Tuesday, December 31, 2013

My 2013 Reading Challenge Was Completed.!!!

44 comments
Assalamualaikum....

Hari iniii... hari terakhir di tahun 2013. Alhamdulillah, besok... Insya Allah kita sudah memasuki tanggal 1 Januari 2014 lho... Gimana? resolusi-resolusi kalian awal tahun 2013 lalu apakah sudah terealisasikan semua sepanjang tahun 2013 ini?.
Aku... *berpikir keras*, iyaa sebagian terealisasikan, sebagian lagi belum. Semoga saja, kita semua selalu sehat dan berumur panjang... supaya apa yang belum terwujud dan tercapai di tahun 2013 ini semuanya bisa teralisasikan di tahun 2014 nanti yaa. Amin...

Omong-omong tentang target yang dibuat awal tahun 2013 lalu, salah satunya yang aku buat adalah menargetkan bisa membaca 50 judul buku sepanjang tahun 2013. Kesampaian? Iya, bahkan melebihi target yang udah saya tetapkan. Tepatnya berhasil membaca 52 judul buku.

Dan inilah banner "2013 Reading Challenge" saya dari GoodReads :


GoodReads itu apa sih? Mungkin ada yang bertanya seperti itu?

GoodReads merupakan situs jaringan sosial yang mengkhususkan pada katalogisasi buku. Sama seperti situs jaringan sosial lain, GoodReads juga mempunyai konten friend (teman), group (grup), maupun discussion (diskusi). Bedanya, GoodReads memungkinkan anggota untuk menampilkan daftar buku sudah dibaca (read), buku yang sedang dibaca (currently reading), dan akan dibaca (to read). Dalam situs ini, pengguna dapat saling berbagi rekomendasi buku bacaan dengan memberikan review maupun komentar. (wikipedia)

Dan berikut adalah 52 judul buku yang berhasil saya baca sepanjang tahun 2013 :

1. Digital Fortress karya Dan Brown
2. Angels and Demons/The Da Vinci Code (Robert Langdon, #1-2) karya Dan Brown 
3. Kisah Lainnya : Catatan 2010-2012 karya Ariel, Uki, Lukman, Reza, David
4. Misteri Organisasi Rahasia The Judge karya Lexie Xu
5. A Tale of Two Cities karya Charles Dickens
6. Inferno karya Dan Brown
7. Fantasy Lover karya Sherrilyn Kenyon
8. Spongebob Naturepants karya Terry Collins
9. The Kite Runner karya Khaled Hosseini
10. The Da Vinci Code karya Dan Brown
11. Mother of The Believers karya Kamran Pasha
12. The Hunger Games karya Suzanne Collins
13. Mastermind: How to Think Like Sherlock Holmes karya Maria Konnikova 
14. Uglies (Uglies, #1) karya Scott Westerfeld 
15. Deception Point karya Dan Brown 
16. And Then There Were None karya Agatha Christie
17. Size 12 Is Not Fat - Ukuran 12 Tidak Gemuk karya Meg Cabot
18. The Lost Symbol (Robert Langdon, #3) karya Dan Brown
19. Angels & Demons (Robert Langdon, #1) karya Dan Brown
20. Marie Antoinette, Serial Killer karya Katie Alender
21. Journey to the Center of the Earth (Extraordinary Voyages, #3) karya Jules Verne 
22. Ekspedisi Buki Kaja karya Yudhi Herwibowo
23. Perahu Kertas karya Dee
24. Chariots of the Gods karya Erich von Däniken
25. The Secret (The Secret, #1) karya Rhonda Byrne 
26. La Tahzan karya Ninit Yunita
27. Why Do Only White People Get Abducted by Aliens?: Teaching Lessons from the Bronx karya Ilana Garon
28. Bung Karno Menggugat!: dari Marhaen, CIA, pembantaian massal '65 hingga G30S karya Baskara T. Wardaya 
29. The Unbecoming of Mara Dyer (Mara Dyer, #1) karya Michelle Hodkin
30. Walking Disaster (Beautiful, #2) karya Jamie McGuire
31. Silang Hati karya Sanie B. Kuncoro
32. Setengah Isi Setengah Kosong "Half Full Half Empty" karya Parlindungan Marpaung
33. Sidney Sheldon's Mistress of the Game karya Tilly Bagshawe 
34. The Help karya Kathryn Stockett
35. Just One Day (Just One Day, #1) karya Gayle Forman 
36. Just One Year (Just One Day, #2) karya Gayle Forman
37. The Evolution of Mara Dyer (Mara Dyer, #2) karya Michelle Hodkin
38. You're The One That I Don't Want karya Alexandra Potter
39. To Kill a Mockingbird karya Harper Lee
40. A Wrinkle in Time (Time, #1) karya Madeleine L'Engle
41. The Devil in Black Jeans karya aliaZalea 
42. Lucian karya Isabel Abedi 
43. Committed: A Skeptic Makes Peace with Marriage karya Elizabeth Gilbert
44. Ada Pemurtadan di IAIN karya Hartono Ahmad Jaiz
45. Goodbye Happiness karya Arini Putri
46. Taken: Inside the Alien-Human Abduction Agenda karya Karla Turner 
47. Raphael (Vampires in America, #1) karya D.B. Reynolds 
48. Don't Die, My Love karya Lurlene McDaniel
49. Passion (Fallen, #3) karya Lauren Kate 
50. Fallen in Love (Fallen, #3.5) karya Lauren Kate
51. Rapture (Fallen, #4) by Lauren Kate 
52. Perfect Chemistry (Perfect Chemistry, #1) karya Simone Elkeles 

