Sunday, July 24, 2016

Book Review : An Astronaut’s Guide to Life on Earth by Chris Hadfield

2 comments
Colonel Chris Hadfield has spent decades training as an astronaut and has logged nearly 4,000 hours in space. During this time he has broken into a Space Station with a Swiss army knife, disposed of a live snake while piloting a plane, and been temporarily blinded while clinging to the exterior of an orbiting spacecraft. The secret to his success – and survival – is an unconventional philosophy he learned at NASA: prepare for the worst – and enjoy every moment of it. 

In An Astronaut’s Guide to Life on Earth, Chris Hadfield takes readers deep into his years of training and space exploration to show how to make the impossible possible. You might never be able to build a robot, pilot a spacecraft or perform basic surgery in zero gravity like Colonel Hadfield. But his vivid and refreshing insights will teach you how to think like an astronaut, and will change, completely, the way you view life on Earth – especially your own.
=================================================


Book Details
Paperback, 296 pages
Published October 29th 2013 by Macmillan
Original Title : An Astronaut’s Guide to Life on Earth
ISBN : 1447257510 (ISBN13: 9781447257516)
Edition Language : English
Characters : Chris Hadfield
Genres : Nonfiction, Biography (Autobiography), Science, Space

=================================================

My Thought
This is one of the best book I've ever read. Highly informative, but also witty and smartly written. I learned so much about both sides of being an astronaut, about right attitude, perseverance, patience, humality, focus and dicipline.

This book explains what is living, loving and working as an astronaut and what is the best way to learn how to live on this planet and relate with the people if not from one of the most important astronaut alive. He has been trained for years to handle the most dangerous and stressfull situations, where the smallest mistake can kill you basically, living a lot of time far from his family and living for months with other people in a tiny space which is the ISS and still able to handle this incredible amount of pressure growing up an amazing family and achieving the most tricky challenges. 

Colonel Chris Hadfield, the first Canadian to walk in space is a humble and inspiration guy, who also has the coolest job. You, make me want to follow my dreams, because i still want to be an astronaut...

By the way, I love his ISS version of Space Oddity, makes getting this book that much more of a pleasure.


“Life off Earth is in two important respects not at all unworldly: you can choose to focus on the surprises and pleasures, or the frustrations. And you can choose to appreciate the smallest scraps of experience, the everyday moments, or to value only the grandest, most stirring ones.”
― Chris Hadfield, An Astronaut's Guide to Life on Earth

It's a wonderful and heart warming book, and highly recommend reading it. This book will open your minds.

=================================================

About Author
Born in Sarnia, Canada August 29, 1959
Twitter : Cmdr_Hadfield

Chris Hadfield is one of the most seasoned and accomplished astronauts in the world. The top graduate of the U.S. Air Force Test Pilot School in 1988 and U.S. Navy test pilot of the year in 1991, Hadfield was selected by the Canadian Space Agency to be an astronaut in 1992. He was CAPCOM for 25 Shuttle launches and served as Director of NASA Operations in Star City, Russia from 2001-2003, Chief of Robotics at the Johnson Space Center in Houston from 2003-2006, and Chief of International Space Station Operations from 2006-2008. Hadfield most recently served as Commander of the International Space Station where, while conducting a record-setting number of scientific experiments and overseeing an emergency spacewalk, he gained worldwide acclaim for his breathtaking photographs and educational videos about life in space. His music video, a zero-gravity version of David Bowie's "Space Oddity," received over 10 million views in its first three days online.

Book Review : Cinta Sepanjang Amazon by Mira W.

2 comments
"Jika aku mencium kakimu memohon ampun, masih adakah harapan untuk membatalkan perceraian kita?"

Aries sangat mencintai istrinya. Dengan cinta sepanjang Sungai Amazon.
"Selama Sungai Amazon masih mengalir," itu sumpahnya di depan Vania. "Cintaku kepadamu takkan pernah kering."

Tetapi ketika Vania ingkar janji dan menyakiti hati suaminya untuk kedua kalinya, masih adakah maaf baginya?
Karena harga pengkhianatannya kali ini adalah harga sebuah nyawa!




Identitas Buku
Judul : Cinta Sepanjang Amazon
Penulis : Mira W.
Kategori : Romance, Fiksi, Drama
Tebal : 368 halaman
Penerbit : PT Gramedia Pustaka Utama
Tahun Terbit : 2008
Rate : 2/5 Bintang


Review
Vania, adalah seorang mahasiswa tingkat akhir dan pemilik warung internet (warnet) yang berlokasi di kampus tempatnya kuliah. Vania adalah sosok gadis yang cerdas, mandiri dan pekerja keras.

