Thursday, July 17, 2014

Mengenal Kepribadian Introvert, Ekstrovert, dan Ambievert

5 comments
Assalamualaikum...

Kita, sebagai manusia memiliki keunikan dengan segala kepribadian dan ciri khasnya masing-masing. Menurut seorang psikolog dari Swiss, Carl Gustav Jung, terdapat 3 jenis kepribadian umum pada manusia, yaitu Introvert, Ekstrovert, dan Ambievert.
Carl Gustav Jung
(26 Juli 1875 - 6 Juni 1961)
adalah psikiater Swiss dan perintis psikologi analitik
Ketiga kepribadian tersebut memiliki pandangan berbeda dalam hal pengambilan keputusan, interaksi sosial, respon terhadap masalah, komunikasi verbal dan non verbal, serta berbagai respon sosial lainnya.

Lalu apa itu Introvert, Ekstrovert, dan Ambievert?

  1. Introvert
    Manusia dengan kepribadian introvert cenderung menutup diri dari dunia luar. Tipe ini lebih banyak menghabiskan sebagian besar waktu mereka untuk kegiatan soliter, seperti membaca, menulis, menggunakan komputer, serta lebih menyukai berada dalam kesunyian atau tempat tenang. Mereka analitis sebelum berbicara, merasa kurang nyaman karena terlalu banyak pertemuan dan keterlibatan sosial,  lebih senang bekerja sendirian, serta lebih suka berinteraksi secara one on one interaction. Keunggulan dari tipe kepribadian ini adalah mereka berpikir dulu sebelum berbicara atau melakukan sesuatu, mereka adalah pendengar yang baik, dan bersikap analitis.

  2. Ekstrovert.
    Ekstrovert merupakan kebalikan dari introvert, kepribadian ekstrovert cenderung lebih membuka diri terhadap dunia luar. Mereka menyukai keramaian, dengan banyak interaksi dan aktivitas sosial. Tipe kepribadian ini lebih mudah mengungkapkan perasaan melalui kata-kata, mudah bosan dengan kesendirian, dan lebih senang bercerita daripada mendengarkan. Keunggulan dari tipe ekstrovert adalah kepercayaan diri antusiasme yang tinggi, mudah bergaul, aktif, dan dapat berinteraksi dengan banyak orang sekaligus.

  3. Ambievert
    Ambievert merupakan kepribadian gabungan antara Introvert dan Ekstrovert. Kelebihan dari tipe ini, mereka nyaman berada di tengah keramaian dan berbagai aktivitas sosial, tetapi juga rileks dengan kesendirian. Kekurangan dari kepribadian ambievert adalah mereka cenderung moody, karena sifat yang berubah-ubah.

Adakah Penyebab Seseorang Menjadi Seorang Introvert atau Ekstrovert?
Jawabnya adalah ada. Menurut penelitian yang dirilis pada jurnal Frontiers in Human Neuroscience, menemukan bahwa ada cara pemrosesan informasi di otak yang berbeda pada kepribadian introvert dan ekstrovert.

Hasil penelitian tersebut diperkuat oleh Michael Cohen, seorang peneliti dari University of Amsterdam yang menyebutkan adanya keterkaitan antara fungsi dopamin dan respon terhadap hal baru. Dopamin merupakan zat kimia di otak yang mengatur respon terhadap suatu rangsangan.

Para peneliti melakukan pengujian terhadap kelompok ekstrovert dan introvert dengan permainan judi. Saat memenangkan permainan, mereka memindai aktivitas otak melalui proses scan otak. Dari proses tersebut, kelompok ekstrovert menunjukkan respon lebih kuat di area otak amigdala dan nucleus accumbens dibandingkan dengan kelompok introvert. Amigdala berfungsi untuk memproses rangsangan emosional, sedangkan nucleus accumbens berhubungan dengan produksi hormone dopamin.

Beberapa Mitos dan Fakta tentang Introvert dan Ekstrovert
  • Mitos 1 :  Seorang Introvert adalah seseorang yang pemalu
    Faktanya, meskipun  tentu saja ada introvert pemalu. Akan tetapi introvert dan rasa malu tidak sama. Menurut Helgoe, seorang asisten professor psikologi Davis & Elkins College West Virginia, kepribadian introvert terlihat pemalu karena mereka cenderung berpikir sebelum berbicara, serta memproses sesuatu secara internal, berbeda dengan ekstrovert yang lebih spontan dalam mengungkapkan sesuatu.

  • Mitos 2 : Seorang Introvert Tidak Dapat Menjadi Public Speaker
    Faktanya, setengah dari public speaker dunia adalah seorang introvert. Seorang introvert dapat menjadi public speaker bila mereka mempersiapkan diri dan berlatih dengan baik, serta menyadari jika mereka menarik.

  • Mitos 3 : Seorang Introvert adalah seseorang yang juga berkepribadian kasar
    Faktanya, ini keliru. Seorang introvert sering tidak melihat alasan perlunya untuk berbasa-basi sosial. Mereka ingin semua orang menjadi riil dan jujur. Sayangnya, hal ini tidak diterima di kebanyakan situasi, sehingga introvert merasakan banyak tekanan untuk menyesuaikan diri, dan bagi mereka ini melelahkan.

  • Mitos 4 : Seorang Introvert tidak suka pergi ke tempat umum.
    Faktanya, seorang Introvert hanya tidak ingin pergi keluar di depan umum untuk waktu yang lama. Mereka juga ingin menghindari komplikasi yang terlibat dalam kegiatan publik. Mereka mengambil data dan situasi dengan sangat cepat, dan sebagai hasilnya, mereka tidak perlu berada di sana untuk waktu yang lama untuk mehamami kegiatan publik yang tengah berlangsung. Lalu mereka siap untuk pulang, mengisi ulang energi, dan memproses semua pengalamannya tadi.

