Saturday, February 25, 2017

2 comments

Book Review : Cosmos by Carl Sagan

One of the best-selling science books ever published in the English language. Author Carl Sagan died in 1996. Associated Press: "Carl Sagan is one of the most brilliant scientists of our times... He has done an excellent writing job as he delves into the past, present, and future of science, dealing with the mindstaggering enormity of the cosmos in which we exist." New York Times Book Review: "Enticing, imaginative, readable, iridescent." This book has a bound full color glossy center photo insert.

Find Me on Instagram : ade_reads

Humans... How little we are. How little we know.

Finally I finished this book last night at about 23:00. This is one of the best popular scientific books that I have read. This book is well written, reads like a mystery novel and is a great source of interesting information. Scientific information is explained in "simple reader" language.

The focus in this book is on astronomy : how big is our universe, how old it is, how it "works", etc. Sagan pays a lot of attention to stars and galaxies, but also presents the more advanced topics of black holes and pulsars. There are also occasional earthly detours - evolution of life on earth, ancient greeks, the library of Alexandria, voyages of explorers, etc. The book also tries to bring up some philosophical questions, especially in relation to the possibility of other civilizations in the cosmos, and how a contact between us and them would happen.

Highly recommendation!

"The atoms of our bodies are traceable to stars that manufactured them in their cores and exploded these enriched ingredient across our galaxy, billions of years ago. For this reason, we are chemically connected to all molecules on Earth. And we are atomically connected to all atoms in the universe. We are not figuratively, but literaly stardust."
Neil deGrasse Tyson

Wednesday, January 25, 2017

No comments

Book Review : The Circle by Dave Eggers

Paperback, 600 pages
Published September 2016 by Bentang Pustaka
(first published October 8th 2013)
Genres : Fiction, Science fiction, Technology, Adult

Just finished reading this book before it hits the big screen April this year. Starring by Emma Watson and Tom Hanks. This book is completely relevant to our current social media filled lives


==========================================

SECRET ARE LIES, SHARING IS CARING,
PRIVACY IS THEFT

The Circle is about Mae, Maebelline Renner Holland (24 year old) who thanks to a sweet hook up from a friend lands a job at The Circle, the world largest internet company (like Google, Facebook, Twitter and etc in one) that has big plans for privacy, government and surveillance. Definitely got me thinking more about the role that social media already plays in our lives, the transparency of our life and the implications of that transparency. I think it's time to take a step back and evaluate this point

This book is not very engaging, the storyline is poor but Eggars touches on some of the internet erras biggest questions, such a privacy, oversharing the attention drain and more. I appreciated he brought out about the above topics

I love Mercer, by the way 😭😭 and I hate Mae 😠
No comments

Book Review : It Had To Be You by Susan Elizabeth Phillips

Bagi Phoebe Somerville, tim football bernama Chicago Stars jelas bukan sebuah warisan yang glamor. Tapi itu tidak seberapa dibandingkan harus berhadapan langsung dengan si pelatih, Dan Celebow, yang tak hanya seksis tapi juga pemarah. Buruknya lagi, ternyata perasaan itu timbal-balik. Di mata Dan, Phoebe adalah bos yang paling dia benci setengah mati, tak lebih dari sekadar perempuan tak berotak yang bahkan sama sekali tak tahu-menahu tentang aturan permainan football. Benar-benar tak berguna!

Jadi, apakah ada penjelasan yang logis tentang ketertarikan Dan kepada Phoebe? Lalu, kenapa bagi Phoebe, bibir Dan yang kasar dan kurang ajar itu menyebalkan sekaligus menggoda untuk dicium? Api dan bensin ditakdirkan untuk saling menghancurkan, bukannya malah saling jatuh cinta... dan membakar satu sama lain dengan gairah yang tak bisa dijelaskan oleh kata-kata.

Ya Tuhan. Ini memang benar-benar kisah cinta yang tak masuk akal!

