, purnama kedua atau Bulan Biru akan bisa disaksikan mulai pukul 20.59 WIB, dimana saat itu Bulan sedang berada pada fase atau titik penuhnya. EDT (1358 GMT). Namun, waktu terbaik untuk pengamatan adalah di langit timur sekitar pukul 21.00 saat posisi bulan cukup nyaman untuk dipandang.

Ini merupakan penampakan Bulan Biru yang kedua, setelah sebelumnya fenomena ini terlihat pada 1 Agustus 2012. Fenomena langka ini amat sayang untuk dilewatkan, sebab setelah tampilnya Bulan Biru pekan ini, publik tidak akan dapat melihatnya kembali hingga Juli 2015.

Saat purnama merupakan saat yang tepat untuk mengamati permukaan Bulan. Pasalnya, pada saat itu seluruh permukaan Bulan yang menghadap ke Bumi disinari oleh Matahari. Pola gambar yang ada di permukaan Bulan bisa dilihat dengan mata telanjang.

Ingin mengamati Bulan Biru? 
Keluarlah pada Jumat malam dan cari lokasi yang tepat. Siapa tahu, Bulan nanti akan berwarna biru karena suatu sebab, mewujudkan fantasi tentang Bulan berwarna biru.

Fenomena Bulan Biru ini menampilkan Bulan dengan bulat penuh (bulan purnama). Tidak seperti namanya, bulan yang terlihat di langit malam pada hari Jumat, 31 Agustus 2012 ini tidak menampilkan warna biru. Akan tetapi, adanya debu atau abu di atmosfer dikatakan mampu menciptakan rona tertentu dari sudut pandang mata seseorang.

Pada Agustus ini, atau September, jika Anda bertempat tinggal di wilayah Kamchatka (bagian timur Rusia) atau Selandia Baru, fenomena langka ini terjadi setelah tengah malam pada Sabtu (1 September).

CARA KERJA SATELIT

2 comments
Satelit merupakan sebuah benda diangkasa yang berputar mengikuti rotasi bumi. Satelit dapat dibedakan berdasarkan bentuk dan keguaananya seperti: satelit cuaca, satelit komonikasi, satelit iptek dan satelit militer.


Untuk dapat beroperasi satelit diluncurkan ke orbitnya dengan bantuan roket. Negara -negara maju seperti Amerika Serikat, Rusia, Perancis dan belakangan Cina, telah memiliki stasiun untuk melontarkan satelit ke orbitnya.

Posisi satelit pada orbitnya ada tiga macam yaitu. Low Earth Orbit (LEO): 500-2,000 km diatas permukaan bumi. Medium Earth Orbit (MEO): 8,000-20,000 km diats permukaan bumi. Geosynchronous Orbit (GEO): 35,786 km diatas permukaan bumi.


Seluruh pergerakan satelit dipantau dari bumi atau yang lebih dikenal dengan stasiun pengendali. Cara kerja dari satelit yaitu dengan cara uplink dan downlink. Uplink yaitu transmisi yang dikirim dari bumi ke satelit, sedangkan downlink yaitu transmisi dari satelit ke stasiun bumi.

Komunikasi satelit pada dasarnya berfungsi sebagai repeater di langit. Satelit juga menggunakan transponders, yaitu sebuah alat untuk memungkinkan terjadinya komunikasi 2 arah.


Umumnya komunikasi satelit menggunakan banyak tranponders. Contohnya Intelsat VIII menggunkan 44 transponders dapat mengakomodir 22.500 telepon sirkuit dan 3 channel TV, pada masa sekarang ini sampai bisa mengakomodir komunikasi di Asia dan Afrika.

Antena satelit sangat penting peranannya dalam jaringan komunikasi satelit. Karena benda yang ini berfungsi sebagai penerima transimisi di setiap kawasan di dunia. Sedangkan satellite spacing (penempatan satelit) digunakan agar dalam melakukan transmisi lebih mudah berdasarkan kawasannya.


Sedangkan power system yang digunakan oleh satelit diperoleh melalui sinar matahari yang diubah ke bentuk listrik yang menggunakan Sel surya (Solar cells). Selain itu, satelit juga dilengkapi dengan sumber tenaga yang berdurasi 12 tahun yang merupakan bahan bakarnya agar dapat beroperasi.


(fisika asik, 17-18 (Arifin Badar))

PROSES PEMBENTUKAN URINE DI DALAM GINJAL

No comments
Di dalam ginjal terjadi serangkaian proses pembentukan urine. Proses pembentukan urine meliputi 3 tahap yaitu :
  1. Tahap penyaringan (filtrasi)
  2. Tahap penyerapan kembali (reabsorpsi)
  3. Tahap pengeluaran zat (augmentasi)
Bagaimana proses dari setiap tahapan tersebut? Berikut ini adalah uraiannya:

1. Tahap penyaringan (filtrasi).
Tahap filtrasi terjadi di badan Malpighi yang di dalamnya terdapat glomerulus yang dikelilingi sangat dekat oleh kapsula Bowman . Proses filtrasi: Ketika darah yang mengandung air, garam, gula, urea dan zat-zat lain serta sel-sel darah dan molekul protein masuk ke glomerulus, tekanan darah menjadi tinggi sehingga mendorong air dan komponen-komponen yang tidak dapat larut, melewati pori-pori endotelium kapiler glomerulus, kecuali sel-sel darah dan molekul protein. Kemudian menuju membran dasar dan melewati lempeng filtrasi, masuk ke dalam ruang kapsula Bowman. Hasil filtrasi dari glomerulus dan kapsula Bowman disebut filtrat glomerulus atau urine primer. Urine primer ini mengandung: air, protein, glukosa, asam amino, urea dan ion anorganik. Glukosa, ion anorganik dan asam amino masih diperlukan tubuh.


