Dan Inilah 4 Penulis Favorit Saya...

Assalamualaikum... Penulis adalah sebutan bagi orang yang melakukan pekerjaan menulis, atau menciptakan suatu karya tulis. Karya tulis...

Assalamualaikum...

Penulis adalah sebutan bagi orang yang melakukan pekerjaan menulis, atau menciptakan suatu karya tulis. Karya tulis bisa berupa karya tulis ilmiah (penelitian, makalah), jurnal (tulisan jurnalistik : artikel, opini, feature) sastra atau fiksi (prosa, novel, cerpen, puisi).

Dan sebagai pelahap buku-buku sastra *ckckk... kata-katanyaa >_<*, khususnya sastra klasik dan cerita-cerita fiksi dalam bentuk novel, tentunya, minimal hingga saat ini yaa... ada beberapa penulis yang menjadi penulis favorit saya. Siapa saja kah mereka...?

Yuuk, mariii.... gak usah banyak basa basi lagi yaa, karena..iyaa aku tahu, udah pada gak sabar kan, pengen tau kan siapa-siapa saja penulis favorit saya, iya kaaan.... ^_^

Here they are, my favorite authors...


Jane Austen
Jane Austen yang lahir 16 Desember 1775 dan meninggal 18 Juli 1817 adalah seorang novelis Inggris, yang gaya realismenya, uraiannya yang tajam tentang kondisi sosial, dan kepiawaiannya meramu gaya narasi bersudut pandang orang ketiga, parodi, dan ironi, telah menjadikannya salah satu penulis dalam kesusasteraan Inggris yang paling disukai dan karyanya dibaca di mana-mana.

Dari tahun 1811 hingga tahun 1816, dengan terbitnya Sense and Sensibility (1811), Pride and Prejudice (1813), Mansfield Park (1814), dan Emma (1816), ia sukses sebagai seorang penulis. Ia menulis dua novel lainnya, Northanger Abbey dan Persuasion. Keduanya diterbitkan pada tahun 1818 setelah kematiannya. Novel ketiga yang berjudul Sanditon tidak sempat diselesaikannya karena ia meninggal dunia.

Plot cerita Austen, meski lebih bersifat parodi, menyoroti betapa pentingnya pernikahan bagi kaum perempuan masa itu demi menjamin status sosial dan ekonominya. Dan salah satu pengaruh kuat terhadap tulisan Austen, novel-novel Austen mempersoalkan isu moral.

Semasa hidupnya, karena Austen memilih untuk menerbitkan secara anonim, novel-novelnya tidak membuatnya dikenal luas dan tidak banyak diulas. Sepanjang pertengahan abad 19, novel-novel Austen dikagumi hanya oleh kaum pujangga golongan kelas atas. Namun, penerbitan Memoar of Jane Austen karya keponakan laki-laki Austen pada tahun 1869 membuat Austen dikenal oleh khalayak umum sebagai sosok pribadi yang menarik, sekaligus memopulerkan novel-novelnya. Pada tahun 1940-an, Austen mulai diakui di lingkungan akamedis sebagai "penulis besar Inggris". Pada pertengahan abad 20, semakin banyak orang yang tertarik untuk mempelajari karya Austen. Mereka mengupas segala aspek, mulai dari artistik, ideologi, hingga sejarah. Di era budaya pop muncul sebuah kelompok Janeite, yang lebih berfokus pada kehidupan Austen, novel-novelnya dan berbagai adaptasi novelnya dalam film dan televisi.

Hingga sejauh ini, dari banyak karya tulis Jane Austen, baru enam judul novel yang saya baca. Keenam novel tersebut, diurutkan dari yang pertama kali saya baca, adalah Pride and Prejudice, Sense and SensibilityMansfield Park, Emma, Northanger Abbey dan Persuasion. Yang mana yang paling favorit saya...? Semuanya suka!!!

Carl Sagan
Bernama lengkap Carl Edward Sagan. Lahir di Brooklyn, New York,Amerika Serikat, 9 November 1934 dan meninggal di Seattle, Washington, AS, 20 Desember 1996 pada umur 62 tahun. Beliau adalah seorang astronom Amerika Serikat dan dikenal sebagai orang yang gigih memopulerkan sains. Ia memelopori disiplin ilmu eksobiologi dan penggagas upaya pencarian makhluk cerdas dari luar angkasa (Search for ExtraTerrestrial Intelligence/SETI). Ia dikenal di seluruh dunia karena buku-buku best-seller dengan tema sains populer yang ia tulis.

