Friday, March 29, 2013

KEHIDUPAN MANUSIA DI PLANET LAIN MENURUT AL-QUR'AN

144 comments
Assalamualaikum...


Allah SWT menciptakan manusia sudah dilengkapi dengan Petunjuk-Nya, sehingga manusia tidak perlu repot-repot mencari atau menyusun Hukum dalam menjalani hidupnya, bahkan tinggal meneliti dan mempelajari Petunjuk Allah untuk dilaksanakan dalam kehidupan sehari-hari. Bahkan Hukum Allah itu menerangkan hal-hal yang berlaku sampai nanti kehidupan di Akhirat.

Dalam era globalisasi dan informasi sudah saatnya bagi umat Islam untuk berpikir kritis dan dinamis demi kemajuan Islam. Hal yang perlu dipahami bahwa sesungguhnya Al Qur'an bukan hanya menerangkan ibadah saja, tetapi lebih jauh dia juga menerangkan hal-hal yang berkaitan dengan ilmu tingkat tinggi yang justru lebih lengkap dan sempurna. Akan tetapi selama ini yang dipelajari para ilmuwan Muslim baru sebatas hal yang berkaitan dengan ibadah, dikiranya Al Qur'an tidak mampu menerangkan hal-hal berkaitan dengan segala yang ada di semesta. Padahal kalau Al Qur'an dipahami dengan sungguh-sungguh maka akan muncul Sarjana-sarjana Al Qur'an dari berbagai disiplin ilmu yang berkualitas tinggi dan handal. Dengan begitu Ilmu Pengetahuan akan maju pesat sejalan dengan tingkat kemampuan dalam pemahaman Al Qur'an oleh para pemeluk Islam atau para Ilmuwan itu sendiri.

Misalnya tentang adanya masyarakat manusia di Planet lain di luar Bumi ini, orang-orang barat begitu serius mengadakan penelitian dengan biaya yang sangat mahal dan mereka yakin bahwa diluar Bumi ini pasti ada kehidupan atau ada makhluk hidup. Padahal sebenarnya jauh-jauh sebelumnya Al Qur'an telah memberikan informasi yang menunjukkan bahwa di Planet selain Bumi ini juga telah berkembang masyarakat manusia seperti halnya di Bumi ini. Sementara para ilmuwan muslim hanya bertindak selaku penonton dan menunggu hasil penelitian orang Barat.


Sebenarnya sejak 15 abad yang lalu Al Qur'an telah menerangkan berbagai persoalan yang ada di jagad raya ini, cuma masalahnya sistem pendidikan yang selama ini diajarkan hanyalah berupa hafalan-hafalan sehingga pada umumnya anak didik kita banyak yang tidak bisa memahami tentang sesuatu. Seringkali orang dipaksa untuk percaya begitu saja secara taklid buta walaupun kadang-kadang keterangan yang disampaikan tidak sejalan dengan pemikiran secara wajar. Ironisnya para Sarjana kitapun masih banyak yang kurang kritis dan teliti, bahkan mereka juga mengikuti pemahaman ratusan atau bahkan ribuan tahun yang lalu, sehingga posisi kita sering selalu ketinggalan, terutama dalam hal Ilmu Pengetahuan dan Teknologi.

Itulah fenomena yang terjadi dalam masyarakat kita, terutama masyarakat Islam sendiri karena kurangnya informasi tentang Al Qur'an, tetapi anehnya kalau diberi tahu tentang Al Qur'an juga belum tentu mau menerima atau paling tidak merupakan bahan kajian, tetapi itulah faktanya. Sementara bagi orang-orang yang memang benar-benar beriman kepada penjelasan Allah yang disampaikan oleh Nabi tentu menanyakan kepada Nabi. Akan tetapi karena sekarang Nabi sudah tiada, maka kita harus menanyakan kepada yang mengutus Nabi yaitu Allah dimana Allah telah menjelaskan semua itu melalui Wahyu dalam Al Qur'an.

Lalu, benarkah ada kehidupan manusia di planet lain?
Ada tiga hal yang perlu diperhatikan :


1. Pengertian tentang Dunia.
Selama ini orang menganggap seolah-olah yang dimaksud dunia ini hanyalah “BUMI” ini saja, padahal dunia itu begitu luasnya, sedangkan Bumi ini hanyalah merupakan debu yang sangat kecil jika dibandingkan dengan dunia. Dunia adalah semesta raya ini dan bukannya hanya Bumi saja, karena itu kalau kita sering mendengar bahwa dunia ini nantinya akan dihancurkan pada hari kehancuran total dengan istilah “Yaumus Sa’ah”, maka yang dihancurkan bukan hanya Bumi ini, tetapi seluruh jagad raya yang ada di semesta ini. Semesta raya ini terdiri dari milyaran Bintang, setiap Bintang di angkasa merupakan satu solar sistem (Tata Surya). Oleh karena itu hendaklah kita merubah cara berpikir dalam memahami suatu persoalan sehingga pengertian itu bisa diterima oleh pikiran secara wajar dan sejalan dengan ilmu pengetahuan.

2. Pengertian tentang Sama'/Samawat

Memang benar bahwa berdasarkan arti bahasa bahwa Samawat adalah bentuk jamak dari Sama’ yang pada umumnya diartikan “langit” atau “angkasa”. Namun sejalan dengan perkembangan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi, maka sama’ belum tentu selalu berarti langit. Sedangkan yang dimaksud langit adalah awang-awang kosong begitu luasnya. Tiap-tiap planet memiliki langit, sedangkan planet-planet itu tak terhitung jumlahnya di semesta raya ini. Di dalam wilayah Tata Surya kita saja ada 10 planet dan baru 9 yang diketemukan dan masingmasingnya memiliki langit.