2. Tahap penyerapan kembali (reabsorpsi).

Filtrat glomerulus atau urine primer mengalami tahap reabsorpsi yang terjadi di dalam tubulus kontortus proksimal, dan lengkung Henle. Proses tahap ini dilakukan oleh sel-sel epitelium di seluruh tubulus ginjal. Banyaknya zat yang direabsorpsi tergantung kebutuhan tubuh saat itu. Zat-zat yang direabsorpsi antara lain adalah: glukosa, asam amino, ion-ion Na+, K+, Ca, 2+, Cl-, HCO3-, dan HbO42-, sedangkan kadar urea menjadi lebih tinggi.
Proses reabsorpsi : mula-mula urine primer masuk dari glomerulus ke tubulus kontortus proksimal, kemudian mulai direabsorpsi hingga mencapai lengkung Henle. Zat-zat yang direabsorpsi di sepanjang tubulus ini adalah glukosa, ion Na+, air, dan ion Cl-. Setiba di lengkung Henle, volume filtrat telah berkurang. Hasil tahap reabsorpsi ini dinamakan urine sekunder atau filtrat tubulus. Kandungan urine sekunder adalah air, garam, urea, dan pigmen empedu yang berfungsi memberi warna dan bau pada urine. Urine sekunder masuk ke dalam tubulus kontortus distal dan terjadi lagi penyerapan zat-zat yang tidak digunakan dan kelebihan air diserap sehingga terbentuk urine.

3. Tahap Pengeluaran (Augmentasi).
Urine sekunder dari tubulus kontortus distal akan turun menuju saluran pengumpul (tubulus kolektivas). Dari tubulus kolektivas, urine dibawa ke pelvis renalis, lalu ke ureter menuju kantung kemih (vesika urinaria). Siswa SMP, perhatikan gambar 11 agar ketiga tahap tadi dapat lebih kamu pahami.

Proses penyaringan darah atau pembentukan urin
Kantung kemih merupakan tempat penyimpanan sementara urine. Jika kantung kemih sudah penuh oleh urine, maka urine harus dikeluarkan dari tubuh, melalui saluran uretra. Dimanakah letak ureter, kantung kemih dan uretra? Coba kamu perhatikan lagi gambar (seperti gambar 7) berikut ini.


Volume urine yang dikeluarkan antara lain tergantung pada hal-hal berikut:
·  Jumlah air yang diminum.
·  Jumlah garam yang harus dikeluarkan dari darah agar tekanan osmosis tetap.
·  Hormon antidiuretik (Anti Diuretic Hormone = ADH) yang dihasilkan oleh kelenjar hipofisis di bagian belakang otak. 

(Lagi) TENTANG SEGITIGA BERMUDA

No comments
Sebenarnya di postingan saya yang sebelumnya udah pernah bahas tentang SEGITIGA BERMUDA ini, tapi gak ada salahnya juga deh nulis lagi tentang ini, soalnya kayaknya memang gak ada habisnya yaa kalau bahas tentang si Segitiga yang satu ini...

Okee deh, langsung aja deh... selamat membaca yaa :)

1
Peta letak Segitiga Bermuda

Segitiga Bermuda atau yang biasa disebut dengan Segitiga Setan adalah sebuah wilayah lautan di Samudra Atlantik seluas 1,5 juta mil2 atau 4 juta km2 yang membentuk garis segitiga.


Sebenarnya tempat misteri ini kurang tepat bila dikatakan segitiga, sebab batas-batas dari petunjuk kapal-kapal atau pesawat terbang yang hilang lebih dari bentuk segitiga.Bentuk Segitiga itupun hanya merupakan imajinasi saja. Bila kita ambil peta, kita buka di bagian Amerika Tengah, disana terdapat banyak kepulauan Hindia Barat. Untuk mengetahui bagaimana bentuk dari Segitiga Bermuda itu, kita tarik garis dari kota Miami ke kota San Juan di Puerto Rico, dari San Juan ke pulau Bermuda, dan kembali ke Miami didaerah Florida, Amerika.Sebenarnya tempat Misteri semacam ini juga terdapat di tempat lain,contohnya di sebuah danau yang bernama Ontorio.
 

Segitiga bermuda sangat misterius. Sering ada isu paranormal di daerah tersebut yang menyatakan alasan dari peristiwa hilangnya kapal lautmaupun pesawat terbang yang melintas akibat ulah Devil/setan/jin cs. Bahkan ada pula yang mengatakan bahwa itu semua akibat ulah makhluk luar angkasa.
Dari berbagai kesimpulan, jarum kompas dan peralatan navigasi pesawat yang melintasi daerah tsb selalu mendapat gangguan dan seakan-akan mereka seperti tidak melihat adanya air. Dari gejala-gejala ini dapat disimpulkan, di dasar laut Bermuda tentu terdapat sebuah medan magnetik yang sangat kuat sekali,dan sanggup mengganggu kompas atau menarik kapal itu sampai ke dasar laut yang dalam.
 
Mengenai cerita Segitiga Bermuda sendiri,ternyata seorang pelaut terkenal, Cristoper Colombus pernah mengisahkan dalam catatan pelayarannya tentang kejanggalan-kejanggalan yang ia rasakan pada saat berlayar melintasi daerah segitiga bermuda. Dikisahkan olehnya,pada saat melintasi wilayah ini,salah seorang awaknya berkata kepadanya telah melihat cahaya aneh di angkasa. Beberapa awak lainnya mengisahkan telah melihat suatu benda seperti sebuah meteor melintas di angkasa. Didalam catatan pelayarannya, Colombus mengisahkan seluruh peralatan navigasi kapalnya tidak berfungsi pada saat melintasi daerah itu,bahkan jarum kompasnya selalu berputar dengan menunjukkan arah yang tak jelas.


Hingga saat ini,telah banyak tenggapan-tanggapan atau teori-teori mengenai peristiwa-peristiwan aneh dan ghaib yang terjadi di kawasan tsb,diantaranya:
 
A. Sebuah Argumen dari suatu Perusahaan Asuransi Kapal Laut 
Perusahaan asuransi laut Lloyds of London menyatakan bahwa segitiga bermuda bukanlah lautan yang berbahaya dan sama seperti lautan biasa di seluruh dunia, asalkan tidak membawa angkutan melebihi ketentuan ketika melalui wilayah tersebut. Penjaga pantai mengkonfirmasi keputusan tersebut. Penjelasan tersebut dianggap masuk akal, ditambah dengan sejumlah pengamatan dan penyelidikan kasus.

