Tuesday, January 21, 2014

Hey, Orang-Orang Tersayaaang... Selamat Ulang Tahun!!

37 comments
Assalamualaikum...

Saat ini... jam menunjukkan pukul 02:42 WIB. Dini hari. Lagi kebangun dan gak bisa tidur lagi. Hari ini tanggal 21 Januari 2014.

JANUARI!!!

Yapz... buat saya, bulan Januari menjadi salah satu bulan yang penting. Kenapaaa...? Karena biasanya pada awal tahun itu banyak buku-buku baru yang terbit, sebagai orang yang suka baca buku, seneng banget dong saya pastinya, hehe... Tapi suka ada sedihnya juga. Waktu buku-bukunya udah sampai ke rumah, karena sering nya saya beli bukunya via online, atau waktu abis pulang dari toko buku terus cek dompet. NAAAH... saat-saat itulah yang suka bikin sedih, sodara-sodara... T_T

Tapiii, sebenarnya nggak cuma alasan itu aja yang membuat saya menganggap bulan Januari sebagai salah satu bulan yang penting dalam hidup saya. Seperti halnya bulan Mei, bulan Mei adalah bulan yang indah, penting, dan bersejarah banget buat saya, iyaa karena pada bulan Mei saya lahir. Dan di keluarga saya, yang lahir bulan Mei itu banyaaak. Ayoo dong, kapan kita merayakan ulang tahun bareng ^_^.

Terus... bulan Oktober juga spesial, karena pada bulan itu kakak ipar dan keponakan yang paling bontot lahir. Dan bulan November juga penting, karena kakak perempuan ku dan anaknya a.k.a keponakan aku juga, lahir. Sama-sama ditanggal 19. Bulan Agustus, gak kalah penting dan spesial buat aku... karena bapakku lahir tanggal 7 Agustus 1952 dan ibuku tanggal 8 Agustus 1956.

Dan di bulan Januari ini, ada beberapa anggota keluarga saya juga yang berulang tahun. Siapa aja mereka? Penasaran? Pengen kenalan? Sabar, saya memang udah berniat meng-go publik-an dan mengenalkan mereka, khususnya kepada kalian para pembaca setia blog saya *ahh... kayak iya aja punya pembaca setia -__-*, dan umumnya kepada orang-orang diseluruh dunia dan alam semesta, hehehe.... 

3 Januari... Happy Birthday, Kekei.!!!
Kenalin, si imut, cute, keren dan cantik ini biasa dipanggil Kekei. Kalau berdasarkan kelahiran, Kekei ini keponakan aku yang kelima. Ciee... sekarang Kekei udah 2 tahun aja,
Eh tapi, bi Ade baru nyadar, Bi Ade gak tahu, cara nulis nama Kekei yang benar tu gimana sih yaa.... Keisa, Keisha, Keysha, Keshia atau gimana siih....? Nanti bi Ade tanyain dulu deh sama ibu Tika, hihihi... 

Maaf yah, Kei... bi Ade gak beliin kado buat Kekei... abisnya gak tahu, Kekei sukanya dan maunya apa. Bi Ade suka beli-beli asesories ke-cewek-cewek-an gitu. Kalau beli buat Kekei kayaknya gak bakalan dipakai deh, haha... Waktu lebaran kemarin aja, di dandanin... pakai bando, pakai ikat rambut pita lucu-lucu gitu, Kekei nya gak mau malah teriak-teriak, hahaha....  Oh iya, bi Ade juga minta maaf banget ya Kei... gak pernah ngajakin Kekei main. Abisnya Kei jarang banget ke Sumedangnya.... Tapi bi Ade sayaaaaaaaaang banget sama Kekei. Selamat Ulang Tahun ya, moga panjang umur, selalu sehat, tambah cantik, tambah pinter, tambah lahap makannya, banyak rezekinya dan jadi anak yang soleh. Love you, Kekei...

5 Januari... Neeeng, Happy Birthday.!!!
Hmm... Neng masih ingat gak ya. Duluuu... kita udah pernah deal kan, kalau kita ini adalah teman dan sister untuk selamanya, hehehh....  Iya, teteh sayang banget sama neng. Teteh udah anggap neng sebagai adik teteh sendiri. Kayaknya dari dulu kita suka bikin rencana buat pergi, nonton atau jalan-jalan kemanaaa gitu, tapi gak pernah kesampaian ya, haha... Maaf ^_^

Yang nggak akan pernah lupa, waktu teteh sakit di rumah sakit... dan mamah lagi keluar. Sebenarnya waktu itu kepala teteh udah sakit banget, udah harus minum obat juga. Itu udah telat malah. Tapi nungguin mamah lamaaa... mkasiiih banget waktu itu udah nyuapin. Jadi sedih dan terharu, hehehe....

Oh iya, saat nulis ini... teteh belum beli kado buat neng, hehehe... Maaf yah ^_^
Pokoknya selamat ulang tahun, semoga panjang umur, sehat, tambah banyak rezeki, semua cita-cita yang belum tercapai tahun ini bisa segera tercapai, segera dikasih momongan, jadi istri yang baik buat a Rifan, rumah tangga nya selalu sakinah, mawaddah dan warrahmah. Amin, amin, amin....

12 Januari... Happy Birthday, Inong!!
My lady Diana ini, adik sepupu aku. Jadi ibunya itu, adiknya ibu aku. Dirumah, dan sama teman-teman dekatnya dia biasa dipanggil Inong atau Nongki, hihihi.... Sekarang dia kelas 3 SMA. Dan tanggal 12 Januari 2014 kemarin, dia berulang tahun yang ke-18. Ada banyak cerita dan rahasia satu sama lain diantara kita berdua lho... Tapi udah lama juga dia gak nginep di kamar aku,

Selamat ulang tahun ya, Sweetie... moga panjang umur, sehat, banyak uang, UN nya nanti lancar, dapat nilai-nilai yang baik, semua cita-citanya tercapai dan gak error-error lagi.. soalnya dia kalau diajak ngobrol kadang suka gak nyambung -___-
Harus jadi cewek yang cerdas dan kuat, jangan mau diselingkuhin cowok lagi ya. Iya, kemarin dia abis diselingkuhin pacarnya. Ahahaaa... malang sekali kamu ^_^

Oh iya, mudah-mudahan suka yaa kadonya, hehe...