3. Pengertian tentang Dabbah

Kalau diperhatikan dengan teliti bahwa sesungguhnya dabbah itu bukan hanya binatang melata, tetapi termasuk di dalamnya binatang yang berkaki bahkan termasuk juga manusia. Untuk mendapatkan pengertian dabbah yang sebenarnya, perlu dihubungkan beberapa ayat dalam Al Qur'an yang mengandung dabbah, maka dia akan saling menerangkan tentang pengertian dabbah itu sendiri secara jelas. Kalau pemahaman tentang sesuatu hanya dengan satu ayat terpisah, maka pengertiannya tidak bisa utuh, karena jarang Al Qur'an menerangkan sesuatu hanya dengan satu ayat yang berdiri sendiri, tetapi harus dihubungkan dengan ayat lain yang berhubungan.

Memang ada juga ayat yang sudah jelas tanpa penjelasan misalnya ayat-ayat muhkamat, namun biasanya hal-hal yang berkaitan dengan ilmu pengetahuan atau ayat mutasabihat harus merangkaikan beberapa ayat yang saling menerangkan. Sebagai bahan kajian tentang dabbah maka perhatikan petunjuk Allah berikut:

Surat As-Syuuro (42) ayat 29 oleh Departemen Agama Pelita III/81-82:



Dalam Ayat tersebut yang diterjemahkan makhluk-makhluk yang melata adalah Ayat aslinya berbunyi dabbah. Sementara yang lainnya diartikan binatang melata.

Perhatikan Terjemahan pada Ayat yang sama yaitu:
Prof. H. Mahmud Yunus, penerbit PT. Al MaArif Bandung:
Diantara ayat-ayat (tanda-tanda) Allah, ialah kejadian langit dan Bumi dan apa-apa yang bertebaran pada keduanya diantara binatang-binatang (apa-apa yang melata di muka Bumi). DIA maha kuasa menghimpunkan mereka bila dikehendaki-Nya.

Jadi,  istilah dabbah diartikan binatang melata. Tapi perlu diketahui bahwa kalau binatang melata bisa hidup di Samawat itu, maka manusiapun seharusnya juga bisa hidup.


Berdasarkan pengkajian sebaiknya Ayat tersebut berarti:
Dan dari Ayat-ayatNya ialah penciptaan Samawat (planet-planet) dan Bumi, serta yang DIA kembang biakkan pada keduanya (Samawat dan Bumi) dari dabbah (makhluk berjiwa) dan DIA atas pengumpulan ketika DIA kehendaki adalah menentukan.

Kalau orang mau memperhatikan dengan teliti, maka sesungguhnya dabbah itu bukan hanya binatang melata saja, tetapi termasuk binatang lain yang tidak melata yaitu yang berkaki termasuk di dalamnya adalah manusia. Oleh karena itu yang ditebarkan atau dikembangkanbiakkan di Samawat (planet-planet) dan di Bumi ini terdiri makhluk yang berjiwa termasuk di dalamnya manusia itu sendiri. Dengan demikian maka jelas bahwa di planet-planet itu pun telah berkembang masyarakat manusia seperti halnya yang ada di Bumi ini. Berikut ini Ayat yang menjelaskan tentang pengertian dabbah.


Surat An-Nuur (24) ayat 45. Artinya :


Surat Al-Anfal (8) ayat 22 :
Surat Al-Anfal (8) ayat 55 :


Kalau kita perhatikan surat An-Nuur (24) ayat 45, cukup jelas dan tegas bahwa diantara dabbah itu ada yang berjalan atas perutnya (ular, buaya, cecak, kadal dan lain-lain), dan diantara dabbah itu juga ada yang berjalan atas dua kaki (ayam, bebek, MANUSIA dan lain-lain) dan ada pula yang berjalan dengan empat kaki (kerbau, sapi, kambing, unta dan lain-lain).


Jadi jelaslah bahwa yang dimaksud dengan dabbah bukanlah hanya binatang melata, tetapi termasuk manusia dan binatang berkaki lainnya.

Pada Surat Al-Anfal (8) ayat 22 dan 55, menyatakan bahwa sejahat-jahat dabbah menurut pandangan Allah adalah orang-orang pekak, kafir, tidak berpikir dan tidak beriman. Jelas yang dimaksud disini adalah manusia, bukan binatang melata, karena memang semua binatang melata tidak bisa berpikir apalagi beriman. Inilah yang dimaksud dengan pemahaman tentang suatu istilah dalam ayat Al Qur'an. Kalau dalam memahami istilah dalam ayat kurang tepat apalagi kalau salah, maka arti dan kedengarannya pun janggal, tidak ratio, tidak bisa dimengerti oleh semua orang, akibatnya sasaran yang dimaksudkan pun tidak tepat.

Jelaslah kiranya bahwa yang dimaksud dabbah adalah makhluk berjiwa (makhluk bernyawa) termasuk MANUSIA. Dengan begitu didapatkan kunci dan petunjuk yang diperoleh dari pengertian beberapa ayat yang saling menjelaskan bahwa di planet lain selain Bumi ini juga bermasyarakat manusia dan juga berkembang biak berbagai binatang termasuk juga binatang melata tadi.


