Friday, November 30, 2012

Antara PageRank, SiteLink dan Follower ke-100

41 comments
Assalamualaikum...

((( PageRank )))
HOREEE.... Akhirnya, dapat Page Rank juga, senangnyaaa...

Dan sebenarnya sih, ini adalah sebuah postingan yang tertunda.
Kenapa? Karena kalau sobat-sobat blogger yang lain udah posting tentang ini dari kemarin-kemarin, ahh tapi gak apa-apa deh, secara kan saya orang sibuk, jadi yaa baru sempat publish ini sekarang...
#hahaha.... sombooong#

Yuph... pada tanggal 8 November 2012 yang lalu, PageRank Google telah diupdate dan setelah sekian lama menanti, akhirnya blog ini mendapat PageRank 1. Alhamdulillah... senang dan sangat bersyukur sekali, karena untuk seorang blogger pemula seperti saya ini, meskipun baru di PageRank 1 belum PageRank 10, ini adalah sebuah pencapaian yang luar biasa.
Ini dia PageRank button saya :


Yang kemudian dapat info dari sahabat saya, Herman Bagus kalau widget Google PageRank ini bisa digabung dengan Alexa Rank, jadi tampilan widgetnya lebih simple, 


Dan senangnya lagi, Alexa Rank blog saya ini juga terus meramping, dalam satu minggu ini aja Alhamdulillah udah terkikis 400an... semoga terus-terus dan teeruuuuss meramping.!!!


Oke, mungkin ada diantara yang membaca tulisan saya ini merasa kebingungan, apa sih itu PageRank?
Dari Wikipedia, PageRank adalah sebuah algoritma yang telah dipatenkan yang berfungsi menentukan situs web mana yang lebih penting/populer. PageRank merupakan salah satu fitur utama mesin pencari Google dan diciptakan oleh pendirinya, Larry Page dan Sergey Brin yang merupakan mahasiswa Ph.D. Universitas Stanford. 
Cara kerjanya seperti ini, sebuah situs akan semakin populer jika semakin banyak situs lain yang meletakkan link yang mengarah ke situsnya, dengan asumsi isi/content situs tersebut lebih berguna dari isi/content situs lain. PageRank dihitung dengan skala 1-10.

Contoh
: Sebuah situs yang mempunyai Pagerank 9 akan di urutkan lebih dahulu dalam list pencarian Google daripada situs yang mempunyai Pagerank 8 dan kemudian seterusnya yang lebih kecil.

Untuk mengeceknya, langsung saja klik www.prchecker.info


((( SiteLink )))
Hal lainnya yang membuat saya merasa sangat senang di bulan November ini, yang juga masih berkaitan dengan blog adalah...
Yeaayy.... saya dapat SiteLink jugaaa, hwahh... Google emang baikk banget ya, hehehe...


SiteLink atau Google Sitelink adalah link-link tautan dinamis dari sebuah situs web atau blog dimana sitelink tersebut juga merupakan navigasi didalam website/blog sehingga pengunjung dapat dengan mudah menemukannya tanpa harus masuk lebih dulu ke halaman homepage.

Tidak mudah lho untuk mendapatkan sitelink... tapi kali ini saya tidak akan share mengenai cara-cara untuk mendapatkan SiteLink, reader bisa langsung search sendiri aja di Google, hehehe... yang pasti sih perlu usaha, kerja keras dan kesabaran. 
Dan tidak semua blog mendapatkan sitelink dari Google, makanya sekali lagi, saya sangat bersyukur  bisa mendapatkan SiteLink ini. Mungkin inilah hasil dari usaha dan kerja keras saya membangun blog ini selama kurang lebih satu tahun. 

Meskipun kalau dilihat-lihat sih, tidak ada yang istimewa dari blog ini... Tapi saya selalu berusaha untuk memberikan manfaat dan yang terbaik untuk siapapun yang mengunjungi dan membaca blog saya ini.

Sedikit membuka rahasia, hehehe.... semboyan yang saya usung dalam membangun blog ini adalah, Content and Visitors are King
Maksudnya adalah, saya berusaha dan berharap Content atau posting-posting yang saya publish benar-benar dapat bermanfaat dan memenuhi rasa dahaga informasi dan keingintahuan para pembacanya. Selain itu Visitors atau para pengunjung juga tak kalah pentingnya bagi saya, maka dari itu saya membuat tampilan blog ini seminimal mungkin. 

Keinginan saya untuk lebih mempercantik blog dengan memasang berbagai widget-widget cantik, saya buang jauh-jauh... semua ini demi para pengunjung saya tercinta, biar loadingnya gak beraaatt, hehehe....

Soalnya, berdasarkan pengalaman pribadi nih... kadang saya suka kesal dan BeTe kalau mau berkunjung ke suatu blog tapi loadingnya lamaaa... padahal kan kita butuh informasi yang ada di blog itu secepatnya. Akhirnya karena loadingnya itu lama saya close aja tab nya. 
Nah saya gak mau ada pengunjung blog saya yang gak jadi baca-baca karena loading blog yang lama karena berat oleh banyaknya widget yang terpasang. Meskipun memang iya sih, lama atau tidaknya loading blog itu relatif, salah satunya bisa karena jaringannya yang lelet bin lemot.

Itulah sekelumit cerita saya tentang Sitelink yang saya peroleh.
By the way, kok ceritanya panjang lebar  gitu yaa, hahaha....

((( Follower ke-100 )))
Nah, untuk yang satu ini juga sudah terlambat banget kalau saya posting sekarang, karena saat saya menulis ini, Alhamdulillah follower as My Best Friends saya sudah berjumlah sebanyak 171.

Tapi... tidak ada kata terlambat kan, untuk berucap syukur dan terima kasih...?
hehehe....

yaa... saya sangat bersyukur bisa memperoleh hingga 100 follower yang saya sebut sebagai My Best Friends, bahkan seperti yang saya bilang diatas sekarang udah ada 171 follower.
Untuk seluruh sahabat-sahabat blogger yang udah follow blog saya ini, saya ucapkan terima kasih... salam ukhuwah, salam persahabatan, semoga persahabatan kita ini berkah yaa, Amin...

