Wednesday, October 30, 2013

MEMAHAMI LANGIT MELALUI PERSPEKTIF ISLAM

42 comments
Assalamualaikum....

Mungkin... saya adalah termasuk orang yang tergila-gila dengan langit. Baik itu langit saat siang ataupun langit saat malam. Bahkan saat langit mendung berawan tebal dan hitam pun, sering saya perhatikan dari balik jendela kamar saya, hehehh... Entah gimana awalnya, yang saya tahu saat ini, dengan memandangi langit, bulan, bintang dan awan selama berjam-jaman, bisa memberikan kepuasan tersendiri bagi saya. ^_^

Langit...? Sebenarnya, langit itu apa sih?
Langit adalah bagian atas dari permukaan bumi, dan digolongkan sebagai lapisan tersendiri yang disebut atmosfer. Langit terdiri dari banyak gas dan udara, dengan komposisi berbeda di tiap lapisannya. Langit sering terlihat berwarna biru, disebabkan karena pemantulan cahaya, tetapi tidak tertutup kemungkinan bahwa langit bisa berwarna selain itu, misalnya merah ketika senja, atau hitam saat turun hujan.

Benar gak sih langit berasal dari asap?
Tahu Steven Weinberg? beliau adalah penulis buku yang berjudul The First Three Minutes, beliau menyebutkan kalau adanya langit dan tata surya lainnya merupakan gejala alam saja. Benarkah begitu? Yukk... kita bahas lebih lanjut...

Langit, bumi serta isinya itu adalah bentuk kekuasaan Allah SWT yang nyata. Memang, tidak ada seorang pun yang menyamai-Nya, Allah telah menciptakan langit, bumi serta isinya ini hanya dalam waktu enam hari. Langit terlebih dahulu yang diciptakan daripada Bumi, seperti yang dijelaskan dalam Al-Qur'an surat Al-A'raaf ayat 54 :


Adapun makna yang terkandung dari Q.S. Al-A'raaf (54) tersebut yaitu menjelaskan bahwa Allah SWT hanya membutuhkan waktu dua hari saja dalam pembuatan langit dan empat hari untuk pembuatan bumi dan seluruh benda-benda di dalamnya sehingga layak untuk dihuni oleh manusia.

Langit awalnya berupa gas dari uap air, bila kita lihat tampak seperti asap. Menurut tafsir Al-Qur'an karya Ahmad Sonhadji M. yang pernah saya baca, sebelum Allah menciptakan langit dan bumi, Allah menciptakan singgasana-Nya yang berada diatas air. Dan air itu digoncangkan-Nya sehingga tercipta buih dan asap. Buih itu Allah jadikan menjadi Yabusah (tanah kering), sedangkan asapnya dijadikan langit.

Lalu... apa saja sih isi dari ketujuh langit itu?
Langit yang Allah ciptakan selama dua hari itu, dipisah-pisah menjadi tujuh lapis. Menurut Ahmad Sonhadji M., para ahli tafsir mengatakan kalau lapisan tujuh langit itu terdiri dari, gelombang yang berlapis-lapis untuk langit pertama, jenis batu marmer yang putih untuk langit kedua, jenis-jenis besi untuk langit ketiga, jenis tembaga yang kuning untuk langit keempat, jenis perak untuk langit kelima, jenis emas untuk langit keenam dan dari batu permata yakut berwarna merah untuk lapisan langit ketujuh.

Q.S. Al-Baqarah (29) :


Q.S. Fushshilat (11) dan (12) :



Kata "langit", yang kerap kali muncul di banyak ayat dalam Al Qur’an, digunakan untuk mengacu pada "langit" bumi dan juga keseluruhan alam semesta. Dengan makna kata seperti ini, terlihat bahwa langit bumi atau atmosfer terdiri dari tujuh lapisan.

Saat ini benar-benar diketahui bahwa atmosfir bumi terdiri atas lapisan-lapisan yang berbeda yang saling bertumpukan. Lebih dari itu, persis sebagaimana dinyatakan dalam Al Qur’an, atmosfer terdiri atas tujuh lapisan. 

Dan saat ini, seiring dengan berkembangnya pemikiran manusia dan ilmu pengetahuan, para ilmuwan menemukan bahwa atmosfer (lapisan gas yang menutupi sebuah planet) terdiri diri beberapa lapisan.

Lapisan-lapisan tersebut berbeda dalam ciri-ciri fisik, seperti tekanan dan jenis gasnya. Lapisan atmosfer yang terdekat dengan bumi disebut TROPOSFER. Ia membentuk sekitar 90% dari keseluruhan massa atmosfer. Lapisan di atas troposfer disebut STRATOSFER. Lapisan OZON adalah bagian dari stratosfer di mana terjadi penyerapan sinar ultraviolet. Lapisan di atas stratosfer disebut MESOSFER. TERMOSFER berada di atas mesosfer. Gas-gas terionisasi membentuk suatu lapisan dalam termosfer yang disebut IONOSFER. Bagian terluar atmosfer bumi membentang dari sekitar 480 km hingga 960 km. Bagian ini dinamakan EKSOSFER.

Jika kita hitung jumlah lapisan yang dinyatakan dalam sumber ilmiah tersebut, kita ketahui bahwa atmosfer tepat terdiri atas tujuh lapis, seperti dinyatakan dalam ayat tersebut.
1. Troposfer
2. Stratosfer
3. Ozonosfer
4. Mesosfer
5. Termosfer
6. Ionosfer
7. Eksosfer

Keajaiban penting lain dalam hal ini disebutkan dalam surat Fushshilat ayat ke-12, :
"… Dia mewahyukan pada tiap-tiap langit urusannya."
Dengan kata lain, Allah dalam ayat ini menyatakan bahwa Dia memberikan kepada setiap langit tugas atau fungsinya masing-masing. Sebagaimana dapat dipahami, tiap-tiap lapisan atmosfir ini memiliki fungsi penting yang bermanfaat bagi kehidupan umat manusia dan seluruh makhluk hidup lain di Bumi. Setiap lapisan memiliki fungsi khusus, dari pembentukan hujan hingga perlindungan terhadap radiasi sinar-sinar berbahaya; dari pemantulan gelombang radio hingga perlindungan terhadap dampak meteor yang berbahaya.