Meskipun hingga saat ini dengan ilmu pengetahuan yang ada belum diketahui dengan pasti tentang keberadaan kehidupan di planet lain, namun penjelasan dari ayat-ayat al-Qur'an diatas sangat logis dan bisa diterima. Dan menurut saya, sebagai seseorang yang tertarik dengan masalah UFO dan Alien, pembahasan mengenai Dabbah diatas menjadi titik terang bahwa fenomena Alien adalah benar-benar nyata.


Wallahualam bishowab...

Kita tunggu perkembangan dan penelitian berikutnya, sambil terus belajar, meneliti dan menganalisi alam tanpa lupa memperhatikan ayat-ayat di dalam Al-Qur'an...


(((CATATAN)))
Tulisan diatas bukan merupakan hasil pemikiran saya sendiri, penjelasan lebih lengkap mengenai pembahasan diatas dapat dibaca atau didownload disini.

Update : Namun sayang sekali saat ini link nya sudah tidak bisa dibuka. Mengapa kemudian saya membagikannya disini, itu karena menurut saya pribadi, uraian diatas masuk akal dan saya setuju dengan uraian tersebut.

Seperti halnya ada saya yang setuju, mungkin akan ada pihak yang tidak setuju dengan apa yang disampaikan melalui pemaparan diatas. Menurut saya itu bukan masalah, itu hanya disebabkan oleh perbedaan berpikir. Jika memang pasti ada yang keliru, mari berdiskusi, mari terus membaca, belajar dan berpikir terbuka.

Wassalamualaikum... Wr, Wb.

Thursday, March 28, 2013

Yang Sedang Menanti Kita...

8 comments
Assalamualaikum...

Pernahkah kita berpikir bahwa saat kita diciptakan Allah SWT, ada "paket hal" yang sedang menanti kita diseberang sana. Bukan... itu bukanlah tentang orang tua dan kerabat tercinta kita. Mereka bukan sedang menanti, mereka sekedar sedang menyambut saat bergabungnya kita. Ini juga bukan tentang seseorang yang akan menjadi pasangan hidup kita kelak. Yang sedang menanti kita adalah keadaan yang tak mampu kita halau, yang kelak menjadi "pakaian" yang elekat ditubuh dan jiwa kita.

Gambar perkembangan janin manusia di dalam rahim ibu
SAAT KITA MENJADI JANIN, yang sedang menanti kita adalah masa bayi. Yaitu saat tumbuh dan berkembangnya kita sebagai manusia baru. Disini, orang tua dan kerabat menjadi sekedar tim penyambut dan pengiring hidup kita, karena kemudian suka atau tidak mereka satu per satu akan pergi meninggalkan kita.

SAAT KITA MENJADI ANAK-ANAK, yang sedang menanti kita adalah masa dewasa. Yaitu masa kita berhadapan dengan begitu banyak pilihan hidup, dan kita harus menjatuhkan pilihan hidup kita. Disini, orang tua dan kerabata menjadi sekedar tim penasihat yang memberikan saran dan alternatif nilai.
Mau tak mau, semua jenis nasehat yang mereka berikan sekedar usulan yang bisa kita jalankan atau tidak. Sebagai manusia baru, kitalah pemegang keputusan untuk melakukan sesuatu atas pilihan kita.

SAAT KITA MENJADI DEWASA, yang sedang menati kita adalah masa tua. Yaitu saat kita berhadapan dengan susutnya kemampuan fisik dan mental. Disini kita kita mungkin hidup seorang diri, mungkin karena memang telah bulat dengan keputusan untuk tidak menikah, atau memang karena istri atau suami kita telah lebih tutup usia, sementara anak dan cucu kita tinggal dan hidup berjauhan dengan kita.
Bisa dibayangkan....?
Dan mungkin hanya akan menjadi suatu kesia-siaan jika kita melakukan protes terhadap Allah SWT, karena hidup berjalan amatlah cepat. Bahkan saat ini pun kita sudah mulai merasakannya, bukan?
Nilai dan keyakinan begitu mudah berhamburan dan sulit untuk memungutinya kembali.

Tidak seperti sangkaan kita, bahkan orang-orang yang kita cintai sekalipun bisa menjadi aktor di balik pengucilan kita di ujung hidup yang renta.

SAAT KITA MENJADI TUA, yang sedang menanti kita adalah kemustahilan-kemustahilan kemanusiaan kita. Yaitu saat kita berhadapan dengan ketakberdayaan untuk memutarbalik siklus hidup kita dengan kembali menjadi dewasa, anak-anak dan bayi.
Sama tak berdayanya kita untuk tidak masuk dalam aturan main Allah SWT yang rumit, yang hanya mampu kita jalankan, tanpa pernah mampu kita putuskan untuk berhenti dan kita keluar sesaat untuk istirahat.
(Annida's Magazine, 2004)

Hargai dan syukurilah setiap nikmat yang kamu terima dalam kehidupanmu....


Wassalamualaikum... Wr, Wb.

Wednesday, March 27, 2013

Makhluk-Makhluk UFO yang Dijumpai di Indonesia

6 comments
Assalamualaikum...

Dr. Jacques Vallée
Menurut hasil penyelidikan oleh Dr. Jacques Vallee pada tahun 1969 dari 1247 kasus penyaksian jarak dekat (yaitu yang kurang dari 150m) terdapat 750 kasus pendaratan UFO, termasuk 300 kasus dimana makhluk UFO kelihatan didalam atau didekat wahananya.