Suatu hari, warnet Vania didatangi oleh Aries, yang terkenal dengan sebutan cowok seratus hari. 

P.L.A.Y.B.O.Y
Iyakk... playboy banget gitu ceritanya -__-

Nah, Ia pun tertarik untuk menaklukkan hati Vania yang sejak pertemuan mereka, Vania yang selalu bersikap judes dan galak kepada dirinya. Hampir kesemua orang juga sih... pokoknya kalau nganu-nganu sama dia, siap-siap diteriakin, dijudesin deh...

Siapa sih Aries? Aries ini adalah calon direktur perusahaan rokok terkenal. Anak konglomerat yang juga anak mami gitu deh...

Kegigihan Aries mendekati Vania, lama-lama membuat hati Vania mulai goyah. Mereka menjalin cinta dan tidak lama kemudian berencana menikah. Secepat itu? yaa... secepat itu...

Tentu saja, rencana tersebut ditentang oleh keluarga Aries karena keluarga Aries menganggap Vania tidak sepadan dengan derajat mereka. Namun Aries nekad menikahi Vania. Ia bahkan keluar dari rumahnya yang megah, meninggalkan keluarganya dan tinggal bersama Vania di sebuah rumah sederhana yang juga sempit. 

Kabur... demi menikah dengan pujaan hati, padahal kan yaa dia anak mami banget, tapi ternyata bisa juga ya dia melakukan itu... Oh inikah kekuatan cinta? ^_^

Aries menjual mobil mewahnya, sebagian ia kembalikan kepada ayahnya dan sebagian lagi ia gunakan untuk mengajak Vania berlibur, mereka berbulan madu ke sungai Amazon. 

Agak-agak gimana gitu ya... Honeymoon, ke Amazon... -_-

Awal-awal pernikahan, rumah tangga mereka berjalan mulus. Hingga kemudian, masalah muncul ketika Guntur, sahabat sekaligus pengawal Aries, ingin terus bersama Aries. Dia selama ini hidup menumpang dirumah kecil Vania. Meskipun mulai merasa kesal dengan keberadaan Guntur, Vania tidak mampu menyuruh Guntur ataupun meminta Aries agar Guntur pergi dari rumah mereka, karena untuk memenuhi kebutuhan rumah tangga mereka saja, masih kesulitan

Hingga suatu hari, Vania yang pulang kerja, capek..mendapati rumah yang berantakan, dan Guntur yang tak henti-hentinya merokok, bahkan Aries yang selama ini jarang sekali merokok, ikut-ikutan merokok. Saat itu juga, Vania marah dan meminta Aries agar Guntur segera pergi dari rumah mereka. 

Aries? Dia tidak tega kalau harus menyuruh Guntur pergi, ia merasa berutang budi, Guntur selama ini selalu ada untuknya. 

Persahabatan mereka ini ya, patut dicontoh, hehe... 

Mengetahui bahwa dirinya sumber pertengkaran Aries dan Vania, Guntur merasa bersalah, tapi ia tidak tau apa yang harus dia lakukan

Pertengakaran hebat tak terelakkan. Aries pergi dari rumah. Guntur yang emosi karena terus disindir dan diberi sikap tidak menyenangkan dari Vania, setelah bertengkar dan menampar Vania, ia kemudian malah tertantang untuk memperkosa Vania. 

Guntur... Guntur... eh alaah... ckckckk...

Guntur yang merasa telah mengkhianati Aries mengorbankan diri untuk melindungi sahabatnya itu saat Aries berkelahi dengan lawan main biliarnya.

Guntur meninggal dan Aries kembali ke rumah orang tuanya.

Mas Aries ini gimana ya... udah pamitan keluar dari "istana"nya, terus balik lagi... dan yang bikin dua kakaknya Sagitariadan Taurina sebel banget, dengan tangan terbuka, menyambut hangat kedatangan Aries

Di sisi lain, Vania mengalami depresi karena ia hamil... anak Guntur!. 