  • Mitos 5 : Seorang Ekstrovert bukan pendengar yang baik
    Faktanya, seorang Ekstrovert dapat menjadi pendengar yang baik karena mereka mampu mengembangkan hubungan dengan orang lain dan tahu bagaimana membuat orang lain merasa nyaman. Mereka menjadi menarik karena mampu melontarkan pertanyaan terbuka, sehingga membuat suasana menjadi lebih hidup.

  • Mitos 6 : Seorang Ekstrovert tidak menyukai kesendirian dan suasana yang tenang
    Faktanya, setiap orang memerlukan “Me Time” untuk memperbaiki mood dan membuat lebih bersemangat. Tipe ekstrovert menghabiskan “Me Time” dengan dosis yang lebih sedikit dan cara yang berbeda.

  • Mitos 7 : Seorang Ekstrovert berpikiran dangkal
    Faktanya, seorang Ekstrovert (maupun introvert) memiliki cara masing-masing dalam hal memproses informasi. Tipe ekstrovert lebih aktif dalam memulai percakapan, tetapi memerlukan waktu untuk eksplorasi secara lebih mendalam dan tak jarang mereka memiliki gagasan lebih baik tentang suatu hal.


  • Mitos 8 : Seorang Ekstrovert secara alami mampu dan menyukai kegiatan berbicara di depan umum

    Faktanya, meskipun mereka banyak bicara dan mereka senang bertemu dengan orang-orang baru, tidak brarti bahwa mereka selalu menikmati berbicara di depan umum. Karena seperti yang diketahui bahwa berbicara di hadapan bisa sangat menakutkan, bahkan untuk seorang ekstrovert sekalipun. Jadi, tidak semua mereka yang berkepribadian ekstrovert menyukai berbicara di depan umum. Selain itu, perlu diketahui juga bahwa untuk menjadi seseorang yang mahir berbicara di depan umum tetap diperlukan latihan, sekalipun untuk seseorang yang berkepribadian ekstrovert yang seringnya bisa lebih mudah beradaptasi dengan cepat dalam situasi sosial.
Dengan pengertian, kelebihan dan kekurangan juga beberapa mitos dan fakta mengenai kepribadian Introvert dan Ekstrovert seperti yang tertulis diatas, perlu diketahui juga bahwa sebenarnya Ekstrovert maupun Introvert akan berkembang baik jika dikelola secara baik pula. 

Seperti yang kita ketahui bahwa kepribadian manusia itu selain unik juga kompleks. Mereka dibentuk dari pengalaman, sejarah pribadi, interaksi, dan budaya dimana mereka dibesarkan.

Seorang introvert mendapat kekuatan dari ide dan refleksi batin, sedangkan ekstrovert melalui kegiatan eksternal. Kedua kepribadian ini memiliki kekuatannya masing-masing. Apapun kecenderungan seseorang, baik introvert maupun ekstrovert, jika ia mampu menerima diri sendiri dan mengembangkan kemampuan yang dimiliki, maka ia akan bertumbuh menjadi pribadi yang baik pula.

Wassalamualaikum... Wr. Wb.

Referensi :
Wikipedia, PsychCentral, Psychology.about.com, Lefrancus (1979 : 421), Hall dan Lindzey (1978 : 125), Pervin (1993 : 302), Aiken (1993 : 86 – 87)

Sunday, July 13, 2014

Mengenal Bipolar Disorder

4 comments
Assalamualaikum...

Setiap orang pada umumnya pernah mengalami suasana hati yang baik (mood high) dan suasana hati yang buruk (mood low). Akan tetapi , seseorang yang menderita bipolar disorder memiliki mood swings yang ekstrim alias tidak wajar yaitu pola perasaan yang mudah berubah secara drastis. Suatu ketika, seorang pengidap bipolar disorder bisa merasa sangat antusias dan bersemangat (mania). Namun, ketika mood-nya berubah buruk, ia bisa sangat depresi, pesimis, putus asa, bahkan sampai mempunyai keinginan untuk bunuh diri (depresi).

Bipolar disorder (Gangguan Bipolar, dalam bahasa Indonesia) bisa juga disebut sebagai gangguan manic-depresif adalah jenis penyakit psikologi,  dan merupakan gangguan otak yang menyebabkan atau ditandai dengan adanya perubahan mood (alam perasaan), energi dan aktivitas yang sangat ekstrim pada diri seseorang, yaitu berupa depresi dan mania. 

Pengambilan istilah bipolar disorder mengacu pada suasana hati penderitanya yang dapat berganti secara tiba-tiba antara dua kutub (bipolar) yang berlawanan yaitu kebahagiaan (mania) dan kesedihan (depresi) yang ekstrim.

Gejala yang ditimbulkan Gangguan Bipolar sangat mengganggu, berbeda dengan naik turunnya mood yang biasa dialami oleh orang pada umumnya. Bahkan selain memengaruhi kemampuan untuk melakukan tugas atau pekerjaan sehari-hari, gejala gangguan Bipolar bisa menyebabkan rusaknya hubungan sosial, performa sekolah atau pekerjaan yang buruk, dan bunuh diri.


Gejala Dan Tanda Gangguan Bipolar
Orang dengan Gangguan Bipolar merasakan emosi intens yang tidak biasa, hal ini terjadi di periode tertentu yang disebut Episode Mood. Masing-masing Episode Mood merepresentasikan perubahan drastis dari mood dan perilaku normal seseorang. Ketika seseorang dengan Gangguan Bipolar terlalu gembira atau excited berarti orang ini berada pada Episode Manic. Di episode Manic seseorang akan menampilkan perubahan perilaku seperti berbicara dengan sangat cepat, melompat-lompat dari satu ide ke ide yang lain, sangat mudah terganggu, bertambahnya kuantitas aktifitas secara cepat, tidak mudah merasa lelah dan waktu tidur menjadi jauh lebih sedikit, timbul kepercayaan yang tidak realistis pada kemampuan diri sendiri.