Saya menyukai Carl Sagan, karena saya juga menyukai astronomi dan juga hal-hal yang berkaitan dengan Extra Terrestrial. Dan ternyata, setelah saya membaca, novel fiksi ilmiah karya beliau yang berjudul, Contact... Wahhh.... makin sukaaa alias jadi ngfans banget sama Carl Sagan, sekalipun saat ini dia sudah meninggal...Hikss.... T_T

Dan Brown
Lahir di Exeter, New Hampshire, Amerika Serikat, 22 Juni 1964. Nah, berarti.... sat ini, beliau berusia.... berusiaa........ umur 50 tahun. Adalah seorang pengarang novel terkenal. Karyanya telah dicetak dan dialih-bahasakan ke dalam 40 bahasa negara-negara di dunia.!!! Termasuk bahasa Indonesia.

Dan Brown menjadi terkenal dan mendunia lantaran bukunya yang berjudul... Iya betul, The Da Vinci Code. Melalui salah satu karyanya itu, ia berhasil menyita perhatian banyak orang karena dalam bukunya tersebut ia menghadirkan sebuah kontroversi. Buat yang belum tahu, mungkin penasaran yang dimaksud kontroversinya itu seperti apa? Ayo, baca bukunya atau karena sudah diangkat ke layar lebar juga, tonton filmnya. Dijamin, gak bakal nyesel ^_^

Berikut ini adalah novel karya Dan Brown dalam urutan tahun diterbitkannya :

  • 1997 Digital Fortress, edisi Bahasa Indonesia berjudul Benteng Digital
  • 2000 Angels and Demons, edisi Bahasa Indonesia berjudul Malaikat dan Iblis
  • 2001 Deception Point, edisi Bahasa Indonesia berjudul Titik Muslihat
  • 2003 The Da Vinci Code
  • 2009 The Lost Symbol
  • 2013 Inferno
By the way... aku udah baca semua bukunya itu lho. Buku-buku yang kereen dan recommended banget deh...

Michael Scott
Penulis yang saat ini berusia 55 tahun, dan lahir pada 28 September 1959 adalah penulis lebih dari 100 buku selama karir menulisnya sekitar 30 tahun terakhir. Dia telah menulis cerita pendek dan novel untuk dewasa, remaja dan anak-anak dalam berbagai genre, diantaranya : fiksi ilmiah, fantasi, horor, cerita rakyat dan percintaan.

Dan pertama kali saya "jatuh cinta" kepada Mr. Scott ini adalah.. ketika itu pada suatu hari di toko buku, menemukan buku berjudul The Alchemist. Cover dan sinopsis di bagian belakang bukunya, jadi bikin aku mikir "Oh waww... keren juga nih buku", terus ke kasir, bayar, pulang (aslinya gak gitu... gak langsung pulang, makan dulu, ahaha... ) terus nyampe rumah dibaca deh... Dan cerita pada setiap halaman demi halamannya seolah terus menghipnotis saya untuk terus membacanya, terus, terus, terus, dan terus.... sampai akhirnya menjatuhkan pilihan untuk bergadang demi mengetahui bagaimana endingnyaaa.... Dan ternyata, suka dan bikin penasaran. Karena ini baru buku kesatu dari sebuah serial yang terdiri dari 6 buku.

Singkatnya, dengan perjuangan yang terasa teramat berat saat itu, saya berhasil mengumpulkan keenam buku dari seri tersebut. Sumpah, eh lebay gak sih, hehehe... ini seri yang kereeen dan aku sukaaa banget.

Iya betul, dari banyak karya michael Scott aku menang paling suka banget sama seri The Secrets of the Immortal Nicholas Flamel, yang terdiri dari : The Alchemyst (2007), The Magician (2008), The Sorceress (2009), The Necromancer (2010), The Warlock (2011), The Enchantress (2013).

Terakhir, meskipun... mungkin mereka gak akan pernah tahu, terutama Jane Austen dan Carl Sagan, karena udah meninggal... dan mungkin juga, ini gak akan pernah dibaca oleh Dan Brown dan Michael Scott, aku mau mengucapkan, 

Terima Kasih...

karena kalian telah menulis buku-buku yang sangat bagus dan aku saaangat menyukainya. Karena buat aku, karya-karya kalian yang telah aku baca, yang aku sebutkan diatas... it's not just a book or just a novel, it's my best friend. Yaph, karena buku-buku karya kalian tersebut telah pernah dengan setia menemani saya pada saat-saat saya sakit dan merasa sendiri *curcol >_<*

Nah, itulah 4 penulis favorit aku, hingga saat ini. Gak menutup kemungkinan kedepannya akan ada penulis lain yang menjadi penulis favorit saya.

Kalau kamu, siapa penulis favorit kamu?

Wassalamualaikum.. Wr. Wb.

You Might Also Like

7 Comments