Wednesday, December 31, 2014

My 2014 Reading Challenge Was Completed!

2 comments
Assalamualaikum...

Woohooo!!!
Lagi. Reading Challenge saya di Goodreads, Completed dan bahkan bisa melebihi target.

Hyeayy!!!

Eh apa itu Goodreads?
Goodreads merupakan situs jaringan sosial yang diluncurkan pada 30 Januari 2007 ini, mengkhususkan pada katalogisasi buku. Sama seperti situs jaringan sosial lain, GoodReads juga mempunyai konten friend (teman), group (grup), maupun discussion (diskusi). Bedanya, GoodReads memungkinkan anggota untuk menampilkan daftar buku sudah dibaca (read), buku yang sedang dibaca (currently reading), dan akan dibaca (to read). Dalam situs ini, pengguna dapat saling berbagi rekomendasi buku bacaan dengan memberikan review maupun komentar. (wikipedia)

Melalui "pencatatan" di akun social media tersebut itu pulalah saya menandai buku-buku yang telah saya baca. Dan pada awal tahun 2014 yang lalu, saya sempat gaya-gayaan, haha... yaitu membuat target untuk membaca sebayak 70 buku sepanjang tahun 2014?

Berhasil?
*flipshair* Oh, Tentunyaa. Bahkan bisa melebihi target. Dengan target awal 70 buku ternyataaa bisa berhasil membaca 80 buku. ^_^

Dan dengan bangga, inilah banner Goodreads untuk Widiani's 2014 Reading Challenge :


Keren gak siiih...?? *kedipkedip*

Oh iya mau tahu ke-80 buku yang saya baca itu apa saja? Mau tahu kaaan? Bisa cek disini yaa Widiani has read 80 of 70 books in 2014. Jangan lupa ya, sekalian tambahkan juga akun saya di Goodreads sebagai teman kamu ya ya yaaa.... Ini profil saya di Goodreads ===> Widiani
Ingat ya, harus di add, wajib pokoknya :D

Kalau untuk tahun 2015, saya berencana ingin membaca 100 buku. Huahaha... Gak tau deh kesampaian atau gak yaa... Atau mungkin nanti pas ditengah tahun atau menjelang akhir tahun diturunin aja targetnya, hehe....

Kalau kamu, tahun ini baca berapa buku? Ada buku yang bikin kamu sangat terkesan banget? Rekomendasikan ke saya juga doong, kalau ada tuliskan aja di kotak komentar ya...

Wassalamualaikum... Wr. Wb.

Tuesday, December 30, 2014

Mengapa sin^2(a) + cos^2(a) = 1 ?, Ini Penjelasannya...

5 comments
Assalamualaikum...

Mengapa sin^2(a) + cos^2(a) = 1 ?
(tanda "^" baca : pangkat)

Identitas trigonometri ini sering sekali digunakan :


Namun, bagaimana rumus tersebut didapatkan?
Dari Mathlites.files, berikut penjelasannya,

Nilai sinus (Sin) suatu sudut dari salah satu sudut pada segitiga siku-siku didefinisikan sebagai pembagian antara panjang sisi di hadapan sudut tersebut dengan sisi miring pada segitiga.

Nilai cosinus (Cos) suatu sudut dari salah satu sudut pada segitiga siku-siku didefinisikan sebagai pembagian antara panjang sisi di hadapan sudut tersebut dengan sisi miring pada segitiga.

Untuk lebih jelasnya, silahkan perhatikan segitiga ABC berikut :


Akan ditunjukkan bahwa :


Diketahui bahwa :

Sedangkan :

Sehingga :

Karena pada setiap segitiga siku-siku berlaku hukum phytagoras :



Untuk x, y merupakan sisi siku-siku dan r merupakan sisi miring, maka : 



Sehingga :
Terbukti!
Sepertinya, hampir setiap orang sudah tahu dan paham banget ya tentang uraian diatas, tapi buat yang belum tahu atau mungkin lupa tentang ini, semoga bermanfaat ya... :)

Wassalamualaikum... Wr. Wb.

Surprise akhir tahun yang benar-benar bikin terkejut banget...

2 comments
aahhhhh....... *speechless*


Seneeeeeng banget. Gak pernah nyangka sebelumnya. Serasa mimpi. Pokoknyaa, Terima kasih yaaa....
Oh iya, sampaikan juga terima kasih buat yang sudah membungkuskannya :))

Saturday, December 20, 2014

Review Buku - Journal of a Spy Lady by Retha

No comments
Assalamualaikum...

Spy Lady
Intai, Serbu, Ringkus!

Memecahkan kasus cinta adalah misi utama kami.
Beri kami petunjuk dan foto, kasus Anda akan langsung kami tangani.

Target : Pasangan yang dicurigai selingkuh.