Sebaliknya jika ia merasakan sedih yang sangat mendalam dan tidak berdaya berarti orang ini berada pada Episode Depresi. Ia akan kehilangan minat pada aktifitas yang biasanya disenangi. Selain itu akan muncul masalah pada konsentrasi, mengingat, dan membuat keputusan. Bahkan memikirkan kematian atau bunuh diri atau sampai melakukan percobaan bunuh diri.

Gangguan Bipolar bisa terjadi meskipun ketika perubahan mood tidak terlalu ekstrim. Bisa saja, beberapa orang dengan Gangguan Bipolar mengalami hypomania, yaitu episode Manic yang tidak terlalu parah. Ketika episode hypomania, seseorang akan merasa sangat baik, produktivitas tinggi, dan berfungsi dengan optimal. Seseorang mungkin tidak merasa ada yang salah dengan dirinya, tapi keluarga dan sahabat terdekat biasanya bisa menyadari adanya perubahan mood yang tidak biasa. Jika gejala seperti ini diteruskan tanpa ada penanganan yang tepat, orang dengan hypomania akan mengalami mania atau depresi yang parah.

Faktor-Faktor Pemicu Gangguan Bipolar
Hampir semua ilmuwan yang meneliti tentang penyakit ini menyatakan bahwa tidak ada penyebab tunggal yang bisa memicu Gangguan Bipolar. Ada banyak faktor resiko yang bergabung dan menghasilkan Gangguan Bipolar.

  1. Genetik dan Lingkungan
    Gangguan Bipolar cenderung diwariskan di keluarga. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa orang dengan susunan gen tertentu akan lebih rentan untuk terkena Gangguan Bipolar dibandingkan orang kebanyakan. Menurut penelitian Finn dan Smoler tahun 2003, keluarga dekat orang yang terkena gangguan Bipolar memiliki resiko 10 kali lipat terkena gangguan Bipolar. Kemunculan gangguan bipolar yang lebih dini juga terkait dengan resiko genetik. Tapi genetik bukan satu-satunya faktor resiko dari Gangguan Bipolar. Faktor genetik ini dapat terpicu apabila lingkungan juga mendukung munculnya gangguan Bipolar, seperti lingkungan yang stressfull.

  2. Fungsi dan Struktur Otak
    Salah satu penelitian menggunakan MRI menemukan bahwa korteks prefrontal otak pada orang dewasa dengan Gangguan Bipolar cenderung lebih kecil dan kurang berfungsi dibandingkan orang dewasa tanpa Gangguan Bipolar. Prefrontal Korteks adalah bagian otak yang terlibat dalam fungsi eksekutif seperti pemecahan masalah dan pembuatan keputusan.

Penanganan Gangguan Bipolar
Gangguan Bipolar bisa timbul mulai dari masa kanak-kanak sampai tua. Kebanyakan kasus terjadi pada dewasa muda berusia 20-30 tahun. Semakin dini seseorang menderita bipolar, risiko penyakit akan lebih berat, berkepanjangan, bahkan sering kambuh. Sementara anak-anak berpotensi mengalami perkembangan gangguan ini ke dalam bentuk yang lebih parah dan sering bersamaan dengan gangguan hiperaktif defisit atensi. Orang yang berisiko mengalami gangguan bipolar adalah mereka yang mempunyai anggota keluarga mengidap penyakit bipolar.

Gangguan Bipolar memang biasanya akan berlangsung seumur hidup. Bipolar memang tidak bisa disembuhkan sepenuhnya, tapi bisa ditangani secara efektif dengan treatment jangka panjang. Jadi, orang dengan Gangguan Bipolar tetap bisa menjalani hidup yang produktif. Penanganan yang tepat membantu orang dengan gangguan Bipolar mengontrol perubahan mood yang terjadi pada dirinya.

Penanganan yang efektif biasanya menggabungkan antara farmakologi atau penggunaan obat dan psikoterapi. Untuk penanganan dengan obat-obatan, seseorang harus berkonsultasi dengan psikiater atau berobat ke pusat kesehatan.

Obat yang biasa digunakan untuk mengatasi gejala Bipolar adalah penstabil mood, antipsikotik, dan antidepresan. Masing-masing obat ini memiliki efek samping yang berbeda-beda pada tubuh penggunanya dan seringkali sangat tidak nyaman, seperti diare, penglihatan kabur, dan pusing, namun obat-obatan ini harus tetap dikonsumsi secara rutin.

Untuk psikoterapi, ada beberapa teknik yang bisa dipilih dalam penanganan gangguan Bipolar. Cognitive Behavioral Therapy (CBT) adalah teknik psikoterapi yang diterapkan pada individu dengan Bipolar Disoreder. Teknik ini membantu mereka untuk belajar mengubah pikiran dan perilaku yang merusak atau negatif . Family-focused therapy adalah teknik yang melibatkan anggota keluarga. Teknik ini membantu keluarga untuk mengenali gejala-gejala yang mungkin timbul dan apa yang bisa dilakukan oleh keluarga. Teknik ini juga berusaha meningkatkan komunikasi dan kemampuan penyelesaian masalah dalam keluarga. Interpersonal and social rhythm therapy adalah teknik yang berusaha meningkatkan kemampuan sosial orang dengan Gangguan Bipolar.