Dan ucapan Terima Kasih ini, secara khusus ingin saya sampaikan kepada sahabat saya yaitu Nakusan. 
Horeee... tepuk tangan yang meriah untuk Nakusan, karena telah menjadi follower saya yang ke-100, hehehe... tapi maaf saya tidak bisa memberi hadiah atau award untuk sobat Nakusan, hanya ucapan terimakasih dan pokoknya semoga sukses terus untuk blog Nakusan,

Oh iya, dengan saya menulis tentang Follower ke-100 ini, bukan berarti, saya membeda-bedakan sahabat-sahabat blogger yang udah follow blog saya lho... tidak sama sekali. 
Bagi saya, baik itu follower ke-1, ke-2, ke-3 bahkan hingga yang kesekiannya nanti... kalian adalah yang teristimewa dan sangat berarti.

Hanya saja, saya pernah membaca... kalau angka 100 itu melambangkan kesempurnaan. Dan untuk mencapai kesempurnaan itu, jelas tidak mudah. Diperlukan suatu proses yang sangat sulit untuk mencapai sebuah kesempurnaan.

Dengan memperoleh follower hingga 100, yang alhamdulillah terus bertambah, saya anggap sebagai pecutan semangat untuk terus menjadikan blog ini lebih baik lagi kedepannya, yang dapat menyajikan informasi-informasi penting, menarik dan bermanfaat bagi siapapun yang membacanya.

Nah, sodara-sodara... itulah tentang PageRank, SiteLink dan Follower ke-100 blog saya ini, sebuah postingan yang tertunda, hehehe...

Sekian... Salam Semangat.!!!

Wassalamualaikum, Wr... Wb...

Thursday, November 29, 2012

WIKIPEDIA BOOK, Buku Paling Tebal di Dunia

24 comments
Assalamualaikum...

Senaangnyaaa... bisa menyapa kalian semua di malam Jum'at ini,

Oh iyaa... tau Wikipedia kan?
hmm... mungkin hampir semua orang di muka bumi ini (halahhh... lebay gak sih, kata-katanya...? hehe...) tahu apa itu Wikipedia dan mungkin Wikipedia adalah salah satu situs yang sering kamu kunjungi setiap harinya.




Wikipedia merupakan ensiklopedia isi bebas yang dimulai pada tahun 2001 (versi bahasa Indonesia dimulai pada tahun 2003). 
Artikel-artikel di Wikipedia merupakan hasil kolaborasi oleh para penyumbangsih dari seluruh dunia. Situs ini merupakan situs wiki, yang berarti siapapun dapat menyunting artikel, memperbaiki dan menambahkan informasi, hanya dengan mengklik pranala sunting yang berada di atas setiap halaman.

Omong-omong tentang Wikipedia... udah dengar belum? kalau saat ini lagi heboh ada sebuah buku yang mendapat gelar buku paling tebal di dunia...
Ini Ciyusss loo, hehehe....

Gak percaya? ini gambarnya,






Nah, gimana buku ini nggak mendapat predikat Buku Paling Tebal di Dunia, karena buku buatan Rob Matthews, seorang siswa di UK ini adalah versi cetak atau print dari Wikipedia dalam bentuk hard cover. 
WoWw... Can you imagine?

Buku itu tebalnya 5000 halaman, dan isinya adalah kompilasi dari 400 artikel lebih. Mengenai ukuurannya, buku ini tingginya 1 kaki 7 inchi, atau sekitar 47.5 cm.
Tujuan Rob mencetak buku ini adalah agar orang yang ingin membaca Wikipedia secara offline dapat membeli buku ini. #hmm... kalau benar seperti itu, sungguhh betapa mulianya hatimu, Rob...#

Dan tau gak sih? dari buku super tebal itu, ternyata Rob hanya mencetak 0.01% dari seluruh isi Wikipedia.
Maka, jika seluruh artikel di Wikipedia dicetak dalam bentuk buku, akan menghabiskan sekitar :
1 buku 5000 halaman setinggu 47.5 cm berisi 0.01%, 
jadi kalau seluruh isi Wikipedia membutuhkan :
100% / 0.01% = 10.000 buah buku yang seperti itu atau 50.000.000 halaman.... 


#hwaaa.... tebelnya gak kebayang dehh >_<


Buat kamu yang mungkin ingin memiliki buku ini tenaaang, karena menurut informasi yang beredar, Rob berencana akan menjualnya ke Telegraph, siapa tau aja nanti diproduksi lebih banyak dan diedar luaskan, hehehe....

Sekian,

Bye, bye, bye.... semuaaa...



Sumber dan Referensi :
Wikipedia, Telegraph,
curvebean, www.rob-matthews.com

Monday, November 26, 2012

Gerhana Bulan Penumbra 28 November 2012

60 comments
Assalamuaikum...
Seperti yang telah kita ketahui, bahwa Gerhana Bulan adalah peristiwa ketika terhalanginya cahaya Matahari oleh Bumi sehingga tidak semuanya sampai ke Bulan. Peristiwa yang merupakan salah satu akibat dinamisnya pergerakan posisi Matahari, Bumi dan Bulan ini hanya terjadi pada saat fase bulan purnama.
Adapun Gerhana Matahari adalah peristiwa terhalangnya cahaya Matahari oleh Bulan sehingga tidak sampai ke Bumi dan selalu terjadi pada saat fase bulan baru.

Gerhana Bulan dan Gerhana Matahari dapat diprediksi sebelumnya. Hal ini terkait dengan suatu siklus gerhana yang disebut seri Saros. 
Seri Saros merupakan sebuah siklus terjadinya gerhana secara periodik yang berselang 18 tahun 11 hari 8 jam. Artinya kalau ada dua gerhana yang terpisah atau terjadi dalam selang waktu tersebut, kedua gerhana itu akan memiliki geometri gerhana yang sama. Dalam seri Saros ini, GBP 28 November 2012 merupakan anggota ke-11 dari seri Saros 145, yang jumlah anggotanya sebyanyak 71. Gerhana sebelumnya yang berasosiasi dengan GBP 28 November 2012 ini adalah GBP 18 November 1994. Sementara gerhana yang berasosiasi sesudahnya adalah GBP 9 Desember 2030.

Nah, menjelang akhir bulan November ini, atau lebih tepatnya tanggal 28 November 2012, kembali akan terjadi fenomena astronomi yaitu Gerhana Bulan Penumbra.