Buku-buku yang aku baca diatas, selain yang berbentuk buku cetak yang aku beli dan dijadikan koleksi, aku juga baca buku-buku dalam bentuk buku elektronik (e-book) yang aku dapetin dari hasil donlot gratis di internet, hehhehe.... Oh iya, aku juga bagi-bagi ebook yang pernah aku baca di akun SlideShare aku disini. Gratis... silahkan tinggal download aja ^_^

Selain ke-52 buku-buku tersebut, aku baca beberapa komik ini juga :


Nah, di sepanjang tahun 2013, ada berapa banyak buku, ebook, atau komik yang udah kamu baca? Ceritain dong di kotak komentar. Atau kalau ada yang ingin merekomendasikan satu ataupun beberapa buku kepada saya juga boleh banget, jangan sungkan-sungkan tulis juga ya di kotak komentar ^_^

Terima kasih udah baca tulisan ini, 
dan jangan lupa buat kamu yang punya akun GoodReads, add me as your friend yaa, goodreads.com/Widiani... Thanks before.

Wassalamualaikum...Wr,Wb.

What's Wrong With Me???

10 comments
Hello, People...

Hai teman-temanku... Apakabar semua? Yang tidak merasa berteman dengan saya, Hai juga... terutama kalian para fansku (hahaha....-__-), semoga dimanapun kalian berada selalu merasa happy, hehhehe

Secara gitu ya, ini blog kan isinya gado-gado, hehee... dan "What's Wrong With Me???", iya... itu judul yang aku tulis untuk tulisan kali ini, disesuaikan dengan keadaaan saya saat ini.

Jadi, apa yang salah dengan saya? Nah itu lah, saya juga bingung... nggak tahu kenapa, beberapa hari terakhir ini sering banget :
> kalau ngobrol nggak nyambung, 
> kalau nulis typo melulu
> pelupa
> banyak melakukan hal-hal bodoh dan memalukan, yang sebenarnya kalau dipikir-pikir gak harus deh hal-hal tersebut sampai terjadi -___-

Kalau misalnya orang lain lagi ngomong, entah kenapa aku nanggepinnya sekarang-sekarang ini suka jadi salah, jadinya banyak gak nyambungnya... banyak bikin malunya...

Beberapa kejadiannya, ini diantaranya ya.... waktu ada yang tanya nomor rumah, aku malah ngasih tahu dia nomor telepon rumah. Beberapa kali salah menyapa nama tetangga, itu seharusnya gak perlu terjadi. Karena aku sama mereka tetanggaan udah lama banget.

Pernah waktu itu ada tamu ke rumah, singkatnya terjadilah percakapan sebagai berikut :
Tamu : "Ini rumahnya Ibu Entin?"
Saya : "Bukan.. Ini rumahnya Bapak Endang....."
And for your information, Bapak Endang dan Ibu Entin itu adalah suami istri. Yeah... and they're my parents.!!! Can you imagine?, betapa malunya saya saat sadar dengan apa yang saya ucapkan....... T_T

Terus kemarin, ibuku nyuruh matiin kompor 10 menit lagi, aku lupa... sampai akhirnya tempat masak airnya itu kering dan berasap. Ibuku nyuruh matiin kran air, aku bilang aku mau sholat dulu... abis sholat... lupa, sampai akhirnya bak di kamar cuci penuh, kebanjiran deh....
Pernah waktu hari kemarin mau cuci muka, yang dipakai bukan sabun pencuci muka tapi shampoo. Baru nyadar waktu diusapin ke wajah, rasanya pedih banget kena mata -___-
Dan waktu mau sikat gigi, yang dipakai bukan pasta gigi malah sabun cair... hwaaa, pahit banget pemirsaaa.!!!

Oh iya, pernah juga ibuku nyuruh tambahin gula sedikit ke masakanya, dia mau ke warung dulu. Dan tahu gak, Guys....? yang aku masukin ke masakan bukan gula, tapi garam dan bukan sedikit tapi hampir satu sendok penuh... baru nyadar setelah masakannya aku aduk-aduk dan aku cicipin...

Gak cuma itu, ada beberapa juga kejadian yang bikin aku merasa maluuu banget. Tapi nggak aku ceritain ah, hehehe....