Terus, mengapa langit berwarna biru?
Birunya langit seperti yang kita lihat itu... disebabkan karena bumi diselubungi lapisan udara yang disebut Atmosfer, seperti yang dijelaskan diatas. Dan cahaya yang dipantulkan dari matahari dihamburkan oleh partikel-partikel kecil dalam atmosfer, sehingga mengakibatkan langit tampak berwarna biru.

Birunya Langit...
Sumedang, 27 Oktober 2013
Jam 08:15 WIB
Pancaran cahaya matahari terdiri dari bermacam-macam warna mulai dari merah, kuning, hijau, biru hingga ungu. 

Masing-masing warna memiliki frekuensi yang berbeda, dan semakin besar frekuensi cahaya semakin kuat pula cahaya yang dihamburkan. 

Sedangkan warna biru terang di langit, merupakan akibat dari hamburan cahaya dari ketiga warna yaitu hijau, biru dan ungu yang frekuensinya tinggi.

Jika kemudian masih ada pertanyaan tentang mengapa bila malam hari tiba, langit menjadi berwarna hitam alias gelap?
Seperti yang tertulis diatas, langit berwarna biru itu berasal dari pancaran cahaya matahari, dan bila sore hari saat matahari condong ke arah barat dan berwarna merah otomatis langitpun mulai berwarna jingga dan lama-lama seiring dengan tenggelamnya matahari, langitpun menjadi gelap. Maka yang bisa kita lihat dalam keadaan seperti itu hanyalah titik-titik cahaya bintang yang tampak berkelap-kelip.

Nah, pembahasan diatas... lagi-lagi membuktikan bahwa, ilmu pengetahuan sejalan dengan Islam dan Islam memberikan inspirasi terhadap ilmu pengetahuan yang belum tergali oleh manusia. Wallahua'alambissaawab.

Jika ada tambahan atau koreksi, silahkan tulis di kotak komentar. Terima kasih.

Wassalamualaikum... Wr. Wb.



Referensi :
> Ahmad Sonhadji M. - Tafsir Al-Quran Di Radio (ISBN: 978-967-9752-717)
> Carolyn Sheets, Robert Gardner, Samuel F. Howe ; General Science, Allyn and Bacon Inc. Newton, Massachusetts, 1985, s. 319-322

Silahkan Baca Juga Artikel Lain Terkait Postingan Ini :

Sunday, October 27, 2013

Selamat Hari Blogger Nasional, 27 Oktober 2013

48 comments
Assalamualaikum...

Tepat empat tahun yang lalu, Bapak Mohammad Nuh yang saat itu menjabat sebagai Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) mendeklarasikan tanggal 27 Oktober sebagai Hari Blogger Nasional. Hal itu dicetuskannya saat memberikan sambutan dalam Pesta Blogger 2007 (PB2007), sebuah acara gathering blogger nasional yang diadakan di Blitz Megaplex, Jakarta, pada hari Sabtu, 27 Oktober 2007. Menurut pak Nuh, blogger memiliki peran dalam hal edukasi dan memberdayakan masyarakat.

Nah, pada kesempatan ini, izinkan saya *duh.. kok serasa resmi banget gini ya kata-katanya, hehehhe* untuk mengucapkan :

Selamat Hari Blogger Nasional
untuk sahabat-sahabat blogger di seluruh Indonesia

Eh tapi, kalau ada *bukan ada lagi kalii, tapi buanyakk* blogger yang belum kenal saya, salam kenal yaa...hehehe... Mari terus semangat menulis dan berbagi informasi.

By the way, hampir setiap harinya saya bertemu dengan sahabat blogger baru di dunia maya ini, senang sekali... karena sahabat saya terus bertambah ^_^. Selain itu, sehari-harinya saya tergabung di sebuah komunitas blogger yang bernama "69 Community". Dari komunitas inilah saya menemukan sahabat, abang, (for your information, anggotanya semuanya cowok, kecuali saya cewek. Iyaph... cuma saya seorang anggota ceweknya, hihi) keluarga yang selalu berbaik hati mau sharing pengalaman dengan saya yang nggak banyak tahu tentang pengetahuan dalam menjalankan aktifitas blogging.

Dan inilah sahabat-sahabat sekaligus abang-abang saya yang keren dari 69 Community + saya jugaaa, hehehh...

Maaf udah nyomot-nyomot foto ini
dari foto profil facebook kalian gak izin dulu ^_^
Terakhir, di hari Hari Blogger Nasional ini... aku mau tanya dong... 
> Sudah berapa lama menjadi blogger?
> Dan, apa sih yang membuat kamu merasa paling berkesan selama menjadi seorang blogger?
Kalau berkenan, silahkan tulis jawabannya di kotak komentar yaa... Terima kasih.

Wassalamualaikum... Wr, Wb.

Saturday, October 26, 2013

Selesaaai baca, "Goodbye Happiness"

4 comments
Assalamualaikum...

Baru selesai baca novelnya Arini Putri yang berjudul Goodbye Happiness. Eh lebih tepatnya sih selesai bacanya waktu hari Minggu yang lalu, tanggal 20 Oktober 2013. Tapi baru sempat posting ini disini sekarang... yaa abis gimana yaa, saya sibuk, hahaa.... -___-

Pertama-tama... ini bukan review apalagi spoiler, please be noted ya, hehehe... aku tertarik beli novel ini karena tampilan sampul dan tulisan yang ada dibelakang novel ini, bagus dan bikin penasaran. Pokoknya, suka banget sama covernya...

Ini lho tampilan jilid depan dan jilid belakangnya, keren ya...


Berhubung saat menulis ini, novel ku lagi dipinjam sama adik sepupuku dan gak sempat foto, jadi aku share gambar jilidnya yang ada di google picture aja, hehehh....