Paperback, 504 halaman
Diterbitkan oleh Gagas Media, April 2011 
(Pertama kali terbit 1 Januari 1994)
Genre : Fiksi, Romance, Dewasa, Olahraga, Humor

Komedi, terutama komedi romantis adalah salah satu genre bacaan favorit saya. Tapi justru untuk buku pemenang Laughter Romance Award tahun 2000 ini, yang awalnya saya pikir, saya akan sangat menyukai buku ini, tapi ya... ternyata tidak. Lebih tepatnya ada bagian-bagian cerita yang saya suka dan ada bagian-bagian yang tidak saya suka. Tidak suka disini maksudnya yaa,benar-benar gak suka, haha...

Phoebe Somerville, tokoh utama perempuan pada cerita ini digambarkan sebagai sesosok perempuan dengan masa kecil yang menyedihkan. Ia kerap mendapat hinaan karena badannya yang gemuk, kemudian ia mengalami pelecehan seksual yang dilakukan oleh saudara sepupunya. Sebuah pengalaman yang begitu pahit untuk Phoebe, terlebih ia tidak bisa berbagi kesedihannya itu dengan orang lain. Ibunya sudah meninggal, sedangkan ayahnya tidak pernah mempercayai sedikitpun kata-katanya. Phoebe tumbuh menjadi remaja yang rapuh. Beranjak dewasa, ia memutuskan untuk pergi ke Paris dan menjadi seorang model. Yak! model!. :P

Kemudian, sosok Phoebe yang rapuh telah bertransformasi menjadi sosok perempuan muda yang cantik dengan tubuh yang indah, cerdas dan juga tangguh. 

Ditengah pro dan kontra terhadap karienrnya sebagai sebagai model lukisan telanjang, ckckk... ia mendapat kabar bahwa ayahnya yang sudah cukup lama tidak iatemui, meninggal dunia. Usai acara pemakaman elegan dengan dihadiri oleh orang-orang terhormat yang kemudian berubah kacau karena ulah Pooh, anjing kesayangan Phoebe, Phoebe diberitahukan pengacara ayahnya bahwa ia mendapatkan warisan berupa tim football profesional bernama Chicago Star yang paling terkenal saat itu. Sesuatu yang jauh diluar dugaan Phoebe. Ia justrumengira tidak akan mendapatkan satu senpun harta warisan, mengingat selama ini ia memiliki hubungan yang tidak baik dengan ayahnya. Ia semakin bingung karena tidak tahu apa-apa tentang football.

Melalui Chicago Star, Phoebe bertemu dengan Dan Calebow, pelatih Chicago Star yang dikenal sebagai laki-laki tampan namun pemarah. Bagi Dan, Phoebe tak lebih dari sekadar perempuan tak berotak dan tak berguna. Begitu pula sebaliknya, bagi Phoebe, Dan adalah laki-laki kasar yang menyebalkan. 

Lalu apa jadinya Chicago Star jika ide-ide dan pemikiran pemilik dan pelatihnya saja selalu bertolak belakang... dan bagaimana bisa ditengah situasi seperti itu Dan dan Phoebe justru saling tertarik... -_-

2/5 bintang untuk buku ini. Kenapa? Saya tidak suka dengan bagian tentang kebiasaan hidup bebas beberapa tokohnya. Meskipun sebenarnya ini bisa sangat dimaklumi karena Amerika menjadi setting tempat pada cerita ini. Tapi saya suka dengan ide penulis yang menggabungkan tema olahraga dan roman menjadi sebuah cerita yang ternyata bisa menarik untuk diikuti, juga bagian dialog-dialog antar tokohnya yang kocak dan cerdas. Buku ini juga mencoba mengingatkan pembacanya bahwa manusia pada dasarnya baik, bahwa ada pahlawan setiap hari dimana saja, dan bahkan ketika hidup dirasa berada pada masa paling kelam, percayalah kegelapan tidak akan pernah menang.

Sunday, July 24, 2016

1 comment

Book Review : An Astronaut’s Guide to Life on Earth by Chris Hadfield

Colonel Chris Hadfield has spent decades training as an astronaut and has logged nearly 4,000 hours in space. During this time he has broken into a Space Station with a Swiss army knife, disposed of a live snake while piloting a plane, and been temporarily blinded while clinging to the exterior of an orbiting spacecraft. The secret to his success – and survival – is an unconventional philosophy he learned at NASA: prepare for the worst – and enjoy every moment of it. 