16 Januari... Happy Birthday, Ceuceu!!!
Ceuceu Zahra, keponakan aku yang pertama. Dia cucu pertama di keluarga aku. Berkat kelahiran dialah, aku sah menjadi seorang bibi, hehe... Gak terasa, rasanya baru kemarin ceuceu lahir, tapi ternyata sekarang ceuceu udah 14 tahun, cantik, tinggi lagi... Siapa dulu dong, bibinya... sama-sama cantik... -____-

Kangen bobo bareng sama ceuceu, cerita-cerita sampai lewat tengah malam, hihihi...

Happy birthday, yah Ceu... moga makin pinter (kalau itu kayaknya udah turunan dari bi Ade :p), cantik, banyak rezeki, cita-citanya tercapai, panjang umur, sehat daaan makan yang banyak ceu, yang rajin juga bantuin mamah. *bighug*

(masih) 16 Januari... Happy birthday my little brother.!!!
Tanggal 16 Januari, selain itu ulang tahunnya keponakan aku. Itu juga jadi tanggal ulang tahunnya adik laki-laki aku. Cowok keren, yang waktu kecil bercita-cita jadi pemain bola ini, waktu SMA tiba-tiba pindah haluan bercita-cita menjadi pembalap. Lebih tepatnya sih, tergila-gila menjadi pembalap. Tapi sepertinyaaa... cita-citanya gak kesampaian deh. Soalnya dia sekarang sama sekali gak menekuni bidang balap-balapan... malah berkutat di dunia pembukuan dan keuangan, yang katanya pembukuan dan keuangan itu adalah hal yang amat sangat super rumit. Sabar yah, boy... untuk menjadi sukses itu harus bekerja keras. Pasti bisa kok. I know, you can do it well!! ^_^

And... Happy Birthday to you... semoga usianya makin berkah, gelar sarjanya juga semoga berkah... panjang umur, sehat, banyak rezeki, apa yang diinginkan diijabah Allah SWT, makin rajin sholat, makin sholeh, makin care sama orang-orang yang sayang sama kamu, sukses di kerjaan. Pokoknya semua yang terbaik teteh doain buat kamuuu. Ahhh... sayang banget deh pokoknya.

21 Januari... Ua, Selamat Ulang Tahun!!!
Dan hari ini, Selasa 21 Januari 2014, adalah hari ulang tahun Ua. Sejak sekitar 3 jam yang lalu beliau genap berusia 69 tahun. Alhamdulillah... Ua ku ini kakaknya bapak ku lho... masih cantik ya, pastinyaaa ^_^
Yapz, Ua ku lahirnya berbarengan dengan tahun diproklamasikannya Hari Kemrdekaan Indonesia, tahun 1945. 

Jadi, saat Ir. Soekarno memproklamirkan kemerdekaan Indonesia, ua baru berusia 8 bulan saat itu, hehehe... Alhamdulillah, usianya bisa sampai di usia ke 69.

Ua, selamat ulang tahun yaa... semoga Allah SWT, selalu memberi kesehatan, umur yang panjang, selalu cantik dan tetap jadi ua, mamah, enin sekaligus ene (*nenek) yang baik, soalnya ua makin mirip almh. ene, hehe... Oh iya, gak boleh sakit-sakit lagi yaa. I Love You...

Sekali lagi, selamat ulang tahun buat semuanya. 
Juga untuk semua orang yang berulang tahun pada bulan Januari ini, semoga usianya semakin membawa berkah dan bermanfaat, Amin...

Wassalamualaikum... Wr, Wb.

Monday, January 20, 2014

5 Super Moon di Tahun 2014

22 comments
Assalamualaikum...

Super Moon (bahasa Indonesia; Bulan Super) adalah istilah yang digunakan oleh para astrolog untuk menggambarkan keadaan bulan penuh ketika bulan berada dalam posisi terdekatnya dengan Bumi (apsis/perigee). Selengkapnya mengenai penjelasan Super Moon, silahkan klik disini.

Dalam ilmu astronomi, istilah untuk menyebut keadaan seperti yang tertulis diatas digunakan istilah Lunar Perigee atau Bulan Perigee. Dan selanjutnya, dalam tulisan ini saya akan menggunakan istilah Bulan perigee.

Secara spesifik, Bulan perigee bisa merupakan Bulan purnama atau Bulan baru, yang jaraknya dengan bumi sekitar 10% hingga 14 % atau kurang dari jarak lintasannya dengan bumi. Ketika fenomena ini terjadi, bulan nampak lebih besar dan lebih terang, meskipun perubahan jaraknya hanya beberapa kilometer.

Jarak antara Bulan dan Bumi pada saat peristiwa Bulan perigee bervariasi. Satu peristiwa Bulan perigee mungkin lebih spektakuler dari lainnya karena jarak yang lebih dekat.

Jadi, saat terjadi peristiwa Bulan perigee, sebenarnya tak ada yang spesial. Hanya saja, bila teliti, Bulan akan tampak lebih besar hingga 14 persen dari biasanya karena jarak yang lebih dekat (perigee).

Di tahun 2014 ini, Insya Allah akan terjadi 5 kali peristiwa Bulan perigee.  Bulan perigee pertama telah terjadi pada tanggal 1 Januari 2014 yang lalu. Sementara Bulan perigee kedua bakal terjadi pada 30 Januari 2014 nanti. Selain bulan Januari, Bulan perigee juga akan terjadi pada 13 Juli, 10 Agustus, dan 9 September 2014.

Dari lima peristiwa Bulan perigee, dua di antaranya adalah bulan baru dan tiga lainnya bulan purnama. Bulan perigee pada bulan Januari lalu adalah bulan baru.