Dan ini tulisan dari jilid belakang novel Goodbye Happiness, yang udah sukses bikin aku penasaran dan akhirnya mengambil keputusan "Beli ah..," saat berdiri di depan rak toko buku... :

"Kau dan aku tidak ditakdirkan untuk berada dalam satu kisah yang indah. Percaya atau tidak, begitulah kenyataannya. Jangan menyangkalnya karena akan sia-sia. Sama seperti berjalan di atas pecahan kaca, setiap langkah kita sesungguhnya hanya akan menuai luka.

Kau dan aku seperti tengah mencoba untuk membirukan senja yang selalu merah. Kita sama-sama berusaha, tetapi tidak bisa mengubah apa-apa. Senja tetap berwarna merah dan hatiku masih saja berkata tidak. Maka, berhenti dan renungkanlah ini semua sejenak. Tidak ada gunannya memaksa, ini hanya akan membuatmu tersiksa dan aku menderita.

Lantas, kenapa kita tidak menyerah saja? Bukankah sejak awal semuanya sudah jelas? Akhir bahagia itu bukan milik kita."

Hmmm.... Terasa sangat menyentuh, dan dalemm banget. Tapi... jujur, isinya nggak terlalu suka. Kecewa...? yaaahhh... begitulah, hehhehe...  Kalau harus kasih rating dan disediakan 5 bintang, hmmm... aku kasih 2,5 bintang  aja, hehe... Tapi beneran deh... suka banget sama cover dan tulisan di jilid belakangnya. :D

Novel terbitan Gagas Media, setebal 312 halaman ini, aku "lahap" dua hari aja lho... tapi, satu pertanyaan yang bikin aku penasaran dan rasa-rasanya sampai halaman terakhirpun aku gak dapat jawabannya... yaitu, tokoh Skandar di novel ini sebenarnya sakit apa sih ya...?

Recommend banget buat kalian yang suka sama yang berbau Korea-Korea-an. ^_^

Bye, Selamat bermalam Mingguuu....

Wassalamualaikum... Wr, Wb.

Selamat Ulang Tahun ke-16 Untuk BETA-UFO Indonesia

9 comments
Assalamualaikum...

Happy Saturday.!!!

Untuk kalian yang berdomisili di Indonesia dan tertarik dengan fenomena UFO dan Alien, pasti sudah tidak asing lagi dengan salah satu komunitas pengamat UFO yang satu ini. Iya betul, BETA-UFO Indonesia. Eh tapi jangan salah, sekarang BETA-UFO juga sudah mulai dikenal di luar negeri juga lho...

Tapi, kalau ada yang bingung, apa itu BETA-UFO Indonesia... Oke, akan saya jelasin sedikit yaa...

BETA-UFO Indonesia adalah kelompok pengamat fenomena UFO di Indonesia. Berdiri sejak 26 Oktober 1997, aktif mendata dan mempelajari fenomena UFO melalui investigasi lapangan, wawancara saksi, dan studi literatur. Membahas fenomena UFO melalui diskusi online, twitter, temu muka, menjadi narasumber media, serta partisipasi dalam pameran. BETA-UFO mempublikasikan hasil penelitiannya melalui media website, dan laporan tahunan.

Nah, jadi.... tepat pada hari ini, tanggal 26 Oktober 2013, komunitas BETA-UFO ini sedang berulang tahun yang ke-16. Wihh... keren yaa, berarti komunitas ini sudah berdiri lebih dari satu dasawarsa. *two thumb up*

Semoga kedepannya, anggota yang selalu bertambah ini bisa selalu solid dalam membahas dan mendiskusikan fenomena UFO dengan pemikiran yang kritis dan obyektif, sesuai dengan motto yang diusung yaitu "We are critical. We think, we analyze, we test and research". Selain itu, semoga tetap konsisten dalam memberikan edukasi ufologi kepada masyarakat luas.

Dan, sebagai salah satu anggota dari komunitas BETA-UFO Indonesia, sekali lagi saya ucapkan :
Selamat Ulang Tahun yang ke-16 
untuk BETA-UFO INDONESIA.

Tertarik juga dengan fenomena UFO dan Alien...? tapi belum bergabung dengan BETA-UFO?
Ayoo... gabung dan kunjungi kami di : 
Milis (Yahoo Grup) : BETA-UFO Indonesia Mailing List
Facebook Grup : BETA-UFO
Facebook Fans Page : BETA-UFO
Twitter : @betaufo
Youtube : BETA-UFO

See you there.... :D

Wassalamualaikum... Wr. Wb.

KISAH PIER ZANFRETTA : KASUS PENCULIKAN PALING MENARIK OLEH ALIEN DI ITALY

13 comments
Alien abduction atau penculikan oleh alien memanglah salah satu misteri mengenai kehidupan mahkluk planet lain,salah satu kasus penculikan alien yang paling heboh adalah yang dialami oleh salah 1 petugas patroli malam dari italia, tercatat hingga 6 kali kejadian yang dialaminya berhubungan dengan penculikan alien

Zanfretta alien abduction adalah peristiwa penculikan beruntun yang ditengarai dilakukan oleh alien yang dialami oleh Pier Zanfretta, seorang petugas patroli malam berumur 26 tahun dan mempunyai 2 anak. Penculikan yang dialami oleh Pier adalah kasus teraneh, karena terjadi tak hanya sekali, namun beberapa kali yang dilakukan oleh sosok alien yang sama.

Semuanya berawal pada malam hari tanggal 6 desember 1978, dimalam yang dingin dan bersalju zanfretta sedang patroli seperti biasa. Saat sampai di depan rumah Dr. Ettore Righi, secara misterius lampu, mesin dan radio di mobil patroli zanfretta mati, saat itulah zanfretta melihat 4 cahaya yang bergerak gerak ditaman rumah Dr. Righi. Zanfretta yang mengira cahaya itu berasal dari pencuri segera keluar dari mobilnya dengan membawa pistol dan senter.

