Monday, December 31, 2012

Doa Akhir dan Doa Awal Tahun

18 comments
Assalamualaikum...

Alhamdulillah, Puji syukur ke hadirat Allah SWT, hari ini, Senin 31 Desember 2012 kita semua telah berada di ujung tahun 2012.
Untuk menyambut tahun baru tersebut, ada baiknya kita berdoa dan bermuhasabah, memohon agar Allah SWT mengampuni doa dan kesalahan kita tahun-tahun sebelumnya dan semoga Allah SWT membimbing kita di Tahun yang baru.

Para shalihin telah mengajarkan kepada kita untuk berdoa ketika menjelang pergantian tahun. Berikut adalah doa akhir tahun dan awal tahun yang lafadznya cukup terkenal karena banyak terdapat di buku-buku doa.
Para Ulama mengajarkannya untuk diamalkan menjelang berakhirnya dan bermulanya tahun Hijriyah, namun alangkah baiknya juga diamalkan pada berakhirnya dan bermulanya tahun baru yang lain-lain. Termasuk tahun baru Masehi

Doa Akhir dan Awal Tahun ini tidak ada dalam hadist manapun, jadi mohon tidak didebat. Karena sebagamana menurut yang dihaditskan oleh Abu Dawud, Tirmidzi bahwa "Doa itu ibadah".
Adapun doa awal tahun dan akhir tahun di bawah ini di ambil dari kitab Maslak al Akhyar susunan Habib Utsman bin Aqil bin Yahya.

Doa Akhir Tahun
Dibaca menjelang akhir tahun. Sebagaimana ketetapan pergantian tanggal/hari, doa ini dibaca menjelang berakhirnya tahun yaitu sesudah ashar atau sebelum maghrib.

Doa ini memohon ampunan dari Allah SWT atas perbuatan-perbuatan yang dilarang oleh-Nya, dan apabila dalam tahun yang akan ditinggalkannya itu ada perbuatan-perbuatan yang diridhai oleh Allah SWT yang kita kerjakan, maka memohon agar amal shaleh tersebut diterima oleh Allah SWT.
Doa akhir tahun - (dibaca ba’da ashar di akhir tahun, 3 kali)


“Bismillaahir rahmaanir rahiim. Washalallaahu ‘alaa sayyidinaa wa maulaanaa Muhammadin wa ‘alaa aalihii wa shahbihii wa salam. Allahumma maa ‘amiltu fii haadzihis sanatilmimmaa nahaitanii ‘anhu falam atub minhu walam tardlahu walam tansahuu wahalimta ‘alayya ba’da qudratika ‘alaa ‘uquubatii wada’autanii ilattaubati minhu ba’da juratii ‘alaa ma’shiyatika fainnii astaghfiruka faghfirli. Wamaa ‘amiltu fiihaa mimmaa tardlaa-hu wawa’adtanii ‘alaihits tsawaaba fa as alukallaahumma yaa kariimu yaa dzal jalaa-li wal ikraami an tataqabbalaahu ‘alaa sayyidinaa Muhammadin wa ‘alaa aalihii wa shahbihii wasallam (3x)

Artinya :

"Dengan menyebut nama Allah Yang Maha Pemurah lagi Maha Penyayang.


Semoga Allah melimpahkan rahmat dan keselamatan kepada junjungan kami nabi Muhammad SAW, beserta para keluarga dan sahabatnya. Ya Allah, segala yang telah ku kerjakan selama tahun ini dari apa yang menjadi larangan-Mu, sedang kami belum bertaubat, padahal Engkau tidak melupakannya dan Engkau bersabar (dengan kasih sayang-Mu), yang sesungguhnya Engkau berkuasa memberikan siksa untuk saya, dan Engkau telah mengajak saya untuk bertaubat sesudah melakukan maksiat. Karena itu ya Allah, saya mohon ampunan-Mu dan berilah ampunan kepada saya dengan kemurahan-Mu. 

Segala apa yang telah saya kerjakan, selama tahun ini, berupa amal perbuatan yang Engkau ridhai dan Engkau janjikan akan membalasnya dengan pahala, saya mohon kepada-Mu, wahai Dzat Yang Maha Pemurah, wahai Dzat Yang Mempunyai Kebesaran dan Kemuliaan, semoga berkenan menerima amal kami dan semoga Engkau tidak memutuskan harapan kami kepada-Mu, wahai Dzat Yang Maha Pemurah. 

Dan semoga Allah memberikan rahmat dan kesejahteraan atas penghulu kami Muhammad, keluarga dan sahabatnya. Amin yaa rabbal ‘alamin."

Barangsiapa membaca doa akhir tahun ini maka syaitan akan berkata :
“Hampalah kami disepanjang tahun ini"

Doa Awal Tahun
Doa ini dimohonkan ketika memasuki tahun baru. Dilakukan selepas maghrib atau pun sesudahnya.
Dengan doa ini kita memohon kepada Allah SWT, agar dalam memasuki tahun baru ini kita dapat meningkatkan amam kebajikan dan ketakwaan.