  1. Pada tanggal 1 Januari 2014, Bulan mencapai jarak terdekatnya dengan Bumi pada jarak 356.921 km, yaitu pada pukul 17:52:58 WIB
  2. Pada tanggal 30 January 2014, Bulan akan mencapai jarak terdekatnya dengan Bumi pada jarak 357.079 km, yaitu pada pukul 17:38:28 WIB
  3. Pada tanggal 13 Juli 2014, Bulan akan mencapai jarak terdekatnya dengan Bumi pada jarak 358.258 km, yaitu pada pukul 18:50:53 WIB
  4. Pada tanggal 11 Agustus 2014, Bulan akan mencapai titik terdekatnya dengan Bumi pada jarak 356.896 km, yaitu pada pukul 18:52:40 WIB
  5. Pada tanggal 8 September 2014, Bulan akan mencapai jarak terdekatnya dengan Bumi pada jarak 358.387 km, yaitu pada pukul 17:13:28 WIB
    (Catatan : Waktu-waktu yang ditampilkan dalam zona waktu Jakarta)
Dari informasi diatas, pada tahun 2014 ini, Bulan perigee yang paling pantas dinanti adalah yang terjadi pada 11 Agustus. Karena jarak antara Bumi dan Bulan hanya 356.896 km. Jarak yang merupakan paling dekat dibanding keempat peristiwa Bulan perigee lainnya.

Peristiwa fenomena Bulan perigee memang biasa terjadi 4 - 6 kali dalam setahun. Namun, pada tahun 2017 mendatang, diperkirakan tidak akan ada peristiwa Bulan perigee sebab saat purnama dan perigee tidak akan berimpitan.

Bulan perigee adalah fenomena biasa, tidak terkait bencana apa pun, seperti gempa, gunung meletus, ataupun tsunami. Hanya saja, saat Bulan perigee, perlu diwaspadai gelombang laut yang tinggi.

Selamat mengamati dan mengabadikan Bulan Perigee.!!

================================================================

Q.S. Al-Anbiya (33)


"Dan Dialah yang telah menciptakan malam dan siang, matahari dan bulan. Masing-masing dari keduanya itu beredar di dalam garis edarnya."

Wassalamualaikum...Wr.Wb.



Saturday, January 11, 2014

My Wishes For This Year

18 comments
Assalamualaikum...

Hello!!!
Beberapa hari kemarin gak bisa update blog. Dan mungkin sampai waktu yang tidak bisa ditentukan gak akan bisa sering-sering update blog seperti biasanya. Tadi, sebelum menulis ini, sempat cek komentar-komentar dan juga pertanyaan yang masuk... wuihh banyak juga ^_^. Terima kasih ya buat semua yang sudah baca-baca, mampir, yang entah itu karena sengaja atau tidak sengaja sehingga terdampar, tersesat dan terpaksa baca-baca tulisan di blog ini, hehe... Maaf belum sempat balas dan jawab komentar-komentar juga beberapa pertanyaan yang masuk. Insya Allah... nanti pasti aku balas. Pokoknya, sekali lagi terima kasih sudah mampir, membaca dan menuliskan komentar ataupun pertanyaan disini.  

Gak terasa ya.. hari ini udah hari kesepeluh di tahun 2014. Tapi meskipun baru sepuluh hari saja terlewati, jujur... sudah ada banyak kejadian dan cerita manis yang saya alami.

Aku mau, selamanya semua seindah ini ^_^

Omong-omong tentang tahun baru, di keluargaku tidak pernah ada tradisi atau perayaan khusus dalam menyambut tahun baru. Dan seringnya, saat tahun berganti, saya juga tidak membuat dan menuliskan resolusi tahun baru. Tapi bukan berarti gak pernah punya semangat dan target lho... Semangat, target, keinginan, harapan, cita-cita dan yang sejenis lainnya selalu ada. Hanya saja saya lebih suka semuanya terjadi mengalir apa adanya #ciee#. Santai tapi juga tetap fokus sama apa yang saya ingin kan. Biasanya sih begituuu, hehehe...

Di tahun 2014 ini, ada banyak banget keinginan yang aku harapkan bisa terwujud. Diantaranya, ingin melaksanakan ibadah haji bersama kedua orang tua saya, Amin.... Pengen mobil baru, pengen punya kuda dan pengen punya singa. Singa jantan lho yaa... 


Terus lagi pengeeen banget laptop baru T_T. Dan pengen banget juga liburan dan main-main di pantai... Oh iya, aku juga berharap banget saat PilPres tanggal 9 Juli 2014 nanti berjalan aman, damai dan menghasilkan Presiden pilihan yang baik dan bijaksana.... Sehingga nanti terciptalah negara Indonesia yang aman, damai, makmur, dan seluruh rakyatnya hidup bahagia dan sejahtera... >_<

Apa lagi ya....??
Pokoknya banyak deh... bisa menghabiskan waktu 7 hari 7 malam sepertinya, kalau harus menuliskan semua keinginan saya disini, hehehehh.... Tapi, dari sekian baaanyak keinginan saya, ada tiga keinginan utama, yaituuu...
1. Aku dan keluarga ku selalu sehat
2. Menjadi orang yang taat beragama
3. Selalu punya teman yang baik

Sebetulnya, tiga keinginan tersebut tidak hanya untuk tahun ini saja. Tapi juga itu yang selalu menjadi keinginan dalam hidup saya ^_^

Aku yakin, setiap orang punya mimpi dan keinginan. Nah, kalau kamu... iya, kamu yang lagi baca tulisan ini, apa yang menjadi keinginan terbesar dalam hidup kamu? Atau paling tidak apa resolusi kamu di tahun 2014 ini? 

Ayolaah, jangan malu-malu berbagi dengan saya, tuliskan harapan, keinginan, resolusi kamu di kotak komentar yaa.... Tapi kalau memang sangat rahasia, ya udah, gak usah, apa-apa kok, hehe....

I wish, 2014 be a warm and prosperous year for me and for you. Amin...

See you,
Wassalamualaikum... Wr.Wb.

Monday, January 6, 2014

ANDAI HARI INI AKU DIMAKAMKAN

11 comments
(Renungan untukku, untukmu dan untuk kita semua )
karya Alm. Remy Soetansah

Hari ini ku mati,
Perlahan... Tubuhku ditutup tanah.
Perlahan... Semua pergi meninggalkanku...

Masih terdengar jelas langkah-langkah terakhir mereka,
Aku sendirian, di tempat gelap yang tak pernah terbayang,
Sendiri, menunggu pertanyaan malaikat...

