Wednesday, July 31, 2013

Tips I'tikaf menyambut Lailatul Qadar

14 comments
Assalamualaikum...

Alhamdulillah... bagi umat muslim, saat ini kita telah memasuki 10 hari terakhir di bulan Ramadhan 1434 ini. Bahkan hari ini kita sudah berada di hari ke 8 terakhir. Seperti yang kita ketahui terdapat pendapat yang mengatakan bahwa terjadinya malam Lailatul Qadar itu pada 10 malam terakhir bulan Ramadan, hal ini berdasarkan hadits dari Aisyah yang mengatakan : 
"Rasulullah Shallallahu 'alaihi wa sallam beri'tikaf di sepuluh hari terakhir bulan Ramadan dan beliau bersabda, yang artinya: "Carilah malam Lailatul Qadar di (malam ganjil) pada 10 hari terakhir bulan Romadhon" " (HR: Bukhari 4/225 dan Muslim 1169)

Lailatul Qadar atau Lailat Al-Qadar (bahasa Arab: لَيْلَةِ الْقَدْرِ ) (malam ketetapan) adalah satu malam penting yang terjadi pada bulan Ramadan, yang dalam Al Qur'an digambarkan sebagai malam yang lebih baik dari seribu bulan. Dan juga diperingati sebagai malam diturunkannya Al-Qur'an.

Keistimewaan Lailatul Qadar
Deskripsi tentang keistimewaan malam ini dapat dijumpai pada Surat Al-Qadr, surat ke-97 dalam Al Qur'an.

Setelah membaca sebuah kitab yang berjudul Lailatul Qadar karya Dr. Faruq Hamadah, walaupun agak telat, pada postingan kali ini saya ingin berbagi tips I'tikaf untuk menyambut Lailatul Qadar.

I'tikaf, berasal dari bahasa Arab akafa yang berarti menetap, mengurung diri atau terhalangi. Pengertiannya dalam konteks ibadah dalam Islam adalah berdiam diri di dalam masjid dalam rangka untuk mencari keridhaan Allah SWT dan bermuhasabah (introspeksi) atas perbuatan-perbuatannya. Orang yang sedang beriktikaf disebut juga mutakif. Yang dilakukan pada saat i'tikaf pada hakikatnya adalah Taqarrub (pendekatan diri) kepada Allah. Makna taqarrub adalah mendekatkan diri kepada Allah SWT dengan beragam rangkaian ibadah. Di antaranya : Shalat, Dzikir, Membaca Al-Qur'an, Belajar membaca Al-Qur'an, Belajar memahami isi Al-Qur'an dan Berdoa.

Lailatul Qadar sesungguhnya adalah malam yang agung, penuh rahmat, berkah dan maghfirah. Malam yang khusus dipersembahkan-Nya bagi kaum muslimin. Sehingga ini juga bisa dijadikan sebagai waktu untuk mengejar kebaikan, memupuk amal, mencari pahala dan mengharapkan ridho Allah SWT.

Nah, bagi kita yang hendak menghidupkan malam ini hendaknya mengikuti tata cara atau adab diantaranya seperti di bawah ini :
  • Meniatkan Qiyam (aktivitas ibadah shalat di malam hari) pada malam pertama.
  • Hendaknya menghidupkan Lailatul Qadar itu didalam Masjid dan dilakukan bersama orang lain, baik tua maupun muda yang mampu melakukannya.
  • Menghidupkan Lailatul Qadar, disukai dengan cara berjamaah sepanjang malam, yakni sejak waktu Isya hingga sholat Subuh. Tapi jangan sampai juga sholat malam dilaksanakan namun saat waktu sholat Subuh malah tertidur.
  • Karena kita akan menghadap Sang Pencipta, hendaknya kita memakai pakain yang bersih dan wewangian.
  • Melaksanakan sholat Isya dan Subuh berjamaah di masjid.
  • Memperbanyak atau menambah jumlah bacaan Al-Qur'an pada malam-malam yang diharapkan turunnya Lailatul Qadar.
  • Memperbanyak harapan dan doa. Doa yang diajarkan oleh Rasulullah SAW kepada para sahabatnya saat beri'tikaf Lailatul Qadar adalah : 
"Ya Allah, Engkaulah Yang Maha Pemaaf,
Engkau menyukai perbuatan memberikan maaf,
maka maafkanlah aku"
(HR. At-Tirmidzi, Ahmad, & An-Nasa`i dalam Al-Kubra)
Catatan : Tidak dipungkiri masih ada muslim yang masih bingung dengan keistimewaan Lailatul Qadar sebagai malam yang lebih baik dari 1000 bulan.
Mujahid, Qotadah dan ulama lainnya berpendapat bahwa yang dimaksud dengan lebih baik dari seribu bulan adalah shalat dan amalan pada Lailatul Qadar lebih baik dari shalat dan puasa di 1000 bulan yang tidak terdapat lailatul qadar. (Zaadul Masiir, 9: 191). 
Subhanallah... Ini sungguh keutamaan Lailatul Qadar yang luar biasa.