Hal-Hal yang Harus Dilakukan Jika Menemui Orang Dengan Gangguan Bipolar
Jika kamu menemukan seseorang dengan Gangguan Bipolar, hal pertama dan terpenting yang harus dilakukan adalah membantunya untuk memeroleh bantuan berupa diagnosa dan penanganan yang tepat.

Kamu bisa mengantarkannya ke psikiater, psikolog, atau pusat kesehatan terdekat. Beri dukungan agar orang tersebut mau memeroleh penanganan. Selain itu, Kamu juga bisa melakukan beberapa hal di bawah ini untuk membantu teman atau keluarga yang mengalami Gangguan Bipolar :
  1. Beri dukungan emosional, pengertian, dan kesabaran baginya
  2. Pelajari tentang Gangguan Bipolar, sehingga Kamu dapat memahami apa yang ia rasakan
  3. Ingatkan dan kontrol jalannya penangan, baik obat-obatan maupun psikoterapi.
  4. Jangan pernah mengabaikan keinginannya untuk menyakiti diri sendiri, laporkan dan konsultasikan dengan tenaga kesehatan.

Bagaimana Jika Kamu Sendiri Merasakan Gejala Bipolar...
Segera cari bantuan ke tenaga kesehatan, baik psikiater, psikolog, maupun pusat kesehatan lainnya untuk mendapat penanganan. Selain itu :
  1. Tetap jaga rutinitas sehari-hari.
    Seperti tidur, makan dan berolahraga secara teratur.
  2. Jauhkan stress.
  3. Pelajari sebanyak yang kamu bisa tentang gangguan bipolar.
    Semakin banyak kamu tahu, semakin baik kamu akan berada dalam membantu pemulihan kamu sendiri.
  4. Monitor suasana hati kamuPerhatikan tanda-tanda suasana hati kamu saat terasa mulai berayun di luar kendali sehingga kamu dapat menghentikan masalah sebelum dimulai.
  5. Jangan pernah meninggalkan obat yang telah diresepkan oleh tenaga kesehatan.
Wassalamualaikum... Wr. Wb.



Sumber :
http://id.wikipedia.org/wiki/Gangguan_bipolar
http://www.nimh.nih.gov/health/topics/bipolar-disorder/index.shtml
http://health.kompas.com/read/2013/10/08/1322091/Penderita.Bipolar.Biasanya.Pintar.
Smoller, J.W. & Finn, C.T. 2003. Family, Twin, and Adoption Studies of Bipolar Disorder. American Journal of Medical Genetics Part C. 123C, pp : 48-58.

Sunday, July 6, 2014

Book Review - Eneagram, Mengenal 9 Tipe Kepribadian Manusia dengan Lebih Asyik karya Renee Baron & Elizabeth Wagele

41 comments
Assalamualaikum...

Buku berjudul Eneagram, Mengenal 9 Tipe Kepribadian Manusia dengan Lebih Asyik yang ditulis oleh Renee Baron & Elizabeth Wagele ini merupakan buku pertama yang aku baca di bulan Juli ini. I don't know why... sekarang-sekarang ini lagi malas baca buku, hehee... Tapi, buku bertema psikologi ini, semalam saya baca sampai selesai lho... makanya ini ngantuknya masih sangat berasaaa sekali...

Mungkin diantara yang sedang membaca tulisan ini, ada yang sudah membaca juga buku ini? Bagus banget kan ya bukunya....

Buat yang belum baca, ini aku kasih bocoran yaa...

Identitas Buku
Judul : Eneagram, Mengenal 9 Tipe Kepribadian Manusia dengan Lebih Asyik
Judul Asli : The Enneagram Made Easy: Discover the 9 Types of People
Penulis : Renee Baron dan Elizabeth Wagele
Bahasa : Indonesia
Penerjemah : Leinovar Bahfein
Penerbit : PT Serambi Ilmu Semesta
Jumlah Halaman : 213
Ukuran buku : 150x230mm
Jenis Cover : Soft Cover
Kategori : Pengembangan diri
ISBN : 979-16-0006-6
Rilis pertama di Indonesia : November 2005
Beli di : Alinea BookCorner Sumedang
Harga : Rp. 32.900,-

Review
Kepribadian manusia selalu menjadi tema yang menarik untuk dicari tahu, bukan? Apalagi kepribadian diri kita sendiri. Selain dengan mengikuti berbagai tes psikologi untuk mengetahui “Seperti apakah diri kita sesungguhnya”, ada satu metode yang bisa digunakan untuk mengetahui kepribadian manusia yaitu menggunakan Enneagram.

Eneagram membagi tipe kepribadian manusia menjadi sembilan tipe yaitu perfeksionis, penolong, pengejar prestasi, romantis, pengamat, pencemas, petualang, pejuang dan pendamai.

Eneagram adalah studi tentang sembilan tipe dasar manusia. Studi ini memberi  penjelasan mengapa kita seperti ini dan memberi pengarahan tertentu bagi pertumbuhan seseorang. Enegram juga merupakan sarana penting untuk mengembangkan hubungan dengan keluarga, teman dan rekan kerja.

Eneagram telah ada sejak ratusan tahun lalu. Asal persisnya tidak diketahui, namundiyakini telah diajarkan secara lisan  dalam kelompok Sufi rahasia di Timur Tengah. Guru mistis Russia, G.I Gurdjieff lalu mengenalkan studi ini ke Eropa tahun 1920-an dan akhirnya sampai di Amerika Serikat pada tahun 1960-an.