Belahan hati, belahan jiwa pun pergi. 
Apa lagi sekedar kawan dekat atau orang lain.
Aku bukan siapa-siapa lagi bagi mereka...

Sanak keluarga menangis, Sangat pedih. Aku pun demikian, Tak kalah sedih...
Tetapi aku tetap sendiri. Disini, menunggu perhitungan.

Menyesal sudah tak mungkin.
Tobat tak lagi dianggap, dan maaf pun tak bakal didengar. 
Aku benar-benar harus sendiri...

Ya Allah,
Jika Engkau beri aku 1 lagi kesempatan,
Jika Engkau pinjamkan lagi beberapa hari milik-MU, Untuk aku perbaiki diriku.

Aku ingin memohon maaf pada mereka...
Yang selama ini telah merasakan dzalimku,
Yang selama ini sengsara karena aku, tersakiti karena aku...
Aku akan kembalikan jika ada harta kotor ini yang telah kukumpulkan,
Yang bahkan kumakan,

Ya Allah,
Beri lagi aku beberapa hari milik-Mu, Untuk berbakti kepada ayah dan ibu tercinta...
Teringat kata-kata kasar dan keras yang menyakitkn hati mereka.
Maafkan aku ayah dan ibu, mengapa tak kusadari betapa besar kasih sayangmu.

Beri juga ya Allah aku waktu untuk berkumpul dengan keluargaku,
Menyenangkan saudara-saudaraku... Untuk sungguh-sungguh beramal soleh.

Aku sungguh ingin bersujud dihadapan-Mu lebih lama lagi..
Begitu menyesal diri ini.
Kesenangan yang pernah kuraih dulu, tak ada artinya sama sekali...

Mengapa kusia-siakan waktu hidup yang hanya sekali itu...?
Andai aku bisa putar ulang waktu itu...


Aku dimakamkan hari ini,

Dan ketika semua menjadi tak termaafkan,
Dan ketika semua menjadi terlambat,
Dan ketika aku harus sendiri...

Untuk waktu yang tak terbayangkan sampai Yaumul Hisab dan dikumpulkan di Padang Masyar…

* * *

Puisi diatas adalah salah satu puisi yang sangat saya sukai. Membaca puisi diatas... hampir selalu sukses membuat saya berderai air mata. Kata-katanya begitu dalam, begitu bermakna, dan begitu menyentuh.
Dan maksud saya me-reshare puisi karya Alm. Remy Soetansah ini, selain menjadi nasehat buat kita semua, berharap semoga renungan ini dapat bermanfaat dan menginspirasi bagi siapapun yang membacanya untuk menjadi yang lebih baik lagi sebelum semuanya "terlambat", Amin...

Sunday, January 5, 2014

7 Mekanisme Pertahan Diri Menurut Sigmund Freud

9 comments
Assalamualaikum...

Mekanisme pertahanan diri atau yang biasa disebut "Defence Mechanisms" merupakan bentuk pertahanan diri dari setiap individu. Sebagian dari cara individu untuk mereduksi perasaan tertekan, kecemasan, stress ataupun konflik adalah dengan melakukan mekanisme pertahanan diri baik yang dia lakukan secara sadar ataupun tidak. 

Sigmund Freud (1856-1939)
dikenal sebagai penancang mahzab atau
teori Psikoanalisa
(Psikodinamika kepribadian)
Sigmund Freud menggunakan istilah mekanisme pertahanan diri (Defence Mechanisms) untuk menunjukkan proses tdak sadar yang melindungi si individu dari kecemasan melalui pemutarbalikkan kenyataan. Artinya mekanisme pertahanan diri ini merupakan bentuk penipuan diri.

Freud menyatakan bahwa mekanisme pertahanan ego itu adalah mekanisme yang rumit dan banyak macamnya. Berikut ini 7 macam mekanisme pertahanan ego yang menurut Freud umum dijumpai :

1. Represi (Repression)
Mekanisme dimana seseorang yang memiliki keinginan-keinginan, impuls-impuls pikiran, kehendak-kehendak yang tidak sesuai dan mengganggu kebutuhan/motivasinya, disingkirkan dari alam sadar dan ditekan ke dalam alam bawah sadar.

Secara tidak sadar seseorang menekan pikiran-pikiran yang tidak sesuai atau menyedihkan keluar dari alam sadar ke alam tak sadar.  Repression yang terus menerus akan menjadi tumpukan kekecewaan sehingga menjadi “kompleks terdesak”

Menurut Freud, represi merupakan mekanisme pertahanan yang penting dalam terjadinya neurosis. Neurosis, sering disebut juga psikoneurosis, adalah istilah umum yang merujuk pada ketidakseimbangan mental yang menyebabkan stress, tapi tidak memengaruhi pemikiran rasional.

Contoh : Seorang pemuda melihat kematian temannya waktu kecelakaan, kemudian “lupa” tentang kejadian tersebut. (lupa ini disebut amnesia yang psikogenik, bila lupa karena gegar otak maka disebut amnesia organik).

2. Sublimasi (Sublimation)
Proses dengan apa kehendak-kehendak tidak sadar dan tidak dapat diterima, disalurkan menjadi aktivitas yang memiliki nilai sosial yang tinggi. Dorongan atau kehendak-kehendak yang tidak dapat disalurkan menjadi aktivitas yang memiliki nilai sosial.

Contoh : Seseorang tidak suka berkelahi kemudian ia menjadi atlet petinju. Mengisap permen sebagai sublimasi kenikmatan menghisap ibu jari.

3. Proyeksi (Projection)
Adalah mekanisme dengan apa seseorang melindungi dirinya dari kesadaran akan tabiat-tabiatnya sendiri yang tidak baik, atau perasaan-perasaan dengan menuduhkannya kepada orang lain. Menyalahkan orang lain mengenai kesulitannya sendiri yang tidak baik. Atau dengan kata lain, proyeksi merupakan usaha untuk menyalahkan orang lain mengenai kegagalannya, kesulitannya atau keinginan yang tidak baik.

Contoh : Seorang murid tidak lulus lalu mengatakan gurunya sentimen kepada dia.