Spy Lady 08*****7**2*
Alamat : Jl. Mata-Mata Raya, Apartment SpyCity, Lt. 5, Jakarta.


Begitulah kalimat iklan jasa yang sekaligus juga menjadi sinopsis yang tertulis di jilid belakang novel berjudul Journal of a Spy Lady. Tentu saja iklan jasa tersebut hanya fiktif, hehe...

Iya betul, Journal of Spy Lady adalah novel yang pernah saya ceritakan pada post sebelumnya, saya mendapatkannya sebagai hadiah saat mengikuti giveaway dari kak Retha, yang tak lain adalah penulis dari novel Journal of a Spy Lady ini.

Review Cerita
Journal of a Spy Lady adalah novel yang bercerita tentang perempuan muda, bernama Alice, 26 tahun. Ia bekerja sebagai detektif pribadi. Lebih tepatnya sebagai detektif cinta, yang akan membantu kliennya menemukan kepastian terhadap pasangannya yang dicurigai berselingkuh.

Awal mula Alice bekerja sebagai detektif cinta adalah ketika ia dipecat dari tempatnya bekerja. Ia bingung dan tidak tahu lagi apa yang harus ia lakukan. Melamar pekerjaan kesana-kemari, interview kesana-kesini sudah ia lakukan, namun hasilnya nihil. Sedangkan dia tinggal di ibu kota, sendiri, jauh dari orang tua dan kebutuhan hidup sehari-hari, makan  dan uang kost harus segera ia penuhi. Demi memenuhi kebutuhan hidupnya sehari-hari, dengan kondisi tabungan yang kian menipis, Alice pun berhemat habis-habisan. Sempat terpikir olehnya untuk pulang ke rumah orangtuanya, namun ia ragu dan akhirnya memutuskan untuk tidak pulang, karena ia sangat takut jika ia pulang, ia pasti dijodohkan. Alice tidak mau itu terjadi.

Muncullah Ben, sahabatnya sejak di SMA. Mengetahui keadaan Alice yang mengkhawatirkan, Ben pun mengusulkan agar Alice tinggal di apartement bersamanya, karena masih ada kamar kosong. Dengan syarat setiap harinya Alice harus membersihkan apartement dan memasak. Sambil bercanda mereka pun membuat perjanjian jika timbul rasa suka diantara mereka, maka Alice harus keluar dari apartement itu.

Setelah memikirkan tawaran Ben, Alice pun menerimanya dan pindah dari tempat kostnya ke apartement Ben. Setelah kepindahanannya ke apartement Ben itulah, Ben kemudian mengusulkan Alice untuk menciptakan pekerjaan sendiri. Ben mengusulkan Alice menjadi detektif cinta.

Alice pun kembali memikirkan usulan Ben untuk menjadi seorang mata-mata dengan spesialis kasus percintaan. Dan seperti sebelumnya, Alice pun kembali menyetujui usulan Ben. Ben pun kemudian membuatkan Alice sebuah akun Facebook khusus untuk mengiklankan jasanya sebagai detektif cinta. And now she is a Spy Lady. Alice the Spy Lady is Born.

Semenjak 'kelahiran'nya sebagai seorang detektif cinta, setidaknya, Alice telah menyelesaikan 5 kasus masalah percintaan. Yang setiap kasusnya ia namai sebagai berikut :
  1. Operasi Her Majesty
  2. Finding Bobby License to Kill
  3. The World Is Not Enough
  4. Golden Eye Skyfall
  5. The Man with the Golden Eye
Untuk masing-masing klien, target, kasus dan result pada setiap operasi penyelidikan tersebut sengaja gak aku beberkan disini, biar penasaraaan, hehe...

Yang pasti petualangan Alice ketika melakukan penyelidikan-penyelidikan tersebut sangat menarik untuk diikuti.

Ketika Alice berusaha menyelesaikan permasalahan klien-kliennya, bukan berarti ia tidak memiliki permasalahan sendiri. Ia pernah merasa sangat menyesal ketika bertemu kembali dengan Ray diacara reuni. Ray adalah cowok yang pernah ia taksir di SMA, tak disangka diacara reuni tersebut Ray mengungkapkan perasaan yang pernah ia rasakan terhadap Alice saat SMA, namun saat ini Ray akan segera menikah dengan tunangannya. Alice pun tidak pernah menyangka bahwa pada saat itu ternyata mereka mempunyai perasaan yang sama. Alice sangat menyesal, seandainya saja dulu ia berani mengungkapkan perasaannya pada Ray. 