"Bismillaahir-rahmaanir-rahiim Bismillaahir-rahmaanir-rahiim
Wa shallallaahu ‘alaa sayyidinaa Muhammadin wa ‘alaa ‘aalihi wa shahbihii wa sallam.
Allaahumma antal-abadiyyul-qadiimul-awwalu, wa ‘alaa fadhlikal-’azhimi wujuudikal-mu’awwali, wa haadza ‘aamun jadidun qad aqbala ilaina nas’alukal ‘ishmata fiihi minasy-syaithaani wa auliyaa’ihi wa junuudihi wal’auna ‘alaa haadzihin-nafsil-ammaarati bis-suu’i wal-isytighaala bimaa yuqarribuni  ilaika zulfa yaa dzal-jalaali wal-ikram yaa arhamar-raahimin, wa sallallaahu ‘alaa sayyidina Muhammadin nabiyyil ummiyyi wa ‘alaa ‘aalihi wa shahbihii wa sallam"
Artinya :  
"Dengan menyebut nama Allah Yang Maha Pemurah lagi Maha Penyayang. 

Semoga Allah senantiasa melimpahkan rahmat dan keselamatan kepada junjungan kami Nabi Muhammad SAW, beserta keluarga dan sahabatnya. 

Ya Allah Engkaulah Yang Abadi, Dahulu, lagi Awal. Dan hanya kepada anugerah-Mu yang Agung dan Kedermawanan-Mu tempat bergantung. Dan ini tahun baru benar-benar telah datang. Kami memohon kepada-Mu perlindungan dalam tahun ini dari (godaan) setan, kekasih-kekasihnya dan bala tentaranya. 

Dan kami memohon pertolongan untuk mengalahkan hawa nafsu amarah yang mengajak pada kejahatan, agar kami sibuk melakukan amal yang dapat mendekatkan diri kami kepada-Mu wahai Dzat yang memiliki Keagungan dan Kemuliaan. 

Semoga Allah senantiasa melimpahkan rahmat dan keselamatan kepada junjungan kami Nabi Muhammad SAW, beserta para keluarganya dan sahabatnya. Amin yaa rabbal ‘alamin"

Allah SWT berfirman :
“Mohonlah (berdoalah) kamu kepada Tuhanmu dengan cara merendahkan diri dan cara halus, bahwasannya Allah tidak menyukai orang-orang yang melampaui batas; dan janganlah kamu berbuat kebinasaan di bumi (masyarakat) setelah la baik; dan mohonlah (berdoalah) kamu kepada Allah dengan rasa takut dan loba (sangat mengharap); bahwasannya rahmat Allah itu sangat dekat kepada orang-orang, yang ihsan (Iman kepada Allah dan berbuat kebajikan).” (Al A’raf:55-56)

“Dan apabila hamba-hamba-Ku bertanya kepada engkau tentang Aku, maka sesungguhnya Aku sangat dekat (kepada mereka). Aku perkenankan doa orang-orang yang mendoa apabila ia memohon (mendoa) kepada-Ku. Sebab itu, hendaklah mereka memenuhi (seruan)-Ku dan hendaklah mereka beriman kepada-Ku, mudah-mudahan mereka mendapat petunjuk.” (Al-Baqarah: 186)

“Dan berfirman Tuhanmu “Memohonlah (mendoalah) kepada-Ku, Aku pasti perkenankan permohonan (doa) mu itu.” (Al-Mu’min: 60)

“Dan Allah mempunyai nama-nama yang sangat indah (Al-Asma ul Husna), maka memohonlah kamu kepada- Nya dengan (menyebut) nama-nama itu.” (Al-A’raf: 180)

“Katakanlah olehmu hai Muhammad: berdoalah (pujilah) akan Allah atau berdoalah (pujilah), akan Ar-Rahman (Maha penyayang).” (Al-Isra’: 110)

Semoga bermanfaat yaa dan semoga doa-doa kita diijabah oleh Allah SWT, Amin...

Selamat Tahun Baru 2013,


Wassalamualaikum wr. wb...




source, dengan perubahan

Tuesday, December 25, 2012

MALAM INI Jupiter dan Bulan Satu Garis Lurus

53 comments
Assalamualaikum....

Malam ini, Planet Jupiter akan berdekatan dengan Bulan sekitar 0,5 derajat. Mereka akan terbit di langit timur pada sore ini pukul 18.00 WIB dan akan tenggelam pada 26 Desember 2012 pukul 03.00 WIB.


Gambar dari Stellarium
Ingin mengamatinya dengan mata telanjang? 
Tentu saja bisa, kamu akan seperti melihat Bulan yang bersebelahan dengan bintang, dan bintang itu adalah planet Jupiter. 

Ada hal menarik jika mengamati dengan teleskop, kamu bisa melihat dengan jelas rotasi planet Jupiter dan titik badai merah raksasa juga dapat diamati. Tidak hanya itu, Ganymede, satelit alaminya juga dapat diamati dengan teleskop.