In An Astronaut’s Guide to Life on Earth, Chris Hadfield takes readers deep into his years of training and space exploration to show how to make the impossible possible. You might never be able to build a robot, pilot a spacecraft or perform basic surgery in zero gravity like Colonel Hadfield. But his vivid and refreshing insights will teach you how to think like an astronaut, and will change, completely, the way you view life on Earth – especially your own.
=================================================


Book Details
Paperback, 296 pages
Published October 29th 2013 by Macmillan
Original Title : An Astronaut’s Guide to Life on Earth
ISBN : 1447257510 (ISBN13: 9781447257516)
Edition Language : English
Characters : Chris Hadfield
Genres : Nonfiction, Biography (Autobiography), Science, Space

=================================================

My Thought
This is one of the best book I've ever read. Highly informative, but also witty and smartly written. I learned so much about both sides of being an astronaut, about right attitude, perseverance, patience, humality, focus and dicipline.

This book explains what is living, loving and working as an astronaut and what is the best way to learn how to live on this planet and relate with the people if not from one of the most important astronaut alive. He has been trained for years to handle the most dangerous and stressfull situations, where the smallest mistake can kill you basically, living a lot of time far from his family and living for months with other people in a tiny space which is the ISS and still able to handle this incredible amount of pressure growing up an amazing family and achieving the most tricky challenges. 

Colonel Chris Hadfield, the first Canadian to walk in space is a humble and inspiration guy, who also has the coolest job. You, make me want to follow my dreams, because i still want to be an astronaut...

By the way, I love his ISS version of Space Oddity, makes getting this book that much more of a pleasure.


“Life off Earth is in two important respects not at all unworldly: you can choose to focus on the surprises and pleasures, or the frustrations. And you can choose to appreciate the smallest scraps of experience, the everyday moments, or to value only the grandest, most stirring ones.”
― Chris Hadfield, An Astronaut's Guide to Life on Earth

It's a wonderful and heart warming book, and highly recommend reading it. This book will open your minds.

=================================================

About Author
Born in Sarnia, Canada August 29, 1959
Twitter : Cmdr_Hadfield

Chris Hadfield is one of the most seasoned and accomplished astronauts in the world. The top graduate of the U.S. Air Force Test Pilot School in 1988 and U.S. Navy test pilot of the year in 1991, Hadfield was selected by the Canadian Space Agency to be an astronaut in 1992. He was CAPCOM for 25 Shuttle launches and served as Director of NASA Operations in Star City, Russia from 2001-2003, Chief of Robotics at the Johnson Space Center in Houston from 2003-2006, and Chief of International Space Station Operations from 2006-2008. Hadfield most recently served as Commander of the International Space Station where, while conducting a record-setting number of scientific experiments and overseeing an emergency spacewalk, he gained worldwide acclaim for his breathtaking photographs and educational videos about life in space. His music video, a zero-gravity version of David Bowie's "Space Oddity," received over 10 million views in its first three days online.
1 comment

Book Review : Cinta Sepanjang Amazon by Mira W.

"Jika aku mencium kakimu memohon ampun, masih adakah harapan untuk membatalkan perceraian kita?"

Aries sangat mencintai istrinya. Dengan cinta sepanjang Sungai Amazon.
"Selama Sungai Amazon masih mengalir," itu sumpahnya di depan Vania. "Cintaku kepadamu takkan pernah kering."

Tetapi ketika Vania ingkar janji dan menyakiti hati suaminya untuk kedua kalinya, masih adakah maaf baginya?
Karena harga pengkhianatannya kali ini adalah harga sebuah nyawa!




Identitas Buku
Judul : Cinta Sepanjang Amazon
Penulis : Mira W.
Kategori : Romance, Fiksi, Drama
Tebal : 368 halaman
Penerbit : PT Gramedia Pustaka Utama
Tahun Terbit : 2008
Rate : 2/5 Bintang


Review
Vania, adalah seorang mahasiswa tingkat akhir dan pemilik warung internet (warnet) yang berlokasi di kampus tempatnya kuliah. Vania adalah sosok gadis yang cerdas, mandiri dan pekerja keras.