4. Pengelakan atau Pemindahan (Displacement)
Proses mekanisme dimana emosi-emosi yang tertahan diberikan tujuan yang lain ke arah ideide, objek-objek, atau orang lain daripada ke sumber primer emosi. Luapan emosi terhadap seseorang atau objek dialihkan kepada seseorang atau objek yang lain.

Contoh : Seorang anak yang dimarahi ibunya kemudian dia memukul adiknya atau menendang kucingnya.

5. Rasionalisasi (Rationalization)
Rasionalisasi merupakan upaya untuk membuktikan bahwa prilakunya itu masuk akal (rasional) dan dianggap rasional adanya, dapat disetujui, dapat dibenarkan, dan dapat diterima oleh dirinya sendiri dan masyarakat.

Contoh: Seorang anak menolak bermain bulu tangkis dengan temannya karena “kurang enak badan” atau “besok ada ulangan” (padahal takut kalah). Melakukan korupsi dengan alasan gaji tidak cukup.

6. Pembentukan reaksi (Reaction Formation)
Reaksi formasi atau penyusunan reaksi mencegah keinginan yang berbahaya baik yang diekspresikan dengan cara melebih-lebihkan sikap dan prilaku yang berlawanan dan menggunakannya sebagai rintangan untuk dilakukannya.

Contoh : Seorang mahasiswa yang bersikap hormat secara berlebihan terhadap dosen yang sebenarnya tidak ia suka. Seorang anak yang iri hati terhadap adiknya, ia memperlihatkan sikap yang sebaliknya, yaitu sangat menyayangi secara berlebihan. Seorang yang secara fanatik melarang perjudian dan kejahatan lain dengan maksud agar dapat menekan kecendrungan dirinya sendiri ke arah itu.

7. Regresi (Regression)
Keadaan dimana seseorang kembali ke tingkat yang lebih awal dan kurang matang dalam adaptasi. Bentuknya yang ekstrim adalah tingkah laku infantile (kekanak-kanakan). Keadaan seorang yang kembali ke tingkat perkembangan yang sebelumya dan kurang matang dalam adaptasi.

Contoh : Seorang anak yang sudah tidak ngompol, mendadak ngompol lagi karena cemas mau masuk sekolah atau mulai menghisap jempol lagi setelah ia memiliki adik, karena merasa perhatian ibunya terhadap dirinya berkurang.

Semoga bermanfaat :))

Wassalamualaikum... Wr.Wb.



Sumber dan Referensi : (Koeswara, 2001 : 46-48), Wikipedia/Sigmund Freud, ebook Psikologi Kepribadian Drs. Kuntjojo, M.Pd., wikipedia/Neurosis, yumizone.wordpress.com/The Mechanisms of Defense.

Saturday, January 4, 2014

KALENDER ASTRONOMI TAHUN 2014

36 comments
Assalamualaikum...

Selamat datang tahun 2014.!!
Hey para pecinta langit, ada banyak peristiwa langit menarik yang akan terjadi pada tahun 2014 ini. 

Dan seperti yang kita ketahui, bahwa pergerakan benda-benda langit adalah tetap dan dapat diperhitungkan, bukan diramalkan. Jadi, misalnya ketika ada astronom menyatakan bahwa pada tanggal tertentu akan terjadi gerhana matahari, gerhana bulan, hujan meteor, Bulan purnama atau mendekatnya suatu planet dengan bumi, maka itu bukan sembarangan dan itu bukan ramalan, semua ada perhitungannya dan dipastikan akan terjadi.

Dari situs Sea and Sky's, berikut adalah peristiwa-peristiwa Astronomi yang menurut perhitungan secara astronomi akan terjadi sepanjang tahun 2014 :



-JANUARI-
1 Januari 2014 : Bulan Baru
Fase ini akan berlangsung pada jam 11:14 UTC atau jam 18:14 WIB. Pada saat itu Bulan akan berada di antara Bumi dan Matahari, namun sayang pada saat itu pula Bulan tidak akan terlihat dari Bumi.

2, 3 Januari 2014 : Hujan Meteor Quadrantids
Hujan meteor Quadrantid ini sebenarnya akan terlihat sejak tanggal 1 hingga tanggal 5 Januari 2014, namun puncaknya akan terjadi pada tanggal 3 dan 4 Januari 2014. Diperkirakan akan ada 40 meteor setiap jamnya. Meteor-metor pada hujan meteor Quadrantids ini akan muncul di rasi bintang Bootes di langit sebelah Utara. Tapi bisa jadi akan terlihat dimana saja diseluruh permukaan langit.

5 Januari 2014 : Oposisi Jupiter
Oposisi adalah ketika suatu Planet berada dalam satu garis lurus dengan Bumi dan Matahari.
Dan peristiwa seperti itulah yang akan terjadi pada planet Jupiter pada tanggal 5 Januari 2014, dimana Jupiter dan Bumi akan saling berdekatan satu sama lain. Lebih tepatnya dengan formasi Matahari-Bumi-Jupiter, ketiganya berada dalam satu garis lurus. Meskipun jarak Jupiter dan Bumi saat itu dikatakan dekat, planet Jupiter hanya akan terlihat sebagai titik cahaya saja atau menyerupai penampakan bintang.

16 Januari 2014 : Bulan Purnama
Bumi akan berada di antara Matahari dan Bulan. Dengan posisi seperti itu menjadikan  Bulan akan terlihat sangat terang dari Bumi. Fase purnama ini akan terjadi pada jam 04:52 UTC atau jam 23:52 WIB

30 Januari 2014 : Bulan Baru
Bulan akan berada di antara Bumi dan Matahari, namun tidak akan terlihat dari Bumi. Fase bulan Baru ini 
ini akan terjadi pada jam  21:38 UTC atau jam 04:38 WIB.


-FEBRUARI-
14 Februari 2014 : Bulan Purnama
Bumi akan berada di antara Matahari dan Bulan, Sehingga Bulan yang disinari penuh oleh Matahari akan terlihat dengan sangat baik. Fase Bulan Baru ini akan terjadi pada jam 23:53 UTC atau jam 06:53 WIB.