Jadi, selamat menyaksikan kemesraan Jupiter dan Bulan sepanjang malam ini yaa, tapi gak boleh iri lho.... hehehe....



source :
Forum Astronom Amatir Indonesia dengan sedikit perubahan

Sunday, December 23, 2012

Mengintip Kehidupan di Dasar Planet

31 comments
Assalamualaikum....

Seperti yang kita ketahui, Antartika atau Kutub Selatan (South Pole, dalam bahasa Inggris) berada di bagian bawah Planet Bumi. Yang ada hanya hamparan salju putih cemerlang. Suhunya bisa mencapai minus 50 derajat Celcius.

Peta Antartika
Sumber gambar : World Atlas
Selain mereka para penghuni asli, yang sudah terbiasa dengan suhu sedingin itu, siapa coba yang mau tinggal disana?

Para Ilmuwan yang Menuntut Ilmu
Gary Hill, ilmuwan asal Adelaide, Australia
meneliti Neutrino di Kutub Selatan.
Sumber gambar : Adelaide Now
Ya, jawabannya adalah para Ilmuwan!. 
Mereka rela tinggal di Antartika untuk meneliti. Penelitiannya dari macam-macam bidang ilmu lho... Ada Astronom, ahli iklim ahli, dan banyak ahli-ahli lainnya.

Saat musim panas, yaitu Desember sampai akhir Februari (nah, berarti sekarang lagi musim panas tuh disana), diperkirakan orang yang tinggal di Antartika mencapai 5.000 orang. 
Saat musim dingin, orang yang tingga di Antartika hanya mencapai 1.000 orang saja. Dari jumlah 5.000 orang tersebut, kesannya banyak ya... padahal, coba bayangkan 5.000 orang itu untuk menempati satu benua lho...

Tinggal di Pangkalan
Para ilmuwan itu punya basecamp atau pangkalannya masing-masing. Basecamp itu sudah diberi penghangat. Basecamp ilmuwan Australia rata-rata suhunya 18 derajat Celcius. Untuk mereka, itu tidak dingin. Mereka bisa jalan-jalan di dalam basecamp dengan kaos dan celana jeans saja. Hebat banget yaa, gak kedinginan... mungkin karena sudah terbiasa juga kali yaa....

Bagian dalam basecamp
sumber gambar : Our Amazing Planet
Photo Credit: Peter Rejcek
Sumber gambar : antarcticsun.usap.gov
Tinggal di Basecamp juga seru lho... di dalamnya ada kamar tidur yang nyaman, fasilitas internet, game, DVD player sampai lapangan voli juga ada. Jadi, para ilmuwan itu juga gak kehabisan hiburan, selama penelitian mereka.

Dan kalau sedang penelitian di luar basecamp, para peneliti membawa tenda apel yang telah dirancang kuat menahan badai.

Credit : Petzl sport

Hanya satu yang terbatas, yaitu air.
Mandi mereka dibatasi dua sampai tiga menit per hari. Kenapa begitu?
Karena air disana berasal dari salju yang dilelehkan. Proses melelehkannya itu sulit. Makanya, jumlah persediaan air amat terbatas.

Kalau seperti itu keadaannya, aku jadi mikir-mikir lagi pengen pergi kesana.
Soalna aku kalau mandi butuh air yang banyak dan butuh waktu yang lama, hehehe.....
Tapi, ngapain juga yaa aku pergi kesana, aku kan bukan ilmuwan... ohhh, poor me.!!!

Jauh dari pasar Swalayan
Tinggal di Antartika pastinya tidak seperti tinggal di kota yang ramai. Persediaan makanan untuk satu tahun biasanya datang pada bulan Februari akhir. Sekaligus mengantar para ilmuwan yang akan bekerja selama musim panas.



Makanannya kebanyakan makanan kaleng dan daging beku. Persediaan buah dan sayur segar dengan upaya keras hanya bisa bertahan sampai bulan Agustus. Oh iya, mereka juga tidak bisa makan daging yang ada tulangnya. Soalnya tulang-tulang itu akan dibuang dengan dipendam dalam salju. Nah, kalau tulang itu membawa virus, koloni Penguin yang tinggal di Antartika bisa-bisa terkena penyakit.

Aurora Australis yang Indah
Selain untuk kemajuan ilmu, ada satu hal yang menjadi daya tarik Antartika. Yaitu warna-warna Auroranya yang indah.

Aurora adalah fenomena alam yang menyerupai pancarana cahaya yang menyala-nyala pada lapisan ionosfer dari sebuah planet sebagai akibat adanya interaksi antara medan magnetik yang dimiliki planet tersebut dengan partikel bermuatan yang dipancarkan oleh Matahari. Aurora disebut juga dengan sebutan Angin Surya.

Aurora terjadi di daerah di sekitar kutub Utara dan Selatan karena disitulah pusat magnetik bumi.

Aurora yang terjadi di daerah kutub Selatan dikenal dengan dengan nama Aurora Australis dan Aurora yang terjadi di daerah kutub Utara dikenal dengan nama Aurora Borealis.