Zanfretta yang kemudian masuk ke halaman rumah dengan melompati pagar takkan pernah mengira apa yang akan dilihatnya kemudian.
Setelah berjalan beberapa langkah zanfretta merasa ada yang menyentuh pundaknya, zanfretta yang kemudian berbalik melihat sesuatu yang membuatnya kaget. Dilihatnya sesosok mahkluk yang dideskripsikannya berwarna hijau, mempunyai wajah jelek dan menyeramkan, kulit yang tidak rata dan tingginya 3 meter. Dari deskripsi ini banyak orang yang meyakini bahwa itu adalahalien reptilians.

Zanfretta juga melihat bahwa alien ini menggunakan semacam alat diwajahnya untuk bernapas. Zanfretta kemudian berlari kemobilnya, tetapi kemudian dia melihat sebuah UFO dengan cahaya berbentuk segitiga yang menyilaukan dan hembusan hawa panas yang diarahkan padanya.

Pada pukul 12:15, Carlo Toccalino, petugas radio di pangkalan patroli yang berhasil dihubungi oleh zanfretta, mendengar zanfretta saat itu berbicara seperti orang bingung dan ketakutan menjelaskan bahwa ada mahkluk asing yang telah dilihatnya. Saat komunikasi terputus, Toccalino menghubungi Letnan Giovanni Cassiba yang saat itu langsung mengirim 2 orang untuk menuju tempat kejadian. Karena jalan yang bersalju dan jarak yang cukup jauh, 2 kru patroli bantuan tiba di TKP dalam waktu 1 jam, sekitar pukul 1:15 pagi. Mereka menemukan zanfretta terbaring diatas tanah di depan rumah Dr. Righi. Saat itu Zanfretta langsung terbangun dengan wajah ketakutan dan menodongkan senjata ke arah 2 rekannya itu, tetapi beruntung petugas itu dapat menenangkan zanfretta, anehnya saat itu pakaian zanfretta terasa hangat, padahal dia tadi terbaring diatas tanah yang bersalju.

The Carabinieri, Polisi Militer Itali yang tertarik akan insiden ini segera menyisir tempat kejadian dan menemukan bekas berbentuk tapal kuda dengan diameter 2,7 meter, yang dipercaya sebagai bekas pendaratan UFO. Komandan Torrigilla Station, Antonio Nucchi yang juga telah mengenal Zanfretta beberapa tahun berpendapat bahwa Zanfretta adalah orang yang berpikiran jernih dan tidak mempunyai pikiran yang aneh aneh. Jika dia seperti itu maka memang ada sesuatu yang menakutkan untuknya.

Hasil penyelidikan juga mendapatkan fakta paling tidak ada 52 warga Torrigilla yang melihat cahaya aneh terbang diarah yang sama dengan rumah Dr. Righi dan dengan waktu yang sama dengan waktu insiden Zanfretta.

Karena saat itu banyak pihak yang meragukan kebenaran cerita termasuk pers, akhirnya pada 23 desember 1978, Di Stefano, salah seorang wartawan menantang zanfretta untuk melakukan hypnosis yang dilakukan di genoa, oleh Dr. Mauro Moretti, seorang psikoterpis dan anggota the italian association of medical hypnosis.

Selama hypnosis (terapi hipnotis untuk mendapatkan keterangan) zanfretta mengatakan dia tidak hanya bertemu dengan alien, tetapi juga diculik dan dibawa kesebuah tempat yang terang dan hangat. Zanfretta juga menambahkan alien ini tidak berbicara dengan bahasa itali, tetapi menggunakan sebuah alat unttk menterjemahkan kata kataanya.
alien ini mengatakan berasal dari planet teetonia di galaksi ketiga dan berencana suatu hari akan datang ke bumi dalam jumlah besar.

3 hari setelah hypnosis, pada tanggal 26 desember pukul 11:45 malam, tragedi penculikan kembali lagi terjadi, saat itu zanfretta sedang berkendara melewati terowongan bargagli, dekat scoffera. Secara mendadak dia kehilangan kontrol atas kendaraannya dan mobil itu bergerak dengan sendirinya.

Zanfretta yang dalam keadaan panik mencoba menghubungi pangkalannya sambil mencoba mengerem dan menarik rem tangan mobil itu. Setelah bergerak sendiri lebih dari 1 mil, tiba tiba mobil itu berhenti dan kepala zanfretta membentur setir. Dalam keadaan setengah sadar, dia melihat mobilnya disinari cahaya yang panas. Saat itu petugas radio mendengar bahwa zanfretta berkata "mobil sudah berhenti, aku melihat ada cahaya terang. Aku akan keluar dari mobil ini". Setelah itu hampir sama dengan penculikan pertama, zanfretta ditemukan pukul 1:10 pagi di sebuah lapangan dekat jalan tempat mobilnya berhenti. Dan lagi lagi meskipun salju turun tetapi pakaian zanfretta dalam keadaan kering dan hangat. Saat ditemukan zanfretta juga mengigau untuk meninggalkan keluarganya dan bumi untuk ikut dengan alien

Pihak polisi militer yang terjun ke lokasi menemukan hal yang tidak terduga, atap mobil patroli zanfretta terasa hangat seperti disinari matahari, juga ditemukan banyak jejak kaki berukuran 20inch x 8inch, seperti jejak bigfoot. Dan juga pistol zanfretta yang telah ditembakkan 5 kali, tetapi zanfreta sendiri tidak ingat pernah menggunakannya. Sejak saat itu berbagai penyelidikan oleh pihak kepolisian belum mendapatkan pemecahannnya. Seorang neurolog, Dr. Giorgio Giannotti yang mencoba memeriksa Zanfretta berkesimpulan "the man is state of shock, but he is perfectly sane". 30 juli 1979, malam itu terjadi penculikan ketiga dimana malam itu zanfretta mengendarai motor patroli menuju genoa, saat sampai disebuah bukit di torrigila, zanfretta kembali menghilang. Setelah pencarian selama 2 jam, zanfretta ditemukan dalam keadaan hypotermia. Dari penduduk yang berada di bawah bukit mengatakan tidak melihat sebuah motor patroli berjalan melewati jalan ini.