Wujud makhluk-makhluk UFO berdasarkan tingginya dapat dibedakan menjadi 3 kelompok, yaitu:
1. Makhluk kerdil.
Tingginya sekitar 1-1,2m. Proporsinya seperti manusia biasa, hanya mata, telinga dan kepalanya lebih besar. Merupakan 60% atau mayoritas dari makhluk-makhluk UFO.
2. Makhluk Normal.
Setinggi manusia bumi. Merupakan 30% dari makhluk UFO yang disaksikan.
3. Makhluk Raksasa.
Sangat jangkung, mencapai 2m atau lebih, dengan roman muka yang sangat jelek. Merupakan hanya 10% dari semua makhluk UFO.

Makhluk-makhluk UFO yang dijumpai di Indonesia selama ini ada 5 kasus, yaitu:
1. Sekitar tahun 1946 di pantai Kenjeran, Surabaya.
Seorang anak perempuan dari keluarga nelayan memergoki 2 sosok yang dikira orang Jepang. Mereka lari terbirit-birit ke sebuah wahana berbentuk bulat yang dibuat dari logam yang diparkir di pantai. Rupa-rupanya begitu kepergok, anak itu berbalik arah lalu pergi sehingga tidak tahu kelanjutan makhluk-makhluk tadi.

2. Menurut Kolonel Penerbang Purn. Daniel Boroh pada tahun 1952 di Sulawesi Utara seorang anak yang sedang bermain-main di sawah dikejutkan oleh sebuah UFO berbentuk cakram yang mendekatinya lalu melesat keatas dengan suara mendesis. Menurut anak itu yang pucat pasi ketakutan, ia melihat roman muka seseorang yang memandanginya melalui sebuah jendela bulat yang dikelilingi oleh paku-paku keling.

3. Pada tahun 1959 makhluk UFO yang dijumpai di Pulau Alor seperti manusia biasa dengan roman muka yang berwarna merah dan rambut serta jenggot berwarna perak (platinum-blond). Bagian belakang kepalanya lancip keatas entah karena sisiran rambutnya atau entah karena leher bajunya seperti model Kaisar Ming dari Kartun Flash Gordon. Mengenai tingginya menurut keterangan bocah yang baru saja diculik: “Kalah tinggi dengan dokter Jerman yang suka datang kemari”.

4. Pada tahun 1964 bersamaan dengan terjadinya penyusupan-penyusupan UFO kedalam Komando Sektor Pertahanan Udara Surabaya maka didaerah Ngliyep, pantai Selatan Malang, dua makhluk UFO yang bulat dan berkaki 4 mendarat pada malam hari disebuah kebon jagung. Mereka seperti orang bule yang berambut pirang dan berpakaian seperti astronout.
Pemilik kebon jagung terbengong ketika ditanya: "Ini jagung?", sebelum tinggal landas lagi.

5. Didalam tahun 1980-an makhluk-makhluk yang seperti pygme menculik pelukis Sudjana Kerton dari sanggarnya di Bukit Dago, Bandung dan dibawa kedalam UFO yang berbentuk cakram.

Jadi dari pengalaman di Indonesia, dari 5 kali perjumpaan dengan makhluk UFO yang dapat dipastikan adalah 3 kasus makhluk UFO yang seperti manusia Nordik. Satu kasus yang kerdil sedang satu kasus tidak dapat dipastikan oleh karena hanya tampak roman mukanya melalui jendela. Dan kelima perjumpaan tersebut bisa jadi hanya sebagian kecil dari banyak perjumpaan yang terjadi di Indonesia, hanya saja mungkin tidak terdata karena berbagai alasan.



Ditulis kembali dari "Catatan R.J. Salatun tentang Fenomena UFO", Hal 5-6

Wassalamualaikum... Wr, Wb

Tuesday, March 26, 2013

Kenapa Nol dibagi Nol = Tak Tentu...?

4 comments
Lambang angka Nol
Dari Wikipedia, 0 (dibaca nol atau kosong) adalah suatu angka dan digit angka yang digunakan untuk mewakili angka dalam angka. 

Angka nol memainkan peranan penting dalam matematika sebagai identitas tambahan bagi bilangan bulat, bilangan real, dan struktur aljabar lainnya. Sebagai angka, nol digunakan sebagai tempat dalam sistem nilai tempat.

Lalu, dalam operasi hitung, kenapa bilangan 0 di bagi 0 adalah bilangan yang yang tak tentu?
Ini karena suatu alasan yang ada dalam perkalian bilangan nol sebagai berikut :
1 x 0 = 0
5 x 0 = 0
10 x 0 = 0

jadi kalau dalam perkalian biasa :
1 x 2 = 2
5 x 2 = 10
10 x 2 = 20

belaku suatu pembagian :
2/ 2 = 1
10 / 2 = 5
20 / 2 = 10

tetapi pada perkalian nol yang pertama hal tersebut tidak berlaku lihatlah:
0 / 0 = 1
0 / 0 = 5
0 / 0 =10
 
Nah, terbukti nol dibagi nol itu hasilnya adalah tak tentu.