Berikut adalah beberapa gambar Aurora Australis yang indah,

Aurora Australis
Sumber gambar : wikipedia

Tenda ilmuwan di bawah naungan auorora yang cantik
sumber gambar : www.lociinteriors.co.uk

Aurora Australis diatas
National Science Foundation's station
Sumber gambar : www.nsf.gov
Setuju kan kalau Auroranya itu sangat indah...? Meskipun bukan seorang ilmuwan, Aku berharap suatu hari nanti bisa pergi ke Kutub Utara... karena pasti akan sangat menyenangkan bisa melihat aurora cantik itu secara langsung...

Wassalamualaikum. Wr. Wb.


Referensi :
Keliling Dunia, Tinggal di Dasar Planet.
Majalah Bobo no. 30

Sunday, December 16, 2012

27 HAL UNIK DAN PENTING YANG HARUS KAMU KETAHUI

29 comments
Assalamualaikum...

Senangnya bisa menulis lagi di blogku yang tercinta ini, hehehe... 
Hallo... apakabar semua, khususnya sahabat-sahabat bloggerku? Mudah-mudahan Allah selalu memberikan nikmat sehat untuk kalian semua... Amin...

Oh iya, kepada sahabat-sahabat blogger semuanya, aku mau minta maaf banget, soalnya aku belum sempat membalas semua kunjungan kalian. Tapi tenang aja, Insya Allah meskipun telat, nanti setelah aku benar-benar sembuh, semua kunjungan dan komentar kalian akan aku balas kok, ditunggu aja yaaaaa....

Nah, pada kesempatan kali ini, aku mau nulis tentang hal-hal unik dan penting yang harus kamu ketahui yang  aku dapat dari beberapa sumber. Hmmm.... mungkin sebenarnya satu atau beberapa diantaranya sudah kamu ketahui yaa?, tapi mungkin juga ada yang tidak.

Oke deh, berikut 27 hal unik dan penting yang harus kamu ketahui,

1. Pada tahun 1845, Kota Boston, Amerika Serikat memiliki peraturan yang melarang warganya untuk mandi kecuali bila diperintahkan oleh dokter dalam resepnya.

2. Di Milano, Italia ada peraturan yang mengharuskan seseorang untuk selalu tersenyum atau pelanggar akan didenda sebesar $ 100 USD. Pengecualian hanya diberikan bagi mereka yang mengunjungi pasien rumah sakit atau pemakaman.

3. Penggunaan headphone selama satu jam dapat merangsang perkembangan bakteri dalam telinga sebanyak 700 kali lipat.

4.  Di beberapa wilayah di Afrika bersalaman dengan tangan kanan dianggap tidak sopan.

5.  Sering mengunyah permen karet secara berlebihan dapat mengakibatkan bentuk wajah menjadi segi empat, karena otot rahang mungkin terlatih secara berlebihan ingga bereaksi dan mempercepat pertumbuhannya.

6.  Mengunyah permen karet saat mengupas bawang dapat mencegah kita menangis.

7.  Northeast Greendland National Park adalah taman nasional terbesar di dunia dengan luas 972.000 km². Taman ini adalah satu-satunya taman nasional di Greendland yang luasnya lebih besar dari luas 163 negara.
Northeast Greendland National Park
Sumber gambar : All Poster

8.  Di Negara bagian Alaska, ada kota yang bernama “Deadhorse” sedangkan di Ambon, Indonesia ada juga wilayah yang bernama “Kudamati”

9.  Jika kamu ingin berbisik pada seseorang di tempat yang ramai, berbisiklah pada telinga kanannya. Sebab telinga kanan diyakini tersambung dengan otak kiri yang mengatur proses informasi verbal.

10. Paru-paru akan berubah warna jadi hitam untuk mereka yang telah merokok lebih dari 1 tahun.

11. Air mata mengandung hormone prolaktin yang berfungsi untuk melawan stress.

12. Es krim ternyata merupakan makanan dari Cina. Pada tahun 1295, selain aneka benda, Marco Polo juga membawa sebuah resep dari Cina ke Negara asalnya, Italia. Resep tersebut adalah hidangan penutup penduduk Cina yang terkenal dengan sebutan “es susu”. Seiring berjalannya waktu, bangsa Eropa akhirnya mengganti bahan dasar susu dengan krim, dan mengubah namanya menjadi “es krim”.

13. Seekor Baboon yang dinamai “Jackie”, menjadi prajurit resmi dalam Angkatan Bersenjata Afrika Selatan pada Perang Dunia I.

14. Botol plastic dan tempat makan plastic baru dapat terurai dengan sempurna dalam tanah setelah 50.000 tahun.

15. Seorang Astronot tidak bisa bersiul saat sedang melakukan spacewalk atau beraktivitas di antariksa di luar pesawat ruang angkasa.

16. Tahun 1800-an, kotak bekal bukan untuk anak-anak. Saat itu kotak bekal dipakai para buruh miskin. Bentuknya seperti ember kaleng.