Vania berniat menggugurkan kandungannya demi menyelamatkan pernikahannya. Karena Ia tidak tahu bagaimana harus memberi tahu Aries tentang kehamilannya. Terlebih ia harus mengatakan bahwa ia mengandung anak Guntur. Dan saat itu, Aries kembali mencari Vania, Aries marah mengetahui Vania berniat melenyapkan calon anaknya. Aries meminta Vania mempertahankan anaknya dan mereka akan bercerai, setelah bayi mereka lahir. Aries tidak tahu tentang peristiwa yang terjadi antara Guntur dan Vania

Aries dan Vania kembali hidup serumah, tetapi saling diam.

Ketika Vania melahirkan, Aries memberi kesempatan tiga bulan untuk Vania tinggal bersama anaknya. Aries telah bertekad akan menceraikan Vania dan membawa anaknya ke hadapan ayahnya. Namun, Vania kabur membawa anaknya tepat ketika Aries telah menelepon ayahnya dan membatalkan perceraiannya dengan Vania.

Vania melarikan diri ke Australia. Bagian yang bisa dibilang gak logis, biaya dari mana? menjualrumah sepetak gitu apa mencukupi?

Di sana, Vania bertemu dengan Rudi, pria 40-an tahun yang menderita kanker hati. 

Vania dan Rudi tinggal serumah tanpa ikatan pernikahan, ketika tahu umurnya tidak lama lagi, Rudi bertolak ke Jakarta untuk meminta warisannya pada Rangga, kakak Rudi yang menikah dengan kakak Aries, Sagitaria

Sagitaria, kakak Aries yang cerdas, tidak mudah dibodohi. Ketika Sagitaria melihat foto Vania yang ditunjukkan oleh Rudi, Sagitaria memberitahu Aries. Aries menemui Vania dan memaksanya kembali ke Indonesia. Aries menolak menceraikan Vania, meskipun Aries tahu Rudi diambang maut. Namun ketika Arvan, anak Vania, terus merengek memanggil-manggil Rudy dengan sebutan "Papa", Aries tahu dia tidak ada di hati anaknya

Aries merelakan Vania untuk Rudi. 

Dari hasil tes DNA yang dilakukan Gita kepada Arvan, Aries tahu bahwa Arvan adalah anak Guntur. Dan saat itu pula ia sadar, cintanya untuk Vania tak pernah padam, cintanya tetap sepanjang Amazon. 

Sepuluh tahun setelah kematian Rudi, Aries tetap menunggu Vania di sungai Amazon. Dan apakah Vania juga akan datang menemui Aries? 

=================================================

Cukup kecewa dengan karakter para tokohnya, eh kecuali Aries deh ya.. karakternya diceritakan jadi lebih baik dari sebelumnya. Karakter Vania yang katanya mandiri, itu kemana?? dia malah mau-mau aja hidup bergantung serumah sama Rudi padahal masih berstatus istri Aries.

Secara keseluruhan dan menurut aku, iya... ini hanya menurut aku aja ya... karakter tokoh-tokohnya lemah... semua peristiwa terjadi begitu saja dan serba kebetulan. Beberapa bagian malah gak logis banget kalau menurut aku. Stres aku bacanya.... gak ada tokoh yang bikin aku :
"Hey, oke aku memihak kamu"

Kata-katanya di beberapa bagian dialognya memang menggunakan kata-kata yang kalau menurut aku kasar,tapi banyak juga bagian dialog yang lucu.... komedi romantis banget diawalnya. Sayangnya, makin banyak halaman yang aku baca, ekspektasi aku terhadap jalan ceritanya jauh banget.

Tapi meskipun demikian, ada pesan yang bisa kita dipetik disini, hmm... apa ya, ah oke... selain hendaknya berpikir dahulu secara matang sebelum mengambil keputusan (menikah terutama yaa), juga ada bagaimana kita harus mencoba belajar memaafkan orang yang kita cintai. Memang agak klise dan berat tapi kalau dicoba rasanya tidak ada yang salah bukan? hohoho :P

Book Review : Merpati Tak Pernah Ingkar Janji by Mira W.

1 comment
"Selamat, Maria!" seru Guntur, susah payah mendekati gadis itu. "Mainmu bagus sekali! Benar nggak sih kakimu dari kayu?".