Dari kejadian ini, zanfretta kemudian di periksa oleh International Center of Medical and Psychologist Hypnosis di Milan, oleh tim dari prof. Marco Marchesan. Kali ini tidak tanggung tanggung, Marchesan menggunakan sodium penathol yang dikenal sebagai "serum kejujuran". Dibawah efek serum itu zanfretta menceritakan dirinya diangkat dari tanah menuju pesawat alien dengan menggunakan sinar hijau dan mengalami perjumpaan dengan alien reptilians. Setelah pemeriksaan prof. Marchesan mengatakan "tidak ada manusia yang dapat berbohong di bawah efek penathol, jadi saya rasa zanfretta benar benar mengalami semua kejadian itu"

Dan nampaknya kejadian penculikan itu bukanlah arti dari semua. 2 desember 1979 pukul 10:30 malam. Zanfretta menghilang keempat kalinya. Saat itt dia mengendarai mobil menuju genoa. Kali ini 4 petugas patroli yang mengikuti zanfretta melihat sebuah objek berbentuk awan terbang diatas mobil mereka dengan dua cahaya yang mengarah ke mobil itu. Tiba tiba mesin mobil mati dan 4 orang petugas itu segera keluar untuk melihat UFO tersebut. Letnan Cassiba akan menembak kearah UFO itu, tetapi sebelum tertembak UFO itu pergi meninggalkan mereka, setelah itu keempat orang itu mengalami gangguan mental yang lama, dan ironisnya Germano Zanardi, salah seorang petugas yang melihat UFO malam itu ditemukan tewas bunuh diri dengan menembak kepalanya sendiri beberapa bulan setelah kejadian malam itu.

Pada 14 februari 1980, Zanfretta menghilang kembali dan ditemukan dalam keadaan hypotermia, orang yang berada didekat tempat ditemukannya zanfretta mengatakan beberapa menit sebelum petugas datang, terlihat sebuah objek aneh melayang diangkasa. Kali ini Dr. Morretti yang melakukan hypnosis menemukan sesuatt yang berbeda pada diri Zanfreta, dia telihat tak berkarakter, liar, tidak bersahabat dan juga kadang berbicara dengan bahasa yang aneh. Ditahun yang sama, pada 13 agustus. Zanfretta menghilang kembali, tetapi kali ini dapat ditemukan dalam keadaan yang cukup sadar, seperti alien belum menghampirinya. Sejak saat itu tak pernah terjadi kembali peristiwa penculikan ini, entah mengapa, tiada yang tahu.

Banyak sekali yang meragukan kebenaran kesaksian zanfretta, ada juga yang mengatakan itu semua adalah rekayasa pikiran zanfretta yang mengkhayal terlalu sering. Ada yang mengatakan yang ditemui oleh zanfretta adalah mahkluk cryptid seperti loveland lizard. Para pemercaya alien pastinya beranggapan itu adalah alien Reptilians. Entah apa yang sebenarnya terjadi, hanya Zanfretta sendiri yang tahu.


Credit Picture rinodistefano.com
Reshare from Indonesian UFO Hunters

Sunday, October 20, 2013

Hadiah dan Belanjaan Buku, Oktober 2013

20 comments
Assalamualaikum...

Yeayy.... Seneng banget waktu hari Jum'at kemarin, jalan-jalaaaaann..... Hihihi, norak banget ya, yang jarang pergi kemana-mana >_<

Sama adik dan adik sepupuku, kita pergi ke... sesuai request sayah, yaitu ke toko buku, hehehhe... baik-baik banget kaliaaan... mkasiih udah anterin *kisskiss*

Selesai beli-beli buku, kita makan... niat main di GameZone nya nggak jadi, karena udah kemalaman (*kata terakhir sekaligus bermakna dua kata, yaitu : Uang Habis)

By the way ini lhoo... belanjaan bukunya :

1. The Warlock (The Secret of The Immortal Nicholas Flamel) | Michael Scott
> Seri The Secret of The Immortal Nicholas Flamel ini, semuanya ada 6 buku, dan buku The Warlock ini adalah buku ke-5. Gak sabar nunggu buku ke-6 nya


2. Cancut Marut | +Edotz Herjunot 
> Tertarik banget, pengen baca waktu penulisnya, bang Edotz ngasih tahu kalau bukunya udah terbit. Oh iya yaa... udah lama juga gak mampir-mampir ke blognya Pak Guru, hihi...


3. Gotcha | +Endang Rukmana 

> Aku beli ini, karena nama penulisnya mirip-mirip nama bapakku hehe... Terus searching-searching, eh nemu juga akun G+ penulisnya :D

4. Ekspedisi Bukit Kaja | Yudhi Herwibowo

> Pas baca judulnya "Ekspedisi Buki Kaja", serasa gimanaaa gitu, penasaran... ya beli aja deh jadinya >_<

5. Lucian | Isabel Abedi

> Cover depannya kereen, sukaaa... terus tulisan di cover belakangnya juga bikin penasaran.

6. Raphael | Yuki Rustam


7. Guardian Boy | Nauki Azuma


8. Kururinpa | (Nama Penulisnya Ditulis Pakai Huruf Kanji dan Saya Gak Bisa Bacanya....)


9. Ada Pemurtadan di IAIN | Hartono Ahmad Jaiz
No 6, 7, 8... gak ada alasan tertentu, pengen beli aja.. hehehh.... Oh iya, yang ke-7 sama yang ke-8 itu komik lho. *ehh ngaak ada yang tanya ya -_-*

Nah, Kalau buku yang kesembilan itu, yang difoto ada di paling bawah... itu aku gak beli, tapi hadiah dari sahabat Blogger +Haikal Sulaiman. Terima kasiih yaa.... :D. Jadi, ceritanya... beberapa waktu yang lalu aku mampir ke blognya, Catatan Haikal, dan baca salah satu postingannya yang isinya itu mengutip sebagian dari buku tersebut. Aku sempat menulis komentar, pengen baca bukunya... eh gak taunya, bang Haikal langsung kirim pesan di facebook, minta alamat rumah buat kirimin bukunya, hehe... sekali lagi... terima kasih yaa... Jazakallah khairan katsiron....