B. Teori Lorong Waktu 
Menurut beberapa peneliti,mungkin dikawasan ini terdapat sebuah gangguan atmosfir di udara berupa lubang di langit.Ke lubang itulah pesawat terbang masuktanpa sanggup untuk keluar lagi. Dari misteri Lubang di Langit ini membentuk sebuah teori tentang adanya semacam perhubungan antara dunia dengan dimensi lain. lubang di Langit itu dianggap semacam alat transportasi seperti tampak di film Star Trek. Ataukah bentuk Lubang di Langit itu UFO? Orang sering menghubungkan hilangnya pesawat kita dengan munculnya UFO. Lantas, apakah hilangnya mereka itu karena diculik oleh UFO? Malah hasilnya hanya mendapat pertanyaan tanpa jawaban.


C. Blue Hole
Konon di dasar laut segitiga bermuda terdapat semacam lubang/gua dasar laut,dulu gua ini memang sungguh ada, tetapi setelahjaman es berlalu, gua ini tertutup.Arus didalamnya sangat kuat dan seringmembuat pusaran yang berdaya hisap. banyak kapal-kapal kecil atau manusiayang terhisap ke dalam blue hole itu tanpa daya,dan anehnya kapal-kapal kecilyang terhisap itu akan muncul kembali ke permukaan laut selang beberapa lama.Tapi yang menimbulkan pertanyaan ialah: Mungkinkah Blue Hole ini sanggup menelankapal raksasa ke dasar lautan?


D. Gas Metana
Penjelasan lain dari beberapa peristiwa lenyapnya pesawat terbang dan kapal laut secara misterius adalah adanya gas methana di wilayah perairan tersebut. Teori ini dipublikasikan untuk pertama kali tahun 1981 oleh Badan Penyelidikan Geologi Amerika Serikat. Teori ini berhasil diuji coba di laboratorium dan hasilnya memuaskan beberapa orang tentang penjelasan yang masuk akal seputar misteri lenyapnya pesawat-pesawat dan kapal laut yang melintas di wilayah tersebut.menurut salah seorang ahli Segitiga Bermuda merupakan portal menuju ke dunia yang hilang ATLANTIS,


E. Misteri Lidah LautanKawasan Segitiga Bermuda
sering juga disebut sebagai Tongue of the Ocean atau Lidah Lautan.Lidah Lautan mempunyai jurang bawah laut (canyon).Ada beberapa peristiwa kecelakaan di sana. Tidak banyak yang belum diketahui tentang Segitiga Bermuda,sehingga orang menghubungkan misteri Segitiga Bermuda ini dengan misteri lainnya. Misalnya saja misteri Naga Laut yang pernah muncul di Tanjung Ann, Massachussets AS, pada bulan Agustus 1917. Mungkinkah naga laut ini banyak meminta korban? Ataukah arus Cromwell di Lautan Pasifik yang menyebabkan adanya gelombang lautan disitu atau angin topan, gempa bumi di dasar lautan? hanya Tuhan yang tahu 


F. Misteri Makhluk Sargasso
Misteri lain yang masih belum terungkap adalah misteri Makhluk Laut Sargasso, yang bukan semata-mata khayalan. Di Lautan Sargasso,banyak kapal yang tak pernah sampai ke tujuannya dan terkubur di dasar laut.Di sana terhimpun kapal-kapal dari berbagai jaman, harta karun, mayat tulangbelulang manusia. Luas Laut Misteri Sargasso ini 3650 km untuk panjang danlebarnya 1825 km, dan di sekelilingnya mengalir arus yang kuat sekali, sehinggamembentuk pusaran yang sangat luas yang berputar perlahan-lahan searah jarum jam.Didasar lautnya terdapat pegunungan yang banyak dan mempunyai tebingdan ngarai yang terjal.

G. Angin Puting Beliung
Mungkin di area ini sering terjadi badai laut yang mungkin bisa membentuk suatu pusaran angin yang dapat menyebabkan hancurnya sebuah pesawat terbang karena terhempaskan.


H. Beberapa Penjelasan Lain
Ada yang mengatakan Segitiga Bermuda disebabkan karena tempat tersebut merupakan pangkalan UFO sekelompok mahkluk luar angkasa/alien yang tidak mau diusik oleh manusia,sehingga kendaraan apapun yang melewati daerah teritorial tersebut akan terhisap dan diculik. Ada juga yang mengatakan bahwa penyebabnya dikarenakan oleh adanya sumber magnet terbesar di bumi yang tertanam di bawah Segitiga Bermuda,sehingga logam berton-tonpun dapat tertarik ke dalam. Dan bahkan ada yang mengatakan Segitiga Bermuda merupakan pusat bertemunya antara arus air dingin dengan arus air panas,sehingga akan mengakibatkan pusaran air yang besar/dasyat.

Meskipun beberapa teori dilontarkan, namun tidak ada yang memuaskan, sebab munculnya tambahan seperti benda asing bersinar yang mengelilingi pesawat sebelum kontak dengan menara pengawas terputus dan pesawat lenyap.
 
Segitiga Bermuda memang menarik, sekaligus menakutkan. Konon perairan Karibiamerupakan tempat yang banyak menyimpan keanehan-keanehan, seperti cahaya-cahayayang tak jelas asalnya, bayangan-bayangan yang menakutkan, yang keluar masukpermukaan laut, bentuknya tak jelas tapi lebih besar dari ikan paus. Bentuknya seperti ubur-ubur raksasa dengan warna kulit keputihan dan pernahdilihat oleh dua orang (jadi bukan halusinasi). Menurut bebara orang, Ubur-ubur raksasa tsb mampu mengacaukan navigasi kapal.Bahkan lucunya,ada orang yang beranggapan klo ubur-ubur raksasa tsb merupakan kapal selam makluk luar angkasa atau boleh dibilang pangkalan UFO bawah laut,tapi aq sendiri malah ngakak dengan pendapat yang satu ini. 

Keanehan lain juga terjadi didekat pulau Puerto Rico,tampak suatu pancaran air raksasa yang membentuk cendawan atau kembang kol. Laut di tempat itu mempunyaikedalaman sampai 10 km.Kejadian ini sempat dilihat oleh awak pesawatBoeing 707 pada tanggal 11 April 1963. Menurut mereka cendawan air itumempunyai garis tengah selebar 900-1800 meter dengan ketinggian separuhnya.Mungkin itu hanya percobaan nuklir dari negara Amerika atau lainnya? 