Seperti yang terlihat pada gambar diatas,
Gerhana Bulan Penumbra adalah peristiwa masuknya bulan ke dalam bayangan penumbra bumi. Akibatnya, kecemerlangan bulan akan nampak berkurang. Berbeda dengan ketika gerhana umbra terjadi, bulan akan mengalami perubahan bentuk (menjadi sabit padahal saat itu sedang fase purnama) dan warna (ketika seluruh bagian bulan masuk ke dalam umbra bumi, warna bulan akan berubah menjadi kemerahan (gerhana bulan total)).

Dari BMKG, berikut adalah informasi dan ilustrasi fase-fase dan waktu kejadian dari proses Gerhana Bulan Penumbra 28 November 2012 :
  • Gerhana Penumbra mulai :  pukul 19:12:6 WIB
  • Puncak Gerhana :  pukul 21:33:0 WIB
  • Gerhana Penumbra berakhir : pukul 23:53:3 WIB
Ilustrasi proses terjadinya Gerhana Bulan Penumbra 28 November 2012
Credit : BMKG
Dari informasi dan gambar ilustrasi di atas dapat diketahui bahwa durasi gerhana dari fase Gerhana Penumbra mulai (P1) hingga Gerhana Penumbra berakhir (p4) adalah 4 jam 40,7 menit. Pada saat puncak gerhana, persentase piringan Bulan yang tertutupi bayangan penumbra Bumi dibandingkan dengan piringan Bulan secara keseluruhan adalah sebesar 94,2%. Piringan yang tertutupi ini adalah bagian yang mengarah ke sebelah Utara pada arah mata angin pengamat.

Indonesia menjadi salah satu kawasan yang mampu menyaksikan gerhana Bulan ini. Seluruh kawasan Indonesia tanpa terkecuali mampu menyaksikan semua tahap gerhana penumbra ini.

Namun sayangnya...
Gerhana bulan penumbra 28 November 2012 ini akan sangat sulit diamati dengan mata telanjang. 
Kenapa? Karena seperti yang telah dijelaskan diatas, saat terjadi gerhana bulan penumbra, tidak ada perubahan bentuk dan warna yang terjadi pada bulan, hanya kecemerlangan cahaya bulan akan nampak berkurang. 
Jadi, untuk dapat mengamatinya harus dilengkapi dengan alat bantu optik, bisa menggunakan binokuler atau teleskop.

Area visibilitas Gerhana Bulan Penumbra 28 November 2012
Credit : BMKG
Pada gambar diatas ditampilkan lokasi di muka Bumi yang dapat dan tidak dapat digunakan untuk menyaksikan GBP 28 November 2012. Di kawasan daratan bumi, gerhana ini bisa disaksikan dari Asia, Australia, sebagian Eropa khususnya Eropa timur, sebagian Afrika khususnya Afrika utara dan timur serta Amerika Utara. 
Pengamat di Amerika Utara tidak dapat menyaksikan proses akhir gerhana, karena gerhana berlangsung pada saat Bulan terbenam. Adapun pengamat di Asia Barat, Eropa dan sebagian besar Afrika bagian Timur Laut tidak dapat menyaksikan proses awal gerhana akibat gerhana berlangsung saat Bulan terbit.
Sementara untuk kawasan lautan, gerhana ini hanya bisa disaksikan dari sebagian besar perairan Samudera Pasifik (kecuali lepas pantai Amerika Selatan) dan Samudera Hindia.

Demikian informasi mengenai Gerhana bulan Penumbra (GBP) yang akan terjadi pada 28 November 2012 nanti, semoga bermanfaat.

Untuk teman-teman yang muslim jangan lupa yaa Shalat Gerhananya.

Firman Allah SWT dalam Q.S An-Nahl (16) ayat 12 :


Wassalamualaikum...



Referensi :

Sunday, November 25, 2012

Kenapa Bentuk Orbit Planet Dalam Tata Surya Kita Berbentuk Elips?

20 comments
Assalamualaikum...

Dalam ilmu fisika, suatu orbit adalah jalan yang dilalui oleh objek, di sekitar objek lainnya, di dalam pengaruh dari gaya tertentu. 

Orbit pertama kali dianalisa secara matematis oleh Johannes Kepler yang merumuskan hasil perhitungannya dalam hukum Kepler tentang gerak planet. Dia menemukan bahwa orbit dari planet dalam tata surya kita adalah berbentuk elips dan bukan lingkaran atau episiklus seperti yang semula dipercaya.

Nah, yang menjadi pertanyaan disini adalah...
Kenapa Bentuk Orbit Planet Dalam Tata Surya Kita Berbentuk Elips?

Orbit Planet
hmm... mau tau kenapa...? berikut penjelasannya, 

Orbit planet berbentuk elips karena interaksi gravitasi antara planet dan matahari beserta dengan benda langit lainnya.

Johannes Kepler pada tahun 1600-an adalah orang pertama yang membahas bentuk orbit planet. Kepler juga merumuskan serangkaian hukum untuk menjelaskan bentuk dan karakteristik orbit planet.

Isaac Newton dan Albert Einstein lantas memberikan kontribusi beserta teori tambahan perihal pergerakan planet.
Kepler menyatakan dalam hukum pertamanya bahwa orbit planet berbentuk elips dengan matahari di salah satu fokus elips. Orbit elips diukur dalam hal eksentrisitas, semakin eksentrik orbit, semakin memanjang bentuk orbit tersebut.

Banyak planet, seperti Bumi, memiliki orbit yang menyerupai lingkaran, sementara planet lain seperti Merkurius, memiliki orbit yang lebih eksentrik. Kepler tidak menjelaskan mengapa orbit planet berbentuk elips, tetapi dasar-dasar penemuannya digunakan oleh fisikawan lain untuk menyempurnakan pemahaman kita atas orbit dan pergerakan planet

Newton memberikan kontribusi atas faktor gravitasi, menunjukkan bagaimana planet dan matahari saling tarik-menarik. Teori relativitas Einstein juga memainkan peran dalam menjelaskan mengapa planet-planet mengorbit matahari dengan bentuk elips.

Menggunakan perhitungan matematika yang dirumuskan oleh sejumlah fisikawan dan astronom, saat ini kita mampu secara akurat menghitung orbit planet serta benda langit lain seperti komet. Lebih jauh lagi, ilmuwan modern dapat pula melacak perubahan orbit benda langit tersebut dari waktu ke waktu.