17. Setiap menit, sekitar 30.000-40.000 sel kulit mati terlepas dari tubuh manusia. Sel-sel kulit mati itu menjadi debu-debu yang berada di sekitar kita.

18. Kulit paling tebal pada tubuh manusia terdapat pada telapak tangan dan telapak kaki. Pada bagian itu, ketebalan kulit bisa mencapai 3 mm.

19. Ngengat tidak punya hidung. Tetapi, ngengat jantan dapat mencium bau ngengat betina dari jarak 11 kilometer.

20. Salah satu  zat dalam cokelat terbukti dapat menguatkan daya ingat siput.

21. Tikus tidak berkeringat.

22.   Email gigi lebih keras daripada peluru tembaga.

23. Emas dapat dapat dijadikan lembaran yang lebih tipis daripada helai rambut manusia.

24.  Alas tidur zaman purba dibuat dari rumput dan daun yang mengandung zat anti serangga.

25.  Kadal Basilisk di Amerika Tengah dapat berjalan di atas air.

26. Kubila Khan, sang Kaisar Mongol yang terkenal sangat kejam dan suka memperluas wilayah kerajaannya ini, ternyata memiliki sisi toleransi yang sangat tinggi. Beliau adalah pemimpin dunia pertama yang menyatakan bahwa hari-hari besar  agama Buddha, Kristen, Yahudi dan Islam dijadikan sebagai hari libur resmi kenegaraan.

27.  Taman nasional pertama di dunia adalah Yellowstone National Park, yang terletak di Amerika. Taman Nasional ini diresmikan oleh Presiden Amerika saat itu, Ulysses S. Grant pada 1 Maret 1872.

Sekian... semoga bisa menambah wawasan dan pengetahuan kamu, bye... bye...

Tuesday, December 11, 2012

Perihelion dan Aphelion Planet Bumi Terhadap Matahari

30 comments
Assalamualaikum...


Seperti yang telah kita ketahui, bahwa planet-planet di tata surya kita mengorbit Matahari.

Bentuk orbit dari beberapa planet adalah lingkaran yang nyaris sempurna, tetapi yang lainnya tidak. Beberapa orbit berbentuk elips. 


Dalam ilmu Fisika, suatu orbit adalah jalan yang dilalui oleh objek, di sekitar objek lainnya, di dalam pengaruh dari gaya tertentu.

Dua buah benda
dengan massa yang sedikit berbeda
mengelilingi suatu pusat massa bersama.
Orbit pertama kali dianalisa secara matematis oleh Johannes Kepler yang merumuskan hasil perhitungannya dalam hukum Kepler tentang gerak planet. Dia menemukan bahwa orbit dari planet dalam tata surya kita adalah berbentuk elips dan bukan lingkaran atau episiklus seperti yang semula dipercaya.

Jika orbit sebuah planet adalah lingkaran, maka matahari berada pada titik pusat lingkaran itu. Namun sebaliknya, jika bentuk orbitnya elips, maka matahari berada pada titik yang disebut "fokus" dari elips, yang tidak persis sama sebagai pusat.

Karena Matahari tidak di pusat orbit elips, planet bergerak lebih dekat ke arah dan lebih jauh dari Matahari seperti orbit. Tempat di mana planet terdekat dengan matahari disebut perihelion. Ketika planet ini terjauh dari matahari, itu pada aphelion.  
Kata-kata "aphelion" dan "perihelion" berasal dari bahasa Yunani. Dalam bahasa Yunani, "Helios" berarti Sun, "peri" berarti dekat, dan "apo" berarti jauh dari.

Dari gambar diatas terlihat,
pada tanggal 3 Januari adalah saat Bumi mencapai titik Perihelion
dan pada tanggal 4 Juli adalah saat Bumi mencapai titik Aphelion.
Ketika Bumi berada di titik perihelion, jaraknya adalah sekitar 147 juta km (91 juta mil) dari Matahari. Dan ketika berada di titik aphelion, jaraknya adalahsekitar  152 juta km (hampir 95 juta mil) dari Matahari. Letak planet Bumi adalah sekitar 5 juta km (lebih dari 3 juta mil) lebih jauh dari Matahari pada aphelion dari pada perihelion.

Berikut adalah tabel waktu terjadinya Perihelion dan Aphelion Bumi terhadap Matahari untuk tahun 2002 hingga tahun 2020 :

sumber gambar : www.observingstars.com
Beberapa orang berpikir dan menyatakan bahwa karena adanya titik perihelion dan titik aphelion inilah, alasan kenapa di Bumi terdapat beberapa musim. Namun kenyataannya pemikiran tersebut adalah salah.

Musim adalah salah satu pembagian utama tahun, biasanya berdasarkan bentuk iklim yang luas. Biasanya satu tahun terbagi menjadi empat musim, yaitu: musim semi, musim panas, musim gugur, dan musim dingin. Tetapi, di Indonesia karena terletak di daerah tropis, maka hanya dibagi menjadi dua musim saja, yaitu: musim hujan dan musim kemarau.