Tapi pihakAmerika tidak membenarkannnya,sebab tak mungkin mencoba bom di jalurpenerbangan. Mungkin ledakan itu berasal dari kapal selam nuklir Thresher yanghilang sehari sebelumnya, tapi lokasi hilangnya kapal selam itu ribuan km darisana.
 
Beberapa Peristiwa-Peristiwa Mengerikan Di Segitiga Bermuda
1
Penerbangan 19
Peristiwa yang paling mengerikan di perairan ini adalah hilangnya 5 pesawat pembom milik angkatan udara Amerika Serikat secara misterius dalam patroli rutin yang dinamakan Penerbangan 19 sejak lepas landas di FortLauderdale, Florida pada tanggal 5 Desember 1945.

Para ahli penerbangan dan kelautan dibuat tercengang oleh berita tsb,bagaimana tidak,pasalnya 5 pesawat tersebut merupakan pesawat unggulan/andalan dari Angakata Udara USA yang dibuat secara sistematis dengan keunggulan sanggup untuk menghadapi kondisi maupun situasi cuaca yang buruk.namun dengan mudahnya 5 pesawat tsb menghilang sesaat setelah mengirimkan laporan mengenai gejala pandangan yang aneh,tentunya hal ini merupakan sesuatu yang aneh bagi mereka. Karena pesawat-pesawat pada Penerbangan 19 dirancang untuk dapat mengapung di lautan dalam waktu yang lama, maka penyebab hilangnya dianggap tidak masuk akal karena penerbangan tersebut masih mengapung-apung di lautan menunggu laut yang tenang dan langit yang cerah.

Setelah itu, dikirimkan regu penyelamat untuk menjemput penerbangan tersebut, namun tidak hanya pesawat Penerbangan 19 yang belum ditemukan, regu penyelamat juga ikut lenyap. Karena kecelakaan dalam angkatan laut ini misterius,maka dianggap penyebab dan alasannya tidak diketahui.


Berikut adalah bebrapa Kejadian-kejadian yang terjadi di Segitiga Bermuda:

1
1

1


1840 : HMS Rosalie
1872 : The Mary Celeste, salah satu misteri terbesar lenyapnya beberapa kapal di segitiga bermuda
1909 : The Spray
1917 : SS Timandra
1918 : USS Cyclops (AC-4) lenyap di laut berbadai, namun sebelum berangkat menara pengawas mengatakan bahwa lautan tenang sekali, tidak mungkin terjadi badai, sangat baik untuk pelayaran
1926 : SS Suduffco hilang dalam cuaca buruk
1938 : HMS Anglo Australian menghilang. Padahal laporan mengatakan cuaca hari itu sangat tenang
1945 : Penerbangan 19 menghilang
1952 : Pesawat British York transport lenyap dengan 33 penumpang
1962 : US Air Force KB-50, sebuah kapal tanker, lenyap
1970 : Kapal barang Perancis, Milton Latrides lenyap; berlayar dari New Orleans menuju Cape Town.
1972 : Kapal Jerman, Anita (20.000 ton), menghilang dengan 32 kru
1976 : SS Sylvia L. Ossa lenyap dalam laut 140 mil sebelah barat Bermuda.
1978 : Douglas DC-3 Argosy Airlines Flight 902, menghilang setelah lepas landas dan kontak radio terputus
1980 : SS Poet; berlayar menuju Mesir, lenyap dalam badai
1995 : Kapal Jamanic K (dibuat tahun 1943) dilaporkan menghilang setelah melalui Cap Haitien
1997 : Para pelayar menghilang dari kapal pesiar Jerman
1999 : Freighter Genesis hilang setelah berlayar dari Port of Spain menuju St Vincent.


Ilustrasi Mengenai Keganasan Segitiga Bermuda oleh Para Seniman
Dari fenomena2 misterius yg muncul di segitiga bermuda,muncul berbagai cerita khayal.sebagaimana halnya dengan peristiwa2 yang dialami oleh kapal2,dan pesawat2 yang telah hilang di segitiga ini.selain peristiwa skuadron 19 AU AS.


Pada tanggal 27 februari 1935,ketika penghuni Hotel di pantai daytona,dan orang2 yang sedang berjemur dipantai itu dikejukan oleh sebuah pesawat yang tebang rendah diatas mereka,dan tiba2 jatuh menukik kelaut.Para penyelam dari tim SAR pun segera dikerahkan,tetapi mereka tidak mnemukan apapun.akan tetapi orang2 yg berada disitu menegaskan bahwa mereka betul2 menyaksikan pesawat yang jatuh kelaut tersebut.akan tetapi pelacakan tetap tidak menunjukkan hasil dan tanda2 adanya pesawat yg jatuh.
 

Pada tanggal 30 januari 1948 pesawat Star Tiger dalam perjalanannya ke Bermuda dengan 31 penumpangnya,Kapten pesawat (pilot)telah memastikan bahwa mereka akan mendarat secara wajar ditempat yg dituju,namun malangnya hingga kini pesawat itu tak pernah sampai ditujuannya.
Kasus lainnya adalah hilangnya pesawat transpor C-119 Flying Boxcar pada 7 Juni 1965. Pesawat berbadan besar dengan mesin ganda milik AU AS bermuatan kargo ini, hari itu pukul 07.47 waktu setempat lepas landas dari Lanud Homestead. Pesawat dengan 10 awak ini terbang menuju lapangan terbang Grand Turk, Bahama, dan diharapkan mendarat pukul 11.23. Pesawat ini sebenarnya hampir menuntaskan perjalanannya, kontak radio masih terdengar hingga pukul 11. Anehnya, Boxcar tak pernah sampai tujuan.
Seketika itu pula tim SAR terbang menyapu wilayah seluas 100.000 mil persegi yang diduga menjadi tempat kandasnya C-119. Namun hasilnya benar-benar nihil. Sama seperti hilangnya pesawat-pesawat lainnya di wilayah ini,tak satu pun serpihan pesawat atau tubuh manusia ditemukan.
 