Informasi ini berguna untuk sejumlah aplikasi, dari pemrograman teleskop untuk observasi hingga menentukan tingkat ancaman yang ditimbulkan oleh sebuah komet atau asteroid yang mendekati orbit bumi.

Adalah penting untuk menyadari bahwa deskripsi orbit planet merupakan realitas yang disederhanakan, yaitu dengan menempatkan matahari sebagai objek tetap dengan planet-planet yang bergerak mengelilinginya.

Kenyataannya, matahari juga bergerak bersama dengan planet-planet lain mengitari galaksi bima sakti sehingga bentuk orbit planet juga akan terus berubah.


Kesimpulan:
Bukan hanya orbit bumi saja yang berbentuk elips, tapi semua benda di tata surya memiliki bentuknya elips karena banyaknya benda yang ada di tata surya. 
Semua benda tersebut memberikan pengaruh gravitasi satu sama lain sehingga bentuk orbit tidak bisa lingkaran. Karena orbit lingkaran baru terbentuk apabila terpenuhi dua syarat berikut :
1. Kondisi idealnya adalah hanya ada dua benda dalam satu sistem dan tidak ada benda lain pada jarak yang cukup jauh sehingga tidak ada gravitasi yang mempengaruhi kedua benda tersebut.
2. laju orbit benda harus pada nilai tertentu dan tidak boleh kurang ataupun lebih dari itu.

Di tata surya kita, kedua syarat tersebut tidak bisa dipenuhi.
Saat terbentuk, material di tata surya kita terdistribusi di bagian piringan akresinya saja. Selain itu banyak sekali terjadi tumbukan antar benda. tumbukan-tumbukan itu akan mengubah kecepatan orbit (besarnya laju dan arahnya) benda yang bertumbukan sehingga kemungkinannya kecil untuk mendapatkan nilai laju yang pas agar orbitnya lingkaran. oleh karena itu, orbit benda-benda di tata surya pun berbentuk elips.

Nah, itulah penjelasan sekaligus jawaban untuk pertanyaan Kenapa Bentuk Orbit Planet Dalam Tata Surya Kita Berbentuk Elips?

Sekian, semoga bermanfaat...



Referensi:
Dunia Astronomi

Saturday, November 24, 2012

Puluhan UFO Berhasil Diabadikan Seorang Fotografer di Langit Arizona.

14 comments
Wuihhh.... ada penampakan UFO lagi nih, malah sighting yang ini nih, UFO nya rombongan lho...

Dari Oke Zone, berikut informasinya...

Fotografer asal Arizona berhasil menangkap tiga kelompok Unindentified Flying Object (UFO) yang melintas di perbukitan yang terdapat di Gila Bend, Arizona. Fotografer yang tidak disebutkan identitasnya itu menangkap lima gambar dari cahaya merah yang diklaim sebagai UFO terbang yang membuat formasi.

Lokasi : Gila Bend, Arizona - Amerika
Sumber gambar : www.ufosightingsdaily.com
Kepada situs Azfamily.com, Jum'at (23 November 2012), fotografer itu menyampaikan:
 "Saya merupakan fotografer outdoor. Saya mengambil gambar langit sesuai apa yang saya lihat. Seringkali saya mengetahui objek apa yang saya tangkap. Namun kali ini saya tidak dapat menjelaskan objek apa itu,"

Gambar yang diduga sebagai UFO itu telah diunggah ke situs UFO Sightings Daily pada 16 November lalu. Fotografer itu menjelaskan bahwa objek tersebut ia tangkap saat sedang memotret matahari terbenam di Gila Bend, Arizona.

"Saya tengah fokus untuk memotret matahari terbenam. Tiba-tiba, mata saya menangkap sebuah benda aneh melintas di atas bukit. Saya menangkap objek itu menggunakan kamera Nikon d7000 serta lensa 105mm dengan tripod untuk membantu menangkap lima gambar," paparnya.

Beberapa menit kemudian, ia menambahkan dua kelompok UFO tiba-tiba muncul. Dalam satu gambar, ia mendapati tiga kelompok UFO terbang bersama di atas bukit. Berbekal pengalaman, ia menggunakan eksposur yang sesuai dengan kondisi pencahayaan yang minim.

Sumber gambar : www.ufosightingsdaily.com
"Objek itu cukup jauh dari posisi saya. Saya perkirakan objek itu berada 20 mil dari posisi saya. Obek itu bergerak tak menentu. Saya cukup kesulitan untuk menangkap gambar dari objek tersebut," katanya.

Dalam keterangannya, fotografer itu juga menjelaskan objek yang tiba-tiba menghilang dari pandangannya. Untuk diketahui, Gila Bend merupakan sebuah kota kecil yang didirikan pada 1872. Tempat ini memang menjadi lokasi yang populer dengan penampakan UFO. Dalam lima tahun terakhir saja, setidaknya 12 penampakan UFO telah terekam.
Nah, ada pendapat...?
Silahkan tulis di kotak komentar yaa...
Bye, bye.... 

Friday, November 23, 2012

(((Telah Ditemukan))) Planet Ekstrasolar Terdekat Dari Bumi

18 comments
Assalamualaikum...


Ada informasi baru lho tentang Planet Ekstrasolar...



Eh... Planet Ekstrasolar itu apa sih?

Planet Ekstrasolar itu adalah planet yang berada diluar solar system atau tata surya.


Kalau Eksoplanet itu apa?

Nah, kalau Eksoplanet adalah singkatan dari Ekstrasolar planet.


Terus, terus... informasi barunya itu apa?

Oke... aku ceritain yaa, menurut informasi dari Space.com saat ini Astronom telah menemukan planet ekstrasolar seukuran Bumi yang mengelilingi sebuah bintang berjarak hanya 4 tahun cahaya dari Bumi.


hmm.... bingung dengan jarak "4 tahun cahaya"?

Aku jelasin yah,
Tahun cahaya atau disingkat menjadi TC (bahasa Inggris : light year (ly) adalah satuan panjang yang didefinisikan sebagai jarak yang ditempuh cahaya dalam satu tahun melewati ruang hampa udara.


Istilah tahun yang digunakan untuk perhitungan adalah tahun Julian yang mempunyai 365,25 hari atau 31.557.600 detik. Kadang kala rata-rata tahun tropis 31.556.925,9747 detik digunakan.