PHOTOS GALLERY : Earth

4 comments
Earth
Earth seems to fill the sky in this image taken by the crew of Apollo 17 in 1972.
The picture marked the first time astronauts were able to photograph the south polar ice cap.
Photograph : Courtesy of NASA

Earth's Moon
The moon's lunar highlands (light areas)
and maria, or volcanic plains, (dark areas)
are clearly visible in this photograph
taken by the Expedition 10 crew onboard the International Space Station.
Photograph : Courtesy of NASA

Earth From The Moon
This photo was the world's first view of Earth taken near the moon.
It was snapped by the U.S. Lunar Orbiter I on August 23, 1966,
when the spacecraft was just about to pass behind the moon on its 16th orbit.
Photograph : Courtesy of NASA

Indian Ocean
Clouds ripple across the Indian Ocean in this photograph
taken from the space shuttle Discovery in 1999.
This shuttle mission, STS-96,
lasted 9 days, 19 hours, 13 minutes, and 57 seconds
and covered 3.8 million miles (6.1 million kilometers).
Photograph : Courtesy of NASA

Earth During a Solar Eclipse
The moon's shadow darkens part of Earth during a solar eclipse.
Only people underneath the center of that dark spot
will see the total eclipse; others will see a partial eclipse.
This shot was taken from the Mir space station in August 1999.
Photograph : courtesy Centre National d'Etudes Spatiales

Earth and MoonThe moon is caught between Earth and the space shuttle Discovery
in this photo taken in 1988.
This shuttle mission marked the return of U.S.
Senator—and pioneering astronaut—John Glenn to space.
Photograph : Courtesy of NASA

Source :
science.nationalgeographic.com/Earth Photos 

WARNA MATAHARI YANG SESUNGGUHNYA

6 comments
Assalamualaikum...

Ketika ditanya, apakah warna Matahari yang sesungguhnya? Hampir semua masyarakat di planet kita ini akan menjawab “Kuning”, "Oranye" atau "Merah". 
Namun semuanya ternyata salah.

Sebenarnya warna matahari itu merupakan gabungan dari seluruh warna yaitu warna putih. Karena pada faktanya, Matahari memancarkan sinar nya dalam semua warna, namun karena kuning adalah panjang gelombang yang paling terang dari matahari, maka warna kuninglah yang terlihat mata telanjang.

Sir Isaac Newton
Permukaan yang berwarna putih mengambil pencahayaan lokal. Hal ini dapat digunakan untuk mebuktikan bahwa matahari berwarna putih. Seperti bila didalam gemerlap lampu panggung hiburan, pakaian yang berwarna putih akan berubah warna biru atau merah dengan mengikuti cahaya lampu yang tersorot ke pakaian yang berwarna putih itu.

Salah satu ilmuwan yang membuktikan hal ini adalah Sir Isaac Newton. Yang bereksperimen dengan sinar matahari yang memasuki ruangan gelap, melalui sebuah celah kecil. Ketika melewati sebuah prisma sinar itu terbagi menjadi semua warna yang terdapat pada pelang, dan jatuh di permukaan yang berwarna putih.

Jadi, sebenarnya matahari penuh warna bila diamati sesuai panjang gelombangnya masing-masing. NASA memiliki instrumen yang telah dibuat khusus untuk mengamati matahari, baik yang ada di bumi maupun yang berada di luar angkasa dapat menangkap cahaya matahari dalam berbagai panjang gelombang yang berbeda. 

Kolase foto matahari
dalam beragam panjang gelombang.
Credit : NASA/ESA SOHO; NASA STEREO; NASA SDO
Lalu, kenapa warna Matahari bisa tampak berwarna merah, oranye, dan kuning bahkan bisa biru dan hijau?
Karena warna ungu dan biru yg memiliki panjang gelombang yg paling pendek tersebar ke atmosfer bumi. Seperti ombak kecil yg dihilangkan oleh batu karang disekitar pantai.
Sehingga gelombang yang  terpanjanglah yang akan nampak.

Sebenarnya semua bentuk cahaya itu memiliki fenomena yang sama yaitu spektrum elektromagnetik. Perlu diketahui, mata kita hanya hanya bisa melihat sedikit dari cahaya2 di spektrum itu yg disebut dengan "visible light" atau cahaya tampak.
Gelombang radio, X-ray, gelombang mikro dan gamma itu tidak tampak oleh mata manusia.

Seperti yang telah dijelaskan diatas, bahwa panjang gelombang yang berbeda akan memberikan informasi tentang komponen yang berbeda-beda pula di permukaan dan di atmosfir matahari, sehingga dengan menggunakan tekhnik perbedaan panjanga gelombang ini, ilmuwan dapat mempelajari bintang kita yang selalu berubah-ubah dengan konstan setiap waktunya .

Sebagai contoh Sinar kuning kehijauan (5500 Angstroms), umumnya berasal dari material yang memiliki kisaran panasn sekitar 5.700 derajat C.

Sinar ultraviolet (94 Angstroms) berasal dari atom-atom yang panasnya mencapai 6.300.000 derajat C dan merupakan panjang gelombang yang dapat kita gunakan untuk melihat lidah api atau prominensa.

Dengan mempelajari gambar-gambar dari matahari dalam berbagai macam panjang gelombang, ilmuwan dapat mempelajari sekaligus mengenali bagaimana partikel dan panas bergerak di atmosfer matahari.

Beberapa contoh teleskop luar angkasa yang digunakan untuk mengamati matahari adalah SDO (Solar Dynamic Observatory), STEREO (Solar Terrestrial Relation Observatory) dan SOHO (ESA/NASA Solar and Heliospheric Observatory)

"Cahaya merupakan salah satu contoh gelombang elektromagnetik. Sebuah cahaya yang memancar kemudian menerangi ruangan sekitar kita pada dasar nya disebabkan akibat panjang gelombang cahaya yang dipancarkan diterima oleh mata kita. Namun pada saat panjang gelombang tidak sepanjang yang mata manusia mampu menjangkaunya, maka mata manusia tidak akan dapat melihatnya."