Saat Bumi mencapai titik perihelion, dimana Bumi sedang berada pada jarak terdekatnya dengan Matahari, mungkin kamu berpikir bahwa saat itu harusnya satu belahan bumi (bagian selatan) adalah sedang mengalami musim panas, dan belahan yang lainnya (bagian utara) sedang berada pada musim dingin.
Perbedaan jarak bukan penyebab adanya musim. Tetapi musim disebabkan oleh kemiringan sumbu bumi.

Beberapa planet memiliki orbit yang membentang begitu jauh. Para astronom mengatakan bahwa orbit elips memiliki eksentrisitas tinggi, yang artinya adalah panjang dan kurus, tidak bulat seperti lingkaran.

Gambar ilustrasi tentang orbit-orbit planet dalam tata surya.
Pada gambar diatas terlihat masih ada orbit Pluto,
karena saat gambar tersebut dibuat Pluto masih menyandang predikat sebagai Planet.
Dan Mulai Kamis (24/8/2006) jangan pernah terpeleset mengucapkan "Planet Pluto".
Karena sejak hari itu, Pluto sudah tidak lagi berhak menyandang predikat sebagai planet.
Selain itu, Asteroid, komet, dan pesawat ruang angkasa beberapa diantaranya, juga mengelilingi Matahari dalam orbit yang berbentuk elips. Mereka semua memiliki titik perihelion dan aphelion sepanjang orbitnya. Benda-benda angkasa tersebut dapat bergerak lebih cepat saat berada pada titik perihelionnya dan dapat bergerak lebih lambat saat berada pada titik aphelionnya.

Jika suatu benda mengorbit sesuatu selain Matahari, untuk titik terdekat dan titik terjauhnya tidak digunakan istilah perihelion dan aphelion. Satelit yang mengorbit planet bumi,termasuk bulan, memiliki titik terdekat yang disebut dengan istilah perigee dan apogee adalah istilah untuk menyebut titik jauh terjauhnya.

Sekian, semoga bisa menambah wawasan siapapun kamu yang membaca tulisan ini...

Wassalamualaikum... Wr. Wb...

Sunday, December 9, 2012

][Widget][ Fase Bulan Terkini

24 comments
Assalamualaikum...

Yuhuuu.... hari Minggu neh, dan di hari Minggu yang cerah ceria ini aku mau bagi-bagi kode widget Fase Bulan Terkini, real time deh pokoknya.... dan keren abis tentunya,

Awalnya sih gini, aku tuh kan sukaaa banget liatin Bulan, pokoknya kalau udah liatin Bulan, apalagi kalau lagi Bulan Purnama tuh, itu rasanya gimana yaa... semua beban dan rasa sedih tu langsung hilang...
#hahaha... lebaay,

Oh iya gak jarang juga sih, dari jendela sambil liatin bulan, aku ngomong sendiri cerita-cerita sama Bulan, curhat gitu deh... misal curhat tentang si-X orang aneh tapi cerdas siih tapi juga super cuek itu... yaa meskipun you know, Bulannya yaa gitu-gitu aja gak respon apa-apa....  
#hehehe... sepertinya ada sesuatu yang salah ya sama isi kepalaku#

Nah dari hobi memandangi bulan itu, sebagai seorang Blogger sejati, #ciyeee... hehehe...# jadi terpikir untuk pasang widget Bulan. Berharapnya sih bisa nemu widget Bulan yang pergerakannya sesuai pergerakan aslinya. Setelah mencari kesana-kemari, wuihh ternyata banyak juga situs-situs penyedia widget yang share Widget Bulan ini... saking banyaknya malah jadi bingung mau pasang yang mana. 
Sampai akhirnya, nemu kode widget Bulan yang benar-benar pas dihati dari Widgets For Blogger, yang kalau menurut aku, widget ini bagus dan keren banget.

Ini lho... tampilan widgetnya setelah aku pasang diblog ku ini,


Kalau buat sahabat-sahabat blogger tercinta yang sering mampir kesini mungkin udah gak asing lagi dengan penampakan gambar diatas karena pasti sering liat widget ini kan...
Itu tuh... aku pasang di sebelah kanan, tepatnya dibawah Statistik Page Views.


Oh iya, gambar diatas adalah gambar hasil cropping dari halaman beranda blogku yang tercinta ini, pada hari ini, tanggal 9 Desember 2012 pukul 12:36 siang. Dari gambar widget diatas terlihat saat ini Bulan berada dalam fase Waning Crescent atau Sabit Awal, dimana Bulan nampak terlihat berbentuk seperti sabit.


hmmm... percaya kan sekarang, kalau widgetnya keren?
Gimana gak keren coba, fase Bulannya jelas plus ada persentase kenampakan permukaannya, selain itu ada tanggal dan jamnya juga.