Dan bahkan saat kirim pesan pun selain sering typo alias salah ketik, juga suka salah pakai emoticon. Yang harusnya emoticon senyum aku malah kirim emoticon marah. Niatnya mau kirim emoticon meletin lidah malah kirim emoticon cium...

Ya begitulah... i don't know why, what's wrong with me...???

Istigfar sih udah, berkali-kali... Mungkin saya butuh sesegera mungkin "menginstal ulang" otak dan hati saya dengan cara....... berdzikir lebih banyak lagi dari biasanya. Aku pikir itu adalah cara terbaik untuk mengatasi ini. Iya gak sih? Yang penting, tetap berusaha tampil cantik(?) anggun (?), stay cool dan semangat.

Gambar dari Google Picture
That's for now. See you and happy Tuesday.!!!

Sunday, December 22, 2013

Selamat Hari Ibu, Untuk Ibuku, Juga Untuk Ibu Di Seluruh Dunia

28 comments
Assalamualaikum...

Did you know?
Hari ini hari apa yaa??

Hari Mingguuu... ahahaa, iya betul. Maksud aku, hari ini bertepatan dengan peringatan hari apa? Ada yang tau?

Nah, itu dia... Hari ini, hari Minggu bertepatan dengan peringatan hari Ibu.
*eh, ini perasaan dari tadi sibuk sendiri deh, nanya sendiri dijawab sendiri... ya begitulah saya... saya ini kan orangnya kreatif*

And for your information, penetapan tanggal 22 Desember sebagai perayaan Hari Ibu diputuskan dalam Kongres Perempuan Indonesia III pada tahun 1938. Jadi, hari Ibu yang kita peringati pada hari ini merupakan peringatan Hari Ibu yang ke-85.

Berkaitan dengan Hari Ibu ini, sejujurnya, buat aku... mau itu tanggal 22 Desember ataupun hari-hari lainnya, sama saja. For me, everyday is mother day and i love her everyday...

Pokoknya, mamaku itu my everything buat aku... she is my angel, she is my life, she is my world. She is the best mom in the world... and she is beautifull, of course... 
Gak percaya? hwalahh... kebangetan deh, kan saya buktinyaa. Kan like mother like daughter, gitu lho, hehehe.... Anaknya cantik, ya pasti itu karena ibunya cantikk  ^_^

Meskipuuun, tidak jarang aku dan mamaku suka berbeda pendapat, lho... hehehe.... But... Mom, I love you more than you'll ever know...

Juga untuk bapakku, bagiku... mama dan bapakku adalah dua malaikat terbaik yang diberikan Allah SWT untukku. Terima kasih untuk doa, cinta, kasih sayang dan semangat yang sudah kalian berikan untukku. Terima kasih sudah merawat ku dari sejak lahir hingga saat ini, terimakasih untuk tidak pernah mengeluh dan kecewa dengan keadaanku... I love you both. Semoga kalian selalu mendapat nikmat sehat dari Allah SWT...

Trust me, Guys... because in this world, no one ever loves us as long as our parents ^_^

Buat mamaaa... tetaplah jadi perempuan yang paling cantik yaa ma yaaa, cantik hati dan cantik parasnya... I LOVE YOU!!

Oh iya, aku dan mama aku suka banget lho lagunya Melly Goeslaw yang judulnya Bunda. And this is song, spesial buat ibuku, juga untuk ibu di seluruh dunia dan di seluruh alam semesta.



==========================================================

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) Departemen Pendidikan Nasional, Tahun 2005, ibu berarti perempuan yang telah melahirkan seorang anak. Masih berdasarkan KBBI, ibu merupakan sebutan untuk perempuan yang sudah bersuami. Ibu juga berarti, panggilan takzim kepada perempuan baik yang sudah bersuami maupun yang belum. Ibu juga merupakan bagian pokok ataupun yang utama di antara beberapa yang lain, seperti ibu kota dan lain-lain.

Dari makna tersebut di atas bisa disimpulkan bahwa ibu, selain untuk perempuan yang telah melahirkan anak dan bersuami, ibu juga dimaksudkan sebagai sapaan sebagai bentuk rasa hormat dan menghargai. Kata “ibu” sebagai bagian pokok atau yang utama di antara beberapa yang lain juga menjadi bentuk bahwa kedudukan ibu itu sangat penting pada kehidupan.


Dan hal itu juga sesuai dengan Hadits Bukhari no. 5971 dan Muslim no. 2548 :


"Dari Abu Hurairah radhiyallaahu ‘anhu, beliau berkata, “Seseorang datang kepada Rasulullah shalallahu ‘alaihi wasallam dan bertanya, ‘Wahai Rasulullah, kepada siapakah aku harus berbakti pertama kali?’ Nabi shalallaahu ‘alaihi wasallam menjawab, ‘Ibumu!’ Dan orang tersebut kembali bertanya, ‘Kemudian siapa lagi?’ Nabi shalallaahu ‘alaihi wasallam menjawab, ‘Ibumu!’ Orang tersebut bertanya kembali, ‘Kemudian siapa lagi?’ Beliau menjawab, ‘Ibumu.’ Orang tersebut bertanya kembali, ‘Kemudian siapa lagi,’ Nabi shalallahu ‘alaihi wasallam menjawab, ‘Kemudian ayahmu.’"