Sistem Eneagram digambarkan dengan suatu lingkaran yang berisi sebentuk bintang bertitik sembilan. Dalam bahasa Yunani, "Enea" adalah berarti "angka sembilan" dan "gram" artinya "sebuah gambar". Jadi,  Eneagram berati "sebuah gambar bertitik sembilan"


Sedikit penjelasan tentang gambar diatas, setiap tipe pada Eneagram berhubungan langsung dengan 2 tipe lainnya yang disebut sebagai panah. Tipe 1 berhubungan dengan tipe 7 dan 4, tipe 2 dengan tipe 8 dan 4, dst (lihat gambar). Dinamika hubungan antar tipe ini terjadi sebagai berikut : jika dalam keadaan rileks tipe 1 akan mengambil karakter positif dari tipe 7, dan jika dalam keadaan tertekan akan mengambil karakter negatif dari panah sebaliknya, yaitu tipe 4.

Eneagram mengajarkan bahwa di awal kehidupan, kita belajar untuk mrasa aman dan untuk menghadapi kondisi dalam keluarga dan keadaan diri sendiri dengan mengembangkan suatu strategi yang didasari talenta dan kemampuan kita.

Dengan memanfaatkan Eneagram, kita dapat lebih memahami orang lain dan mempelajari sejumlah alternatif dalam pola perilaku kita sendiri. Kita terbebas dari strategi pengatasan masalah yang usang dan mulai memandang kehidupan dari sudut pandang yang lebih luas.

Berikut adalah gambaran ringkas kesembilan tipe kepribadian manusia :

Tipe 1 Perfeksionis (The Perfectionist)
Realistis, penuh pertimbangan, dan memegang prinsip. Mereka berusaha menjalani hidup dengan standar ideal tinggi.
Orang dengan tipe ini termotivasi oleh kebutuhan untuk hidup dengan benar, memperbaiki diri sendiri dan orang lain dan menghindari marah.

Tipe 2 Penolong (The Helper)
Hangat, peduli, pengasuh, dan peka terhadap kebutuhan orang lain.
Tipe kedua dimotivasi oleh kebutuhan untuk dicintai dan dihargai, mengekspresikan perasaan positif pada orang lain, dan menghindari kesan membutuhkan.

Tipe 3 Pengejar Prestasi (The Achiever)
Energik, optimis, percaya diri, dan berorientasi tujuan.
Para pengejar prestasi termotivasi oleh kebutuhan untuk menjadi orang yang produktif, meraih kesuksesan, dan terhindar dari kegagalan.

Tipe 4 Romantis (The Romantic)
Memiliki perasaan yang peka, pribadi yang hangat, dan pengertian.
Orang tipe romantis termotivasi oleh kebutuhan untuk memahami perasaan diri sendiri serta dipahami orang lain, menemukan makna hidup, dan menghindari citra diri yang biasa-biasa saja.

Tipe 5 Pengamat (The Observer)
Memiliki suatu kebutuhan akan pengetahuan, dan adalah pribadi yang introvert, pnuh rasa ingin tahu, analistis, dan berwawasan.
Orang tipe ini termotivasi oleh kebutuhan untuk mengetahui segala sesuatu dan alam semesta, merasa cukup dengan diri sendiri dan menjaga jarak, serta menghindari kesan bodoh atau tidak memiliki jawaban.

Tipe 6 Pencemas (The Questioner)
Bertanggung jawab, bisa dipercaya, dan menjunjung tinggi kesetiaan pada keluarga, teman, kelompok, dll. Kisaran kepribadian tipe ini cukup luas, mulai dari menarik diri dan kaku hingga berani mengungkapkan pikirannya dan melawan.
Orang tipe 6 termotivasi oleh kebutuhan untuk mendapatkan persetujuan, merasa diperhatikan, dan terhindar dari kesan pemberontak.

Tipe 7 Petualang (The Adventurer)
Terus terang, mengandalkan diri sendiri dan protektif.
Tipe 7 termotivasi oleh kebutuhan untuk merasa bahagia serta merencanakan hal-hal menyenangkan, memberi sumbangsih pada dunia, dan terhindar dari derita dan dukacita.

Tipe 8 Pejuang (The Asserter)
Energik, penuh vitalitas, dan optimis. Orang-orang bertipe ini ingin memberi sumbangsih kepada dunia.
Tipe pejuang termotivasi oleh kebutuhan untuk dapat mengandalkan diri sendiri, kuat, memberi pengaruh pada dunia, dan terhindar dari kesan lemah.

Tipe 9 Pendamai (The Peace maker)
Mudah menerima, suka menyenangkan orang lain, dan mendukung. Pribadi semacam ini mencoba menyatu dengan orang lain dan lingkungan sekitarnya.
Para pendamai dimotivasi oleh kebutuhan untuk menjaga kedamaian, menyatu dengan orang lain dan menghindari konflik.

Bagian akhir buku Eneagram ini berisi penjelasan tentang tipe-tipe kepribadian yang sudah diakui, yaitu Myers-Briggs Type Indicator (MBTI) dan kecocokannya dengan tipe-tipe dalam Eneagram. MBTI sendiri adalah suatu inventori kepribadian yang berlandaskan pemikiran dari Carl Gustav Jung, seorang psikiater asal Swiss. Inventori ini mengukur kecenderungan individu berdasarkan empat skala : ekstraversion atau introversion, sensing atau intuition, thinking atau feeling, serta judging atau perceiving. Terakhir, terdapat tabel hubungan antara sistem dalam Eneagram dan MBTI.