Tidak cuma itu, Alice pun pernah down ketika bertemu kembali dengan Steven, mantan pacarnya yang telah sangat menyakitinya. Konflik dengan ibunyapun terjadi, karena selama ini Alice telah berbohong, dengan mengaku masih bekerja ditempat kerjanya dahulu, padahal sudah dipecat... Alice berbohong tinggal berdua bersama teman perempuan bernama Betty di sebuah apartement padahal ia tinggal berdua bersama teman laki-laki, yaitu sahabatnya, Ben. Ibunya pun tidak setuju dengan pekerjaan barunya sebagai detektif cinta.

Bahkan tidak cukup sampai disitu. Alice mengetahui perselingkuhan ayahnya sendiri. Permasalahan pun muncul diantara Alice dan Ben. Ben pun meminta Alice untuk pergi dari apartementnya. Hingga akhirnya, Alice menyerah dengan mengambil keputusan yang selalu ia hindari yaitu pulang kerumah orang tuanya.

Meskipun sebelumnya telah terjadi ketegangan antara ia dan ibunya, Alice sangat bersyukur, ibunya menyambutnya dengan hangat ketika ia pulang.

Sesampainya dirumah Alice merasa sangat nyaman dan tenang. Ia pun memutuskan untuk berhenti sementara dari membantu klien-kliennya dengan segala masalah percintaan mereka. Namun, sesuatu yang ia takutkan nampaknya tak bisa ia hindari. Ibunya hendak menjodohkan dia dengan Rino, sang dosen muda, anak tante Susi, sahabat baik ibunya.

Ditengah keengganannya dijodohkan dengan Rino, Alice pun dihadapkan kembali pada permasalahan yang menurutnya lebih pelik dari permasalahan-permasalahan yang ia hadapi sebelumnya. Yaitu mengenai kenyataan kehidupan pernikahan kedua orangtuanya. Selama ini, Alice selalu menganggap kedua orangtuanya sebagai pasangan suami istri yang harmonis, namun ternyata pernikahan mereka tidak dilandasi cinta, ada banyak kepahitan, kepura-puraan dan kebencian yang selalu berhasil disembunyikan orangtuanya dari dirinya. Alice semakin kaget ketika mengetahui bahwa ibunya pun mengetahui perselingkuhan ayahnya selama ini. Hingga kemudian Alice pun harus menerima kenyataan yang lebih pahit, yaitu perceraian kedua orangtuanya.

Setelah perceraian itu, Alice merasa ibunya terlihat lebih baik dari sebelum-sebelumnya. Nampaknya semua beban kesedihan yang ibunya rasakan dan pendam karena perlakuan ayahnya selama ini sudah terlepas bebas. Begitu pula dengan ayahnya, yang mengaku bahagia karena sudah menemukan cintanya yang sebenarnya. Alice dikenalkan dengan calon ibu tirinya yang berusia hanya terpaut 4 tahun lebih tua dari dirinya. Alice merasa sedih. Bahkan sangat merasa lebih sedih lagi ketika ibunya pulang berlibur dari Eropa, mengenalkannya dengan lelaki bule paruh baya, calon ayah tirinya.

Alice merasa benar-benar terpukul. Namun, akhirnya ia sadar, ia melihat ada kebahagiaan yang begitu mendalam di dalam diri ayah dan ibunya ketika mereka bersama dengan masing-masing calon suami dan istri mereka yang baru.

Ditengah kedekatannya dengan Rino, muncul Ben dan mengungkapkan perasaannya kepada Alice. Ben mengaku bahwa ia sebenarnya sangat menyayangi dan mencintai Alice. Ia juga merasa telah sangat bodoh membiarkan Alice pergi dari kehidupannya.

Siapakah yang berhasil mendapatkan cinta Alice sang Spy Lady?
Gak usah ragu lagi, silahkan baca novel perdana karya Kak Retha ini yaa... ^_^

Identitas Buku
Judul : Journal of a Spy Lady
Penulis : Retha
Bahasa : Indonesia
Penyunting : Novalya Putri
Penerbit : Buana Sastra (Imprint dari PT. BIP)
ISBN : 978-602-249-722-6
Pertama kali diterbitkan : 1 September 2014
Jumlah Halaman : 194
Jenis Cover : Soft cover
Ukuran buku : 20 x 13,5 cm
Harga : Rp. 38.000,- (di bukabuku.com)
Kalau aku sih dapat gratis, langsung dari penulisnya, hehehe...