"Dia cewek pilihan Tuhan!" bentak Rena kepada Guntur. "Kamu jangan kurang ajar!". "Satemu kutambah dua porsi lagi kalau kamu berhasil mengajak dia, Ren!". "Huu, sate sih apaan! Kalau Maria yang kamu mau, upahnya mesti bistik ayam!". "Bistik gajah pun boleh, Ren! Kamu tinggal pilih aja di Bonbin Ragunan, mau yang mana! Besok binatang itu udah jadi bistik di piringmu!". "Mendingan kamu lekas-lekas menggelinding pergi, Tur! Teman-temanku sudah siap mengeroyokmu!". "Masa ngajak dia pergi aja nggak boleh? Ini sekolah apa biara?". "Surat kelakuan baikmu meragukan!". "Kalau begitu kamu yang harus kasih aku rekomendasi, Ren!". "Wah, aku sendiri tidak percaya kok sama kamu!". "Jadi aku mesti berusaha sendiri nih? Oke, Neng! Lihat saja nanti!".

Dan Guntur benar-benar melaksanakan ancamannya. Dikejarnya Maria ke mana pun dia pergi, di mana pun dia bersembunyi. Bahkan ketika gadis kuper yang misterius itu terkapar di rumah sakit, Guntur masih sanggup menggunakan akal bulusnya untuk melarikan Maria! Namun janji tak dapat diingkari...

Di ujung tragedi yang membalikkan kehidupan remaja mereka yang memerah jambu, akhirnya Maria menemukan dirinya sendiri...



Identitas Buku
Judul : Merpati Tak Pernah Ingkar Janji
Penulis : Mira W.
Kategori : Romance, Fiksi, Drama
Tebal : 183 halaman
Penerbit : PT Gramedia Pustaka Utama
Tahun Terbit : 1984
Rate : 4/5 Bintang

Review (((Spoiler Alert)))
Maria selama ini dipingit sama ayahnya. Pokoknya dia itu dijaga banget supaya gak kena pengaruh-pengaruh negatif dari luar.

Nah, kenapa Maria dipingit itu karena ayahnya, Pak Handoyo sudah berjanji akan menjadikan Maria sebagai seorang biarawati. Setelah sebelumnya Maria sekolah di rumah, home schooling gitu... Nah, sebelum masuk biara, karena masih terlalu muda untuk menjadi seorang biarawati, Maria dimasukkan ke SMA khusus putri.

Karena sebelumnya Maria gak pernah punya teman, sehari-hari dirumah tinggal bersama ayahnya. Ketika memasuki lingkungan sekolah bertemu guru, teman-teman sebayanya, itu jadi sesuatu yang baru dan bikin Maria canggung banget.

Dengan keadaan yang gak bisa bergaul, dandanan yang norak, pemalu dan gampang nangis karena gak tau harus gimana meghadapi mereka yang bernama "teman-teman" itu, Maria jadi bahan ejekan. Tapi sekalipun mendapat perlakuan tidak enak dari temen-temennya, dia seneng banget pas aktivitas belajar di kelas...dia sadar, ternyata banyak hal yang belum ia pahami dan belum ia ketahui. Bahkan, dia gak tahu tentang menstruasi

Suatu ketika, saat pelajaran olahraga, tanpa ada yang menyangka, tanpa dia sadari sendiri, Maria bermain voli dengan sangat baik. Mulailah teman-temannya respect sama dia. Merasa di akui, Maria mulai bisa dan percaya diri buat beradaptasi dengan teman-temannya.

Lalu, muncullah sosok cowok, yang dikenal berandalan, playboy daaan... tampan. Dari SMA mana gk ceritan jelas, hehe...mereka ketemu pas ada pertandingan voli antar sekolah. Tapi Guntur udah terkenal juga di SMA putri. Saat pertama kali melihat Maria, dia langsung tertarik. Bukan rasa tertarik yang suka gitu... Tapi tertarik karena dia merasa aneh, kok ada sih cewek kyk gitu, yg selalu pakai rok, celana olahraga panjang, rambut dikepang dua, norak dan kampungan banget di matanya

Guntur yang awalnya cuma mau mainin Maria, jadi beneran suka dan jatuh cinta, banget... sama Maria.

Tapi ya tentu saja... Sekalipun dihati kecil juga Maria suka sama Guntur, itu gak mungkin... Ayahnya gak akan menyetujui Maria dekat dengan cowok. Menurut ayahnya, cowok itu salah satu makhluk yang harus dia jauhi. Laki-laki yg boleh ia tahu hanya ayahnya dan Yesus

Karena rasa cintanya kepada Maria itu, Guntur sampai agak-agak lupa dengan taruhan yg ia lakukan dengan teman-temannya. Taruhannya, kyk biasa gitu deh... Kl Guntur berhasil jadian atau paling nggak berhasil ngajak Maria ke pesta mereka, berarti Guntur tu cowok yg paling keren deh diantara mereka. Dan tercium jugalah kedekatan Maria dengan Guntur. Dan disaat-saat ini pula, Maria mulai agak berontak dan bertanya-tanya "Kenapa sih ayahnya, berlaku seperti ini sama dirinya, anaknya yang hanya satu-satunya? Dan kenapa, apa sebenarnya alasan ayahnya begitu berambisi agar Maria menjadi seorang biarawati?"