Beberapa hal yang menjadikan buku ini menarik dan penting untuk dibaca, menurut saya :
  1. diterjemahkan dengan baik
  2. disertai ilustrasi-ilustrasi yang menarik, jadi membacanya pun tidak membosankan...
  3. tersedia kuis di masing-masing bab tipe kepribadian, sehingga dapat membantu pembaca untuk menemukan tipe kepribadiannya dalam Eneagram
  4. disajikan juga gambaran tentang bagaimana individu dari suatu tipe ingin diperlakukan, sehingga membantu kita dalam bergaul dengan orang-orang disekitar dan memahami tipe mereka sedikit-demi sedikit
Dan masih menurut saya juga, berikut beberapa hal yang menjadi kekurangan buku ini :
  1. tidak jelas apakah kedua puluh pernyataan yang ada di tiap tipe tersebut didapat menggunakan metode penyusunan alat tes yang baik, sehingga memang benar-benar mampu menggambarkan tiap tipe dengan tepat.
  2. tabel perbandingan sistem dalam Eneagram dan MBTI tidak disertai penjelasan, sehingga menyulitkan pembaca (khususnya saya) untuk memahami arti tabel tersebut.
Secara keseluruhan, buku ini cocok bagi pembaca yang ingin mengenali kepribadiannya, namun tidak ingin membaca buku psikologi tentang teori kepribadian yang terkadang pembahasaannya tidak mudah untuk dipahami.
Yang saya rasa setelah membaca buku ini, sesuai dengan judulnya, buku ini membantu mengenali kepribadian kita dengan lebih asyik.

Dari gambaran ringkas kesembilan tipe kepribadian manusia yang tertulis diatas, kamu termasuk tipe atau tipe-tipe mana saja?

Oh iya, gak usah bingung, seandainya setelah mencocok-cocokan perilaku kamu, tipe kamu itu gak cocok dengan satu tipe saja. Kenapa bisa begitu? karena pada pembahasan tipe kepribadian seperti ini, bisa jadi seseorang itu termasuk ke dalam salah satu tipe dan tipe lainnya secara bersamaan

Berdasarkan buku ini, setelah saya coba kuisnya dan mencocokan perilaku saya sehari-hari, ternyata saya termasuk ke dalam tipe the perfectionist, the helperthe observer and the peace maker.

Wassalamualaikum... Wr. Wb.


Wednesday, July 2, 2014

Lama Waktu Berpuasa di Negara-Negara Lain dibelahan Dunia pada Tahun 2014

10 comments

Assalamualaikum...

Bagi umat muslim, ibadah puasa pada Bulan Suci Ramadhan adalah wajib hukumnya. Ada yang unik dari ibadah ini, yakni perbedaan durasi waktu menjalankan ibadah puasa di berbagai negara. 

Mengapa demikian? 

Perputaran Bumi dalam mengelilingi matahari tidaklah lurus melainkan miring. Hal ini menyebabkan dalam waktu tertentu (Maret - September), negara-negara di belahan bumi utara menerima cahaya matahari lebih lama dari yang di selatan, dan di waktu yang lain (Oktober - Februari) negara-negara dibelahan bumi selatan menerima cahaya matahari lebih lama dari yang di utara.

Nah, berhubung pelaksanaan ibadah puasa bulan Ramadhan tahun 2014 ini jatuh pada bulan Juli, dimana posisi Matahari mengalami penyinaran penuh pada belahan bumi bagian Utara, karena poros bumi bagian utara condong ke arah matahari sedangkan bumi bagian selatan condong menjauh dari Matahari, akibatnya negara-negara belahan utara mengalami puasa lebih panjang, sedangkan belahan Selatan jauh lebih singkat.

Untuk Indonesia waktu puasa cukup standar dan tidak berubah cukup jauh antara 12-13 jam walaupun di bulan-bulan lain. Pada Bulan Juli ini negara yang paling singkat waktunya melakukan puasa adalah negara Chile sekitar 9 Jam mulai dari pukul 05.30 - 15.00, sedangkan negara terlama waktu puasanya adalah Norwegia, Swedia, dan Finlandia sekitar 21 jam mulai dari pukul 03.20 - 23.20.

Berikut lama waktu puasa di negara-negara lain dibelahan dunia pada tahun 2014 :

Turki : 16 jam, Suriah : 16 jam, Lebanon : 16 jam, Palestina : 15 jam , Irak : 15 jam,

Bahrain : 15 jam , Kuwait : 15 jam , Qatar : 15 jam , Arab Saudi : 15 jam,

Uni Emirat Arab : 14 jam, Maroko : 16 jam, Tunisia : 16 jam, Aljazair : 16 jam

Libia : 16 jam, Mesir : 16 jam, Italia : 17 jam , Yunani : 17 jam, Spanyol : 17 jam

Portugal : 17 jam, Prancis : 17 jam ,  Swedia : 20 jam, Denmark : 20 jam

Luksemburg :17,5 jam,  Rusia : 20 jam, Ukraina : 17 jam, Belanda : 17 jam

Belgia : 17 jam, Swiss : 17,5 jam, Austria : 17,5 jam, Brasil : 9,5 jam

Argentina : 9 jam, Afrika Selatan : 10 jam, Afrika Barat : 13,5 jam

Islandia : 21 jam, Jerman : 20 jam, Polandia : 20 jam, Inggris : 20,5 jam

Norwegia : 20 jam, Finlandia : 20 jam, Australia : 9,5 jam, Kanada : 19 jam

AS : 20 jam, Selandia Baru : 9,5 jam, Indonesia : 12 jam, Malaysia : 12 jam

India : 12 jam, Afghanistan : 17 jam, Iran : 17 jam,

Untuk daerah Kutub Utara mengalami siang terus tanpa malam waktu puasa menetukan daerah terdekat, sedangkan Kutub Selatan mengalami malam terus tanpa siang dan disana sedang mengalami musim dingin ekstrem.

Semoga bermanfaat :)

Wassalamualaikum... Wr.Wb

Tuesday, July 1, 2014

Panduan untuk Menjaga Kesehatan Otak dan Jantung

8 comments
Assalamualaikum...