Semoga bermanfaat, semoga Allah SWT memberi kemudahan kepada kita untuk bisa meraih malam Lailatul Qadar.

Wassalamualaikum... Wr. Wb.



referensi :

Tuesday, July 30, 2013

Lima Planet Disetiap Malam Selama Ramadhan

10 comments
Assalamualaikum...

Alhamdulillah, bagi kita umat muslim, hari ini kita telah memasuki hari ke-21 di bulan Ramadhan yang penuh berkah dan nikmat ini. Gimana, masih tetap semangat kan puasanya? Harus dong, hehe... Sebenarnya kalau dipikir-pikir, sedih juga ya gak terasa udah 21 hari aja terlewati, dan Ramadhan-nya hanya tinggal 9 hari lagi masih cukup lama untuk ketemu lagi dengan bulan suci Ramadhan. Semoga saja ini bukan Ramadhan kita yang terakhir, semoga nanti Allah masih memberi kita kesempatan untuk bisa melewati Ramadhan-Ramadhan yang akan datang, Amiin...

Nah, pada bulan Ramadhan yang berada pada pertengahan bulan Juli hingga pertengahan bulan Agustus ini, ada banyak peristiwa-peristiwa astronomi yang terjadi. Salah satunya yang istimewa adalah kenampakan lima planet pada setiap malam selama Ramadhan.

Hehehe... iya, ini adalah postingan yang terlambat di publish. Harusnya di publish dari sejak awal Ramadhan, 20 hari yang lalu. Tapi berhubung baru sempat sekarang, ya lebih baik terlambat kan dari pada tidak sama sekali, hihihi.... toh masih ada 10 hari lagi untuk mengamati penampakan 5 planet itu di setiap malam bulan Ramadhan ini *paragraf ini penuh dengan pembelaan diri, xixixi*

Kelima Planet Itu Apa Saja Sih?
Oke, aku kasih tahu yaa... Lima planet yang aku sebut-sebut diatas itu adalah Venus, Saturnus, Mars, Merkurius dan Jupiter.

Terus, Waktu Terbaik Untuk Melihat atau Mengamatinya Kapan?
Saat sore hari hingga menjelang malam, di langit barat kita akan dapat melihat satu titik cahaya terang. Itu bukan bintang melainkan si bintang senja, planet Venus. Planet Venus ini dapat kamu amati sejak matahari terbenam hingga pukul 19.40 WIB dan akan terbenam semakin malam dari hari kehari. Planet yang juga mendapat julukan bintang kejora ini akan nampak di ufuk barat hingga tanggal 21 Desember 2013.

Jadi, sambil ngabuburit nunggu buka puasa, bisa tuh mengamati planet Venus. Kali-kali aja ada Venusian yang say hi, say hi dari sana... hehehe....

Keterlihatan Venus di langit barat di Kota Sumedang
dari simulasi langit Stellarium

Ketika kamu melayangkan pandangan lebih tinggi dari planet Venus, disana akan terlihat tiga titik cahaya yang membentuk segitiga. Ketiga titik cahaya itu adalah bintang Arcturus, bintang Spica dan planet Saturnus. Saturnus akan tampak selepas matahari terbenam dan ia akan terbenam di ufuk barat pada pukul 23.00 WIB. Jika dari malam-malam kemarin kamu pernah mengamatinya, Saturnus terlihat berbeda dari kedua bintang itu.... betul, Saturnus terlihat berwarna kuning dan tidak berkedip.

Nah, kalau tadi sebelum buka puasa kita bisa mengamati Venus, setelah berbuka puasa atau sambil jalan ke masjid buat sholat Taraweh kita juga bisa melihat keindahan planet Saturnus yang membentuk segitiga bersama dengan bintang Spica dan bintang Arcturus

Keterlihatan Planet Saturnus di langit barat di Kota Sumedang
dari simulasi langit Stellarium

Saat menjelang pagi di langit timur, sekitar pukul 04:30 WIB kita akan melihat 2 bintang yang berdekatan terang. Namun itu bukan bintang melainkan planet Jupiter dan planet Mars. Dan agak kebawah dari Planet Mars, disitu akan terlihat planet Merkurius yang terbit pada pukul 04.50 WIB. Ketiga planet tersebut akan terus terlihat hingga tiba saatnya Matahari terbit.

Keterlihatan planet Jupiter, mars dan Merkurius di langit Timur dari kota Sumedang
dengan menggunakan simulasi langit Stellarium

Makanya, setelah makan sahur jangan tidur lagi mendingan mengamati keindahan langit. Suwer ta' kewer-kewer deh, memandangi langit itu rasanya indaaah dan nikmat banget tapi jangan sampai lupa sholat shubuh dan tadarus juga yaa...
(*ahh kayak yang nulis gak pernah tidur lagi aja, hihiihi)

Wassalamualaikum... Wr, Wb.



Referensi :
One Minute Astronomer
Earth Sky

Monday, July 29, 2013

Inilah Foto-Foto Eksklusif Bumi Dan Bulan Yang Berhasil Diabadikan Oleh Satelit Cassini Dari Orbit Saturnus

11 comments
Assalamualaikum...