Kutipan Favorit
  1. "Kalau kamu tidak bisa mendapat pekerjaan, kenapa tidak membuatnya saja?" (halaman 17)
  2. "Lagi pula, nggak ada yang bisa mengalahkan wanita yang sedang cemburu, mereka lebih hebat dari FBI, lebih kejam dari KGB Rusia dan lebih cepat dari Densus 88, bahkan mereka sampai punyamoto : intai, serbu, ringkus!" (halaman 20)
  3. "Jika kamu jatuh cinta kepada seseorang, jangan pernah takut mengungkapkan perasaanmu. Mungkin saja orang itu juga memiliki perasaan yang sama. Tak ada yang salah dengan jatuh cinta, yang salah adalah jatuh cinta kepada orang yang salah." (halaman 49)
  4. "Aku nggak butuh cowok murahan yang mengobral tubuhnya kepada setiap perempuan." (halaman 66)
  5. "Jika kau ingin mendapatkan pria baik-baik, kau harus menjadi wanita baik-baik terlebih dahulu." (halaman 82)
  6. "Tak ada jaminan antara megahnya sebuah pesta pernikahan dengan kebahagiaan dalam perkawinan." (halaman 113)
  7. "Tidak ada pilihan yang sempurna, tetapi pilihlah yang membuatmu menjadi pribadi yang lebih baik" (halaman 188)
Kelebihan, ada banyak pelajaran mengenai kehidupan yang bisa diambil dari novel ini, antara lain mengenai : 
  • betapa penting dan berartinya sahabat dan persahabatan, 
  • pentingnya menghormati dan menjaga komitmen yang telah dibuat bersama pasangan, 
  • pentingnya komunikasi baik itu antar pasangan maupun dengan keluarga (suami, istri, ayah, ibu, anak, kakak dan adik), 
  • pentingnya menjaga kepercayaan pasangan, 
  • pentingnya tentang kewajiban menerima pasangan apa adanya, dengan segala kelebihan dan kekurangan mereka.
  • buku ini juga mengajarkan, menjadi seorang perempuan itu harus kuat, tegar dan tangguh. Dan bagi kalian kaum laki-laki, hormati dan sayangilah perempuanmu ^_^
  • seperti judulnya, novel ini ditulis berupa jurnal (catatan harian peristiwa berdasarkan urutan waktu), sehingga ada variasi dibanding novel-novel lainnya, membacanya pun jadi tidak membosankan.

Kekurangan, hmm... menurut saya hanya dua saja :
  • Pertama, ketika Alice memutuskan untuk tinggal bersama Ben, aku kurang setuju. Menurut aku, gak baik jika seorang perempuan tinggal satu atap bersama lawan jenis yang bukan saudara atau pasangan sahnya. *Ehh aku jadi seperti ibunya Alice ya, kolot banget, hehe...
  • Kedua, ada typo. Kata yang seharusnya "masakan", tertulis sebagai "masakah" (halaman 112).
    Sebenarnya aku menemukan dua kata typo, tapi satunya lagi lupa di halaman berapa, dicari-cari malah jadi gak ketemu.
Overall, i love this book. Terutama tentang kedewasaan dan ketangguhan Alice dalam menghadapi dan menyelesaikan setiap permasalahan yang menerpanya. Saya hadiahkan rating 4 dari 5 bintang untuk Journal of a Spy Lady.

Buat kak Retha, maaf yaa... aku mengerjakan "PR"-nya lama, hehe...

Wassalamualaikum... Wr. Wb.

Friday, December 19, 2014

Belanja Buku? Di Booklaza Aja!

4 comments
Assalamualaikum...

Hai semuanya, selamat hari Jum'at... Selamat menyambut weekend kedua terakhir di tahun 2014 ini.

Weekend, asyiknya ngapain ya...?
Hmm... i know, salah satunya jalan-jalan ke toko buku dan belanja buku!!!
Ahaa!!, it's good idea, right? ^_^

Tapi, sekarang-sekarang ini, terutama ditempatku, cuaca gak menentu, gak friendly banget ya... mendung, sebentar panas, sebentar hujan. Belum lagi jalanan yang macet, bikin malas buat jalan-jalan, yang tadinya mau happy-happy, malah bete duluan di jalan.
Kalau sudah begitu, jadinya lebih asyik dirumah aja. Terus gimana dong, sedangkan koleksi buku harus terus ditambah, hahaha....

Nah, buat kamu yang mungkin jadi malas pergi ke toko buku karena mengalami hal-hal seperti yang aku alami diatas, atau mungkin juga kamu jadi malas ke toko bukunya itu dikarenakan toko buku yang ada ditempat kamu koleksi buku-bukunya gak lengkap?

Tenang, aku punya kabar gembira, aku mau merekomendasikan sebuah toko buku online. Yaph, jadi kamu bisa tetap belanja buku tanpa harus keluar rumah. Kamu hanya membutuhkan jaringan internet dan gadget kamu, lalu search and go. Lebih hemat waktu dan tenaga, yang kemudian bisa kamu gunakan untuk mengerjakan pekerjaan lain, membaca buku yang harus segera dibuat reviewnya, nonton dvd atau tidur seharian, hehe...

Dan toko buku online yang aku maksud adalah Booklaza OlShop.


Berdasarkan penyelidikan yang telah saya lakukan...