-M A R E T-
1 Maret 2014 : Bulan Baru
Bulan akan berada di antara Bumi dan Matahari, menyebabkan Bulan tidak akan dapat diamati dari Bumi. Fase ini akan terjadi pada jam 08:00 UTC atau pada jam 15.00 WIB.

16 Maret 2014 : Bulan Purnama
Fase Bulan Purnama pada bulan Maret ini akan terjadi pada jam 17:08 UTC atau pada jam 00:08 WIB

20 Maret 2014 :
> Equinox Maret
Equinox maret terjadi jam 16:57 UTC atau pada jam 23:57 WIB. Matahari akan bersinar tepat di perpotongan ekliptik dan ekuator dimana seluruh belahan Bumi akan memiliki lama waktu siang dan malam hampir sama. Hari ini juga akan menjadi awal musim semi (vernal equinox) di belahan Bumi Utara dan menjadi awal musim gugur (autumnal equinox) di belahan Bumi Selatan.

> Okultasi Regulus
Informasi selengkapnya silahkan kunjungi Occultation Path and Information

30 Maret 2014 : Bulan Baru
Fase ini akan berlangsung pada jam 18:45 UTC atau pada jam 01.45 WIB.


-A P R I L-
8 April 2014 : Oposisi Mars
Mars akan berada pada jarak terdekatnya dengan Bumi. Namun walaupun demikian, Planet Mars hanya akan terlihat sebagai titik cahay atau menyerupai bintang. Pada saat itu pula terjadi formasi Matahari-Bumi-Mars yang berada dalam satu garis lurus. Dan pada saat-saat inilah waktu terbaik untuk mengamati planet Mars

15 April 2014 :
> Bulan Purnama
Fase ini akan terjadi pada jam 07:42 UTC atau jam 14:42 WIB

> Gerhana Bulan Total
Bulan Purnama akan melintasi bayangan Umbra Bumi, dengan keadaan tersebut memicu terjadinyaGerhana
Bulan Total. Umbra adalah bayangan inti yang berada di bagian tengah sangat gelap pada saat terjadi gerhana bulan. Gerhana Bulan Total 15 April 2014 ini bisa diamati dari Afrika selatan, Antartika dan sebelah timur Australia. (NASA Maps and Eclipse and Information)

21, 22 April 2014 : Hujan Meteor Lyrid
Hujan meteor Lyrids adalah hujan meteor dengan jumlah meteor yang jatuh, biasanya menghasilkan sekitar 20 meteor per jam pada waktu puncaknya. Meteor ini dapat menghasilkan jejak debu terang yang berlangsung selama beberapa detik. Biasanya puncak pada tanggal 21 April & 22, meskipun beberapa meteor dapat terlihat dari 16 April - 25 April. Bulan dalam fase gibbus (Bulan tampak benjol) bisa menjadi masalah tahun ini, karena menyembunyikan banyak meteor redup dalam silaunya cahaya bulan. Saat terbaik untuk dapat melihat hujan meteor Lyrids dari konstelasi Lyra ini adalah setelah lewat tengah malam, menjelang matahari terbit.

29 April 2014 :
> Bulan Baru : Fase ini tidak dapat dilihat dari Bumi, fase ini akan terjadi pada 06:14 UTC atau pada 13.14 WIB.

> Gerhana Matahari Cincin
Gerhana matahari Cincin terjadi saat Bulan berada di antara Matahari dan Bumi. Dan peristiwa Gerhana Matahari Cincin yang terjadi pada tanggal 29 April 2014 ini akan mulai terjadi wilayah Afrika Selatan, bergerak ke Antartika hingga berakhir di wilayah Australia (NASA Maps and Eclipse Information)


-M E I-
5,6 Mei 2014 : Hujan Meteor Eta Aquarids
Pada saat puncaknya, akan ada 5 - 10 meteor tiap jamnya. Bulan sabit akan terlihat ditengah-tengah pertunjukan hujan meteor ini, tetapi tidak menyebabkan masalah terlalu banyak. Titik cerah untuk hujan meteor ini akan berada di konstelasi Aquarius. Tampilan terbaik biasanya ke timur setelah tengah malam, jauh dari lampu-lampu kota.

10 Mei 2014 :
> Oposisi Saturnus
Matahari-Bumi-Saturnus berada dalam satu garis lurus. Saturnus akan berada pada jarak terdekatnya dari Bumi. Inilah saat yang cocok untuk mengamati Saturnus dan satelit alaminya.

> Astronomy Day Part 1 (Hari Astronomi bagian Pertama).
Hari Astronomi adalah acara tahunan yang dimaksudkan untuk memberikan sarana interaksi antara masyarakat umum dan penggemar astronomi berbagai kelompok dan profesional.
Tema Hari Astronomi adalah "Membawa Astronomi untuk Rakyat," dan pada hari ini astronomi dan klub ramalan dan organisasi lain di seluruh dunia akan merencanakan acara khusus. Anda dapat mencari tahu tentang acara lokal khusus dengan menghubungi astronomi setempat klub atau planetarium. Terkait event ini, silahkan kunjungi juga www.astroleague.org

14 Mei 2014 : Bulan Purnama
Bulan akan berada di antara Matahari dan Bulan, fase ini akan terjadi pada jam 19:16 UTC atau pada jam 02:16 WIB.

24 Mei 2014 : Kemungkinan terjadinya badai meteor
Fenomena badai meteor itu kemungkinan akan terjadi pada 24 Mei 2014 nanti. Bumi melewati wilayah debris komet kecil bernama 209P/LINEAR. Kemungkinan adanya badai meteor akibat 209P/LINEAR diungkapkan oleh dua pakar meteor, yaitu Esko Lyytinen dari Finlandia dan Peter Jenniskens dari NASA. Keduanya adalah dua pakar pertama yang menyatakan bahwa Bumi akan melewati wilayah debris komet itu pada Mei 2014.