Begitulah nasib C-119 Flying Boxcar yang tak pernah terpecahkan hingga kini. Di antara kapal atau pesawat yang raib di wilayah Segitiga Bermuda nasibnya selalu sama. Terjadi ketika cuaca sedang baik, tak ada masalah teknis, kontak radio berjalan biasa, tetapi si pelintas tiba-tiba menghilang begitu saja. Dan, tanpa meninggalkan jejak sama sekali.
 

Pada musim gugur tahun 1967 juga terjadi lagi,tatkala kapal pesiar Queen Elisabeth I berlayar menuju Nassau,dua orang petugas yang berada di anjungan menyaksikan sebuah pesawat kecil yg secara diam2 dan tiba2 menyambar ke arah mereka,dan kemudian jatuh ke laut,namun seperti yg sudah2 queen elisabeth I yg mencoba mencari pesawat itu tetap tidak menemukan tanda2 apapun
 

Pada tahun 1940 sebuah kapal perancis rousalie yg melewati daerah ini mesinnya tetap baik,muatan juga tidak diusik,tetapi kapal ini kosong(tidak berawak),dan berakhir dengan raibnya kapal barang besar milik AS,,Anita,dengan muatan 20.000 ton,pada tgl 23 maret 1973.Sebelum itu ,yakni pada tahun 1972 hilang pula di wilayah tersebut seorang nelayan bernama silattszcky.Nasib sama juga dialami oleh kapal belanda,Herminea,yg ditemukan oleh seorang penjaga pantai.Herminea berlayar seolah tanpa tujuan di dekat pantai inggris pada tahun 1949.kapal ini ditemukan tanpa layar,yg membuktikan bahwa ia bekas dihantam badai,akan tetapi ketika penjaga pantai tersebut naik kedalam kapal,ternyata tidak menemukan seorang penumpang pun.tampaknya seluruh penumpang telah meninggalkan kapal tersebut,yg aneh adalah bahwa kapal itu masih memiliki pelampungnya yg tersimpan rapi dalam sebuah peti,sebagaimana dgn barang2 lainnya yg masih tersimpan rapi.seolah tidak pernah terjadi apa2,ataupun tanda2 pernah dihantam badai.
 

Segitiga maut ini juga telah menelan rombongan lima Grumman TBF Avenger AL AS yang tengah berpatroli melintasi wilayah laut ini pada siang hari tanggal 5 Desember 1945.Setelah sekitar dua jam terbang, komandan penerbangan melaporkan bahwa dirinya dan anak buahnya seperti mengalami disorientasi. Beberapa menit kemudian kelima pesawat TBF Avenger ini pun raib secara misterius tanpa sempat memberi sinyal SOS.
 

Anehnya lagi, saat sebuah pesawat SAR jenis Martin PBM-3 Mariner dikirim untuk mencari TBF Avenger, pesawat amfibi gemuk dengan tiga belas awak ini pun ikut-ikutan lenyap di sana. Besoknya ketika wilayah-wilayah laut yang diduga menjadi tempat kecelakaan keenam pesawat itu disapu enam pesawat penyelamat pantai dengan 27 awak, tak satu pun serpihan pesawat yang berhasil ditemukan. Hilang tanpa meninggalkan jejak.
 

Setelah sekian tahun berlalu, sekitar 1990, seorang peneliti tanpa disengaja berhasil menemukan onggokan kerangka pesawat di lepas pantai Fort Launderdale, Florida. Lebih mengejutkan lagi, ketika dicocokkan, onggokan metal itu ternyata bagian dari kelima TBF Avenger.
Barangkali yang lebih menarik dari hilangnya kapal2 dan pesawat2 itu adalah justru selamatnya sebuah kapal laut,tetapi sangat jauh menyimpang dari arah tujuannya semula.Mary Silhout nama kapal itu,ditemukan pada bulan desember 1972 sedang mengapung dalam keadaan kosong.penumpangnya terdiri dari seorang pendeta dgn istri dan seorang anaknya.,berikut delapan awak kapal lenyap tanpa bekas.kasus ini dianggap sebagai kasus yg paling banyak menarik perhatian dikarenakan,karena kapal tersebut ditemukan tanpa perlengkapan komunikasi,dan alat alat penyelamat!.
 
Yang lebih menakjubkan lagi dari peristiwa peristiwa diatas adalah upaya yang dilakukan para sarjana dalam memecahkan misteri tersebut dgn mengemukakan berbagai macam teori,interpetasi khayali yg sampai sekarang masih belum menunjukkan hasil, Vincent cadys, seorang spesialis peristiwa2 misterius kelautan dan orang yg pertama kali menggunakan istilah segitiga bermuda,mengatakan bahwa daerah bermuda adalah daerah yg sangat berbahaya bagi pelayaran dan penerbangan yg mengandung medan elektromagnet,pandangan ini menginterpetasikan peristiwa2 yg terjadi di segitiga ini sebagai ulangan dari penampilan kembali peristiwa2 yg dulu pernah terjadi di ilayah tersebut karena adanya lorong waktu (time tannel). 

Artinya di wilayah itu terdapat satu radius yg bisa mengulang ulang peristiwa yg terjadi di masa lalu,atau di segitiga ini ada satu tempat yg bila dilalui akan terjadi peralihan tempat dan waktu ,dengan kata lain pesawat2,kapal2,beserta penumpangnya,masih tetap hidup,tetapi berada di tempat dan waktu yg lain.Lembaga meteorologi dan geofisika AS mengorbitkan satelit buatan guna menyingkap misteri segitiga bermuda dan memantau tempat2 tertentu di muaka bumi. 

Akan tetapi,sekali waktu,tiba2 dan dengan sangat mngejutkan pesan2 dan suara suara yg ditangkapnya saat melewati wilayah bermuda terputus begitu saja. Professor Wyne Mitchgeon yg menangani kasus ini menyimpulkan bahwa kita sedang berbicara tentang suatu kekuatan yg sangat besar dan tanpa batas,dan kita tidak tahu sedikitpun tentang itu.

PENAMPAKAN UFO SEGITIGA ATAU PESAWAT PROTOTIP AMERIKA?

No comments
Sebuah obyek terbang tak dikenal terbang dengan santainya diatas langit Tucson, Arizona, AS. 
Mengapa dikatakan "terbang dengan santainya"? 
Itu karena ribuan orang menyaksikan penampakan obyek tersebut.
Obyek apakah sebenarnya itu ?