Booklaza OlShop adalah sebuah online shop atau toko buku online yang menjual buku-buku second (bekas) dengan kualitas yang tentunya, masih bagus, mulus dan layak untuk kamu jadikan koleksi.

Selain spesialis menjual buku-buku second, Booklaza OlShop juga menyediakan buku-buku dalam kondisi segel, meskipun jumlah buku-buku yang masih segelnya lebih sedikit jika dibandingkan buku-buku second yang tersedia. 

Dan yang paling amazing banget dari Booklaza OlShop ini adalah, harga buku-buku segelnya lebih murah dan lebih bersahabat dibanding harga di toko buku biasa. Keren dan menyenangkan banget kan, ditambah lagi buku-buku di Booklaza OlShop terus update.

Nah, aku jadi menaruh harapan besar juga pada Booklaza, yang menjual buku dengan harga bersahabat, semoga gak ada lagi orang yang malas beli buku yang harganya makin hari makin mahal... dengan begitu, semoga semakin meningkat juga minat orang-orang terhadap buku dan aktivitas membaca buku, berkat Booklaza.  

Kamu bisa langsung kunjungi Booklaza, sekarang juga melalui : 

Instagram di @booklaza 
Facebook di Booklaza 
Twitter di @Booklaza 
Blog di Booklaza Shop

Disana, kamu bisa melihat-lihat dan belanja buku yang masih ready stock, menikmati promo atau diskon dari Booklaza.

Untuk fast response bisa melalui :

Whatsapp di 085736100626 
BBM di 74D81B01 
atau Line di deeputu

Cara pembayarannya mudah, bisa transfer melalui bank BRI (no rekening by request). Maksimal booked (pemesanan buku) di Booklaza 3 hari aja ya... Dan buku yang sudah kamu beli akan dikirim oleh kurir JNE langsung ke alamat kamu. Pengiriman bukunya satu minggu sekali, biasanya hari Sabtu atau Minggu, atau bisa juga pada hari lain selain Sabtu dan Minggu tergantung kesiapan stok bukunya. Paket buku pesanan kamu dikirim dari kota Ngawi, Jawa Timur.

Aku sendiri sebenarnya belum pernah membeli buku di Booklaza, belum lama ini sempat mau beli 2 buku tapi ternyata pas di cek lagi sudah terjual. Sedih banget T_T
Mungkin saking banyak peminat buku-buku di Booklaza, ini juga bisa jadi tips buat kamu : Harus gerak cepat kalau mau booked buku di Booklaza.

Berdasarkan cerita teman-teman yang pernah belanja buku di Booklaza, harga-harga buku di Booklaza bersahabat... hmm... yummy ^_^
Selain itu mereka juga mengaku puas dan senang dengan buku-buku dan pelayanan dari Booklaza.

Jadi, ingat yaa....

Belanja Buku? di Booklaza aja!

Selamat berbelanja buku, and happiness weekend!

* * *

Tulisan ini diikutsertakan dalam GIVEAWAY WITH BOOKLAZA


Buat kamu yang juga mau ikutan giveaway ini, untuk syarat dan ketentuannya bisa cek di Giveaway with Booklaza. Deadline-nya tanggal 20 Desember 2014.

Wassalamualaikum... Wr. Wb.



Yess!!
I'm the Winner!!!

Dan hadiahnya udah aku terima, mau lihat...?

Book Review : Pretties by Scott Westerfeld

No comments
Assalamualaikum...

Uglies Series. Setelah sebelumnya saya mereview buku pertamanya yang berjudul Uglies, kali ini saya akan mereview juga buku keduanya, Pretties.

Sebagai sekuel dari buku pertamanya, Pretties bercerita tentang Tally Youngblood yang telah berubah menjadi seorang rupawan. Ia kini tinggal di kota Rupawan Baru. Semua yang Tally inginkan, bisa ia dapatkan, semua begitu sempurna dan Tally benar-benar merasa bahagia menjadi bagian dari kaum rupawan.

Review Cerita
Menjadi seorang Rupawan, berarti menjadi seseorang dengan kehidupan sempurna, teratur, selalu bahagia tidak ada kekerasan dan tidak perasaan saling iri satu sama lain. Seorang rupawan bisa dengan mudah bisa melakukan operasi pada dirinya untuk memodifikasi dirinya menjadi lebih cantik, lebih tampan, lebih proporsional, lebih sempurna... Bahkan seorang rupawan bisa terbebas dari rasa sakit dan selalu berstamina.

Kelompok Crim adalah sebuah kelompok paling populer yang ada di Kota Rupawan. Shay dan Perris, dua sahabat Tally telah terlebih dahulu bergabung dengan kelompok tersebut. Tally pun tertarik untuk ikut bergabung juga dengan kelompok yang dipimpin oleh seorang pemuda tampan, rupawan dan sempurna, bernama Zane. Setelah Tally diterima bergabung dengan kelompok Crim, ia dan Zane menjadi dekat dan semakin dekat.