Buat kamu yang mungkin pengen pasang widget ini blog kamu, langsung aja ikutin langkah-langkah berikut :
> pertama-tama, tentunya kamu harus login ke blog kamu
> klik "Tata Letak"
> klik "Tambahkan Widget"
> klik "HTML/JavaScript"
> setelah itu copy kode html berikut :

<script src="http://gmodules.com/ig/ifr?url=http://www.calculatorcat.com/gmodules/current_moon.xml&up_h=1&synd=open&w=320&h=180&title=Current+Moon+Phase&border=%23ffffff%7C3px%2C1px+solid+%23999999&output=js"></script>

> paste di kotak "HTML/JavaScript" tadi, lalu klik "simpan"
> atur letak widgetnya
> terakhir klik "simpan setelan"

Selesaaaai....

Lihat hasilnya, maka widget Fase Bulan Terkini atau Current Moon Phase widgetnya akan terpasang juga di blog kamu. Jadi, sekarang kamu bisa liat fase Bulan, si satu-satunya satelit alami Bumi ini, langsung dari blog kamu sendiri.

Sekian, semoga bermanfaat yaaa....

Wassalamualaikum... Wr. Wb.

Thursday, December 6, 2012

(((12/12/12))) Asteroid Toutatis Melintas Dekat Bumi

47 comments
Assalamualaikum...

Hai, hai... tahu Asteroid kan?
Mungkin, ada yang sudah tahu, ada yang lupa atau mungkin... ada yang gak tahu sama sekali tentang asteroid?, hehehe...

Asteroid, yang pernah disebut sebagai planet minor atau planetoid, adalah benda berukuran lebih kecil daripada planet, tetapi lebih besar daripada meteoroid, umumnya terdapat di bagian dalam Tata Surya (lebih dalam dari orbit planet Neptunus). Asteroid berbeda dengan komet dari penampakan visualnya. Komet menampakkan koma ("ekor") sementara asteroid tidak.
Berikut gambar dari bentuk asteroid
dan komet :
(a) adalah gambar Asteroid Ceres,
Asteroid terbesar dengan diameter kira-kira 772 km.
(b) adalah gambar Komet Halley,
Komet yang terlihat dari bumi setiap 75-76 tahun
dan terakhir muncul pada tahun 1986
Nah, omong-omong tentang asteroid... pada tanggal cantik di bulan Desember ini, atau tepatnya yaitu pada tanggal 12 Desember 2012 atau 12/12/12 mendatang ada sebuah asteroid yang akan melintas dekat Bumi.

Tenaaang... karena Alhamdulillah, tidak ada potensi tumbukan dengan planet Bumi kita yang tercinta ini.

Gambar model 3D Asteroid Toutatis
dari 4 sisi yang berbeda (solarviews)
Asteroid itu bernama Toutatis dengan bentuk mirip kentang sepanjang 4,3 km, lebar 2,6 km dan massa 50 milyar ton. Toutatis adalah batu angkasa yang bentuknya tak teratur dan memanjang. Ia memiliki pergerakan sangat lamban.

Pertama kali dilihat manusia pada 1934 namun kemudian tak terlacak hingga belakangan ditemukan lagi pada 1989 silam.

Kini Toutatis diketahui sebagai asteroid yang mengorbit Matahari di antara Bumi dan Jupiter dengan periode 4 tahunan dan perilakunya dikendalikan oleh gravitasi kedua planet tersebut. Sebagai konsekuensinya, Toutatis pun melintas-dekat Bumi sekali setiap 4 tahun.


Pada tahun 2012 ini perlintasan-dekat Toutatis akan terjadi pada 12 Desember 2012, tepatnya pukul 13:40 WIB mendatang sejauh 'hanya' 6,95 juta km atau hanya 18 kali lebih jauh dibanding Bulan.
Saat itu titik terdekat ke Bumi adalah bagian tengah Samudera Pasifik. Meski tergolong sangat dekat dalam skala astronomi, namun kecilnya ukuran asteroid membuat Toutatis hanya nampak sebagai bintik cahaya dengan magnitudo semu maksimum +8, sehingga butuh binokuler/teleskop untuk mengamatinya.

Untuk lebih jelasnya, silahkan perhatikan simulasinya pada video berikut, dan kalau boleh saya kasih saran, video ini wajib ditonton... karena selain videonya sangat informatif dan tampilan yang ditata dengan sangat baik, musik pengiringnya pun bagus banget lho... tonton deh, :


Bersyukurlah, hingga saat ini Toutatis hanyalah melintas-dekat tanpa berpotensi tumbukan. Sebab jika asteroid jumbo ini sampai menabrak Bumi, dampaknya benar-benar tak terperi. Simulasi menunjukkan jika asteroid ini jatuh di tanah yang tersusun oleh sedimen gamping atau sejenisnya, akan terjadi pelepasan energi hingga 1,68 juta megaton TNT alias setara 84 juta butir bom nuklir Hiroshima yang diledakkan serempak. Asteroid bakal mengoyak titik tumbuknya menjadi kawah selebar 39 km dengan akumulasi panas mampu membakar obyek sejauh 700 km. Sementara gelombang kejutnya mampu memorak-porandakan kawasan seluas 5,6 juta km persegi tanpa ampun.

Jika Toutatis jatuh di lautan, terbentuk mega-tsunami yang demikian massif sehingga pada jarak 10.000 km dari titik tumbuknya, gelombangnya masih setinggi 36 meter (periode 260 detik) yang menjalar secepat 200 km/jam.