Memiliki otak yang sehat adalah penting pada usia apa pun, apakah anda berusia muda atau tua. Penelitian ilmiah menunjukkan bahwa hidup secara sehat untuk otak kita, terutama waktu kita setengah umur (umumnya antara umur 40 sampai 65 tahun), dapat mengurangi risiko mengalami demensia di masa kita berusia lanjut. 

Demensia (bahasa Inggris: dementia, senility) merupakan istilah yang digunakan untuk menjelaskan penurunan fungsional yang disebabkan oleh kelainan yang terjadi pada otak.

Untuk hidup secara sehat untuk otak, kita perlu menjaga otak kita, jantung kita dan tubuh kita. Itu semuanya penting.

Diterjemahkan dari situs Your Brain Matters, berikut uraian secara umum  dan singkat tentang panduan untuk menjaga kesehatan otak, jantung dan tubuh kita,

Menjaga Otak Kita Selalu Aktif itu Penting
Jaga agar otak anda terus ditantang dan tetaplah aktif bergaul. Para ilmuwan menemukan bahwa menantang otak kita dengan kegiatan-kegiatan baru membantu membentuk sel-sel otak yang baru dan memperkuat hubungan antara sel-sel tersebut. Ini membantu memberi otak lebih banyak 'cadangan' sehingga otak sanggup mengatasi tantangan secara lebih baik dan tetap bekerja dengan baik jika ada sel-sel otak yang rusak atau mati.

Pilihlah kegiatan yang menantang dan yang menyenangkan yang bisa anda lakukan. Tantanglah diri anda sesering mungkin dan pelajari hal-hal baru yang anda temukan sepanjang hidup anda. Ikut serta dalam pergaulan dan berinteraksi dengan orang-orang lain membuat sel-sel otak kita terlatih dan memperkuat hubungan-hubungan di antara mereka. Pergaulan yang menyangkut kegiatan mental dan kegiatan fisik memberikan manfaat yang lebih besar lagi bagi kesehatan otak dan mengurangi risiko menderita demensia.

Demensia bukan berupa penyakit dan bukanlah sindrom. Pikun merupakan gejala umum demensia, walaupun pikun itu sendiri belum berarti indikasi terjadinya demensia. Orang-orang yang menderita demensia sering tidak dapat berpikir dengan baik dan berakibat tidak dapat beraktivitas dengan baik. Oleh sebab itu mereka lambat laun kehilangan kemampuan untuk menyelesaikan permasalahan dan perlahan menjadi emosional, sering hal tersebut menjadi tidak terkendali.

Cobalah lakukan beberapa kegiatan ini juga :
  1. Temui dan sapalah keluarga dan teman-teman untuk menjaga otak anda tetap aktif - lebih baik lagi, bertemulah dengan mereka sambil berjalan kaki
  2. Luangkanlah waktu untuk mencoba bermain main kartu atau bermain games dengan teman-teman atau jadilah anggota suatu klub yang sesuai dengan minat anda
  3. Belajarlah memainkan alat musik
  4. Belajarlah hal-hal yang baru atau ikutlah serta dalam kegiatan-kegiatan yang anda sukai seperti melukis, kerajinan tangan atau orienteering (mencari jejak)
  5. Daftarkan diri pada kursus singkat, misalnya untuk belajar hal baru seperti yoga atau fotografi, dengan demikian, anda akan belajar keterampilan baru dan berkenalan dengan orang-orang baru
Menjaga Jantung kita Tetap Sehat itu Penting
Apa yang baik untuk jantung juga baik untuk otak. Penelitian menunjukkan bahwa kolesterol tinggi atau tekanan darah tinggi yang tidak diobati dengan efektif, dapat merusak saluran-saluran darah di otak dan mempengaruhi cara kerja otak dan kemampuan berfikir.



Penting melakukan pemeriksaan kesehatan secara berkala dan mengikuti nasihat dokter anda atau ahli kesehatan. Jagalah tekanan darah, kolesterol, gula darah dan berat badan pada tingkat yang sehat untuk anda, dan ikutilah
nasihat perawatan mereka.

Sudah terbukti bahwa merokok meningkatkan risiko menderita demensia. Untuk menjaga agar otak anda tetap sehat, merokok harus dihindari.

Berikut beberapa tips yang harus diingat untuk menjaga kesehatan Jantung kita :
  1. Tanyakan kepada ahli kesehatan anda mengenai bagaimana cara mengurangi berat badan yang sehat.
  2. Periksakanlah tekanan darah anda secara teratur.
  3. Apa yang baik bagi jantung juga baik untuk otak – bicarakan dengan dokter anda mengenai memeriksa tekanan darah, kolesterol, gula darah dan berat badan secara teratur.
  4. Jika umur anda lebih dari 45 tahun, ketika melakukan pemeriksaan jantung, periksakan juga tentang risiko mendapat stroke (serangan otak).
  5. Hindarilah merokok
Dan Menjaga Badan Tetap Bugar dan Sehat Itu Juga Sangat Penting
Makanlah secara sehat dan ikut sertalah dalam kegiatan fisik secara teratur. Otak anda memerlukan berbagai gizi, cairan dan energi agar dapat bekerja dengan baik.

Hindari banyak makan makanan yang mengandung banyak lemak jenuh (mentega, gorengan, makanan deli yang terproses, kue-kue, roti-rotian dan biskuit). Pilihlah berbagai makanan yang di antaranya ada sayuran, buah-buahan, biji-bijian utuh (wholegrains), kacang-kacangan dan produk susu rendah lemak. Makanlah ikan, daging tak berlemak dan masaklah dengan minyak monounsaturated atau polyunsaturated (minyak canola, zaitun, bunga matahari dan minyak kacang).