Dari suster Cecillia, kepala sekolahnya... Maria diberitahu tentang sejarah keluarganya.
Pak Handoyo, ayahnya Maria... Dulu adalah seorang Romo, tidak ada yang mengetahui bagaimana awalnya atau apa alasannya, dia tiba-tiba saja mengundurkan diri. Dan setelah itu, seorang, yang saat itu teman dari suster Cecillia (aku lupa udah jadi biarawati atau masih calon), juga mengundurkan diri. Dan akhirya semua terjawab, mereka menikah, lahirlah Maria. Dan ibunya meninggal saat melahirkan Maria. Sejak saat itu, pak Handoyo "menyerahkan" putrinya, untuk Tuhan. Jadi maksudnya itu, karena dulu ibunya seorang biarawati, menikah dengan dirinya, lalu neninggal saat melahirkan, maka ia berjanji akan menjadikan Maria juga sebagai biarawati, mengabdikan hidupnya kepada Tuhan

Maria yang saat itu, tengah pergi dari rumah, dan setelah mendengar kisah keluarganya dari Suster Cecillia, akhirnya mengambil keputusan untuk mau menjadi seorang biarawati untuk memenuhi janji ayahnya kepada Tuhan

Disinilah aku nemu kaitan hubungan antara judul dan jalan cerita, putri pak Handoyo yang sebelumnya penurut banget, tanpa bertanya-tanya, berjanji mau menjadi biarawati...lalu kemudian memberontak, menolak, kabur, tapi akhirnya ia kembali dan memenuhi janjinya. Ya, ibarat Merpati yang jinak...pergi dan selalu kembali. Eh iya gitu ya? Gak pernah punya burung Merpati :D

Bertahun-tahun kemudian, setelah insiden penembakan yang tadinya ditujukan teman Guntur ke pak Handoyo, tapi tembakannya mengenai Guntur, sampai Guntur hampir kehilangan nyawanya, pak Handoyo dipenjara karena memang awalnya dia yang ngamuk-ngamuk dirumah Guntur menuduhnya menculik Maria. Padahal saat itu Maria kabur ke rumah Elita, teman baiknya di sekolah. Maria yang kini sudah menjadi seorang, itu namanya apa ya... Pokoknya dia jadi disebut Suster Maria. Udah jadi biarawati berarti ya? Ia mengurus sebuah rumah sakit sederhana.
Pada suatu hari, rumah sakitnya harus menampung para korban kecelakaan yang terjadi di sebuah jembatan yang tak jauh dari rumah sakit

Salah satu korban adalaaah....pak Handoyo!

Disaat Maria bersedih, setelah lama gak ketemu ayahnya, pas ketemu dalam keadaan seperti itu, ayahnya meninggal di pangkuannya... dan masih harus mengurus para korban kecelakaan, insinyur yang membangun jembatan itu, ingin bertemu dengan Maria, ingin bertanya apa saja yang bisa dia lakukan untuk membantu para korban.

Bisa ditebak banget sih yaaa.... Sang Insinyur adalah....bener banget, Guntur.

=================================================

"Dia akan mendampingi Maria seumur hidupnya dalam menunaikan tugasnya. Ada banyak pekerjaan yang dapat dilakukan oleh seorang insinyur di tempat yang terpencil ini, kata Maria tadi"

Dan Guntur percaya pada kata-katanya. Dia juga percaya, tidak semua cinta harus diakhiri oleh sebuah perkawinan. Kadang-kadang ada tujuan yang lebih luhur lagi. (halaman 301)

=================================================

Nah, kaaan... endingnya sedih banget. Aku gak tahu, harus bilang suka apa gak suka, sama endingnya ini :'(

Tapi secara keseluruhan aku suka sama ide dan jalan ceritanya, cuma gak suka beberapa bagian dialog antar tokohnya aja yang menggunakan kata-kata yang menurut aku, iya mungkin menurut aku aja... gak enak untuk dibaca.