Asteroid Toutatis
1996 Goldstone radar image

Sumber Gambar : Wikipedia
Namun dampak paling menggidikkan adalah gangguan berat pada lingkungan. Dengan anggapan 6,25 % massa asteroid berupa Belerang maka tumbukan Toutatis bakal menyemburkan 576 juta ton aerosol asam sulfat ke udara untuk kemudian terdistribusi ke segenap penjuru lapisan stratosfer, membentuk tabir surya penghalang sinar Matahari ke Bumi.

Jika ukuran rata-rata aerosol itu 0,1 mm maka intensitas sinar Matahari di permukaan Bumi anjlok sebesar rata-rata 10 % dibanding semula yang menyebabkan terjadinya penurunan suhu rata-rata 7 derajat Celcius dibanding semula. Penurunan suhu bakal berimbas pada penurunan curah hujan yang pada gilirannya mengacaukan iklim demikian rupa sehingga berpotensi menyebabkan kematian massal. Berapa? Jika model perubahan iklim akibat letusan gunung berapi bisa dipercaya dan dijadikan analog, secara kasar diperkirakan 1 dari setiap 100 orang yang hidup di pada saat ini bakal tewas oleh gangguan lingkungan berat akibat hantaman Toutatis, entah dimanapun ia bertempat tinggal.
Jadi, bersyukurlah, karena asteroid berukuran jumbo itu hanya numpang lewat saja...
Sekian, semoga informasi ini bisa menambah pengetahuan siapapun yang membacanya,

Wassalamualaikum... Wr. Wb.

Special thanks to my dear friend, Kurdstan Planetarium, thank you very much for a cool video.

Sumber dan Referensi :

Bapak Ma'rufin Sudibyo | Himpunan Astronomi Amatir Jakarta
(dengan sedikit penambahan)

Collins dkk. 2005. Earth Impact Effects Program : A Web–based Computer Program for Calculating the Regional Environmental Consequences of a Meteoroid Impact on Earth. Meteoritics & Planetary Science 40, no. 6 (2005), 817–840.

Rampino. 2002. Supereruptions as a Threat to Civilizations on Earth-like Planets. Icarus no 156 (2002), 562–569.

Solarview.com
Wikipedia/Ceres
Wikipedia/Asteroid
Wikipedia/Komet Haley

Monday, December 3, 2012

Oposisi Jupiter 3 Desember 2012

40 comments
Assalamualaikum....

Dalam ilmu Astronomi, yang disebut dengan istilah Oposisi adalah ketika suatu Planet berada dalam satu garis lurus dengan Bumi dan Matahari.
Sudut Elongasi sebuah planet saat terjadi Oposisi adalah 180 derajat.
Konfigurasi saat terjadi peristiwa Oposisi
dimana Matahari - Bumi - Planet
berada pada satu garis lurus.
sumber gambar : www.nakedeyeplanets.com
Adapun yang dimaksud dengan sudut elongasi adalah sudut yang dibentuk oleh Matahari, Bumi, dan Planet.

Nah pada tanggal 3 Desember 2012 ini, peristiwa Oposisi tersebut akan terjadi. Tepatnya adalah Oposisi Planet Jupiter.


Planet Jupiter akan terbit saat matahari terbenam dan akan terbenam saat matahari terbit. Dan berdasarkan sumber dari situs Time and Date, pada tanggal 3 Desember 2012 ini Matahari akan terbenam pukul 17:54 WIB.
Saat itu, Jupiter mulai dapat diamati di rasi Taurus, di langit sebelah timur.

(Stellarium)
Jupiter, Planet termasif di tata surya ini akan berada pada jarak terdekatnya (4.0689 AU) dari Bumi. Saat inilah waktu yang paling tepat untuk mengamati Planet Jupiter dengan atau tanpa alat bantu. 
Jika dilihat langsung, Jupiter akan terlihat sebagai bintang putih terang yang menghiasi langit sepanjang malam. Jadi, semakin malam, planet Jupiternya akan terlihat semakin bersinar terang lebih terang dari cahaya-cahaya bintang yang berada di sekitarnya.

Setelah Oposisi Jupiter 3 Desember 2012, peristiwa ini baru akan terjadi lagi yang terdekatnya yaitu pada tanggal 5 Januari 2014 mendatang.
Berikut tabel untuk Oposisi Jupiter dari tahun 2010 hingga tahun 2020,
Sumber
Maka, sayang sekali kalau peristiwa astronomi yang satu ini sampai terlewatkan.

Sekian, semoga bermanfaat dan selamat menikmati keindahan Jupiter malam ini...

Oh iyaa... hampir aja lupa, aku mau ucapin terimakasih banyak buat kak Hanief Trihantono, yang udah bantu jelasin perbedaan Konjungsi dengan Oposisi, mkasiiih yaa.... Insya Allah moga gak bingung lagi, hehehe....

Wassalamualaikum.... Wr.Wb.