Pada tanggal 19 Juli 2013 yang lalu, saat dini hari, Bumi dan manusia dipotret dari Saturnus oleh wahana antariksa Cassini. Momen di mana Bumi dipotret dari jarak miliaran kilometer itu dirayakan di berbagai tempat di dunia. Badan Penerbangan dan Antariksa Amerika Serikat (NASA) menamai momen pemotretan Bumi dari Saturnus ini sebagai The Day the Earth Smiled. Saat itu, NASA dengan tagline Wave at Saturn mengajak seluruh warga Bumi untuk melambaikan tangan ke arah Saturnus saat Cassini memotret Bumi.

Nah, saat dini hari tanggal 19 Juli kemarin itu ada yang sempat melambaikan tangan gak?, Saya sih nggak, soalnya lupaaa, hehehe... Padahal, berdasarkan keterangan dari situs NASA, Cassini memotret Bumi, Sabtu dini hari antara pukul 04.27 WIB hingga 04.47 WIB, dari sahur hingga sesaat setelah imsak. Jam segitu harusnya ingat ya, karena bangun untuk makan sahur... Tapi tetep aja kalau lagi lupa suka gak ingat >_<.

Dengan wahana satelit Cassini yang tengah mengorbit planet bercincin itu, pemotretan Bumi berlangsung dari jarak 1,44 miliar kilometer, atau 10 kali lipat jarak Bumi-Matahari. Seperti apa hasil foto Cassini? Penasaran?

Berikut foto-foto Bumi dan Bulan yang berhasil diabdaikan oleh satelit Cassini dari orbit planet Saturnus :

Cassini berhasil memotret
Cincin Saturnus, planet kita Bumi dan Bulan
Credit: NASA/JPL-Caltech/Space Science Institute

Camera Cassini juga telah berhasil memotret Bumi dan bulan
dari orbit Saturnus
Credit: NASA/JPL-Caltech/Space Science Institute

Gambar diatas merupakan hasil pembesaran
dari gambar sebelumnya, yang memperlihatkan
keterlihatan Bumi (kiri) dan bulan (kanan) dari Orbit Saturnus
Credit: NASA/JPL-Caltech/Space Science Institute

Gambar diatas memperlihatkan keterlihatan Bumi dan Bulan
dari Satelit Cassini (kiri) dan dari Satelit MESSENGER
Credit: NASA/JPL-Caltech/Space Science Institute
and NASA/Johns Hopkins
University Applied Physics Laboratory/Carnegie Institution
of Washington

Dan inilah gambar mentah foto Bumi (atas) dan Bulan (bawah)
hasil jepretan Satelit NASA Cassini dari orbit planet Saturnus
dimana Bumi dan Bulan hanya nampak seperti dua titik cahaya kecil
Credit: NASA/JPL-Caltech/Space Science Institute
Dari gambar-gambar diatas, dari orbit planet Saturnus, terlihat planet Bumi kita yang tercinta beserta sang satelit alaminya, Bulan, hanya nampak sebagai dua titik cahaya kecil dalam tata surya kita... Bisa dibayangkan, planet yang kita diami ini tak ubahnya seperti debu di alam semesta ini. Subhanallah...

Sedikit mengenai "sang fotografer" Cassini, hingga saat ini Cassini telah beroperasi selama sembilan tahun. Walau masih banyak yang bisa dipelajari dari Saturnus, Cassini harus pensiun pada tahun 2017 nanti. Pada saatnya nanti, Cassini akan ''bunuh diri' di atmosfer Saturnus.

Itulah 5 foto-foto eksklusif Bumi dan Bulan yang berhasil diabadikan satelit NASA Cassini dari orbit planet Saturnus. Beberapa foto telah mengalami perubahan kontras dari citra aslinya untuk memperjelas hasil foto. Semoga bermanfaat dan dapat dapat menambah keyakinan kita kepada kebesaran dan kekuasaan Allah SWT.

Wassalamualaikum... Wr, Wb.



Referensi :

Saturday, July 27, 2013

27-29 Juli 2013, Puncak Hujan Meteor Delta Aquarids

8 comments
Assalamualaikum...

Ahaa... sudah memasuki akhir Juli nih, Alhamdulillah yaa. Nah, berkaitan dengan fenomena alam yang terkait dengan astronomi, pada akhir bulan Juli ini kita akan dapat menyaksikan salah satu fenomena hujan meteor lagi. Yaitu hujan meteor Delta Aquarids.

Sebelumnya, saya jelasin dulu ya, tentang apa itu hujan meteor.... siapa tahu aja ada yang lupa. Jadi begini...  

Hujan meteor adalah fenomena astronomi yang terjadi ketika sejumlah meteor terlihat bersinar pada langit malam. Meteor ini terjadi karena adanya serpihan benda luar angkasa yang dinamakan meteoroid, yang memasuki atmosfer Bumi dengan kecepatan tinggi. Ukuran meteor umumnya hanya sebesar sebutir pasir, dan hampir semuanya hancur sebelum mencapai permukaan Bumi. Serpihan yang mencapai permukaan Bumi disebut meteorit. Hujan meteor umumnya terjadi ketika Bumi melintasi dekat orbit sebuah komet dan melalui serpihannya.