Suatu hari, warnet Vania didatangi oleh Aries, yang terkenal dengan sebutan cowok seratus hari. 

P.L.A.Y.B.O.Y
Iyakk... playboy banget gitu ceritanya -__-

Nah, Ia pun tertarik untuk menaklukkan hati Vania yang sejak pertemuan mereka, Vania yang selalu bersikap judes dan galak kepada dirinya. Hampir kesemua orang juga sih... pokoknya kalau nganu-nganu sama dia, siap-siap diteriakin, dijudesin deh...

Siapa sih Aries? Aries ini adalah calon direktur perusahaan rokok terkenal. Anak konglomerat yang juga anak mami gitu deh...

Kegigihan Aries mendekati Vania, lama-lama membuat hati Vania mulai goyah. Mereka menjalin cinta dan tidak lama kemudian berencana menikah. Secepat itu? yaa... secepat itu...

Tentu saja, rencana tersebut ditentang oleh keluarga Aries karena keluarga Aries menganggap Vania tidak sepadan dengan derajat mereka. Namun Aries nekad menikahi Vania. Ia bahkan keluar dari rumahnya yang megah, meninggalkan keluarganya dan tinggal bersama Vania di sebuah rumah sederhana yang juga sempit. 

Kabur... demi menikah dengan pujaan hati, padahal kan yaa dia anak mami banget, tapi ternyata bisa juga ya dia melakukan itu... Oh inikah kekuatan cinta? ^_^

Aries menjual mobil mewahnya, sebagian ia kembalikan kepada ayahnya dan sebagian lagi ia gunakan untuk mengajak Vania berlibur, mereka berbulan madu ke sungai Amazon. 

Agak-agak gimana gitu ya... Honeymoon, ke Amazon... -_-

Awal-awal pernikahan, rumah tangga mereka berjalan mulus. Hingga kemudian, masalah muncul ketika Guntur, sahabat sekaligus pengawal Aries, ingin terus bersama Aries. Dia selama ini hidup menumpang dirumah kecil Vania. Meskipun mulai merasa kesal dengan keberadaan Guntur, Vania tidak mampu menyuruh Guntur ataupun meminta Aries agar Guntur pergi dari rumah mereka, karena untuk memenuhi kebutuhan rumah tangga mereka saja, masih kesulitan

Hingga suatu hari, Vania yang pulang kerja, capek..mendapati rumah yang berantakan, dan Guntur yang tak henti-hentinya merokok, bahkan Aries yang selama ini jarang sekali merokok, ikut-ikutan merokok. Saat itu juga, Vania marah dan meminta Aries agar Guntur segera pergi dari rumah mereka. 

Aries? Dia tidak tega kalau harus menyuruh Guntur pergi, ia merasa berutang budi, Guntur selama ini selalu ada untuknya. 

Persahabatan mereka ini ya, patut dicontoh, hehe... 

Mengetahui bahwa dirinya sumber pertengkaran Aries dan Vania, Guntur merasa bersalah, tapi ia tidak tau apa yang harus dia lakukan

Pertengakaran hebat tak terelakkan. Aries pergi dari rumah. Guntur yang emosi karena terus disindir dan diberi sikap tidak menyenangkan dari Vania, setelah bertengkar dan menampar Vania, ia kemudian malah tertantang untuk memperkosa Vania. 

Guntur... Guntur... eh alaah... ckckckk...

Guntur yang merasa telah mengkhianati Aries mengorbankan diri untuk melindungi sahabatnya itu saat Aries berkelahi dengan lawan main biliarnya.

Guntur meninggal dan Aries kembali ke rumah orang tuanya.

Mas Aries ini gimana ya... udah pamitan keluar dari "istana"nya, terus balik lagi... dan yang bikin dua kakaknya Sagitariadan Taurina sebel banget, dengan tangan terbuka, menyambut hangat kedatangan Aries

Di sisi lain, Vania mengalami depresi karena ia hamil... anak Guntur!. 