Kala mendekati Matahari, material debu komet akan berhamburan, membentuk ekor gas. Ekor debu memanjang di belakang inti komet. Komet sendiri akan meninggalkan debris. Bumi sendiri terus berevolusi mengelilingi Matahari. Pada 24 Mei 2014, Bumi akan melewati wilayah dimana debris 209P/LINEAR terdapat. Ketika melewati wilayah itulah, atmosfer Bumi akan membakar material debu yang ditinggalkan oleh komet, menghasilkan meteor. Interaksi Bumi dengan debris komet atau asteroid biasanya akan menghasilkan 100 meteor per jam atau kurang, sehingga fenomenanya disebut hujan meteor.

209P/LINEAR adalah komet yang ditemukan pada tahun 2004. Nama komet diambil dari nama proyek penemuannya, Lincoln Near-Earth Asteroid Research (LINEAR).

28 Mei 2014 : Bulan Baru
Bulan akan berada di antara Bumi dan Matahari, fase ini akan terjadi pada 18:40 UTC atau jam 01.40 WIB dan tidak akan terlihat dari Bumi.

-J U N I-
7 Juni 2014 : Konjungsi Bulan dan Mars
Konjungsi merupakan sebuah fenomena dimana dua obyek yang memiliki jarak relatif jauh antara satu sama lain kemudian bergerak seolah-olah saling mendekat dan berada hampir atau bahkan satu garis lurus. Dan peristiwa seperti itulah yang akan terjadi pada Bulan dan Planet Mars pada tanggal 7 Juni 2014. Keduanya akan berjarak 2 derajat saja di langit, bisa diamati di langit saat sore hari.

13 Juni 2014 : Bulan Purnama
Bumi akan berada di antara Matahari dan Bulan, fase ini terjadi pada jam 04:11 UTC atau pada jam 11:11 WIB, dan bisa terlihat jelas dari Bumi.

21 Juni 2014 : Titik Balik Matahari bulan Juni (Solstice June)
Titik balik matahari terjadi Juni jam 10:51 UTC atau pada jam 17:15 WIB. Kutub Utara bumi akan miring ke arah Matahari, yang akan telah mencapai posisi paling utara di langit dan akan langsung di atas Tropic of Cancer pada 23,44 derajat lintang utara. Ini adalah hari pertama musim panas (summer solstice) di belahan bumi utara dan hari pertama musim dingin (winter solstice) di belahan bumi selatan.

27 Juni 2014 : Bulan Baru
Fase ini akan terjadi pada jam 08:08 UTC atau jam 15.08 WIB.


-J U L I-
12 Juli 2014 : Bulan Purnama
Fase ini akan terjadi pada jam 11:25 UTC atau pada jam 18:25 WIB

26 Juli 2014 : Bulan Baru
Fase ini akan terjadi pada jam 22:42 UTC atau pada jam 05.42 WIB.

28, 29 Juli 2014 : Hujan Meteor Delta Aquarid Selatan
Delta Aquarids akan menghasilkan 20 meteor per jam saat puncaknya. Titik radiant ada di konstelasi Aquarius. Akan dimulai tengah malam.


-AGUSTUS-
10 Agustus 2014 : Bulan Purnama
Fase ini berlangsung pada jam 18:09 UTC atau pada jam 01:09 WIB

12, 13 Agustus 2014 : Hujan meteor Perseid
Hujan meteor Perseid adalah salah satu hujan meteor terbaik untuk diamati, memproduksi hingga 60 meteor per jam pada puncak mereka. Puncaknya biasanya terjadi pada tanggal 13 dan 14 Agustus, tetapi Anda mungkin dapat melihat beberapa meteor setiap saat dari 17 Juli-24 Agustus. Cari lokasi yang jauh dari lampu-lampu kota dan melihat ke laut setelah tengah malam.  Titik terbaik untuk mengamatinya berada di rasi Perseus. Tapi bisa terlihat di bagian mana saja di permukaan langit.

18 Agustus 2014 : Konjungsi Venus dan Jupiter
Planet Venus dan planet Jupiter akan berdekatan di langit Barat saat senja.
Konjungsi merupakan sebuah fenomena dimana dua obyek yang memiliki jarak relatif jauh antara satu sama lain kemudian bergerak seolah-olah saling mendekat dan berada hampir atau bahkan satu garis lurus.

25 Agustus 2014 : Bulan Baru
Fase ini akan terjadi pada jam 14:13 UTC atau pada jam 21.14 WIB.

29 Agustus 2014 : Oposisi Neptunus
Matahari-Bumi-Neptunus satu garis lurus. Dengan demikian, Neptunus berada pada jarak terdekatnya dengan Bumi. Namun, walau berada pada jarak terdekatnya dengan Bumi, tetap saja dibutuhkan teleskop canggih untuk mengamati planet Neptunus karena terlalu redup untuk diamati dari Bumi dengan mata telanjang. Planet Neptunus pada saat peristiwa oposisi tanggal 29 Agustus 2014 hanya akan terlihat sebagai titik biru kecil.


-SEPTEMBER-
9 September 2014 : Bulan Purnama
Fase ini akan terjadi pada jam 01:38 UTC atau pada jam 08:38 WIB

23 September 2014 : Equinox September
Equinox September 2014 terjadi pada jam 02:29 UTC atau pada jam 09:29 WIB. Matahari akan bersinar tepat di perpotongan ekliptik dan ekuator. Kala itu lama waktu siang dan malam dalam waktu di seluruh dunia yang hampir sama. Hari ini juga akan menjadi awal musim gugur (autumnal equinox) di belahan Bumi Utara dan menjadi awal musim semi (vernal equinox) di belahan Bumi Selatan.

24 September 2014 : Bulan Baru
Fase ini akan terjadi pada jam 06:14 UTC atau pada jam 01:14 UTC


-OKTOBER-
4 Oktober 2014 : Astronomy Day Part 2 (Hari Astronomi bagian Kedua). 
Hari Astronomi adalah acara tahunan yang dimaksudkan untuk memberikan sarana interaksi antara masyarakat umum dan penggemar astronomi berbagai kelompok dan profesional. 
Tema Hari Astronomi adalah "Membawa Astronomi untuk Rakyat," dan pada hari ini astronomi dan klub ramalan dan organisasi lain di seluruh dunia akan merencanakan acara khusus. Anda dapat mencari tahu tentang acara lokal khusus dengan menghubungi astronomi setempat klub atau planetarium.