Nah, kalau Hujan meteor Delta Aquarids merupakan hujan meteor yang berasal dari pecahan komet Marsden dan Kracht Sungrazing. Nama delta Aquarid muncul karena hujan meteor yang satu ini memiliki radian di arah konstelasi Aquarius.

Hujan meteor Delta Aquarids
akan menghasilkan 20 meteor per jam saat puncaknya
Titik radiant ada di konstelasi Aquarius
(Stellarium)
Hujan meteor Delta Aquarid pertama kali teramati pada tahun 1870 saat G.L. Tupman di Lautan Mediterania melakukan plot 65 meteor di sepanjang tgl 27 Juli – 6 Agustus. Hujan meteor Delta Aquarids yang biasa mencapai puncaknya pada sekitaran 27 hingga 29 Juli disebut juga dengan Hujan meteor Delta Aquarids selatan.

Waktu dan Pengamatan Hujan Meteor Delta Aquarids 27 - 29 Juli 2013
Puncak hujan Delta Aquarids Selatan ini mulai dapat diamati pada tanggal 27 Juli 2013 pukul 21:00 waktu setempat, hingga menjelang Subuh. Waktu terbaik untuk mengamatinya adalah tengah malam. Arahkan pandanganmu ke arah Tenggara hingga Selatan. Pastikan langit bebas polusi, cahaya lampu-lampu kota dan tidak mendung.

Hujan Meteor Delta Aquarids ini dapat diamati di seluruh Indonesia.

Dalam satu jam, diprediksi akan ada sekitar 20 meteor. Jadi rata-rata pada setiap 3 menit akan ada 1 meteor yang melintas dan bisa diamati dengan mata telanjang. Sayangnya agak tidak mudah mengenali meteor yang lewat dengan cepat karena malam puncak hujan meteor, sinar bulan masih sangat terang.

Banyak yang beranggapan, bahwa hujan meteor merupakan suatu peristiwa yang menyeramkan dan akan memiliki efek yang buruk terhadap bumi dan manusia. Perlu dicatat, Hujan meteor seperti ini sama sekali tidak berbahaya.

Jadi, Sebelum dan sesudah sahur jangan lupa untuk menyaksikan pertunjukan langit ini dalam episode hujan meteor Delta Aquarids. Semoga langit cerah...

Wassalamualaikum... Wr, Wb.



Referensi :

Thursday, July 25, 2013

Hoax, Foto Hitler Berjabat Tangan Dengan Alien

33 comments
Assalamualaikum...

Di kalangan para peneliti UFO dan Alien, tersiar kabar (ciee... bahasanya udah kayak news anchors aja ya, hehehh) bahwa telah terjalin kerjasama antara pihak makhluk asing yang berasal dari luar Bumi atau Alien dengan Jerman.

Pada tahun 1925, Adolf Hitler dari partai Nazi (Jerman : Nationalsozialismus, Bahasa Indonesia : Nasional Sosialisme) yaitu sebuah partai di Jerman membentuk sebuah badan paramiliter yang disebut dengan Schutzstaffel. Schutzstaffel atau yang dikenal dengan SS (Schwarze Sonne/Black Sun) memiliki banyak sekali macamnya dengan fungsi yang berbeda-beda, dari militer sampai dengan ekonomi dan administrasi. Salah satu proyek mereka adalah pengadaan mesin tempur yang bernama H-Gerat, H Device atau  Haunebu yang kemudian lebih dikenal dengan sebutan UFO Haunebu karena bentuk nya yang menyerupai dengan bentuk penampakan benda terbang aneh yang banyak dilaporkan oleh saksi mata.

Meskipun oleh sebagian peneliti UFO dan Alien telah diyakini bahwa memang telah terjalin kerjasama antara ras Alien tertentu dengan NAZI, namun, hal ini masih diperdebatkan kebenarannya oleh sebagian peneliti UFO lainnya. Dan pada kesempatan ini saya juga tidak akan membahas mengenai benar atau tidaknya hal tersebut.

Saat ini saya hanya akan berbagi informasi mengenai kebenaran foto Hitler yang sedang berjabat tangan dengan sesosok makhluk yang wujud fisiknya seperti sosok Alien yang mungkin ada di bayangan kebanyakan orang. Foto yang saya maksud adalah foto berikut :

Alien dan Hitler berjabat tangan.
But, it's true or fake?
Gambar diatas, sebenarnya adalah gambar yang sudah cukup lama beredar di internet. Dan karena masih banyak yang mempertanyakan asli dan tidaknya foto diatas, saya jadi tergerak (hihihiii...) untuk menulis postingan yang sudah lama ketumpuk-tumpuk di draft ini, dan mengklarifikasi semuanya. >_<

True or Fake?, mari kita cari tahu...
Berdasarkan dari hasil searching di Google, saya mendapat keterangan bahwa sosok yang sedang berjabat tangan dengan Hitler tersebut adalah Alien dari ras Asgard.