Karena cahaya menempuh kecepatan 299.792.458 meter per detik (ms-1) dalam ruang hampa udara, maka dengan menggunakan tahun Julian, satu tahun cahaya sama dengan 9.460.730.472.580,8 kilometer, atau sering dibulatkan menjadi 1012 kilometer.


Jadi, 4 tahun cahaya = 4 x 9.460.730.472.580,8 kilometer = .... km

hasilnya hitung sendiri aja deh, hehehe....


Oke kembali ke planet ekstrasolar yang baru ditemukan itu,

Planet tersebut dinamai Alfa Centauri Bb, sesuai nama bintang yang diorbitnya, yaitu Alfa Centauri B. Bintang itu merupakan bintang kedua terdekat dari Bumi setelah Matahari.

Ilustrasi Alfa Centauri Bb, planet ekstrasolar terdekat dari Bumi yang berada di sistem 3 bintang.
(Credit : ESO/L. Calcada)

Dengan jarak yang relatif dekat dengan Bumi, planet itu memberi harapan bagi manusia untuk menjangkaunya. Namun, apakah Alfa Centauri B dapat mendukung kehidupan?

Penelitian menunjukkan, jarak orbit Alfa Centauri Bb 10 kali lebih dekat dari Merkurius atau sekitar 6 juta km. Jarak Bumi dengan Matahari sebagai perbandingan adalah 150 juta km.


Nah... dengan fakta itu, suhu planet sangat panas, bisa mencapai 1227 derajat Celsius. Jadi, mustahil bagi kehidupan untuk eksis.


Tim pimpinan Xavier Dumusque dari Observatorium Jenewa dan University of Porto di Portigal menemukan planet dengan instrumen High Accuracy Radial velocity Planet Searcher (HARPS).

HARPS...? Apaan lagi sih itu?


HARPS adalah bagian dari teleskop 3,6 meter di Observatorium La Silla, Chile. Instrumen itu mendekteksi planet dengan melihat goyangan bintang akibat pengaruh gravitasi planet.

Dalam kasus Alfa Centauri Bb, goyangan bintang yang dideteksi berupa gerakan maju mundur dengan kecepatan 1,8 km/jam. Butuh waktu 4 tahun untuk mendeteksi sinyal adanya planet itu.



Sementara Alfa Centauri Bb mengelilingi Alfa Centauri B, planet itu sejatinya merupakan bagian dari sistem tiga bintang, yakni Alfa Centauri A, B dan Proxima Centauri.

Alfa Centauri Bb merupakan planet ekstrasolar dengan massa terkecil yang pernah ditemukan, hanya 1,1 kali massa Bumi. Ukurannya pun hampir sama dengan Bumi. 

Jarak yang dekat membuat waktu orbit Alfa Centauri Bb juga sangat singkat. Satu tahun di planet itu sama dengan 3,2 hari di Bumi. 

Alfa Centauri Bb diduga merupakan planet batuan. Namun, dengan suhu tinggi, batuan takkan berada dalam bentuk padat. Planet tersebut malah mirip dunia yang berlimpah lava.

Meski Alfa Centauri Bb sendiri tak layak huni, namun penemuannya membuka peluang untuk menemukan planet layak huni yang jaraknya tak terlalu jauh dari Bumi.

Menurut astronom, planet lain bisa saja ditemukan mengorbit bintang Alfa Centauri B di zona layak huni, berjarak pas sehingga punya suhu pas untuk mendukung kehidupan. 
Dengan temuan ini, ada peluang yang sangat bagus untuk mendeteksi planet di zona layak huni yang dekat dengan kita, dan mungkin saja ada planet seukuran Bumi di zona layak huni, tak terlalu panas dan tak terlalu dingin, membuat Alfa Centauri menjadi target baik bagi pencarian kehidupan di luar angkasa.



Video :



Penemuan ini telah dipublikasin di jurnal Nature, pada hari Rabu (17/10/2012) yang lalu.

10 Fakta Menarik Tentang Komet Elenin

4 comments
Sedikit flashback ke tahun 2011...

Salah satu berita yang sangat menghebohkan di tahun 2011 adalah penemuan Komet Elenin (C/2010 X1). Untuk berbagai alasan, orang mulai berpikir komet ini bakal menimbulkan ancaman bagi Bumi. Banyak Artikel menulis tentang komet fenomenal Elenin.


Orang-orang penasaran dengan komet dan posisinya yang mendekati Bumi pada Oktober, 2011. Beberapa memprediksi Komet Elenin adalah tanda bahwa ramalan kiamat suku Maya memang akan terjadi.

Menanggapi kekhawatiran ini, NASA dipaksa untuk memberikan pernyataan-pernyataan. Mereka mengatakan komet ini dimungkinkan tidak menimbulkan ancaman bagi Bumi.

Dari beberapa sumber yang saya kumpulkan, berikut adalah sepuluh fakta menarik tentang Komet Elenin.

10. Apakah Komet itu...?

Dalam sejarah kuno, komet secara tradisional dianggap sebagai pertanda buruk. Komet adalah Sistem tubuh kecil Solar (SSSB) yang akan menampilkan koma terlihat (Atmosphere tipis, berdebu, dan bersifat temporer) ketika dekat dengan Matahari.

Perbedaan utama antara asteroid dan komet adalah bahwa komet menunjukkan ekor. Asteroid juga diperkirakan memiliki asal yang berbeda dari komet, yang terbentuk di dalam orbit Jupiter bukan di luar Tata Surya.Hal ini memberikan sejarah orbit komet lebih penting.Ekor dari komet terbentuk ketika melintas dekat Matahari.Ekor ini umumnya terbuat dari es dan debu, dan dapat tumbuh menjadi sangat besar.
Pada Oktober 2007, komet 17P/Holmes dengan cepat memiliki atmosfer debu yang lebih besar dari Matahari. Diperkirakan bahwa komet ini bisa ditemukan setiap tahun yang dapat dilihat oleh mata manKusia. Dalam beberapa kasus langka, Komet Besar dapat lebih terang daripada bintang di langit. Diperkirakan bahwa satu Komet Besar akan muncul setiap dekade.
Persyaratan untuk Komet Besar mencakup inti yang besar dan aktif, pendekatan yang dekat dengan Matahari, dan pendekatan yang dekat dengan Bumi. Pada tahun 1996, Komet Hyakutake, yang memiliki inti berukuran sama seperti Komet Elenin, melakukan pendekatan yang sangat dekat dengan Bumi.
Pesawat ruang angkasa Ulysses melintasi ekor Hyakutake di jarak lebih dari 500 juta kilometer (3,3 AU atau 3 × 108 mil) dari inti, menunjukkan bahwa Hyakutake memiliki ekor terpanjang daripada komet yang pernah ditemukan sebelumnya.