Rencananya siiih, sekali lagi, rencananyaa... bulan ini nggak beli-beli buku lagi. Sembilan buku baru untuk bulan Oktober ini kayaknya cukup deh, jangan belanja lagi... Tapi, nggak janji sih, hihiii...

Dahhh...
Wassalamualaikum... Wr, Wb.

Friday, October 18, 2013

Gerhana Bulan Penumbra 19 Oktober 2013

4 comments
Assalamualaikum...

Diinformasikan dari fans page Forum Astronom Amatir Indonesia, pada dinihari tanggal 19 Oktober 2013, Insya Allah akan terjadi peristiwa astronomi yaitu Gerhana Bulan Penumbral (GBP). Gerhana Bulan Penumbra atau Gerhana Bulan Penumbral terjadi saat Bulan melewati bayangan penumbra Bumi. Akibatnya kecemerlangan bulan akan nampak berkurang.


Jadi, Gerhana Bulan Penumbra ini mungkin akan terlihat seperti sedang tidak terjadi gerhana, apalagi jika hanya diamati dengan mata telanjang, Bulan akan tetap terlihat cemerlang. Tapi jika kamu mengamatinya dengan menggunakan teleskop, gerhana bulan penumbra ini bisa teramati dengan jelas.

Waktu dan Lokasi Pengamatan Gerhana Bulan Penumbral 19 Oktober 2013
Kontak awal Bulan dengan bayangan penumbra Bumi adalah pukul 04.51 WIB, puncak gerhana adalah pukul 06.50 WIB dan berakhir pada 08.50 WIB.

Di Indonesia, hanya orang-orang yang berada di pulau Sumatra, Jawa dan Kalimantan saja yang bisa mengamati seperti pada foto yang dirilis salah satu astronom Indonesia, Bapak Ma'rufin Sudibyo di bawah ini.


Gerhana Bulan Penumbra ini akan berakhir saat Matahari terbit di wilayah Indonesia bagian timur.

Wassalamualaikum... Wr.Wb.

7 MANFAAT MEMBACA BUKU BAGI KESEHATAN TUBUH

18 comments
Assalamualaikum...

Buku... siapa sih yang nggak tahu buku. Menurut wikipedia, buku adalah kumpulan kertas atau bahan lainnya yang dijilid menjadi satu pada salah satu ujungnya dan berisi tulisan atau gambar. Dari mulai anak kecil sampai usia dewasa bahkan kadang sampai usia lanjut, banyak yang menggemari benda yang satu ini. Jenis-jenis buku antara lain novel, komik, majalah, kamus, ensiklopedia, kitab suci dan biografi.

Pastinya, kamu yang sedang membaca tulisan inipun ada yang hobi membaca buku kan...? suka jenis buku apa?. Kalau aku sendiri... sekarang ini lagi suka banget baca novel-novel yang bergenre komedi romantis, hehehe....

By the way... ini sebagian koleksi buku saya (^_^)
Seperti yang kita tahu selama ini, bahwa membaca buku diketahui dapat membuat pembacanya menjadi berwawasan lebih luas dan lebih pintar. Namun nyatanya, rutin membaca buku juga memberi manfaat terhadap kesehatan tubuh Anda. Apa sajakah itu?

Berikut 7 manfaat membaca buku bagi kesehatan tubuh :

1. Mempermudah Membaca Pikiran dan Perasaan Orang Lain
Sebuah studi yang dirilis awal bulan ini menunjukkan bahwa menikmati bacaan sastra dapat membantu memperkuat kemampuan kamu untuk membaca pikiran. Studi yang diterbitkan dalam jurnal Science ini menunjukkan bahwa membaca karya sastra seperti fiksi dapat memupuk keterampilan yang dikenal sebagai teori pikiran, yaitu kemampuan untuk 'membaca' pikiran dan perasaan orang lain. 

2. Membuat Rileks
Sedang stres? Ambillah sebuah buku novel. Penelitian yang dilakukan pada tahun 2009 di Mindlab Internasional, University of Sussex, menunjukkan bahwa membaca adalah cara yang paling efektif untuk mengatasi stres, bahkan mengalahkan aktivitas seperti mendengarkan musik, menikmati secangkir teh atau kopi, dan berjalan-jalan. 

"Tidak peduli buku apa yang Anda baca, asyik membaca dapat menghilangkan kekhawatiran dan tekanan dari luar," ungkap salah seorang peneliti, Dr David Lewis.

3. Menjaga Otak Tetap Tajam
Penelitian yang diterbitkan di jurnal Neurology menunjukkan bahwa rajin membaca buku membantu menjaga otak kamu tetap tajam bahkan ketika usia kamu menua. Penelitian tersebut menemukan bahwa mereka yang terlibat dalam kegiatan perangsang mental seperti membaca di kemudian hari dalam hidupnya mengalami penurunan daya ingat lebih lambat dibandingkan dengan mereka yang tidak. 

"Studi kami menunjukkan bahwa melatih otak penting untuk kesehatan otak di usia tua. Berdasarkan hal ini, kita tidak boleh meremehkan efek dari kegiatan sehari-hari, seperti membaca dan menulis," kata penulis studi, Robert S. Wilson, PhD, dari Rush University Medical Center, Chicago.

4. Mencegah Penyakit Alzheimer
Menurut penelitian yang dipublikasikan dalam jurnal Proceeding of National Academy of Sciences pada tahun 2001, orang dewasa yang hobi melakukan aktivitas terkait otak, seperti membaca atau bermain teka-teki, cenderung jarang memiliki penyakit Alzheimer.

Alzheimer atau kepikunan bukan penyakit menular, melainkan merupakan sejenis sindrom dengan apoptosis sel-sel otak pada saat yang hampir bersamaan, sehingga otak tampak mengerut dan mengecil.