Wassalamualaikum... Wr.Wb

Saturday, December 21, 2013

Gambaran Kondisi Bayi Jika Terlahir Di Luar Angkasa

26 comments
Assalamualaikum...

Hai... eh tadi siang seneng banget lho, karena tiba-tiba, tanpa diduga sebelumnya dapat pesan Wechat dari teman waktu SMP. Udah lama banget kita gak ketemu, jadinya kangen... banyak yang kita ceritain waktu itu. Sampai akhirnya kami membahas cita-cita kami yang gak kesampaian. Dia gagal jadi pilot, sementara saya gagal jadi astronot. Hehehe... 

Nah, waktu bahas kegagalan saya jadi astronot itulah, dia bilang :
"tapi untung lho, De.. kamu gak jadi astronot... Seandainya nih kamu jadi astronot terus pas waktu itu kamu udah nikah, lagi hamil, terus dapat tugas ke luar angkasa buat ngambil sampel pasir dari bulan... dan waktu itu kamu udah masuk saat-saat melahirkan... Kebayang gak, gimana kondisi bayi kamu yang terlahir di ruang angkasa tanpa bobot? Kasian tahu bayinya..."

Dari dulu, kalau kami berdua udah ngobrol... topik pembicaraan kami memang suka ngelantur kemana-mana, hehe... Lagian badan antariksa negara mana coba, yang tega mengirimkan astronot perempuannya yang sedang hamil ke luar angkasa untuk ngambil sampel pasir di Bulan... -___-

Tapi dari obrolan dengan teman saya itu pulalah, membuat saya jadi berfikir...
"iya juga ya, gimana jadinya apabila ada seorang ibu hamil dari Bumi terbang ke ruang angkasa dan hampir langsung melahirkan, apakah bayinya akan dilahirkan normal?. Mengingat bayi tersebut berkembang di dalam rahim dengan gaya gravitasi Bumi."

Ada beberapa buku dan ebook koleksi saya yang bertema luar angkasa tetapi tidak ada yang membahas mengenai masalah ini. Karena hasrat penasaran yang begitu menggebu *halahh* untuk mengetahui penjelasan tentang ini, akhirnya searching, dimana lagi... kalau bukan diinternet, hehe... dan akhirnya menemukan artikel Patty Currier yang berjudul A Baby Born In Space. Penjelasannya logis dan cukup memuaskan. Dan ternyata, pertanyaan mengenai hal ini pernah diajukan pula oleh salah satu pendiri BETA-UFO Indonesia, bapak Nur Agustinus melalui situs NASA Quest 

Oh iya, sedikit informasi mengenai Patty Currier, beliau bernama lengkap Patricia Currier. Menurut informai dari situs tersebut, beliau pernah bekerja di Pusat Ruang Angkasa Kennedy dan sebelumnya bekerja di sebuah laboratorium tulang.

Penasaran seperti apa kondisi bayi jika terlahir di luar angkasa berdasarkan penjelasan dari Patty Currier? Selamat membaca...

Hak Cipta Gambar : NASA Quest
Saya Patricia Currier, saya pikir saya bisa membantu Anda dengan pertanyaan Anda tentang bagaimana keadaan bayi jika lahir dan berkembang di ruang angkasa tanpa bobot.
Dalam hal ini, khususnya adalah untuk seorang wanita yang akan segera melahirkan begitu dia sampai di ruang angkasa. Adalah lebih rumit jika janin berkembang di ruang angkasa dan kemudian dilahirkan, jadi saya belum akan menjawab pertanyaan ini dulu.

Apabila seorang ibu hamil terbang ke ruang angkasa (tanpa bobot) dan hampir langsung melahirkan, bayinya akan dilahirkan normal, karena dia berkembang di dalam rahim dengan gaya gravitasi bumi.

Sel-sel tulang diprogram untuk tumbuh, mereka tidak berhenti sampai Anda menjadi remaja atau seusianya.
Tetapi gravitasilah yang menjadi tekanan yang membuat sel-sel dalam tulang mempunyai susunan yang tepat, atau tertumpuk dengan benar dan menarik tulang sehingga tulang terbentuk lurus. Tanpa gaya gravitasi, tulang bayi tidak akan tumbuh dan kurus sebagaimana tulang dewasa. Tulang-tulang itu akan sangat mudah patah, dan tidak akan tumbuh cepat.

Hal ini berlaku untuk bagian lengan dan kaki. Tulang di atas kepala bayi akan tumbuh lebih tebal dan lebih kuat daripada di bumi. Ini dikarenakan jantung tidak perlu bekerja terlalu keras untuk mengalirkan darah dan cairan lainnya dari kaki ke bagian atas tubuh karena tidak ada gaya gravitasi. 