Berita ini dipublikasikan pada tanggal 2 Okober 2010. Pada awalnya memang banyak orang yang menduga bahwa obyek tersebut adalah sebuah UFO, namun setelah beberapa peneliti menganalisa kembali foo tersebut, mereka menduga kuat bahwa obyek terbang tersebut sesungguhnya adalah sebuah pesawat militer prototipe yang dikembangkan di Area-51 oleh Amerika Serikat. Lalu, pesawat apakah yang begitu mirip dengan obyek tersebut?



Perkenalkan, inilah TR-3B, sebuah pesawat rahasia yang mempunyai kode nama Astra. Pesawat ini berbentuk segitiga, bertenaga nuklir, dan memiliki berbagai fungsi yang berbeda dengan pesawat pada masa itu. Sangat mirip dengan foto UFO diatas bukan ?

TR-3B pertama kali dikembangkan pada awal tahun 90'an, lewat program Aurora dan didanai dari "Black Budget". Program super rahasia ini dilakukan dengan pengawasan dari National Recoinnaissance, CIA, USAF dan NSA. Dengan biaya pembuatan pesawat mencapai 3 juta Dollar lebih, TR-3B merupakan salah satu pesawat eksotik pada masanya, tidak heran banyak yang menganggap TR-3B adalah sebuah UFO ketika diuji coba pada tahun 1994.


TR-3B dilengkapi segudang fitur canggih, bahkan pada masa sekarang, belum ada pesawat komersil yang mempunyai teknologi secanggih TR-3B. Hal ini wajar saja, mengingat Amerika memang tidak "membagi" teknologi ini kepada publik. Lapisan luar pesawat ini sangat reaktif terhadap stimulasi radar, sehingga TR-3B dapat mengubah ukuran, refleksi, bahkan warna pesawat di radar musuh.

Lapisan yang terbuat dari Polimer ini, ketika digunakan dengan teknologi Electronic Counter Measures dan, ECCM dapat memanipulasi radar musuh, sehingga TR-3B tampak seperti sebuah pesawat kecil di radar, atau bahkan tidak tampak ( invicible ). Selain itu, teknologi Magnetic Field Disrupter, merupakan sebuah teknologi baru yang dikembangkan Amerika dan diaplikasikan pada sebuah pesawat.



Teknologi MFD dikembangkan oleh sebuah perusahaan bernama Sandia and Livermore Laboratories, dan pemerintah Amerika sangat merahasiakan pengembangan teknologi ini, mungkin tidak ingin diketahui oleh PBB kali ya. Plasma yang menjadi bahan utama teknologi ini, dipres dengan tekanan 250.000 atmosfir pada suhu 150 derajat Kelvin, dan dirotasikan dengan kecepatan 50.000 rpm untuk membuat plasma super-konduktif. Plasma ini menyebabkan gangguan pada gravitasi bumi yang mempengaruhi pesawat. Cara kerja MFD adalah membuat sebuah medan pusaran magnetik yang mengganggu gaya gravitasi, bahkan menetralkan gaya gravitasi pesawat hingga 89 %. Meskipun kedengarannya mirip sebuah alat anti-gravitasi, namun sebenarnya MFD bukanlah alat seperti itu. Meskipun MFD merupakan sebuah peralatan revolusioner untuk sebuah teknologi pesawat, namun alat ini membutuhkan energi yang besar, karena itulah TR-3B menggunakan reaktor nuklir sebagai sumber tenaga utama. Sekarang tahu kan , mengapa pesawat ini dirahasiakan? karena teknologi nuklirnya, pasti banyak pihak yang akan menentang program Amerika ini.



TR-3B merupakan jenis pesawat yang dapat terbang tinggi, bersifat stealth, dan jenis pesawat mata - mata yang ideal. Dengan penggunaan MFD yang mereduksi bobot pesawat hingga 89% dan nuklir sebagai jet pendorongnya, TR-3B dapat melesat hingga mencapai mach 9 dan membuat pesawat tercepat di dunia sekalipun tidak mampu mengejarnya, mengapa? Ya karena bobot pesawat, desain, dan teknologinya yang memang tidak diaplikasikan pada pesawat manapun. Bahkan,menurut berbagi sumber, hanya pilot tertentu saja yang dapat terbang hingga kecepatan seperti itu di kokpit TR-3B.

TR-3B menggunakan 3 jet pendorong yang berfungsi ganda, terletak di setiap sudut bagian bawah pesawat. 3 jet pendorong tersebut menggunakan hydrogen dan oksigen cair sebagai bahan bakarnya. Roket bertenaga nuklirnya menggunakan hydrogen sebagai bahan bakar utama, dan oksigen sebagai tenaga tambahannya.



Tampaknya, pihak Amerika sekedar ingin memamerkan hasil karyanya lewat penampakan - penampakan yang sering terjadi di berbagai wilayah. Ciri khas pesawat ini adalah berbentuk segitiga, namun beberapa orang mengatakan jika saat ini TR-3B telah dimodifikasi menjadi beberapa varian, diantaranya TR-3A, The TR-3B, dan Teir 2, 3, 4. Beberapa varian dibuat versi otomatis ( unmanned atau tanpa awak ) dan manual ( manned atau berawak ).

Amerika sepertinya memang memiliki suatu ambisi untuk menjadi negara yang paling maju dari negara - negara lainnya dengan menutup - nutupi berbagai pengembangan teknologi yang dirahasiakan. Namun, ada pepatah yang mengatakan : " Sepandai - pandainya bangkai disimpan, lama kelamaan baunya akan tercium juga."
sumber :

5 Pesawat Siluman Paling Kontroversial

4 comments
Tidak ada yang lebih menarik di dunia penerbangan melainkan membicarakan "proyek-proyek hitam" dari program pesawat yang begitu rahasia yang bahkan keberadaannya tidak diketahui pun oleh pejabat-pejabat tinggi tertentu. Tapi kadang-kadang tabir kerahasiaan sengaja diangkat ke publik, dengan detail yang tentunya minim.