Teleskop matahari memberikan kita informasi tentang panjang gelombang dalam dua langkah. Instrumen tertentu yang akrab dikenal dengan spektrometer berfungsi mengamati banyak panjang gelombang secara berkesinambungan dan mampu menghitung berapa panjang gelombang dari sinar yang tersedia.

Dengan hal ini maka dapat membantu menciptakan sebuah pemahaman gabungan tentang jarak suhu berapa yang diperlihatkan oleh material di sekeliling matahari. Spektrograf tidak menghasilkan gambar seperti pada umumnya melainkan menghasilkan grafik yang mengkategorikan jumlah dari tiap-tiap gelombang.

Instrumen yang menghasilkan gambar konvensional dari matahari dan hanya terfokus pada sinar di satu panjang gelombang tertentu, terkadang tidak dapat memberikan informasi yang relatif kuat.

Contoh matahari dalam bermacam-macam panjang gelombang.
 Credit : NASA/ESA SOHO; NASA STEREO; NASA SDO.
Perhatikan gambar diatas.

Ilmuwan SDO memilih 10 panjang gelombang yang berbeda untuk diamati melalui instrumen AIA (Atmospheric Imaging Assembly). Tiap panjang gelombang secara garis besar berdasarkan satu, atau mungkin dua tipe ion. Tiap panjang gelombang telah dipilih untuk menandai bagian tertentu dari atmosfer matahari.

Mulai dari permukaan matahari ke luar, panjang gelombang yang teleskop SDO amati diukur dalam satuan Angstrom:
1. 4500 : Menunjukkan permukaan matahari atau fotosfer.

2. 1700 : Menunjukkan permukaan matahari, termasuk lapisan atmosfer matahari yang disebut kromosfer, yang terletak tepat di atasnya fotosfer dan dimana suhu mulai meningkat.

3. 1600 : Menunjukkan campuran antara fotosfer bagian atas dan apa yang disebut sebagai daerah transisi (peralihan), sebuah daerah antara kromosfer dan bagian teratas lapisan atmosfer matahari yang disebut korona. Daerah transisi adalah daerah dimana suhu secara cepat meningkat.

4. 304 : Sinar ini dipancarkan dari kromosfer dan daerah transisi. 

5. 171 : Panjang gelombang ini memperlihatkan atmosfer matahari atau korona, saat mereka diam. Panjang gelombang ini juga memperlihatkan lengkungan magnetik raksasa yang dikenal sebagai lingkaran korona.

6. 193 : Memperlihatkan daerah yang sedikit lebih panas di korona, dan juga material lidah api yang lebih panas.

7. 211 : Panjang gelombang ini memperlihatkan daerah aktif yang bermagnet dan panas di korona

8. 335 : Panjang gelombang juga menunjukkan daerah aktif yang bermagnet dan panas di korona.

9. 94 : Panjang gelombang ini menandai daerah di korona saat terjadi lidah api.

10. 131 : Material terpanas di lidah api.

Itulah pembahasan mengenai warna Matahari yang sesungguhnya. Semoga bermanfaat yaa,

Wassalamualaikum... Wr, Wb.



Sumber dan Referensi :

Bahaya Sering Membunyikan Buku-Buku Jari

2 comments
Assalamualaikum...

Just share aja nih, hampir setiap orang pasti pernah membunyikan atau “menceklek” buku-buku jari. Buku jari adalah sendi yang membuat jari anda dapat ditekuk.

Didalam ruang sendi diantara tulang-tulang terdapat cairan dan ikatan sendi (ligamen) di setiap sisi ruang sendi yang menyatukan tulang. Ketika buku jari dibunyikan, akan membuat ruang sendi semakin membesar. Hal itu mengakibatkan tekanan didalam ruang sendi menurun dan ikatan sendi tersedot kedalam. Ketika tekanan menurun, munculah gelembung (paling sering karbondioksida), hanya dalam satu per ribuan detik. Gas ini menimbulkan bunyi letupan yang pertama.


Menurut penelitian telah disebutkan bahwa orang-orang yang sering membunyikan buku jarinya akan memiliki sendi yang membesar dan hal tersebut akan membuat jari lemah (mengurangi kekuatan genggaman) pada beberapa puluh tahun kemudian.

Nah, sebaiknya kurangi atau hindarilah kebiasan membunyikan buku-buku jari kamu.

Semoga bermanfaat yaa....

Wassalamualaikum... Wr, Wb.

Monday, March 25, 2013

GALERI FOTO AURORA, MARET 2013.

No comments
Assalamualaikum...

Aurora merupakan pancaran cahaya pada langit daerah lintang tinggi, sebagai akibat atas pembelokan partikel angin matahari oleh magnetosfer ke arah kutub, serta adanya reaksi dengan molekul-molekul atmosfer. Aurora sering nampak pada belahan bumi Utara dan Selatan.