9. Penemuan Komet Elenin

Pada tanggal 10 Desember 2010, seorang astronom amatir bernama Rusia Leonid Elenin menemukan sebuah komet periode panjang di negara bagian New Mexico.

Obyek yang dekat dengan bumi diberi nama Elenin dan diperkirakan berdiameter 3-4 km . Segera setelah penemuan itu diumumkan, artikel mulai muncul di Internet yang mengklaim komet itu berbahaya bagi Bumi. Orang-orang mulai membuat hubungan antara Elenin dan peristiwa kiamat.

Pada awalnya memperkirakan bahwa komet akan lewat dalam .24 Au (Astronomical Unit) dari Bumi,ini posisi yang cukup dekat.
Jaraknya lebih dekat daripada komet Hale-Bopp tahun 1997, yang mendapat perhatian lebih media.
Berita ini mencapai audiens yang lebih besar setelah itu mengungkapkan bahwa ketika menggunakan sistem JPL Horizons dengan busur orbital yang diamati dari 235 hari, komet menunjukkan periode orbit sekitar 11.800 tahun. Dalam sejarah Bumi, 12.000 tahun yang lalu adalah waktu perpindahan antara zaman Pleistosen dan zaman Geologi Holosen.

8. Kemiripan Komet Elenin dengan Filem Deep Impact
Salah satu alasan Komet Elenin telah menerima begitu banyak perhatian adalah bahwa komet ini memiliki kemiripan dengan Dampak film Deep Impact (1998).
 
Sebagai permulaan, dalam film, komet ditemukan oleh seorang anak remaja bernama Leo dan disebut sebagai Elle (tingkat kepunahan ).Pada kenyataannya,komet ditemukan oleh seorang astronom muda Rusia, Leonid Elenin, yang lahir pada tahun 1981 . Adalah suatu kebetulan bahwa seorang pria bernama Elenin menemukan komet dekat-bumi.

Setelah penemuan itu diumumkan, artikel mulai muncul di internet dengan akronim untuk ELENIN, termasuk peristiwa kepunahan, dampak dekat atau kepunahan tingkat sembilan (menunjukkan 9 dari 10 pada skala bahaya atau akhir dari gelombang kesembilan dari kalender Maya).
Beberapa mengatakan 11/9, seperti pada tanggal 9 November ketika ekor puing Elenin diperkirakan paling dekat ke Bumi. Dalam Deep Impact, presiden AS berkulit hitam memutuskan untuk mengirim misi untuk meledakkan komet dengan senjata nuklir.Misi ini berhasil dan komet dipisahkan menjadi beberapa bagian. Namun, sepotong komet masih menghantam Bumi.
Setelah komet menghantam, Presiden menyatakan darurat militer, dan mengungkapkan bahwa pemerintah telah membangun tempat penampungan bawah tanah. Di akhir film, kepunahan manusia terhindar setelah komet yang lebih besar diledakkan.

7. Prediksi Ramalan Kehancuran Bumi
Sejak Komet Elenin ditemukan, NASA bersikeras pada fakta bahwa komet tidak akan cukup dekat untuk menyerang atau membahayakan Bumi dengan cara apapun. Orang-orang menanggapi dengan menggunakan koleksi skenario hipotetis untuk bencana.
Misalnya, jika Elenin akan menabrak sebuah asteroid saat melewati Sabuk Asteroid Utama,pecahan komet / asteroid bisa saja terlempar dari lintasan dan diperkirakan akan emndorong ke arah Bumi. Orang-orang mulai takut efek dari kehadiran komet.

Pada bulan Agustus, 2011, Ekor Elenin yang melebihi 200.000 km. Diperkirakan bahwa pada tanggal 6 November 2011, Bumi akan melewati ekor puing-puing komet.
Orang-orang mulai membuat sambungan antara komet dan keselarasan dengan bumi, matahari, dan bulan.
Beberapa merasa bahwa tarikan gravitasi Elenin disebabkan koleksi gempa bumi dan peristiwa geologi.
Cerita ini mencapai tingkat baru popularitas setelah gempa bumi 11 Maret Tohoku dan tsunami karena beberapa situs telah menyatakan tanggal 15 Maret 2011 sebagai event keselarasan.
Komet Elenin diperkirakan paling dekat ke Bumi pada 16 Oktober 2011 dan ekor tiba pada awal November.

6. Ramalan Kuno Tentang Bintang Biru
Pada awal Agustus tahun 2011, NASA memutuskan untuk mendapatkan gambaran dari komet Elenin, sehingga mereka memutar pesawat ruang angkasa STEREO-B dan memfoto komet ini. Dalam gambar, komet tampaknya menjadi biru.Warnanya telah menyebabkan orang untuk membuat perbandingan antara objek dengan ramalan bangsa indian kuno Hopi tentang bintang biru.

Legenda Ramalan Menyatakan, "Ketika Bintang biru Kachina muncul di langit, Dunia Kelima akan muncul." Suku Maya juga memiliki cerita dari sebuah bintang biru berbahaya.
Warna Elenin telah menyebabkan Richard Hoagland C untuk menyarankan itu adalah Hopi Blue Star, klaim yang telah melahirkan sejumlah artikel.
Seorang pria bernama Carl Johan Calleman, yang adalah seorang ahli toksikologi Swedia yang mengkhususkan diri dalam sejarah Maya, juga mengklaim bahwa Comet Elenin adalah bintang biru yang pernah muncul dalam sejarah kuno. Calleman memegang interpretasi yang berbeda dari Kalender Maya bersama-sama.
Dia mengatakan bahwa kalender menunjuk tanggal 28 Oktober 2011 (tidak 21 Desember 2012) sebagai yang paling penting, hari ketika orang akan mengalami transformasi lambat kesadaran dan mencapai persatuan yang lebih tinggi.
Sebelum penemuan Elenin, Calleman mengidentifikasikan pada saat komet melewati bumi (akhir Oktober, 2011) sebagai waktu kritis.