Ditengah kesempurnaan dan kebahagiaan yang Tally rasakan, muncul Croy, sahabat lamanya yang masih buruk rupa yang juga masih tergabung dengan kelompok Smoke. Smoke adalah kelompok orang-orang yang menolak untuk berubah menjadi rupawan.

Croy berhasil menemui dan memberikan pil yang disebut sebagai penetral pikiran dan sebuah surat yang berisi tulisan perjanjian yang telah Tally tulis sendiri sebelum Tally berubah menjadi rupawan,

Dear Tally
Kau adalah aku.
Atau dengan kata lain, aku adalah kau –Tally Youngblood. Orang yang sama. Tapi jika kau membaca surat ini, berarti kita dua orang yang berbeda. Setidaknya, itulah perkiraan kami –orang-orang Smoke Baru—atas apa yang kaualami sekarang. Kau saat ini telah dioperasi. Itulah sebabnya aku menulis ini untukmu.
Aku ingin tahu apakah kau ingat telah menulis surat ini. Bukankah ini mirip dengan tulisan buku harianmu –dan juga orang-orang lain—ketika masih kanak-kanak?
Kalau kau sama sekali tak bisa mengingat menulis surat ini, berarti kita berdua berada dalam masalah. Terutama aku. Karena jika aku tak ingat diriku sendiri, artinya aku—yang menulis surat ini—entah bagaimana telah lenyap. Dan itu mungkin berarti aku mati, atau sejenisnya. Jadi paling tidak, cobalah mengingatnya. 
(halaman. 95)

Tulisan itupun mengingatkan Tally tentang misinya untuk memulihkan cara berpikir kaum rupawan, yang menjadi bahan percobaan bagi suatu pil penyembuh/penetral yang diciptakan oleh Maddy, Ibu David. Maddy adalah pelopor kelompok Smoke. Dan dengan David, Tally pernah mempunyai kenangan manis dengannya... Namun saat ini dia sudah memiliki Zane pemuda rupawan yang sempurna segala-galanya. Seperti para rupawan lainnya, Tally juga tidak menginginkan ingatan dan kehidupannya kembali pada masa lalu. Hingga akhirnya, Tally selalu berusaha melupakan dan mengingkari pesan yang ia tulis sendiri itu

Mengetahui tentang pesan dari masa lalu yang ditulis oleh Tally itu, Dr. Cable, seorang Specials yang menciptakan Tally menjadi rupawan tidak bertindak diam. Dia menawari Tally untuk masuk ke lingkaran Special Circumstances. 

Tally pun kini kembali menghadapi masalah untuk dua pilihan :
1. Mengingat masa lalunya dan menyelesaikan misinya yang dahulu
atau
2. Menerima tawaran dari Dr. Cable untuk bergabung di Specials Circumtances

Bagaimanakah ending cerita dari buku kedua Uglies Series ini?, menurut saya sangat mengesankan. Ide tentang dystopia (gambaran masa depan yang lebih buruk dari masa kini)-nya dikemas dengan apik. Pesan yang diangkat dalam buku ini lebih ke arah mengenai hak-hak asasi manusia.

Penasaran? Silahkan baca bukunya ya, hehe....

Identitas Buku
Judul : Pretties (Uglies Series #2)
Penulis : Scott Westerfeld
Bahasa : Indonesia
Penerjemah : Yunita Candra S.
Penerbit : Matahati
ISBN : 978-602-8590-21-1
Terbit pertama di Indonesia : Oktober 2010
Jumlah Halaman : 384
Jenis Cover : Soft cover
Ukuran buku : 20 x 13,5 cm
Harga : Rp. 60.000,-

Kutipan Favorit
  1. Ingatlah bahwa benda-benda terindah di dunia sebagian besar tak berguna. - John Ruskin, The Stones of Venices, I (halaman 5)
  2. Keindahan dunia… memiliki dua sisi, yang satu penuh canda tawa, yang satu lagi kesedihan, yang bisa melukai hati. - Virginia Woolf, A Room of One's Own. (halaman 243)
Dan tunggu review buku ketigany yang berjudul Specials, as soon as possible. Terakhir, saya persembahkan 4,5/5 bintang untuk Pretties by Scott Westerfeld ini.


Uglies Series Book Review :

See you...

Wassalamualaikum... Wr. Wb.

Thursday, December 18, 2014

Craft Tutorial : Pearl Bookmark, Gelangpun jadi Pembatas Buku

8 comments
Assalamualaikum...

Hi, girls ^_^
Kamu punya (banyak) assesories? kamu hobi baca buku juga? Dan kamu bosan dengan koleksi bookmark-bookmark yang kamu punya saat ini?