Dari Space.com, berikut 6 foto Aurora yang indah mengaggumkan :

Ketiga gambar Aurora berikut, terlihat di Taman Nasional Abisko, Swedia
Credit : Light Over Lapland/Chad Blakley, diabadikan pada tanggal 16-17 Maret 2013




Aurora borelis diatas Yellowknife, NWT. Diabadikan pada tanggal 17 Maret 2013, pukul 00:09 MDT.
Credit : Auroramax Gallery




Aurora borelis diatas Yellowknife, NWT. Diabadikan pada tanggal 17 Maret 2013, pukul 03:13 MDT.
Credit : Auroramax Gallery




Aurora borelis diatas Yellowknife, NWT. Diabadikan pada tanggal 17 Maret 2013, pukul 04:25 MDT.
Credit : Auroramax Gallery




Subhanallah... indah sekali kan auroranya.... Sampai jumpa di postingan berikutnya yaa,

Wassalamualaikum... Wr, Wb.


SAINS MEMBUKTIKAN BERJILBAB ITU SEHAT

8 comments
Assalamualaikum...

Mengenakan jilbab atau kerudung bagi muslimah merupakan pelindung kulit yang paling ampuh, bahkan melebihi keampuhan SPF-15.

dr Dewi Inong Irana, Sp.KK
"Penelitian itu saya lakukan tahun 2001," kata Pegiat di Yayasan "Kita dan Buah Hati" dr Dewi Inong Irana, Sp.KK melalui pernyataan Humas Institut Pertanian Bogor, Sabtu. Menurut dokter yang sejak tahun 1983 memakai busana Muslimah secara sempurna itu, seiring dengan bertambahnya usia maka akan terjadi perubahan kulit pada perempuan.

Ia menjelaskan, perubahan kulit tersebut di antaranya kelembaban dan kolagen berkurang, kulit menjadi kering, timbul kerut dalam otot, perubahan warna dan regenerasi sel kulit melambat. "Jadi, kaum ibu juga perlu memperhatikan faktor perusak kulit yakni sinar ultra violet, rokok, alkohol, kosmetik mengandung bahan kimia berbahaya, garam, gizi tidak seimbang dan stres," katanya.

Dikemukakannya bahwa salah satu cara menjaga kulit adalah menghindari sinar matahari, mengoleskan pelembab, makan makanan gizi seimbang, cukup istirahat, olah raga teratur, hindari stres dan rawat kulit secara teratur.

Manfaat Berjilbab
Kemudian dari situs stunninghijab.com membagikan berbagai manfaat kesehatan berdasarkan beberapa penelitian ilmiah yang ada, yaitu :

Radiasi Matahari
Seperti yang telah diketahui, sinar ultraviolet matahari dinilai berbahaya jika mengenai kulit dalam waktu tertentu. Berbagai masalah kesehatan akibat sinar UV tersebut antara lain adalah kulit keriput, kerusakan mata, hingga kanker kulit.

Para ahli kesehatan kemudian memperingatkan orang-orang untuk menggunakan sunblock demi melindungi kulit mereka. Namun saran terbaik sebenarnya adalah memakai pakaian yang menutupi seluruh tubuh. Sebagai informasi tambahan, pakaian yang terang dan gelap cenderung mampu merefleksikan sinar UV daripada pakaian yang berwarna pastel.

Udara Panas 
Hampir sama seperti matahari, udara panas juga membawa dampak buruk bagi kesehatan, khususnya pada otak. Jadi ketika udara sedang sangat panas dan seseorang harus keluar rumah, ahli kesehatan menyarankan untuk memakai pakaian yang bisa melindungi diri. Terutama pada bagian mata, kepala, dan leher untuk mengurangi risiko kesehatan yang menyerang otak.

Udara Dingin
Tubuh yang terkena suhu dingin terlalu lama akan membuat seseorang menderita demam, flu, rasa ngilu, dan gemetaran pada tubuh. Tes kesehatan kemudian membuktikan bahwa 40-60 persen panas tubuh menurun akibat udara yang terlalu dingin. Sehinga orang-orang disarankan menutup kepala dan tubuhnya dengan pakaian tebal demi menjaga panas tubuh tersebut.

Higienis
Sementara itu, untuk pekerjaan tertentu, ada peraturan menutup kepala demi menjaga kebersihan di lingkungan pekerjaan. Misalnya perawat, pekerja di restoran cepat saji, klinik, dan yang lainnya. Penutup kepala diharapkan bisa mencegah kontaminasi dan penyebaran virus maupun infeksi.

Itulah berbagai manfaat kesehatan dari memakai hijab. Jika Anda juga salah seorang yang menggunakannya, sebaiknya jaga kesehatan rambut meskipun sepanjang hari kepala selalu tertutup dengan hijab.
Credit : Kawan Imut
Manfaat Berjilab Menurut Islam dan Ilmu Pengetahuan (Sains)
ALLAH SWT, memerintahkan sesuatu pasti ada manfaatnya untuk kebaikan manusia. Dan setiap yang benar-benar manfaat dan diperlukan manusia dalam kehidupannya, pasti disyariatkan atau diperintahkan oleh-Nya. Diantara perintah Allah itu adalah berjilbab bagi wanita muslimah.
Berikut ini beberapa manfaat berjilbab menurut Islam dan ilmu pengetahuan.

1. Selamat dari adzab Allah (adzab neraka)
“Ada dua macam penghuni neraka yang tak pernah kulihat sebelumnya; sekelompok laki-laki yang memegang cemeti laksana ekor sapi, mereka mencambuk manusia dengannya. Dan wanita-wanita yang berpakaian namun telanjang, sesat dan menyesatkan, yang dikepala mereka ada sesuatu mirip punuk unta. Mereka (wanita-wanita seperti ini) tidak akan masuk surga dan tidak akan mencium baunya. Sedangkan bau surga itu tercium dari jarak yang jauh” (HR. Muslim).