Searching-searching di Google berlanjut, dan informasi lain pun saya dapatkan. Ternyata... si Alien tersebut bernama Thor, dan beliau ini hanyalah tokoh fiksi dalam serial fiksi ilmiah Stargate SG-1 dalam episode
"Small Victories". Stargate SG-1 adalah sebuah serial fiksi ilmiah yang tayang di channel televisi Amerika, Showtime dan Syfy pada tahun 1997 sampai dengan tahun 2007.

Thor, Alien dari ras Asgard
dalam salah satu scene serial televisi
Stargate SG-1 episode "Small Victories"
.
Nah, kepalsuan mulai terkuak...
Betul, jika alien yang sedang berjabat tangan dengan Hitler itu sudah kita ketahui sebagai tokoh fiksi dalam serial fiksi ilmiah berjudul Stargate SG-1. Maka kemungkinan besar, foto tersebut juga fake. Tapi baiknya mari kita lanjutkan analisis kita....

Sekali lagi, perhatikan baik-baik gambar dibawah ini :


Tepat sekali, seandainya kita jeli... ada ketidaksinkronan pada gambar diatas. Yaitu, arah pandang Alien terhadap Hitler dan arah pandang Hitler terhadap Alien. Pada gambar diatas, saya buat garis putus-putus berwarna merah, dari situ terlihat, seharusnya orang yang berjabat tangan dengan Hitler saat itu lebih tinggi dari Alien tersebut.

Pencarian informasi terus dilakukan hingga akhirnya saya menemukan gambar disamping.

Selain itu, saya juga mendapat informasi bahwa memang awalnya gambar Hitler yang sedang berjabat tangan dengan Alien tadi berasal dari gambar disamping yang entah untuk keperluan apa, di edit oleh orang tidak yang bertanggung jawab sehinggan Hitler jadi sedang berjabat tangan dengan Alien.

Padahal aslinya, seperti yang terlihat pada gambar disamping, saat itu Hitler sedang berjabat tangan dengan Mussolini. Dan gambar tersebut ada pada cover majalah Illustrierte Beobachter.

Akhirnya, ketahuan deh... kalau ternyata foto Alien berjabat tangan Hitler tersebut adalah fake alias palsu alias hoax.

Lebih jelasnya, silahkan perhatikan lagi gambar dibawah ini... :


Dari gambar diatas, terlihat jelas Hitler yang sama dan Mussolini diubah menjadi gambar Alien. Jadi, terbukti... Foto Alien berjabat tangan dengan Hitler adalah hoax.

Wassalamualaikum... Wr, Wb.



Referensi :

Sunday, July 21, 2013

Inilah 9 Foto Planet Bumi Yang Berhasil Diabadikan Dari Luar Angkasa

15 comments
Assalamualaikum...

Foto
Bumi belahan timur
(atas)
dan
belahan barat
(bawah)
Planet Bumi, planet tercinta yang kita diami ini adalah planet ketiga dan merupakan planet ke 5 terbesar dari delapan planet dalam Tata Surya. Diperkirakan usianya mencapai 4,6 miliar tahun. 

Populasi manusia di planet bumi saat ini sekitar 6.8 milyar orang. Dengan pertumbuhan populasi yang mencapai 1.13% per tahun, maka populasi bumi akan menjadi dua kali lebih banyak dari populasi sekarang dalam 62 tahun mendatang. Sebanyak 71% dari permukaan bumi ditutupi oleh lautan.

Jarak antara Bumi dengan matahari adalah 149.6 juta kilometer atau 1 AU (Inggris: Astronomical Unit).

Kala rotasi bumi adalah 23 jam 56 menit 4 detik. Sedangkan kala revolusinya adalah 365,25 hari. Bumi mempunyai lapisan udara (atmosfer) dan medan magnet yang disebut (magnetosfer) yang melindung permukaan Bumi dari angin surya, sinar ultraviolet dan radiasi dari luar angkasa. 

Lapisan udara ini menyelimuti Bumi hingga ketinggian sekitar 700 kilometer. Lapisan udara ini dibagi menjadi Troposfer, Stratosfer, Mesosfer, Ionosfer, Termosfer, dan Eksosfer.

Sejumlah wahana antariksa berhasil memotret Bumi dari jarak ratusan hingga jutaan kilometer jauhnya. Foto-foto yang dihasilkan sangat memukau. Bumi tampak lebih spektakuler dibandingkan dengan yang dilihat manusia dalam kesehariannya.

Di antara banyak foto-foto Bumi yang dihasilkan, berikut sembilan foto yang dianggap paling spektakuler :

1. Foto pertama planet Bumi yang berhasil diabadikan dari luar angkasa


Foto diatas merupakan Foto Bumi pertama dari antariksa diambil oleh wahana Lunar Orbiter 1 pada 23 Agustus 1966. Badan Penerbangan dan Antariksa Amerika Serikat (NASA) menolehkan sejenak wahana tersebut khusus untuk memotret Bumi. Bumi dalam foto ini diambil dari Bulan, jauh dari indah, tampak kasar dan buram.