Apa yang terjadi adalah jantung masih menarik cairan di kaki yang sekarang keluar jauh lebih mudah. Hal ini menyebabkan tubuh bagian atas mempunyai lebih banyak cairan dan tekanan yang lebih besar yang menimbulkan stress.Stress selalu adalah yang membuat tulang tumbuh dan berubah.
Jadi, lebih besar tekanan, lebih banyak pertumbuhan di tengkorak.

Tulang-tulang di tangan mungkin akan normal, karena bayi, anak-anak atau orang dewasa akan menggunakan tangannya sama seperti di bumi. Kaki mungkin tidak akan tumbuh banyak karena tidak mendapatkan tekanan dari berat seluruh tubuh Anda, tidak ada tekanan, sehingga tidak banyak pertumbuhan. 

Yang menarik adalah tulang rusuk. Tulang rusuk melindungi paru-paru Anda dan memberikan dukungan pada badan Anda supaya tidak roboh. Tulang-tulang rusuk mungkin akan baik-baik saja, tetapi berkembang lebih tipis daripada di bumi, jadi mungkin tidak sama kuat.
Tulang belakang benar-benar akan terpengaruh. Gravitasi tidak akan mendorong atau menarik Anda, jadi tulang belakang tidak akan merasakan tekanan, jadi tulang tersebut tidak akan tumbuh. Tetapi akan menerima tekanan dari jaringan syaraf tulang belakang sementara jaringan syaraf  tersebut bertumbuh dan mendorong keluar. Jadi Anda mungkin akan mendapatkan tulang belakang yang lebih kurus, sangat mudah remuk. 

Otot-otot bekerja dengan cara yang sama. Mereka membutuhkan tekanan untuk tumbuh dan berkembang. Gaya gravitasi adalah kekuatan tekanan yang mendorong dalam satu arah, menyebabkan otot berkembang dalam bentuk yang benar. Jadi apabila sebuah otot tidak banyak digunakan (katakanlah, otot-otot yang menggerakkan kaki-kaki Anda), mereka tidak akan tumbuh kuat. 
Beberapa otot lain juga hampir sama. Seperti otot-otot lengan Anda. Mereka tidak banyak dipengaruhi gaya gravitasi, mereka lebih dipengaruhi oleh bagaimana otot-otot lain dalam tangan Anda berkontraksi dan lepas. Jadi mereka mendapatkan tekanan tidak bergantung pada gaya gravitasi. 

Otot-otot lain, seperti jantung Anda, akan berbeda. Jantung Anda tidak akan perlu bekerja sama keras karena tidak ada gaya gravitasi untuk menyulitkan sirkulasi darah. Tetapi hal ini memerlukan waktu. 
Pada bayi yang baru lahir, mungkin jantungnya tidak akan berkembang sekuat bayi di bumi. Otot dan tulang bekerja bersama-sama. Otot-otot menempel pada tulang, dan mereka terhubung dengan erat.

Apabila Anda menggerakkan sebuah otot, otot itu menarik tulang dan menimbulkan suatu tekanan tarikan. Ini membantu tulang untuk tumbuh lebih kuat di daerah itu. Inilah mengapa anakanak disuruh bermai-main di luar ruangan pada waktu mereka kecil - tulang-tulang mereka tumbuh sangat cepat dan apabila anak tersebut banyak berolah raga, otot-otot menjadi kuat, membuat tulang sangat kuat. 

Jadi, seorang bayi yang dilahirkan di ruang angkasa, akan mempunyai
tulang-tulang yang agak aneh dan lemah di sebagian besar bagian tubuh mereka. Hal ini seharusnya tidak terlalu mempengaruhi mereka apabila mereka menghabiskan seluruh hidup mereka di ruang angkasa, tetapi mereka akan mendapatkan masalah besar apabila mereka kembali ke bumi. Tulang-tulang paha dan kaki mereka akan terlalu lemah untuk menahan mereka, tulang belakang mungkin akan remuk karena beratnya sendiri. Otot jantung tidak akan cukup kuat untuk memompa darah ke seluruh tubuh karena gaya gravitasi menarik darah turun, dan otot-otot kaki akan terlalu lemah bagi Anda untuk berdiri. 

Pada dasarnya, tulang-tulang dan otot-otot Anda akan jauh terlalu berat untuk didukung, dan Anda akan jatuh dalam tumpukan besar dan mati. Kecuali sang ibu sangat bersikeras dan dibuat peralatan khusus sehingga bayi tersebut dapat menggerakkan otot-otot dan tulang-tulang untuk membuat mereka mirip dengan yang di bumi. Tetapi Anda masih mempunyai jantung dan hal-hal lainnya. 