Imam An-Nawawi ra. menjelaskan bahwa yang dimaksud dengan “Wanita-wanita yang berpakaian namun telanjang” ialah mereka yang menutup sebagian tubuhnya dan menampakkan sebagian lainnya dengan maksud menunjukkan kecantikannya.

“Wanita-wanita yang berpakaian namun telanjang” ialah mereka yang menutup sebagian tubuhnya dan menampakkan sebagian lainnya dengan maksud menunjukkan kecantikannya.

2. Terhindar dari pelecehan
Banyaknya pelecehan seksual terhadap kaum wanita adalah akibat tingkah laku mereka sendiri. Karena wanita merupakan fitnah (godaan) terbesar. Sebagaimana sabda Nabi Muhammad SAW,

“Sepeninggalku tak ada fitnah yang lebih berbahaya bagi laki-laki daripada wanita.” (HR. Bukhari).

Jikalau wanita pada jaman Rasul merupakan fitnah terbesar bagi laki-laki padahal wanita pada jaman ini konsisten terhadap jilbab mereka dan tak banyak lelaki jahat saat itu, maka bagaimana wanita pada jaman sekarang? Tentunya akan menjadi target pelecehan. Hal ini telah terbukti dengan tingginya pelecehan di negara-negara Eropa (wanitanya tidak berjilbab).

3. Memelihara kecemburuan laki-laki
Sifat cemburu adalah sifat yang telah Allah SWT tanamkan kepada hati laki-laki agar lebih menjaga harga diri wanita yang menjadi mahramnya. Cemburu merupakan sifat terpuji dalam Islam.

“Allah itu cemburu dan orang beriman juga cemburu. Kecemburuan Allah adalah apabila seorang mukmin menghampiri apa yang diharamkan-Nya.” (HR. Muslim).

Bila jilbab ditanggalkan, rasa cemburu laki-laki akan hilang. Sehingga jika terjadi pelecehan tidak ada yang akan membela.

4. Akan seperti bidadari surga
“Dalam surga itu ada bidadari-bidadari yang menundukkan pandangannya, mereka tak pernah disentuh seorang manusia atau jin pun sebelumnya.” (QS. Ar-Rahman: 56).

“Mereka laksana permata yakut dan marjan.”(QS.Ar Rahman: 5).

“Mereka laksan telur yang tersimpan rapi.”(QS.Ash Shaffaat: 49).

Dengan berjilbab, wanita akan memiliki sifat seperti bidadari surga. Yaitu menundukkan pandangan, tak pernah disentuh oleh yang bukan mahramnya, yang senantiasa dirumah untuk menjaga kehormatan diri. Wanita inilah merupakan perhiasan yang amatlah berharga.

Dengan berjilbab, wanita akan memiliki sifat seperti bidadari surga.

5. Mencegah penyakit kanKer kulit
KanKer adalah sekumpulan penyakit yang menyebabkan sebagian sel tubuh berubah sifatnya. Kanser kulit adalah tumor-tumor yang terbentuk akibat kekacauan dalam sel yang disebabkan oleh penyinaran, zat-zat kimia, dan sebagainya.

Oleh karena itu, cara untuk melindungi tubuh dari kanser kulit adalah dengan menutupi kulit. Salah satunya dengan berjilbab. Karena dengan berjilbab, kita melindungi kulit kita dari sinar UV. Melindungi tubuh bukan dengan memakai kerudung gaul dan baju ketat. Kenapa? Karena hal itu percuma saja. Karena sinar UV masih bisa menembus pakaian yang ketat apalagi pakaian transparan. Berjilbab disini haruslah sesuai kriteria jilbab.

6. Memperlambat gejala penuaan
Penuaan adalah proses alamiah yang sudah pasti dialami oleh semua orang yaitu lambatnya proses pertumbuhan dan pembelahan sel-sel dalam tubuh. Gejala-gejala penuaan antara lain adalah rambut memutih, kulit keriput, dan lain-lain.

Penyebab utama gejala penuaan adalah sinar matahari. Sinar matahari memang penting bagi pembentukan vitamin Dyang berperan penting terhadap kesehatan kulit. Namun, secara ilmiah dapat dijelaskan bahwa sinar matahari merangsang melanosit (sel-sel melanin) untuk mengeluarkan melanin, akibatnya rusaklah jaringan kolagen dan elastin. Jaringan kolagen dan elastin berperan penting dalam menjaga keindahan dan kelenturan kulit.

Krim-krim pelindung kulit pun tidak mampu melindungi kulit secara total dari sinar matahari. Sehingga dianjurkan untuk melindungi tubuh dengan jilbab.

Jilbab adalah kewajiban untuk setiap muslimah. Dan jilbab pun memiliki manfaat. Ternyata tak sekedar membawa manfaat ukhrawi namun banyak juga manfaat duniawinya. Jilbab tak hanya sekedar menjaga iman dan takwa pemakainya, namun juga membuat kulit terlindungi dari penyakit kanker dan proses penuaan.

Ternyata jilbab tak sekedar membawa manfaat ukhrawi namun banyak juga manfaat duniawinya.

Jilbab tak hanya sekedar menjaga iman dan takwa pemakainya, namun juga membuat kulit terlindungi dari penyakit kanser dan proses penuaan.
 


Semoga bermanfaat,
Wassalamualaikum... Wr, Wb.



Thanks to YM Network