Di sini kita akan menyusuri enam pesawat siluman yang berbeda – beberapa sekarang telah banyak diketahui publik, yang lain mungkin masih sangat rahasia atau bahkan tidak ada. Berikut artikelnya:

1. TR-3A Black Manta
Diduga aktif selama tahun 1980 dan 90-an, sedikit yang diketahui dari TR-3A Manta Hitam melainkan rumor dan desas-desus. TR-3A sebagai pesawat siluman subsonik, diproduksi oleh Northrop Grumman. TR-3A dikabarkan telah digunakan dalam Perang Teluk bersama dengan F-117A Nighthawk bomber siluman, tetapi sedikit sekali bukti atas kejadian ini.

"TR" singkatan dari Teledyne Ryan – yang dikenal untuk menunjukkan kode pesawat dengan reputasi "pengintaian taktis. TR-3A Hitam Manta konon memperkuat skuadron siluman Angkatan Udara Amerika Serikat. Hal ini diduga merupakan bagian dari program hitam atau rahasia, yang keberadaannya secara resmi disangkal.

2. TR-3B

Dunia online ramai membicarakan dugaan keberadaan "TR-3B", dengan kemampuan fantastisnya.  Namun, meskipun banyak bukti yang menunjukkan penampakan keberadaan pesawat berbentuk segitiga yang bisa terbang perlahan dan tenang ini, hanya sedikit saja informasi detail tentang proyek hitam ini.

Seperti TR-3A di atas, sebutan "TR-3B" hampir dipastikan keliru.

Namun nama "TR-3B", diduga sebagai pesawat pengintai taktis bertenaga nuklir yang mampu mengganggu sistem gravitasi. Tapi banyak juga yang berasumsi, bahwa pesawat siluman yang satu ini juga dilengkapi kemampuan angkut pasukan tersembunyi.

3. A-12 Avenger II
A-12 Avenger II didesign dan dibuat oleh McDonnell Douglas dan General Dynamics sebagai pesawat segala cuaca, pembom carrier yang berbasis siluman untuk US Navy dan marinir. Dibangun secara rahasia pada tahun 1983, A-12 dilaporkan mendapat julukan "Flying Dorito". Konsep gambar dan mock-up menunjukkan desain sayap terbang berbentuk segitiga sama kaki, dengan kokpit di dekat puncaknya.

Pengembangan dari A-12 terhambat oleh masalah. Proyek ini dibatalkan pada Januari 1991 oleh Menteri Pertahanan Dick Cheney ketika estimasi harga setiap pesawatnya diduga mencapai $ 165 juta. Pembatalan ini dikatakan sebagai pelanggaran kontrak, sehingga terjadi perselisihan hukum, antara pengembang dan pemerintah. Pada tahun 2009, pengadilan akhirnya memutuskan mendukung pemerintah dan memerintahkan kontraktor untuk membayar lebih dari $ 2 milyar.

4. X-44 Manta

X-44 Manta adalah desain pesawat konseptual oleh Lockheed Martin, berdasarkan pengembangan design F-22 Raptor. X-44 pada dasarnya merupakan Raptor tanpa sayap vertikal dengan sayap delta besar dan vectoring nozzles yang maju sebagai kontrol aerodinamis. 

Rencananya adalah untuk mengubah prototipe F-22 tetapi program itu diduga dihentikan pada tahun 2000. Render X-44 terlihat mirip dengan yang diusulkan FB-22, dan juga diisukan dibatalkan pada tahun 2006.


5. HALO (High Altitude Low Observability)/BAE Replika
Seperti proyek-proyek hitam (rahasia) lainnya, upaya Inggris untuk membuat pesawat siluman tetap menjadi misteri. Program Replica yang kadung dikenal publik adalah desain BAE Systems dari hasil penelitian yang didasari Sistem Serangan Udara Masa Depan RAF (FOAS). Proyek ini diketahui telah berjalan dari 1994 hingga 1999, dengan mock-up berukuran penuh yang mengalami pengujian yang ketat. Proyek FOAS berangkat untuk menggantikan Tornado RAF GR4 jet. Program ini dibatalkan pada Juni 2005 setelah Inggris bergabung dengan AS dalam program Joint-Unmanned Combat Air System (J-UCAS)


Sunday, August 26, 2012

10 Rasi bintang dan Mitologinya

No comments
Assalamualaikum...

Ilmu astronomi adalah salah satu cabang ilmu tertua, sudah berabad-abad silam leluhur kita memiliki kemampuan tinggi dibidang astronomi. Bahkan peradaban-peradaban kuno memberikan sumbangsihnya pada perkembangan ilmu astronomi, yang sampai saat ini masih tetap digunakan oleh astronomi modern.

Rasi bintang yang kita kenal selama ini diambil dari kisah-kisah mitologi, berikut 10 diantaranya :


Taurus

Taurus dilambangkan dengan banteng.

Rasi ini terletak antara Aries di sebelah barat dan Gemini di sebelah timur. Rasi ini cukup besar dan terlihat jelas dibagian langit belahan bumi utara.


Dalam mitologi Yunani, Taurus diidentikkan dengan Zeus, yang mengambil bentuk banteng putih  untuk menculik Europa, putri Phoenix legendaris. Dalam ilustrasi, hanya bagian depan rasi bintang ini yang digambarkan. Dalam mitologi Yunani ini kadang dijelaskan bahwa sebagian tubuh Taurus tenggelam saat ia membawa Europa ke laut.


Leo

Leo dalam bahasa Latin berarti singa. 
Leo terletak di antara redupnya rasi Cancer di barat dan Virgo di timur.
Leo telah digambarkan sebagai seekor singa oleh berbagai peradaban selama ribuan tahun.



Salah satu penjelasannya adalah bahwa Matahari selalu berada diantara rasi tersebut pada periode pertengahan musim panas. Dan selama waktu ini singa-singa padang pasir Mesir menepi ke sungai nil di mana mereka bisa merasa terbebas dari panas di genangan air.
 

Orang Mesir menyembah bintang Leo karena munculnya sungai besar mereka bertepatan dengan pintu masuk Matahari di antara rasi Leo.

Gemini

Gemini dalam bahasa Latin berarti "kembar", dan dikaitkan dengan si kembar Castor dan Pollux dalam mitologi Yunani. Terletak di antara Taurus di barat dan Cancer yang redup di timur.