Di sisi lain, jika Anda adalah seorang bayi yang dilahirkan di ruang angkasa dan seseorang menjatuhkan Anda dengan kepala di bawah pada waktu Anda kembali ke bumi, tengkorak Anda akan bagus dan tebal.
Berdasarkan penjelasan Patty Currier diatas, tentang gambaran bentuk fisik bayi jika dilahirkkan di luar angkasa... saya jadi teringat dengan bentuk fisik Alien Grey. Gambarannya mirip kan...? Hmm... oke deh, di postingan selanjutnya, kita akan coba menganalisis bentuk fisik alien, khususnya alien grey... Untuk sekarang, sekian dulu yaa...

Wassalamualaikum... Wr, Wb.

Sunday, December 15, 2013

25 Istilah Psikologi yang Harus Kamu Ketahui

79 comments
Assalamualaikum... 

Seperti yang kita ketahui, ilmu Psikologi memiliki tiga fungsi. Salah satunya adalah Menjelaskan. Maksudnya adalah, ilmu psikologi mampu menjelaskan apa, bagaimana, dan mengapa suatu tingkah laku bisa terjadi. Hasilnya penjelasan berupa deskripsi atau bahasan yang bersifat deskriptif.

Nah, berdasarkan fungsi ilmu psikologi tersebut muncul istilah-istilah dari ilmu psikologi yang menjelaskan tentang apa, bagaimana dan mengapa suatu tingkah laku bisa terjadi. Berikut beberapa istilah diantaranya :

Amimism adalah istilah untuk menyebut kesalahan logika yang terjadi pada anak-anak, menganggap benda mati memiliki perasaan dan motif.

Arctophile adalah istilah untuk seseorang yang memiliki kesukaan/mengkoleksi pada boneka beruang (Teddy Bears).

Avoidant adalah istilah untuk menyebut perasaan tidak percaya diri dan sangat sensitif terhadap hal-hal yang negatif, takut dinilai, dikritik dan dipermalukan.


Cellanoma adalah dorongan untuk mengambil ponsel kamu setiap kali orang lain melakukan hal itu.

Cotard's Syndrome adalah keadaan gangguan jiwa dimana si penderita mempercayai bahwa dia sudah mati

Cyber-Love adalah Pola kedekatan yang terjalin dari hubungan yang tercipta dalam sosial media atau interaksi cyber lainnya.
Dysania adalah keadaan di mana seseorang sulit meninggalkan tempat tidurnya saat pagi hari.

Eccedentesiast adalah istilah untuk seseorang yang menyembunyikan rasa sakit mereka di balik senyumnya


Hipotimia adalah keadaan seseorang yang selalu murung dan sedih, selalu mengeluh dan tak punya semangat.

Librocubicularist adalah sebutan untuk seseorang yang suka membaca di tempat tidur.
Lychnobite adalah sebutan untuk orang yang bekerja di malam hari dan tidur di siang hari.


Mondegreen adalah istilah yang digunakan untuk menggambarkan ketika kamu salah dengar lirik lagu.


Munchausen adalah gangguan yg menggambarkan seseorang yang berpura-pura menjadi sedih/sakit utk mendapatkan perhatian dari orang lain


Mythomania adalah penyakit bohong yang dilakukan secara terus-menerus tapi penderitanya tidak mempunyai rasa bersalah apapun.


Nyctophilia adalah sebutan untuk seseorang yang menyukai kegelapan atau saat malam hari.

Proprioception (kesadaran tubuh) adalah kemampuan otak untuk mengetahui letak bagian tubuh kita tanpa perlu melihatnya.


Retrouvailles adalah istilah untuk menyebut perasaan bahagia seseorang ketika akhirnya bertemu kembali dengan seseorang setelah sekian lama.


Rhotascim adalah istilah medis untuk orang yang kesulitan mengucapkan huruf 'R' (cadel)

Sindrom Narcolepsy merupakan serangan tidur mendadak tanpa tanda-tanda mengantuk.

Sleep Related Eating Disorder adalah istilah untuk orang yang kerap terjaga tengah malam untuk makan makanan kecil/ringan (snack) lalu tidur kembali.
Sleepwalking atau disebut somnambulisme adalah yang kita kenal dengan tidur sambil berjalan. Penyebabnya bisa gen, lingkungan atau medis.

Somniloquy adalah istilah untuk orang yang memiliki kebiasaan berbicara saat tertidur.

Spotlight Effect adalah ketika kamu merasa seseorang sedang memerhatikan kamu.

Patah hati ternyata bisa menjadi penyebab orang meninggal lho... Nama penyakitnya atau istilah untuk keadaan tersebut adalah Stress Cardiomyopathy.

Textiety adalah rasa resah dan tidak tenang ketika kamu tidak menerima atau mengirim pesan singkat atau SMS


Itulah 25 istilah dalam ilmu psikologi yang harus kamu ketahui... yang mungkin, baru kamu ketahui saat membaca tulisan ini, hehhehe... Semoga bisa menambah pengetahuan kamu yaa... Ingin menambahkan istilah-istilah Psikologi lainnya? Silahkan tulis di kotak komentar.