5. Membantu Tidur Lebih Baik
Banyak ahli merekomendasikan melakukan beberapa aktivitas sebelum tidur untuk membantu menenangkan pikiran dan memberi isyarat tubuh kamu untuk menutup mata. Nah, membaca dapat menjadi salah satu cara yang baik. Ini sebabnya menyediakan sebuah buku di sebelah tempat tidur akan jauh lebih baik jika dibandingkan dengan meletakkan laptop atau gadget lain.

6. Membuat Kamu Lebih Berempati
Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan dalam jurnal PLoS ONE, 'tenggelam' dalam sebuah karya fiksi dapat meningkatkan empati Anda. Para peneliti di Belanda mengungkapkan bahwa orang-orang yang secara emosional terbawa oleh karya fiksi mengalami peningkatan dalam rasa empati dalam dirinya meski tak ia sadari. 

7. Meringankan Depresi
Sebuah studi yang diterbitkan awal tahun ini dalam jurnal PLoS ONE juga menunjukkan bahwa membaca buku yang dikombinasikan dengan sesi dukungan tentang bagaimana menggunakannya, berhubungan dengan penurunan tingkat depresi setelah satu tahun dibandingkan dengan pasien yang hanya menerima perawatan biasa.

"Kami menemukan bahwa membaca buku memiliki dampak klinis yang signifikan dan temuan ini sangat menggembirakan," terang penulis studi, Christopher Williams, dari University of Glasgow.

Jadi, tidak ada alasan lagi untuk tidak membaca banyak buku dan menyerap ilmunya. Karena selain menjadikan kita berwawasan luas juga baik untuk kesehatan. 

Tambahan
Didalam Al-Qur’an pun, disebutkan bahwa membaca dan menulis merupakan kunci ilmu pengetahuan. Allah SWT memerintahkan membaca atas nama-Nya terhadap apa saja yang telah diciptakan. Sesuai dengan Q.S. Al-Alaq (1) :

Bacalah dengan (menyebut) nama Tuhanmu Yang menciptakan,
Meskipun, pengertian "membaca" disini dalam pengertian yang luas, semisal membaca fenomena alam atau sosial yang terbentang luas di mana dan kapan saja. Tidak saja dalam pengertian terbatas, membaca tulisan yang sudah ada, misalnya membaca tulisan dalam buku atau sejenisnya.

Ayo... tunggu apalagi, baca bukumu.. jangan biarkan berdebu di lemari.

Wassalamualaikum...Wr.Wb.



Sumber dan Referensi :
ditulis ulang dari health.detik.com dengan perubahan

Friday, October 11, 2013

8 FAKTA ASTRONOMI TENTANG BINTANG

56 comments
Assalamualaikum...

Bintang merupakan benda langit yang memancarkan cahaya yang tersusun atas gas hidrogen, helium dan unsur-unsur lainnya. 


Terdapat bintang semu dan bintang nyata. Bintang semu adalah bintang yang tidak menghasilkan cahaya sendiri, tetapi memantulkan cahaya yang diterima dari bintang lain. Bintang nyata adalah bintang yang menghasilkan cahaya sendiri.

Secara umum sebutan bintang adalah objek luar angkasa yang menghasilkan cahaya sendiri (bintang nyata).

Menurut ilmu astronomi, definisi bintang adalah:
“Semua benda masif (bermassa antara 0,08 hingga 200 massa matahari) yang sedang dan pernah melangsungkan pembangkitan energi melalui reaksi fusi nuklir.”

Oleh sebab itu bintang katai putih dan bintang neutron yang sudah tidak memancarkan cahaya atau energi tetap disebut sebagai bintang. Bintang terdekat dengan Bumi adalah Matahari pada jarak sekitar 149,680,000 kilometer, diikuti oleh Proxima Centauri dalam rasi bintang Centaurus berjarak sekitar empat tahun cahaya.

Omong-omong tentang bintang, berikut adalah delapan fakta astronomi mengenai bintang. Apa sajakah itu?. Let's check this out.!!!

1. Terdapat hampir 1×10^22 bintang di alam semesta.

2. Sebagian dari bintang berjarak amat jauh dari bumi sehingga cahayanya harus menempuh jutaan tahun sebelum sampai ke bumi.

3. Proxima Centauri adalah bintang terdekat dengan tata surya kita dan berjarak sekitar 4 tahun cahaya.

4. Pada nebula, ketika gas dan debu mulai padat, objek baru terbentuk yang dikenal sebagai protostar (cikal bakal bintang).

5. Tergantung dari suhu permukaannya, warna bintang bervariasi dari merah, oranye, kuning, putih, hingga biru.

6. Ledakan supernova mampu menghancurkan sebuah bintang secara keseluruhan.

7. Pulsar, sebuah bintang neutron yang ditemukan pada tahun 1967 memancarkan gelombang radio.

8. Polaris atau bintang utara adalah satu-satunya bintang di langit yang nampak tidak bergerak dari malam ke malam.

Nah, itulah mengenai Bintang dan 8 fakta astronominya.
Oh iya, saat malam hari dan langit cerah... ada yang suka lihatin bintang gak? Buat aku, ada kepuasan tersendiri saat sedang memandangi keindahan bintang-bintang yang bertaburan di langit, rasanya semua pikiran, beban, kesedihan itu hilang semuanya, hehehhehe..... 

Selain merasa ada kepuasan dan kesenangan tersendiri, saat memandangi langit juga menimbulkan semacam apa yaa... renungan dalam hati *ciee*, betapa indah dan rapi ciptaan-Nya. Langit malam yang gelap dihias-Nya begitu sempurna. Sebagaimana yang tertulis di dalam Q.S. Ash-Shofaat ayat 6 :

"Sesungguhnya Kami telah menghias langit yang terdekat dengan hiasan, 
yaitu bintang-bintang,"

Oke deh, udah adzan Maghrib... so, it's time for sholat Maghrib, tentunya...
Semoga bermanfaat yaa... khususnya untuk teman-teman muslim, janganlah pernah bosan untuk mempelajari Al Qur'an melalui tafsirnya walaupun hanya satu ayat. See you, guys....

Wassalamualaikum... Wr.Wb.