Vania berniat menggugurkan kandungannya demi menyelamatkan pernikahannya. Karena Ia tidak tahu bagaimana harus memberi tahu Aries tentang kehamilannya. Terlebih ia harus mengatakan bahwa ia mengandung anak Guntur. Dan saat itu, Aries kembali mencari Vania, Aries marah mengetahui Vania berniat melenyapkan calon anaknya. Aries meminta Vania mempertahankan anaknya dan mereka akan bercerai, setelah bayi mereka lahir. Aries tidak tahu tentang peristiwa yang terjadi antara Guntur dan Vania

Aries dan Vania kembali hidup serumah, tetapi saling diam.

Ketika Vania melahirkan, Aries memberi kesempatan tiga bulan untuk Vania tinggal bersama anaknya. Aries telah bertekad akan menceraikan Vania dan membawa anaknya ke hadapan ayahnya. Namun, Vania kabur membawa anaknya tepat ketika Aries telah menelepon ayahnya dan membatalkan perceraiannya dengan Vania.

Vania melarikan diri ke Australia. Bagian yang bisa dibilang gak logis, biaya dari mana? menjualrumah sepetak gitu apa mencukupi?

Di sana, Vania bertemu dengan Rudi, pria 40-an tahun yang menderita kanker hati. 

Vania dan Rudi tinggal serumah tanpa ikatan pernikahan, ketika tahu umurnya tidak lama lagi, Rudi bertolak ke Jakarta untuk meminta warisannya pada Rangga, kakak Rudi yang menikah dengan kakak Aries, Sagitaria

Sagitaria, kakak Aries yang cerdas, tidak mudah dibodohi. Ketika Sagitaria melihat foto Vania yang ditunjukkan oleh Rudi, Sagitaria memberitahu Aries. Aries menemui Vania dan memaksanya kembali ke Indonesia. Aries menolak menceraikan Vania, meskipun Aries tahu Rudi diambang maut. Namun ketika Arvan, anak Vania, terus merengek memanggil-manggil Rudy dengan sebutan "Papa", Aries tahu dia tidak ada di hati anaknya

Aries merelakan Vania untuk Rudi. 

Dari hasil tes DNA yang dilakukan Gita kepada Arvan, Aries tahu bahwa Arvan adalah anak Guntur. Dan saat itu pula ia sadar, cintanya untuk Vania tak pernah padam, cintanya tetap sepanjang Amazon. 

Sepuluh tahun setelah kematian Rudi, Aries tetap menunggu Vania di sungai Amazon. Dan apakah Vania juga akan datang menemui Aries? 

=================================================

Cukup kecewa dengan karakter para tokohnya, eh kecuali Aries deh ya.. karakternya diceritakan jadi lebih baik dari sebelumnya. Karakter Vania yang katanya mandiri, itu kemana?? dia malah mau-mau aja hidup bergantung serumah sama Rudi padahal masih berstatus istri Aries.

Secara keseluruhan dan menurut aku, iya... ini hanya menurut aku aja ya... karakter tokoh-tokohnya lemah... semua peristiwa terjadi begitu saja dan serba kebetulan. Beberapa bagian malah gak logis banget kalau menurut aku. Stres aku bacanya.... gak ada tokoh yang bikin aku :
"Hey, oke aku memihak kamu"

Kata-katanya di beberapa bagian dialognya memang menggunakan kata-kata yang kalau menurut aku kasar,tapi banyak juga bagian dialog yang lucu.... komedi romantis banget diawalnya. Sayangnya, makin banyak halaman yang aku baca, ekspektasi aku terhadap jalan ceritanya jauh banget.

Tapi meskipun demikian, ada pesan yang bisa kita dipetik disini, hmm... apa ya, ah oke... selain hendaknya berpikir dahulu secara matang sebelum mengambil keputusan (menikah terutama yaa), juga ada bagaimana kita harus mencoba belajar memaafkan orang yang kita cintai. Memang agak klise dan berat tapi kalau dicoba rasanya tidak ada yang salah bukan? hohoho :P