Wassalamualaikum... Wr.Wb 

Wednesday, December 11, 2013

Hujan Meteor Geminid Desember 2013

26 comments
Assalamualaikum... 

Hai Skywatcher.... pernah mendengar pernyataan bahwa hujan meteor geminid adalah rajanya hujan meteor? Ya, itu karena hujan meteor ini dianggap paling baik di langit, memproduksi hingga 120 meteor per jam pada puncaknya. Woww... amazing kan... ^_^
Jadi, penampakan hujan meteor yang satu ini, selain memiliki kelebihan dalam kecemerlangan juga dijamin akan memberikan pertunjukan yang sangat menghibur.

Nah, pada tahun 2013 ini hujan meteor geminid bisa disaksikan dan diamati pada akhir pekan ini. Kapan tepatnya? Menurut prediksi para astronom, tepatnya pada tanggal 14 Desember 2013 puncak hujan meteor tersebut akan terjadi.

Menurut informasi dari situs Universe Today, hujan meteor ini akan tampil maksimal dan menarik untuk disaksikan di langit malam. Puncak hujan meteor Geminid bisa mulai disaksikan pada hari Jumat 13 Desember 2013 pukul 13:00 Universal Time (UT) atau hingga pukul 10:00 UT pagi pada Sabtu 14 Desember 2013.

Lesatan 'bintang jatuh' ini akan mencapai titik maksimalnya selama beberapa jam, sekira pukul 02:00 UT pada Sabtu pagi. Sayangnya, hanya wilayah tertentu yang paling optimal untuk menyaksikan fenomena tersebut. 

Meteor-meteor pada hujan meteor geminid dihasilkan oleh objek seperti batu yang diidentifikasi oleh satelit NASA, IRAS, sebagai 3200 Phaeton pada tahun 1983. Tiap bulan Desember, planet Bumi melewati repihan benda antariksa yang mengelilingi 3200 Phaeton.

Meteor akan memancar dari konstelasi Gemini,
tetapi dapat muncul di mana saja di langit
(stellarium)
Astronom mengatakan bahwa wilayah Atlantik akan menjadi tempat ideal untuk melihat fenomena hujan meteor. Oh iya, hujan meteor Geminid pertama kali teridentifikasi oleh R.P. Greg di Manchester Inggris pada 1862. 

Lesatan hujan meteor ini diklasifikasi berkecepatan sedang. Astronom mengungkap, rata-rata bintang jatuh ini bergerak 35 kilometer per detik, meninggalkan jejak panjang dan bersinar. 

Namun sayangnya, bulan akan ada beberapa hari sebelum fase sempurna dan akan menerangi langit malam, membuat meteor lain yang lebih redup tidak kelihatan.

Tapi jangan sedih yaa, karena sekitar pukul 4:30 (waktu lokal), bulan akhirnya akan tenggelam, membuat langit gelap gulita sekitar satu jam. Itu akan menjadi kesempatan kamu untuk melihat penampakan dua meteor per menit, atau 120 per jam.

Happy watching the sky, people...

Wassalamualaikum... Wr.Wb



Referensi :

Ebook : UFOs and ALIENS by Sarah Fleming

22 comments
Assalamualaikum...

Hai, untuk kamu, khususnya kamu yang tertarik dengan fenomena dan pembahasan mengenai UFO dan Alien, ada ebook menarik. Menarik karena setiap pembahasannya disertai dengan gambar-gambar ilustrasi yang berwarna cerah. Gak cuma itu, kata-kata pembahasannya pun mudah dipahami lho... 

Dari ebook berjudul UFOs and ALIENS karya Sarah Fleming ini kita bisa memahami pengertian UFO yang sebenarnya, seperti apa UFO itu, dan hal-hal apa saja yang penampakannya menyerupai UFO (ini penting untuk kamu ketahui, biar gak terkecoh mengira sesuatu yang kamu kira UFO padahal bukan UFO). Dibahas juga tentang sejarah UFO, Insiden Roswell, Area 51 dan penculikan oleh Alien. Dan beberapa pembahasan lainnya terkait UFO dan Alien. Apa saja pembahasan-pembahasan itu? Langsung aja downlod ebook nya ya...

Download Ebook
UFOs and ALIENS by Sarah Fleming
Waktu itu aku dapatin ebook ini pas lagi, biasalah... searching-searching tentang UFO dan Alien, eh nemu ebook ini. Aku pikir ni ebook keren juga... pembahasannya simpel dan mudah dipahami. Terus karena saya baik hati, hihihi... aku share lagi nih sekarang, mudah-mudahan bermanfaat, menambah wawasan dan pengetahuan tentang pembahasan mengenai UFO dan Alien. Ehh... melanggar hak cipta gak ya, reshare tanpa izin dulu... tapii, kan niat aku baik... berbagi. Hehehe....  Sebenarnya udah banyak juga sih yang reshare ebook ini, hihihii.... Oke deh, selamat mendownload, selamat membaca yah....