Referensi :

Wednesday, October 9, 2013

KALENDER ASTRONOMI OKTOBER 2013

30 comments
Assalamualaikum...

Dari situs Dunia Astronomi, berikut adalah informasi dan peristiwa astronomi yang telah dan akan terjadi pada bulan Oktober 2013 :

01 Oktober, jam 18 : Regulus 5,3U dari Bulan

03 Oktober, jam 14 : Uranus di titik oposisi

03 Oktober, jam 19 : Venus di aphelion

04 Oktober : Peringatan Peluncuran Sputnik, satelit pertama yang mengorbit Bumi (1957)

04 Oktober : Peringatan Peluncuran Luna 2, wahana yang pertama kali memotret sisi belakang Bulan (1959)

05 Oktober, jam 00 : Bulan baru

05 Oktober, jam 22 : Spica 0,8S dari Bulan

06 Oktober, sore hari : Bulan-Merkurius-Saturnus-Venus di barat

07 Oktober, jam 00 : Merkurius 2,7S dari Bulan

07 Oktober, jam 03 : Saturnus 1,9U dari Bulan

08 Oktober, jam 13 : Venus 4,6S dari Bulan

08 Oktober, jam 21 : Merkurius 5,0S dari Saturnus

09 Oktober, jam 06 : Merkurius elongasi maksimum T(25)

09 Oktober, jam 23 : Bulan terjauh di Selatan (-19,6)

10 Oktober, jam 23 : Bulan di titik perigee (369.813 km)

11 Oktober, jam 06 : Pluto 1,6S dari Bulan

11 Oktober, jam 23 : Bulan setengah awal

12 Oktober : Hari Astronomi

15 Oktober : Peringatan Peluncuran Cassini-Huygens, wahana pertama yang mengorbit Saturnus dan mendarat di Titan (1997)

15 Oktober, jam 01 : Neptunus 5,4S dari Bulan

15 Oktober, jam 12 : Mars 0,9U dari Regulus

16 Oktober, jam 21 : Venus 1,5U dari Antares

17 Oktober, jam 19 : Uranus 3,2S dari Bulan

18 Oktober : Peringatan Peluncuran Galileo, wahana pertama yang melintasi asteroid (1989)

18 Oktober, jam 23 : Bulan purnama (GBP, tampak dari Indonesia)

21 Oktober : Puncak hujan meteor Orionid

21 Oktober, jam 12 : Merkurius di titik stasioner

22 Oktober, jam 11 : Aldebaran 2,7S dari Bulan

23 Oktober, jam 09 : Bulan terjauh di Utara (19,6)

25 Oktober, jam 13 : Bulan di titik apogee (404.561 km)

25 Oktober, jam 20 : Jupiter 5,0U dari Bulan

26 Oktober, jam 23 : Bulan setengah akhir

27 Oktober dinihari Jupiter-Bulan-Mars di timur

29 Oktober, jam 03 : Regulus 5,3U dari Bulan

29 Oktober, jam 17 : Merkurius 3,6S dari Saturnus


Keterangan :

  • Semua waktu dinyatakan dalam GMT (UT).
    WIB = UT + 7, WITA = UT + 8, WIT = UT + 9.
  • U adalah utara, S adalah selatan, T adalah timur, B adalah barat.Dengan begitu, jika tertulis peristiwa “29 00 Antares 2.7S dari Bulan”, berarti pada tanggal 29 pukul 00 UT (pukul 07 WIB) Antares terletak 2,7°  di sebelah selatan Bulan.

Wassalamualaikum...Wr.Wb

Sunday, October 6, 2013

My Fav Song | SMASH - Selalu Tentang Kamu

16 comments
Sebelumnya, jarang banget dengerin lagu-lagunya SMASH, hehehh... Gak ada alasan tertentu, cuma ya memang di playlist handphone sama laptop gak ada lagu SMASH nya. Jadi, dengerin SMASH kalau kebetulan lagi nonton acara musik di TV aja, kalau kebetulan SMASH jadi bintang tamunya.... atau kalau pas sepupuku lagi nginep dirumah, 'cz di playlist handphonenya banyak juga lagu-lagu SMASH nya.

Eh ada sih, punya CD SMASH yang hadiah dari restaurant cepat saji, ehehee... tapi itu juga cuma jadi penunggu mobil aja, jarang banget didengerin, hihiii... Maap yah kang Bisma CS... *secara, yang aku tahu personil SMASH itu ya Bisma aja, yang sering disebut-sebut sama sepupuku, hehe*

Aku juga gak tau banyak tentang SMASH, lagu-lagunya, video-video klipnya, apalagi personil-personilnya. Dan aku juga gak tahu mereka udah nyanyiin banyak lagu atau baru sedikit lagu, aku juga gak tahu udah berapa album yang mereka keluarin. Yang jelas, yang aku tahu saat ini... ada satu lagu yang mereka nyanyiin yang bikin aku jadi "melirik" ke arah mereka. Iyuphhh.... lagi sukaaa banget sama lagunya mereka yang berjudul "Selalu Tentang Kamu". Lagunya itu... menurut aku yaa.... sweet banggett.

Apalagi ya, pas dengerin liriknya yang pas bait yang ini nih :

Kamulah bunga dari tidurku
Mimpi-mimpi indahku,
selalu tentang kamu (always be you)
Kamulah bintang-bintang hatiku
Akan ku jaga selalu, selalu tentang kamu

Dan ini video klipnyaaa, enjoy...



Tapi katanya, boysband SMASH ini kehilangan satu personilnya ya, benar gitu ya? katanya lagi, yang namanya Morgan itu lebih milih main sinetron, eh tapi gak tau juga sih, benar gitu apa nggak... By the way, Morgan tu yang mana sih yaa? *dipelototin SMASHBLAST se-Sumedang*

Kan emang gak tahu... Peace yaa, hehe... Tahu istilah SMASHBLAST juga baru kemarin-kemarin waktu googling mau download mp3 nya, ehehehee... Oke deh, sekarang mau googling dulu, nyari tahu tentang Morgan, xixixi...
Bye, bye... See you ^_^