5. 45P/Honda-Mrkos-Pajdušáková
45P/Honda-Mrkos-Pajdušáková adalah sebuah komet periode pendek ditemukan pada 1948. Komet ini memiliki orbit elips dalam 5,26 tahun dan inti diperkirakan berdiameter 0,5-1,6 kilometer.
Pada tanggal 15 Agustus 2011, Honda melakukan pendekatan dekat hanya 0,0600 AU (8.980.000 km) ke Bumi. Pada tanggal 19 Agustus hari yang sama Komet Elenin dihancurkan oleh sebuah coronal mass ejection, Honda dipelajari oleh Jaringan Antariksa Goldstone Deep. Jaringan terdeteksi gema dari inti Honda dan menjadi hanya komet kelima belas dalam sejarah yang dideteksi oleh radar.
Setelah penemuan Komet Elenin dipublikasikan, orang mulai memeriksa lintasan komet dalam hubungannya dengan komet Honda.
Ternyata bahwa dua benda akan datang relatif dekat dengan bertabrakan pada tangga l 28/29 tahun 2011.
Untuk alasan ini, orang mulai takut pada tanggal ini yang memprediksi akan terjadi gempa bumi dan bencana akhir bulan September.
Artikel ditulis bahwa hipotesis pergeseran jalur Elenin yang bisa mendorong ke Honda.255P/Levy merupakan komet yang disebut dengan Elenin. Levy datang dalam 0,2359 AU (35.290.000 km) dari Bumi pada tanggal 26 Januari 2012.

4. 2005 YU55
Meteor akan dihasilkan ketika puing-puing angkasa masuk dan terbakar di atmosfer bumi. Beberapa astronom telah melaporkan bahwa kawanan meteor berhubungan erat dengan orbit komet yang dikenal.
Hujan meteor tidak mengancam Bumi karena ekor komet biasanya tidak membawa benda besar.

Pada tanggal 28 Desember 2005, sebuah asteroid yang berpotensi berbahaya ditemukan oleh Robert S. McMillan dan bernama 2005 YU55. BEnda Ini berdiameter 400 m dan pernah menyebabkan kekhawatiran NASA.
Pada tanggal 8 November 2011, YU55 melintasi bumi pada jarak bulan (324.900 kilometer). Ini adalah jarak bumi terdekat dengan asteroid besar sejak tahun 1976. Benda lain yang seukuran tidak diprediksi untuk mendekat ke Bumi ini hingga 2028.

Setelah Comet Elenin mulai mendapatkan perhatian, orang mulai menghubungkannya dengan 2005 YU55 karena tanggal November 9, 2011 (11/9/11). Pada tanggal ini, ekor Elenin diperkirakan paling dekat ke bumi, bersama dengan posisi 2005 YU55 yang juga dekat.
Hal ini menyebabkan beberapa orang untuk berspekulasi bahwa tabrakan antara dua objek itu mungkin terjadi.

3. Signifikasi Umum
Setelah Komet Elenin ditemukan, banyak orang berharap berita ini untuk disebutkan dalam arus utama media AS, tapi tidak. Hal ini menyebabkan beberapa untuk mencurigai bahwa NASA menyimpan rahasia.

Makna umum dari komet Elenin itu besar. Di Amerika Serikat, NASA memiliki mandat kongres ke katalog semua benda dekat Bumi yang setidaknya memiliki lebar 1 kilometer . Dampak dari suatu objek akan menjadi bencana besar ke Bumi. Studi menunjukkan bahwa Amerika Serikat dan Cina adalah daerah yang paling rentan terhadap serangan meteor. Aturan umum adalah bahwa Neos memiliki jarak Apsis kurang dari 1,3 AU. Pada Mei 2012, Neos 8971 telah ditemukan. Dari jumlah tersebut, hanya 91 komet dan 8.880 Asteroid mendekati bumi.
Hal ini membuat penemuan Komet Elenin langka. Lebih langka adalah bagaimana sisa-sisa komet tiba di Bumi pada 16 Oktober 2011. Ini melewati pada jarak 0,2338 AU, yang sangat dekat dibandingkan dengan komet lainnya.

Sejumlah asteroid yang lebih kecil telah melakukan pendekatan lebih dekat. Salah satu pentingnya adalah asteroid 2010 AL30, yang melintasi bumi pada 13 Januari 2010 di jarak 122.000 km .
AL30 hanya berdiameter 10-15 m, tetapi jika asteroid telah memasuki atmosfer bumi, akan menciptakan ledakan di udara setara dengan 50 - 100 kT (kiloton TNT). (Bom atom di Hiroshima "Little Boy" memiliki daya ledak 13-18 kT). Ini menunjukkan betapa pentingnya untuk mengawasi komet dari berbagai ukuran yang mendekati atmosfer bumi.

2. Kehancuran Komet Elenin
Pada bulan Agustus, 2011, visibilitas Comet Elenin sekitar 8.3.Komet itu menyusul prediksi NASA sampai 19 Agustus, 2011 ketika dihancurkan oleh sebuah coronal mass ejection (CME). coronal mass ejection (CME) adalah hembusan dari ledakan besar matahari. Pada kesempatan tersebut, Comet Elenin hancur dan pecah.

Menurut pejabat NASA, kejadian ini sangat langka dan hanya 2% dari komet baru yang mendekati matahari dihancurkan dengan cara ini. Pada pertengahan Oktober 2011, Komet Elenin dalam posisi terdekatnya dengan Bumi, tapi saat itu komet sudah menjadi kerikil dan debu. Objek tidak terlihat bahkan oleh teleskop darat.

Dengan semua kontroversi seputar Elenin, kehancuran yang tidak biasa dari komet telah menyebabkan citra abadi.
Pada minggu sebelum coronal mass ejection, artikel yang diposting online yang disarankan Badan Antariksa Eropa punya rencana untuk menghancurkan sebuah asteroid menuju Bumi.
Secara khusus, website Daily Mail memposting sebuah artikel berjudul Fakta mengikuti fiksi? Para ilmuwan berencana melakukan misi meledakkan asteroid yang meluncur menuju Bumi.Artikel ini terakhir diperbaharui pada tanggal 18 Agustus 2011, sehari sebelum Elenin hancur. Ini dibahas dalam Don Quijote space probe. Probe dapat digunakan untuk mempelajari efek dari pesawat ruang angkasa yang menabrak asteroid.