Wassalamualaikum... Wr.Wb.

Sunday, December 8, 2013

TOP KOMENTATOR AWARD Dari Blog Catatan Haikal

16 comments
Assalamualaikum....

Happy Sunday Everybody....!!!

Satu minggu yang lalu, hari Minggu, 1 Desember 2013 aku dapat award dari Bli Kstiawan, Nakusan Bali Technology Award. Dan hari ini, hari Minggu, 8 Desember 2013, aku dapat award lagiii.... Kali ini award nya pemberian dari sahabat saya +Haikal Sulaiman

Gak sabar pengen pamerin award saya yang ke-15 ini, inilah TOP KOMENTATOR AWARD dari Blog Catatan Haikal :


Keren yaa awardnya, beliau bagi-bagi award keren ini sebagai ucapan terima kasih dan penghargaan kepada semua pengunjung yang sering baca-baca di blognya, blog Catatan Haikal.

Buat sahabat-sahabat blogger yang juga ingin mendapatkan Top Komentator Award ini, langsung aja mampir ke blog Catatan Haikal ya dan syaratnya mudah banget, bagi pengunjung yang sudah mengomentari lebih dari 2 artikel di blog Catatan Haikal tersebut berhak mendapat award ini.

Aku? aku tentu aja udah sering baca-baca dan meninggalkan komentar disana, jadinya udah sah bawa pulang award ini, hehee...

Buat bang Haikal... terima kasih ya awardnya ^_^

Wassalamualaikum... Wr.Wb.

Sunday, December 1, 2013

Nakusan Bali Technology Award

54 comments
Assalamualaikum...

Selamat datang bulan Desember... Semoga membawa keceriaan untuk kita semua, Amin...

Sudah 12 jam lebih kita memasuki bulan terakhir di tahun 2013 ini, yang saya rasakan sangat menyenangkan. Apalagi hari ini bertepatan dengan hari Minggu. Diawali dengan sarapan bersama keluarga tadi pagi, ibuku masak banyak hari ini, dan dia juga masak makanan favorit saya... salad khas Indonesia. Pecel. Iya betul, pecel sodara-sodara... Pecel kangkung, hehehe.... terus sekarang berkumpul bersama di rumah. Ini moment yang sangat saya suka. I always love the athmosphere of Sunday..... ^_^

Dan gak cuma itu yang membuat saya merasa senang hari ini. Tadi waktu cek komentar-komentar yang masuk di blog, ada komentar dari salah satu sahabat blogger saya, bang Kstiawan. Ehh, karena sahabat saya ini berasal dari Bali, biar lebih akrab boleh kali ya aku panggil Bli Kstiawan. Saya nggak tahu persis "Bli" itu digunakan untuk menyapa laki-laki yang lebih tua, lebih muda ataukah sebaya. Cuma kata teman saya yang pernah berlibur di Bali, "Bli" itu sapaan orang Bali untuk setiap pria yang ditemui. Benar begitu ya, Bli kstiwan...? benar atau salah nya tolong dikoreksi aja ya, hehehe....

Eh jadi bahas sapa-sapaan ya, tadi sampai dimana ya?. Oh iya waktu cek komentar, ada komentar dari Bli Kstiawan, katanya : "...Mbak Dee dapet pesan gambar di blog saya. silahkan diliat pesannya ya mbak..hehe"

hwaaa... penasaran, setelah membalas komentarnya, langsung deh menuju ke blognya Bli Kstiawan. Nama blognya Nakusan Bali Technology. Ternyata, hari ini... blog Nakusan bali Techlonology genap berusia satu tahun. Dan dalam rangka itulah Bli Kstiwan selaku admin, dengan baik hati berbagi kebahagiaan dengan sahabat-sahabat bloggernya. Seneeeng banget, saya dianggap sebagai salah satu sahabat bloggernya. Dan nama blog saya tercantum di daftar nama blog penerima award Nakusan Bali Technology.

Dan inilah award keren yang saya terima di awal bulan Desember ini, 
Nakusan Bali Technology Award :

Selamat ulang tahun untuk blog Nakusan Bali Technology, semoga selalu dapat menyampaikan informasi-informasi bermanfaat terupdate. Aku pikir blog itu sudah berumur beberapa tahun, karena setiap baca-baca disana blognya selalu rame, kayaknya terkenal banget, hehe... Dan untuk adminnya, Bli Kstiawan... semoga selalu mendapat nikmat sehat supaya bisa terus menulis, berbagi informasi, berita dan inspirasi... Terima kasih banyak untuk awardnya, awardnya bagus, nuansa Bali nya sangat terasa, suka banget deh. Dan ini... award saya yang ke-14, lho hehe.... ^_^ *nggak penting ya*

Oh iya, selamat juga kepada sahabat-sahabat blogger lainnya yang juga mendapat Nakusan Bali Technology Award ini, 



Salam blogger, salam persahabatan....

Wassalamualaikum... Wr.Wb.