Nah, bagaimana kalau salah satu saja, dari sekian banyak koleksi assesories yang kamu punya, yang gak semuanya selalu kamu pakai setiap hari itu, kita jadikan sebagai bookmark atau pembatas buku? Seperti gelang mutiara saya ini yang saya jadikan bookmark,


Hasilnya, keren, glamor, mewah dan cantik kan... ^_^
Tertarik untuk mencoba membuatnya...?

Let's do it yourself!
Dan yang kamu butuhkan adalah : 


  • Gelang, jenis Charm Bracelet (gelang rantai berbandul).
  • Tali karet
  • Jarum dan benang
  • Gunting (aku lupa tidak mengikutsertakan gunting pada foto diatas >_<)
Langkah-langkah membuatnya, sangat mudah. Lepas rantai dan pengait yang biasanya ada pada setiap ujung gelangnya. Pada foto diatas, kebetulan saya sudah melepas rantai dan pengaitnya. Cara melepasnya juga mudah, pakai tangan juga bisa, atau kalau susah bisa menggunakan tang. Simpan rantai dan pengaitnya. Jadi, jika suatu saat kamu bosan dengan bookmark ini dan ingin menggunakannya kembali sebagai gelang, kamu tinggal melepas tali karetnya dan memasangkan rantai dan pengaitnya lagi.

Pastikan ada satu lubang/rantai di setiap ujung gelang, yang nantinya akan digunakan untuk mengaitkan tali karet. Setelah itu, masukkan tali karet pada lubang rantai, kemudian jahit. Dan yang aku buat, setelah dijahit jadinya seperti ini :


Voila!!!
This is it, Pearl Bookmark. Gelang pun jadi pembatas buku yang mewah.
Oh iya, ini mutiaranya imitasi, hehe... Pakai yang asli? boleh-boleh saja, kalau aku sih, buat ini pakai yang imitasi aja dulu, takut hilang, hehe...

Winterflame, a novel by Fachrul R.U.N
with Pearl Bookmark
Thank you for reading, dan semoga bisa menjadi inspirasi untuk menciptakan ide-ide kreatif lainnya.

Wassalamualaikum... Wr. Wb

Friday, December 12, 2014

Abibliophobia

No comments
Assalamualaikum...

Abibliophobia!!!
Apa itu Abibliophobia?

Abibliophobia, yang menurut Alpha Dictionary adalah fobia atau ketakutan terhadap kehabisan bahan bacaan.


Abibliophobia disebut sebagai sebuah istilah lelucon yang tidak memperhatikan aturan dari vocabulary (kosa kata) bahasa Inggris. Namun, meskipun demikian, kata Abibliophobia 'dibangun' dengan benar, jadi jika kamu ingin menggunakannya, kamu tidak termasuk telah melanggar aturan tata bahasa dalam bahasa Inggris.

Secara etimologi, Abibliophobia terdiri dari : awalan Yunani a- "tidak" + bibli- (on) "buku" + o + phob (os) "ketakutan" + ia "berlebihan", sebuah akhiran kata benda dalam bahasa Yunani.

Biblion merupakan sebutan yang mengacu pada sebuah buku berukuran kecil atau bahkan gulungan. Kata Biblion sendiri berasal dari kata Bible ; jamak, Biblia yang berarti buku, dengan kata lain, memiliki makna "The Books", atau "Buku-buku" yang awalnya mengacu pada berbagai manuskrip yang dikombinasikan untuk membentuk kitab (Alkitab) atau buku.

Nah, reader... apakah kamu termasuk Abibliophobia?
Jika ya, mari terus menimbun buku, hehehe....

Wassalamualaikum... Wr. Wb.


Lebih banyak mengenai fobia, silahkan baca juga :

Monday, December 8, 2014

Winterflame Blog Tour, and the winner is...

No comments
Assalamualaikum...

Hai haai...

Lagi seneng banget, tahu kaan... beberapa waktu yang lalu Tim Vandaria Saga mengadakan Winterflame Blog Tour. Sebuah ajang untuk kita berkenalan dengan Winterflame, yang merupakan novel teranyar dari Vandaria Saga.

Tantangan pada blog tour tersebut cukup mudah kita cuma harus mengunjungi blog-blog yang menjadi host pada blog tour tersebut, membaca ulasan mengenai Winterflame dan mengumpulkan potongan puzzle, menyusun, memotret dan mengirimkannya via email kepada Tim Vandaria. Dengan hadiah : novel + booklet + poster, untuk satu orang pemenang aja lho...

Dan saat pengumuman pemenang...

Yeayy, I'm the winner!

Dan ini hadiahnyaa, baru sampai tadi siang,

Novel Winterflame + Booklet + Peta Ortheva
Terima kasih, Tim Vandaria... Sukses terus ya... dan buat kamu yang penasaran dengan novel Winterflame, sama aku juga penasaran, pake banget... hehe... review-nya menyusul yaa :))

Wassalamualaikum... Wr. Wb.