1. Sikap NASA
NASA telah merilis koleksi laporan tentang Komet Elenin. Dalam setiap kasus, organisasi tersebut telah meremehkan pentingnya objek dan dampak potensial terhadap bumi.

Setelah komet itu hancur , Don Yeomans NASA mengatakan: 
"Saya tidak bisa mulai menebak mengapa komet kecil menjadi sensasi besar.
Kenyataan ilmiah pengaruh ini dirtball sederhana berukuran es itu pada planet kita begitu sangat sangat kecil bahwa mobil subkompak saya memberikan pengaruh gravitasi yang lebih besar di bumi dari komet akan pernah."

Yeomans menjelaskan bagaimana kehancuran komet ini jarang terjadi, tetapi mungkin: "komet yang rapuh dan longgar seperti bola debu, sehingga tidak perlu banyak untuk mendapatkan sebuah komet hancur, dan dengan komet, begitu mereka hancur, tidak ada harapan rekonsiliasi" 

Sikap NASA adalah bahwa mereka tidak ingin berbicara tentang Elenin karena tidak layak disebutkan dibandingkan dengan masalah lain..."


Nah, kenapa saya mempublish kembali berita lama ini, karena menurut saya ada satu pelajaran yang dapat kita petik dari sini, Yaitu... saat kita menerima sebuah informasi yang mungkin tidak biasa dan terdengar mengejutkan... kita jangan terburu-buru merasa ketakutan, carilah informasi yang masuk akal mengenai kebenarannya.... Apalagi kalau sampai menggembar-gemborkan kepada orang lain tanpa kita tau tentang kebenarannya...

sekian...

Thursday, November 22, 2012

Wajah Alien Pada Aurora Borealis di Islandia

18 comments
Assalamualaikum...


Hai, Hai, Hai... Apakabar semua?

Senangnyaaa, bisa menyapa kalian semua di hari ke-22 di bulan November tahun 2012 ini, hehehe...


Ada sesuatu yang baru...?

Tentu... Model rambut saya, hehe... gak penting banget,


Masih ingat? beberapa waktu yang lalu saya  pernah share gambar Aurora "Kambing" di Langit Greenland, pastinya masih ingat kaan... secara gambar auroranya indah dan unik banget >_<



Nah, kali ini ada yang lebih unik lagi...

Diinformasikan dari situs AOL Travel, pada malam tanggal 8 September 2012 yang lalu, Iurie Belegurschi (29 tahun), seorang fotograper dari Moldova (Eropa Timur), berhasil mengabadikan Aurora Borealis di Islandia dengan kameranya. Yang menjadi keunikannya adalah, pada hasil fotonya tersebut, setelah diperhatikan terlihat kalau dalam Aurora Borealis tersebut ada sesosok wajah Alien,


Wah, benarkah...?



Gak percaya?, ini dia gambarnya...

Silahkan diperhatikan...


Credit : Lurie Belegursche

Ini gambarnya saya perjelas yaa...




Hmmm.... kalau dibuat seperti ini, lebih terlihat mirip gak sih?
hehehe...


Sumber Gambar : Softpedia.com
Seperti yang pernah saya jelaskan sebelumnya, Aurora adalah fenomena alam yang menyerupai pancaran cahaya yang menyala-nyala pada lapisan ionosfer dari sebuah planet sebagai akibat adanya interaksi antara medan magnetik yang dimiliki planet tersebut dengan partikel bermuatan yang dipancarkan oleh Matahari (atau disebut juga dengan sebutan Angin Surya).


Aurora terjadi di daerah di sekitar kutub Utara dan Selatan karena disitulah pusat magnetik bumi.

Aurora yang terjadi di daerah sebelah Selatan dikenal dengan dengan nama Aurora Australis dan Aurora yang terjadi di daerah sebelah Utara dikenal dengan nama Aurora Borealis. 
Aurora adalah nama Dewi Fajar Romawi dan Boreas adalah Angin Utara dalam bahasa Yunani. Sering juga disebut Northern Lights.


Menurut Iurie, saat ia mengambil gambar tersebut, bentuk wajah alien pada aurora tersebut tidaklah terlihat secara jelas menunjukkan wajah Alien. Tapi menjadi jelas saat ia mengecek dan memperhatikan setiap gambar hasil jepretannya.

"Saya tidak melihat wajah alien saat pengambilan gambar berlangsung, tapi ketika saya pulang, saya memeriksa foto-foto saya di komputer dan saya melihatnya. Sulit dipercaya, saya tidak bisa percaya dengan apa yang saya, lihat" katanya, seperti yang informasikan The Sun



Seperti yang telah dijelaskan diatas, Aurora disebut juga sebagai Angin Surya. Pada dasarnya yang disebut dengan Angin adalah udara yang bergerak yang diakibatkan oleh rotasi bumi dan juga karena adanya perbedaan tekanan udara di sekitarnya. Seperti yang kita tahu, bahwa sesuatu yang bergerak biasanya akan memunculkan bentuk-bentuk yang berbeda satu sama lain, termasuk bentuk-bentuk Aurora tersebut. Ada banyak sekali bentuk-bentuk Aurora yang unik dan cantik...



Hingga saat ini Alien dipastikan ada, hanya tempat asalnya yang masih misteri. Dan untuk kasus "penampakan" wajah Alien pada Aurora Borealis tersebut, menurut saya, ini termasuk dari kategori Pareidolia.



Apa sih Pareidolia...?

Pareidolia adalah sebuah fenomena psikologis yang melibatkan stimulus samar-samar dan acak (seringkali sebuah gambar atau suara) yang dianggap penting. 
Contohnya saat seseorang atau mungkin kamu juga pernah melihat gambar binatang atau wajah-wajah di awan.


Jadi, gak usah berpikir yang macam-macam yaa, apalagi kalau sampai berpikiran bahwa dengan "penampakan" wajah alien pada Aurora di langit Islandia itu, maka invasi Alien akan segera terjadi. Itu sih lebay, hehehe... berpikirlah positip dan terbuka... Carilah informasi-informasi yang masuk akal sebanyak dan sedetail mungkin, jangan mendahulukan rasa takut dan khawatir...


Oh iya, kalau mau lihat foto-foto indah karya fotograper Iurie Belegurschi ini, silahkan langsung kunjungi Fans Pagenya di Facebook Iurie Belegurschi Photography atau websitenya di www.iuriebelegurschi.com

Sekian,

Wassalamualaikum....