2. Pemandangan Bumi terbit yang terlihat dari Bulan


Foto diatas adalah pemandangan Bumi yang terbit dari Bulan diambil oleh kru misi Apollo 8 pada tahun 1968. Bumi hanya tampak separuh, tetapi menampakkan kebiruannya. Misi yang sama menayangkan untuk pertama kali siaran tentang permukaan Bulan.

3. Bumi tampak berada di bawah Bulan dalam foto wahana Kaguya.


Foto diatas diambil oleh wahana antariksa Kaguya, diambil pada tahun 2007, di mana Bumi tampak berada di bawah Bulan. Kaguya atau SELENE adalah nama dari wahana antariksa Jepang yang pertama. SELENE adalah singkatan dari Selenological and Engineering Explorer.

4. Bumi dan Bulan dipotret wahana Mars Reconnaisance Orbiter


Foto Bumi yang  berbentuk setengah lingkaran ini diambil oleh wahana Mars Reconnaisance Orbiter pada tahun 2007.

5. Bumi dan Bulan dipotret oleh wahana Galileo yang mengorbit Jupiter


Wahana antariksa Galileo yang mengorbit Jupiter memgambil foto ini pada tahun 1992 dari jarak 6,2 juta kilometer. Dalam foto, tampak Bumi dan Bulan dalam bentuk setengah lingkaran.
Sedikit mengenai wahana antariksa Galileo, Galileo adalah wahana antariksa tak berawak yang dikirim NASA untuk mempelajari Jupiter dan bulan-bulannya. Dinamakan menurut nama astronom dan perintis Renaisans, Galileo Galilei, pesawat ini diluncurkan pada 18 Agustus 1989 oleh pesawat ulang-alik Atlantis dengan misi STS-34. Galileo tiba di Jupiter pada 7 Desember 1995, enam tahun dari peluncurannya, dengan bantuan lintasan gravitasi Venus dan Bumi.

6. Bumi tampak sebagai titik kecil di samping Saturnus


Foto diatas diambil oleh wahana antariksa Cassini yang mengorbit Saturnus sejak tahun 2004. Dalam foto yang diambil tahun 2006 itu, Bumi tampak sebagai bintik putih yang seolah-olah berada di dalam cincin Saturnus. Bersama potret Bumi ini, Cassini berhasil menguak cincin Saturnus yang sebelumnya tak diketahui.

7. Bumi tampak berbentuk sabit dalam jepretan wahana Rosetta



Foto ini diambil oleh wahana Rosetta milik European Space Agency (ESA) pada tahun 2007. Bumi tampak seperti sabit berwarna perak. Rosetta tengah dalam perjalanan untuk mendarat di sebuah komet dan diperkirakan sampai pada tahun 2014.

8. Bumi tampak sebagai kelereng biru dalam citra hasil jepretan misi Apollo 17

Foto diatas disebut sebagai foto paling mengagumkan. Bumi terlihat bulat utuh dan berwarna biru. Foto ini diambil dengan oleh kru misi Apollo 17 pada bulan Desember 1972.

9. Pale Blue Dot

Foto diatas juga dikatakan sebagai foto Bumi yang tak kalah mengagumkan. Foto diambil pada tahun 1990 dengan wahana antariksa Voyager 1 dari jarak 6 miliar kilometer. Dalam foto tersebut, Bumi tampak sebagai bintik biru kecil dan pucat (Pale blue Dot) berukuran 0,12 piksel. Voyager diluncurkan tahun 1977 dan kini diklaim telah meninggalkan tata surya.

Q.S. Al-A'raaf ayat 54 :

Sesungguhnya Tuhan kamu ialah Allah yang telah menciptakan langit dan bumi dalam enam masa, lalu Dia bersemayam di atas 'Arsy. Dia menutupkan malam kepada siang yang mengikutinya dengan cepat, dan (diciptakan-Nya pula) matahari, bulan dan bintang-bintang (masing-masing) tunduk kepada perintah-Nya. Ingatlah, menciptakan dan memerintah hanyalah hak Allah. Maha Suci Allah, Tuhan semesta alam.

Wassalamualaikum... Wr, Wb.



Kompas, dengan perubahan
All picture credit by NASA

Tuesday, July 16, 2013

Cara Mudah Mengetahui Jumlah Hari Dari Sejak Tanggal Lahir

15 comments
Assalamualaikum...

Hallo semua, sahabat Blogger dan para pembaca setia... Ehh, PeDe banget yaa, kayak yang beneran aja punya pembaca setia, hehehe... Apakabar semuanya? Mudah-mudahan baik-baik saja ya... Teman-teman muslim yang sedang menjalankan ibadah puasa, tetap semangat yaa, mari kita fokus untuk menjadi The Winner di hari yang Fitri nanti, Insya Allah...