Monday, December 1, 2014

Kalender Astronomi Bulan Desember 2014

8 comments
Assalamualaikum...

Selamat datang, bulan Desember!!
Semoga salah satu impian atau keinginan kamu bisa terwujud di bulan terakhir pada kalender Gregorian ini.


Mungkin ada diantara kalian yang sedang membaca tulisan ini, salah satu keinginannya adalah menyaksikan hujan meteor? Karena pada peristiwa-peristiwa hujan meteor sebelumnya sepanjang tahun 2014 ini, tidak berkesempatan menyaksikannya? Bergembiralah, karena berdasarkan perhitungan ilmu Astronomi, pada bulan Desember ini, Insyaa Allah akan terjadi 2 peristiwa hujan meteor. Yaitu Hujan meteor Geminids dan hujan meteor Ursids. 

Lalu, selain 2 peristiwa hujan meteor tersebut, ada peristiwa astronomi apa sajakah yang akan terjadi pada penghujung tahun 2014 ini? Diterjemahkan dari situs www.seasky.org, berikut peristiwa-peristiwa Astronomi yang akan terjadi pada bulan Desember 2014,

6 Desember 2014 - Bulan Purnama (Full Moon)
Bumi berada di antara Matahari dan Bulan sehingga Bulan akan sepenuhnya terang seperti yang terlihat dari Bumi. Bulan purnama ini dikenal oleh suku asli Amerika sebagai Full Cold Moon karena pada saat ini adalah waktu terbaik untuk berdiam di rumah karena iklim telah memasuki musim dingin dan malam akan menjadi lebih panjang dan gelap. 

12 Desember 2014 - Bulan Di Apogee
Bulan mencapai titik terjauhnya (titik Apogee) dari Bumi pada jarak 404.338 km dari Bumi. (data.bmkg.go.id)

12 Desember 2014 - Perihelion Mars
Planet Mars akan berada pada titik terdekatnya (titik Perihelion) dengan Matahari.

13-14 Desember 2014 - Hujan Meteor Geminids
Hujan meteor Geminid disebut sebagai raja dari hujan meteor. Fenomena ini dianggap oleh banyak orang sebagai hujan meteor terbaik di langit yang dapat memproduksi hingga 120 meteor per jam pada puncaknya. Hujan meteor ini dihasilkan oleh puing-puing yang ditinggalkan oleh sebuah asteroid yang dikenal sebagai 3200 Phaethon yang ditemukan pada tahun 1982. Geminid mulai memancar setiap tahun dari tanggal 7-17 Desember. Namun tahun ini, puncaknya jatuh pada malam tanggal 13 dan subuh tanggal 14. Tahun ini, Bulan akan memblokir beberapa meteor, tapi Geminid sangat terang dan masih akan menjadi pertunjukan yang bagus. Waktu terbaik melihat fenomena ini adalah setelah tengah malam dan jauh dari lampu-lampu perkotaan. Meteor akan memancar dari konstelasi Gemini, tetapi dapat muncul di mana saja di langit.

21 Desember 2014 - Titik Balik Matahari Desember (Desember Soltice)
Titik Balik Matahari Desember atau Desember Soltice terjadi pada pukul 23:03 UTC. Kutub Selatan bumi akan miring ke arah Matahari. Ini adalah hari pertama musim dingin (winter solstice) di belahan bumi utara dan hari pertama musim panas (summer solstice) di belahan bumi selatan.

22 Desember 2014 - Bulan Baru
Bulan akan berada di antara Bumi dan Matahari,sehingga Bulan tidak akan terlihat dari Bumi. Ini adalah kesempatan bagus untuk mengobservasi objek luar angkasa karena tidak adanya cahaya bulan yang mengganggu.

22-23 Desember 2014 - Hujan Meteor Ursids
Hujan meteor Ursids adalah hujan meteor kecil yang hanya memproduksi sekitar 5-10 meteor per jam. Fenomena ini diciptakan oleh butiran debu yang ditinggalkan oleh komet Tuttle, yang pertama kali ditemukan pada tahun 1790. Hujan meteor ini berlangsung dari tanggal 17-25 Desember setiap tahun dan puncaknya terjadi pada 22-23 Desember. Ini adalah tahun terbaik untuk mengamati Ursids karena tidak adanya cahaya Bulan yang mengganggu pertunjukan. Waktu terbaik melihat fenomena ini adalah setelah tengah malam dan jauh dari lampu-lampu perkotaan. Meteor akan memancar dari konstelasi Ursa Minor, tetapi dapat muncul di mana saja di langit.

Semoga langitmu selalu cerah,

Wassalamualaikum... Wr. Wb.