Gemini dikaitkan dengan mitos Castor dan Pollux, secara kolektif dikenal sebagai Dioscuri. Secara umum menceritakan tentang pencurian ternak, dan mungkin dapat dihubungkan ke mitos yang menggambarkan bima sakti sebagai kawanan sapi perah.



Pada peta bintang, si kembar biasanya terlihat bersandar menjauh dari Bima Sakti. Tetapi kadang-kadang digambarkan dengan salah satu si kembar yang 
berada di galaksi Bima Sakti dan yang lain di luar, situasi menimbulkan kesan bahwa salah satu dari si kembar mencuri ternak, dan yang lainnya mengamati.


Cancer

Cancer dalam bahasa latin berarti kepiting.
Cancer rasi yang kecil dan memiliki bintang yang samar samar. Terletak di antara Gemini di sebelah barat dan Leo di timur.



Cancer sang kepiting, memainkan peran yang kecil dalam Dua Belas Tugas - tugas Hercules. Ketika hercules sibuk bertarung dengan monster berkepala banyak, Hydra.
 

Hera yang tidak suka pada Hercules, mengirim Kepiting untuk mengalihkan perhatiannya. Cancer berhasil mencapit kaki Hercules dengan cakarnya, tapi sama sekali tidak mengganggu pertarungannya dengan Hydra, dan Hercules pun menginjak kepiting itu dengan kakinya. Hera terharu dengan usaha heroik peliharaannya tersebut meskipun usahanya menyedihkan. Kemudian ia pun memberikannya tempat dilangit. Tetapi tidak satu pun bintang-bintangnya terang karena kepiting itu gagal dalam menjalankan tugasnya.

Scorpio

Scorpio dalam bahasa Latin berarti kalajengking, terletak di antara Libra di sebelah barat dan Sagittarius di sebelah timur. Ini adalah rasi bintang besar terletak di belahan bumi selatan dekat pusat Bima Sakti.

Dalam mitologi yunani Scorpio digambarkan dalam kisah seorang pemburu besar bernama Orion. Dia selalu berburu tengah malam bersama dewi pemburu, Artemis. Artemis pun jatuh cinta padanya. Saudara kembar laki2 Artemis, Apollo marah pada Orion karena mencintai adiknya. Apollo meminta pada ibunya Hera mengirimkan seekor Scorpio untuk membunuh Orion.



Hera mengabulkan permintaannya dan Orion pun terbunuh. Artemis bersumpah tidak akan mencintai org lagi dan menangis meminta ayahnya Zeus penguasa langit untuk meletakkan konstelasi di langit untuk kekasihnya Orion. Dan begitu ia melakukannya, ia tidak hanya memberikan suatu konstelasi untuk Orion, tetapi juga untuk pembunuhnya, Scorpio. Dengan cara itu Artemis bisa selalu melihat cintanya.


Virgo

Virgo dalam bahasa Latin berarti perawan, terletak di antara Leo di sebelah barat dan Libra di sebelah timur, Virgo adalah rasi bintang terbesar kedua di langit. Rasi ini mudah ditemukan lewat bintangnya yang paling terang, Spica.

Orang-orang Yunani dan Romawi menghubungkan rasi ini dengan dewi gandum mereka, Demeter-Ceres, yang pada awal versi mitos adalah ibu perawan Proserpina-Persephone. Ia kadang-kadang diidentifikasi sebagai dewi perawan Iustitia, memegang timbangan keadilan di tangannya sebagai konstelasi Libra. Pada abad pertengahan, rasi ini kadang-kadang dihubungkan dengan Bunda Maria.


Orion

Orion, sering disebut sebagai "The Hunter," adalah rasi bintang terkemuka yang terletak di ekuator langit dan terlihat di seluruh dunia. 

Ini adalah salah satu yang terbesar, paling mencolok, dan paling dikenal di langit malam.
Namanya merujuk kepada Orion, seorang pemburu dalam mitologi Yunani.

Hampir sama seperti yang telah diceritakan pada bagian rasi Scorpio. Orion adalah seorang pemburu yang tewas oleh seekor Scorpio raksasa yang dikirimkan oleh Hera.
Zeus pun mengabadikannya di langit sebagai sebuah rasi bintang atas permintaan kekasihnya Artemis, bersama dengan Scorpio, makhluk yang membunuhnya.


Perseus

Perseus adalah salah satu rasi bintang di langit utara, diberi nama dari seorang pahlawan Yunani Perseus.
Rasi bintang ini cukup terkenal dengan hujan meteor tahunannya pada bulan september (perseid).

Perseus adalah seorang pahlawan yang legendaris, pendiri dari Mycenae, dimana terdapat dinasti perseid di dalamnya, dia adalah pahlawan mistik pertama dari mitologi yunani yang berani mengalahkan berbagai macam monster archaic.



Perseus adalah pahlawan yang membunuh Medusa dan menyelamatkan Andromeda dari monster laut yang kemudian menjadi istrinya.


Sagitarius

Sagitarius nama latinnya berarti pemanah. Sagitarius biasanya digambarkan sebagai centaur yang sedang menarik busur panah. 


Dalam mitologi yunani, sagitarius digambarkan sebagai seorang centaur, setengah manusia setengah kuda. Pada beberapa legenda para Centaur Chiron adalah putra Philyra dan Saturnus, yang disebut sebut telah mengubah dirinya menjadi kuda untuk melarikan diri dari istrinya yang pemcemburu, Rhea. 

Chiron akhirnya hidup abadi dalam konstelasi Centaurus atau sagitarius. busur Panahnya menunjuk ke arah rasi bintang bintang Antares, di jantung rasi scorpio.

Pisces

Pisces adalah jamak bahasa Latin untuk ikan, terletak di antara Aquarius di sebelah barat dan Aries di sebelah timur. 


Menurut salah satu mitos Yunani, Pisces merupakan representasi dari Aphrodite dan putranya Eros yang dirubah menjadi ikan untuk menghindari dewa api Typhon. Mereka diikat dengan tali pada ekor mereka, untuk memastikan mereka tidak kehilangan satu sama lain. atau bisa juga diartikan ikan kembar yang ditempatkan dilangit untuk menghormati perjuangan heroik mereka dalam usaha melarikan diri dari Typhon di sungai Efrat.

Semoga bermanfaat,
Wassalamualaikum...Wr, Wb.