Oh iya, seperti yang tertulis di bagian judul, saat ini saya mau share tentang bagaimana cara untuk mengetahui jumlah hari usia kita dari sejak tanggal kita dilahirkan. Kalau hitungan usia berdasarkan tahun, itu udah biasa banget kan... nah bagaimana dengan jumlah hari usia kita? Iya mungkin ini nggak terlalu penting ya dan mungkin sebenarnya sudah banyak yang tahu juga, hehe... Tapi buat yang ingin tahu bagaimana caranya mengetahui jumlah hari usia kita ada cara mudah lho... beneran deh, gak pakai ribet.

Begini nih caranya :
* Tinggal kunjungi situs Time and Date 
* Di bilah kiri bisa kita lihat ada beberapa pilihan, kamu tinggal klik aja "Kalkulator Jumlah Hari Dari Tanggal Lahir"
* Masukkan Tanggal, Bulan dan Tahun lahir kamu di kotak yang tersedia
* Klik "Hitung Jumlah Hari"
Tadaaa, jumlah hari usia kamu dari sejak tanggal lahir pun muncul....

Dan hingga hari ini Selasa, 16 Juli 2013 ternyata saya sudah menghabiskan 9922 hari hidup didunia ini. Alhamdulillah, berharap Allah SWT selalu memberikan kesehatan dan umur yang panjang untuk... kita semua tentunya.


Ada bonus informasi ternyata, pada tanggal 2 Oktober 2013 nanti saya genap berusia 10.000 hari.... Insya Allah mudah-mudahan kesampaian, hehehe....

Nah, menarik kaaan? Silahkan dicoba, mudah-mudahan ada manfaatnya.

Wassalamualaikum... Wr, Wb.

TAHUN KABISAT

No comments
Assalamualaikum...

Tahun Kabisat (Bahasa Inggris: Leap Year) adalah sebuah Tahun Syamsiah di mana pada tahun tersebut jumlah hari tidak terdiri dari 365 hari tetapi 366 hari.
Satu tahun syamsiah tidak secara persis terdiri dari 365 hari, tetapi 365 hari 5 jam 48 menit 45,1814 detik. Jika hal ini tidak dihiraukan, maka setiap 4 tahun akan kekurangan hampir 1 hari (tepatnya 23 jam 15 menit 0,7256 detik). Maka untuk mengkompensasi hal ini, setiap 4 tahun sekali (tahun yang bisa dibagi 4), diberi 1 hari ekstra: 29 Februari. 


Tetapi karena 5 jam 48 menit 45,1814 detik kurang dari 6 jam, maka tahun-tahun yang bisa dibagi 100 (seperti tahun 1900), bukan tahun kabisat, kecuali bisa dibagi dengan 400 (seperti tahun 2000).

Menentukan Tahun Kabisat
Mungkin ada yang pernah mendengar bahwa untuk menentukan Tahun Kabisat mudah saja yaitu apabila angka tahun habis dibagi dengan 4, maka tahu tersebut adalah tahun kabisat. Misal tahun 2000 bisa habis dibagi dengan 4, maka tahun 2000 adalah tahun kabisat. Padahal tidak demikian lho...

Lalu bagaimana?
Yuuk, kita ikuti penjelasan berikut...
Terdapat algoritma mudah untuk menentukan apakah suatu tahun termasuk tahun kabisat atau bukan sebagai berikut:
  1. Jika angka tahun itu habis dibagi 400, maka tahun itu sudah pasti tahun kabisat.
  2. Jika angka tahun itu tidak habis dibagi 400 tetapi habis dibagi 100, maka tahun itu sudah pasti bukan merupakan tahun kabisat.
  3. Jika angka tahun itu tidak habis dibagi 400, tidak habis dibagi 100 akan tetapi habis dibagi 4, maka tahun itu merupakan tahun kabisat.
  4. Jika angka tahun tidak habis dibagi 400, tidak habis dibagi 100, dan tidak habis dibagi 4, maka tahun tersebut bukan merupakan tahun kabisat.
Berikut adalah contoh perhitungan algoritma untuk menentukan suatu tahun adalah tahun kabisat atau bukan :


Penjelasan dari contoh perhitungan diatas :
1. Jika angka tahun itu habis dibagi 400, maka tahun itu sudah pasti tahun kabisat. (Contoh: 2400)
2. Jika angka tahun itu tidak habis dibagi 400 tetapi habis dibagi 100, maka tahun itu sudah pasti bukan merupakan tahun kabisat. (Contoh: 1900)
3. Jika angka tahun itu tidak habis dibagi 400, tidak habis dibagi 100 akan tetapi habis dibagi 4, maka tahun itu merupakan tahun kabisat. (Contoh: 2012)
4. Jika angka tahun tidak habis dibagi 400, tidak habis dibagi 100, dan tidak habis dibagi 4, maka tahun tersebut bukan merupakan tahun kabisat. (Contoh: 2013)

Itulah penjelasan mengenai Tahun Kabisat dan cara menentukannya. Dari penjelasan diatas bisa kita ketahui juga bahwa tidak semua tahun yang bisa dibagi empat adalah tahun kabisat.