Jika anda minum minuman keras, anda sebaiknya minum tidak berlebihan, jangan lebih dari dua ukuran standar per hari. Lebih baiknya lagi hindari dan berhentilah meminum-minuman keras.

Kegiatan fisik secara berkala sangat bermanfaat bagi kesehatan otak Ini membantu pasokan aliran darah dan oksigen ke otak.

Usahakan melakukan olah raga ringan atau sedang paling sedikit 30 menit setiap hari. Pilihlah kegiatan yang anda sukai untuk melakukannya seperti berjalan, berenang, menari, tai chi atau bergabunglah dengan klub olah raga lainnya sesuai minat anda.

Berikut beberapa tips agar badan tetap bugar dan sehat :
  1. Belajarlah menari atau berdansa – ini baik sekali untuk melatih tubuh dan otak anda
  2. Makanlah makanan dari berbagai kelompok makanan dan kurangilah makan lemak jenuh (saturated fats)
  3. Masukkan zat asam lemak (fatty acids) omega 3 yang berasal dari ikan yang banyak minyaknya dan sumber-sumber lain seperti kacang walnut ke dalam makanan anda.
  4. Nikmatilah dua macam buah setiap hari – buatlah salad buah, termasuk ketika makan pagi.
  5. Masukkan lima macam sayuran ke dalam makanan anda setiap hari
  6. Masukkan paling sedikit 30 menit kegiatan fisik ke dalam kegiatan anda sehari-hari
Semoga bermanfaat, dan ayo hidup sehat!!! ^_^

Wassalamualaikum... Wr. Wb.

Kalender Astronomi Bulan Juli 2014

10 comments
Assalamualaikum...

Pada bulan Juli yang juga bertepatan dengan bulan suci Ramadhan yang penuh berkah ini, ada beberapa peristiwa astronomi yang akan terjadi dan sayang untuk dilewatkan.

Berikut adalah peristiwa-peristiwa astronomi yang akan terjadi pada bulan Juli 2014 :


1 Juli 2014 : Bulan Apogee
Bulan mencapai perigee, titik terjauh dengan Bumi yaitu pada jarak 405900 km.

4 Juli 2014 : Bumi di Aphelion
Bumi mencapai titik terjauh dari Matahari dengan jarak 0,98333 AU jam 06:10 WIB

6 Juli 2014 : Konjungsi Bulan - Mars
Akan terjadi mulai pukul 18.00 - 00.00 waktu setempat.

Konjungsi merupakan sebuah fenomena dimana dua obyek yang memiliki jarak relatif jauh antara satu sama lain kemudian bergerak seolah-olah saling mendekat dan berada hampir atau bahkan satu garis lurus.

6 Juli 2014 : Konjungsi Mars - Spica - Bulan
Dapat disaksikan mulai pukul 18.00 - 00.00 waktu setempat.

8 Juli 2014 : Konjungsi Bulan - Saturnus
Dapat disaksikan mulai pukul 18.00 - 02.00 waktu setempat.

12 Juli 2014 : Bulan Purnama
Fase ini akan terjadi pada jam 11:25 WIB

13 Juli 2014 : Bulan Perigee
Bulan mencapai perigee, titik terdekat dengan Bumi yaitu pada jarak 358.258 km dari Bumi



16 Juli 2014 : Istiwa A'dhom "Hari Menetapkan Arah Kiblat Bagi Umat Islam"
Pada saat Matahari berada diatas kabah (atas lintang kabah) bagi yang ingin mengkoreksi arah kiblat inilah saatnya, pukul 16.26 WIB dengan menggunakan tongkat atau benda lain yg tegak lurus terhadap bumi, lihatlah bayangan yang menuju benda itulah arah kiblat.

24 Juli 2014 : Konjungsi Bulan - Venus 
Dapat disaksikan mulai pukul 04.30 - 05.30 waktu setempat.

25 Juli 2014 : Konjungsi Venus - Bulan -Merkurius
Dapat disaksikan mulai pukul 05.00 - 05.30 waktu setempat.

27 Juli 2014 : Bulan Baru
Bulan akan berada di antara Bumi dan Matahari,dan tidak akan terlihat dari Bumi. Ini adalah kesempatan bagus untuk mengobservasi objek luar angkasa karena tidak adanya cahaya bulan yang mengganggu. Fase ini akan terjadi pada jam 22:42 UTC atau pada jam 05.42 WIB.

27 Juli 2014 : Ijtimak "Penentuan Hari Raya Idul Fitri 1 Syawal 1435 H"

28 Juli 2014 : Bulan Di Apogee
Bulan mencapai titik Apogee (titik terjauhnya dari Bumi) yaitu pada jarak 406.568 km dari Bumi, pada jam 10:28 WIB

28, 29 Juli 2014 : Hujan Meteor Delta Aquarid Selatan
Hujan Meeteor ini bisa disaksikan mulai tanggal 12 Juli - 23 Agustus tapi puncaknya akan terjadi pada tanggal 28-29 Juli 2014. Hujan Meteor ini dapat disaksikan mulai pukul 00.00 - 05.00 arah barat langit. Meteor-meteornya ini dihasilkan oleh komet Marsden and Kracht yang akan memancar dari konstelasi Aquarius, tetapi dapat muncul di mana saja di langit. Hujan Meteor ini bisa menghasilkan sekitar 20 meteor/jam. Lokasi dan waktu terbaik untuk mengamatinya adalah dari lokasi gelap setelah tengah malam.

Selamat menikmati bulan Juni dan semoga langitmu selalu cerah.


Wassalamualaikum... Wr.Wb.
(www.fourmilab.ch - astropixels.com - www.seasky.org
www.vercalendario.info - www.arksky.org - www.lunar-occultations.com)