7 Oktober 2014 : Oposisi Uranus
Matahari-Bumi-Neptunus satu garis lurus. Uranus berada pada jarak terdekatnya dengan Bumi. Walaupun begitu, tetap saja dibutuhkan teleskop canggih untuk mengamatinya. Dari Bumi, Planet Uranus akan terlihat sebagai titik kebiruan atau kehijauan pada saat oposisinya tersebut.

8 Oktober 2014 : Bulan Purnama
Fase ini akan terjadi pada jam 10:51 UTC atau pada jam 17:51 WIB

8 Oktober 2014 : Gerhana Bulan Total
Fenomena Gerhana bulan Total yang terjadi pada 8 Oktober 2014 ini akan terlihat di Utara dan Selatan Amerika, Asia Timur, Australia. Informasi selengkapnya silahkan kunjungi NASA Map and Eclipse Information

8, 9 Oktober 2014 : Hujan Meteor Draconid
Hujan meteor Draconids puncaknya terjadi pada 8 Oktober. Jumlah meteor yang dihasilkan bervariasi. Biasanya hanya menghasilkan 10 meteor per jam. Hujan meteor Draconids berasal dari sisa-sisa debu komet Giacobini-Zinner.

21-22 Oktober 2014 : Hujan Meteor Orionid
Hujan Meteor Orionids adalah hujan meteor yang rata-rata memproduksi sekitar 20 meteor per jam pada saat puncaknya. Biasanya puncak terjadi pada tanggal 21, tetapi sangat tidak teratur. 
Cara terbaik untuk mengamatinya adalah pada setiap pagi sejak tanggal 20 - 24, dan beberapa meteor dapat dilihat setiap saat sejak tanggal 17 - 25. Bulan akan menjadi masalah karena cahayanya dapat meredupkan terangnya cahaya-cahaya meteor yang jatuh. Tampilan terbaik akan ke timur setelah tengah malam. Pastikan untuk menemukan lokasi yang gelap jauh dari lampu-lampu kota. 

23 Oktober 2014 : 
> Bulan Baru
Fase ini akan terjadi pada jam 21:57 UTC atau pada jam 04:57 WIB.

> Gerhana Matahari Sebagian
Gerhana Matahari Sebagian ini hanya bisa diamati di Amerika Utara. Informasi selengkapnya, kunjungi NASA Map and Eclipse Information.


-NOVEMBER-
5,6 November 2014 : Hujan Meteor Taurids
Meteor akan muncul dari konstelasi Taurus dan berasal dari dua aliran yang terpisah. Yang pertama dihasilkan oleh butir debu dari Asteroid 2004 TG10 dan Aliran kedua dihasilkan oleh puing-puing yang ditinggalkan oleh Komet Encke 2P. Diperkirakan akan ada 5 hingga 10 meteor pada setiap jamnya, sehingga hujan meteor Taurids termasuk kategori hujan meteor minor. Meskipun begitu, hujan meteor Taurids menempati posisi istimewa sebab dengan kecepatan relatif kecil dibanding hujan-hujan meteor lainnya (yakni hanya 27 km/detik) dan ukuran meteoroid kerap cukup besar, hujan meteor Taurids kerap memproduksi meteor terang (fireball).

6 November 2014 : Bulan Purnama
Fase ini akan terjadi pada jam 22:23 UTC atau pada jam 05:23 WIB

17, 18 November 2014 : Hujan Meteor Leonid
Hujan Meteor Leonids adalah salah satu hujan meteor yang lebih baik untuk diamati, menghasilkan rata-rata 40 meteor per jam pada puncak mereka. Mandi itu sendiri memiliki tahun puncak siklus setiap 33 tahun di mana ratusan meteor bisa dilihat setiap jam. Yang terakhir ini terjadi pada tahun 2001. 
Biasanya puncak terjadi pada 17 & 18, tetapi Anda dapat melihat beberapa meteor pada tanggal 13 - 20. Cahaya Bulan purnama akan menjadi kendala untuk mengamati hujan Meteor Leonids ini, namun dengan sampai 40 meteor per jam mungkin, ini masih bisa menjadi acara yang baik. Akan memancar dari konstelasi Leo setelah tengah malam. 

22 November 2014 : Bulan Baru
Fase ini akan terjadi pada jam 12:32 UTC atau pada jam 19:32 WIB


-DESEMBER-
6 Desember 2014 : Bulan Baru
Fase ini akan terjadi pada jam 12:27 UTC atau pada jam 19:27 WIB

13, 14 Desember 2014 : Hujan meteor Geminid
Dianggap oleh banyak orang sebagai hujan meteor terbaik di langit, Geminid dikenal dapat menghasilkan hingga 60 meteor per jam warna-warni di puncak mereka. 
Puncaknya terjadi sekitar tanggal 13 & 14, meskipun beberapa meteor akan terlihat dari 06-19 Desember. Titik cerah untuk mandi ini akan berada di konstelasi Gemini. Cahaya bulan akan menganggu pengamatan hujan meteor Geminid tahun ini. Tapi dengan jumlah sampai 60 meteor per jam, ini seharus menjadi pertunjukan langit yang baik. Tampilan terbaik biasanya ke timur setelah tengah malam dari lokasi yang gelap.

21 Desember 2014 : Titik Balik Matahari bulan Desember (Solstice Desember)
Titik balik matahari Desember terjadi di jam 23:03 UTC atau pada jam 06:03 WIB. Kutub Selatan Bumi akan condong ke arah Matahari sehingga Matahari berada pada titik balik selatan (Tropic of Capricorn) dengan deklinasi 23,44°. Peristiwa ini menandai awal musim dingin (winter solstice) di belahan Bumi Utara dan awal musim panas (summer solstice) di belahan Bumi Selatan. 

22 Desember 2014 : Bulan Baru
Fase ini akan terjadi pada jam 01:36 UTC atau pada jam 08:36 WIB

22, 23 Desember 2014 : Hujan Meteor Ursids
Hujan meteor Ursids termasuk kategori hujan meteor minor, sebab pada puncaknya biasanya hanya mampu menghasilkan 5 hingga10 meteor saja per jamnya

Semoga bermanfaat ^_^

Wassalamualaikum...Wr.Wb.