Wassalamualaikum... Wr, Wb.



Referensi :
Wikipedia/Tahun Kabisat
Math Best

Saturday, July 13, 2013

Mencegah Lebih Baik Daripada Bertaubat

12 comments
Assalamualaikum... Wr, Wb.

(Catatan kecil menjelang tidur)
Guys, trust me... Allah itu Maha Pengampun.
Ia mengampuni siapa saja yang pernah berbuat salah. Sebesar apapun kesalahannya. Asalkan ia mau bertaubat. Pastinya taubat yang dijalani adalah taubat nasuha. Bertaubat dan berjanji tidak akan lagi mengerjakan perbuatan dosa (yang pernah dilakukan) itu.


Dalam satu hadits Rasulullah SAW. bersabda :
"Sesungguhnya Allah lebih suka menerima taubat seorang hamba-Nya, melebihi dari kesenangan seseorang yang menemukan kembali dengan tiba-tiba untanya yang hilang di tengah hutan." (HR. Bukhari &Muslim).

Please be noted... Meski Allah Maha Pengampun, bukan berarti kita boleh berbuat dosa yang banyak lalu bertaubat. Satu hal yang harus selalu diingat, yaitu tentang usia kita. Tidak ada seorangpun yang tahu sampai kapan kita hidup di dunia ini. Intinya jangan terlalu percaya diri kita akan/masih memiliki umur yang panjang, sehingga berpikiran tidak masalah sekarang berbuat dosa dengan dalih bukan atas kemauan sendiri atau karena terpaksa karena masih punya hari esok untuk bertaubat. 
Think... Gimana kalau kenyataannya umur kita tidak sampai hingga hari esok?. Nah, itulah sebabnya mencegah lebih baik daripada bertaubat.

Semoga bisa bermanfaat bagi siapapun yang membaca tulisan ini.
Selamat tidur, selamat beristirahat yaa...

Wassalamualaikum... Wr, Wb.

Wednesday, July 10, 2013

KALENDER ASTRONOMI BULAN JULI 2013

16 comments
Assalamualaikum...


Berikut adalah informasi mengenai peristiwa-peristiwa astronomi yang akan terjadi sepanjang di bulan Juli 2013 :


TT - JJ --- Peristiwa Astronomi

02 - 00 --- Pluto di titik oposisi
05 - 05 --- Aldebaran 3,3S dari Bulan
05 - 14 --- Bumi di aphelion (1,01671 SA)
06 - dinihari Bulan-Mars-Jupiter di timur
06 - 02 --- Bulan terjauh di Utara (20,1)
06 - 12 --- Mars 3,7U dari Bulan
07 - 01 --- Bulan di titik apogee (406.493 km)

07 - 03 --- Jupiter 3,5U dari Bulan
08 - 07 --- Bulan baru
08 - 11 --- Merkurius 0,1S dari Bulan
09 - 04 --- Saturnus di titik stasioner
09 - 18 --- Merkurius konjungsi inferior
11 - 22 --- Regulus 5,4U dari Bulan

(Special Event) 16 - Peluncuran Apollo 11, pendaratan pertama manusia di Bulan (1969)

16 - 03 --- Bulan setengah awal
16 - 03 --- Spica 0,3S dari Bulan
16 - 09 --- Waktu untuk koreksi arah kiblat
16 - 23 --- Saturnus 3,2U dari Bulan
17 - dinihari Mars-Jupiter-Merkurius di timur
17 - 23 --- Uranus di titik stasioner
20 - 03 --- Bulan terjauh di Selatan (-20,0)
20 - 11 --- Merkurius di titik stasioner
21 - 10 --- Pluto 1,0S dari Bulan
21 - 20 --- Bulan di titik perigee (358.402 km)
22 - 07 --- Mars 0,8U dari Jupiter, 8,1U dari Merkurius
22 - 13 --- Venus 1,1U dari Regulus
22 - 18 --- Bulan purnama
25 - 02 --- Neptunus 5,4S dari Bulan
(Special Event) 26 - Peluncuran Apollo 15, kendaraan penjelajah berawak pertama di Bulan (1971)
27 - 20 --- Uranus 3,3S dari Bulan
28 - Puncak hujan meteor Delta Aquarid Selatan
28 - 19 --- Merkurius 6,9 dari Mars
29 - 17 --- Bulan setengah akhir
30 - 09 --- Merkurius elongasi maksimum B(20)


Keterangan :
TT adalah Tanggal dan JJ adalah Waktu (jam) dalam format 24 jam.
Semua waktu diatas telah dinyatakan dalam GMT (UT) unti Waktu Indonesia Barat (WIB) = UT+7.
Untuk wilayah Waktu Indonesia Tengah (WITA) = UT+8 dan untuk Indonesia Bagian Timur (WIT) = UT+9.

Semoga bermanfaat ya...
Wassalamualaikum... Wr, Wb.



Sumber dan Referensi :
duniaastronomi.com
lunar-occultations.com
astronomical-calendar.org.uk
examiner.com