Monday, September 30, 2013

GinyAwards, Award ke-12

74 comments
Assalamualaikum...

Iyess... seneeeng banget, waktu hari Sabtu kemarin, tanggal 28 September 2013, jam... jam...... jam berapa ya? lupaa... sekitaran jam 2 siang gitu deh, saya dapat award lagiiii.... nama awardnya adalah...
GinyAwards

Ehh, sabar dulu yaa kalau mau lihat awardnya... Karenaaa, saya ingin terlebih dahulu menyampaikan sepatah dua patah kata, hihihi... 

Jadi, sesuai dengan nama awardnya, yaitu GinyAwards... award ini memang pemberian dari seorang blogger, namanya Giny. Nama lengkapnya.... kasih tau gak yaa... Ok deh, kalau ada yang penasaran, namanya Ginianjar. Eh tapi nggak tau sih itu nama lengkapnya apa bukan ya, cuma di Facebook nama akunnya sih kayak gitu. Kalau aku, suka panggilnya a Giny. Maksudnya aa Giny, karena kita sama-sama orang Sunda lho...

Oh iya, untuk mendapatkan award ini nggak mudah. Iya beneran... Karena ada serangkaian perjuangan *huhh.. lebay* yang harus saya lewatin, yaitu... mengerjakan teka-teki. Teka-tekinya itu, tebak gambar... kita diminta mencari jumlah perbedaan yang ada pada 6 gambar yang dia posting di blognya. Eh iya mungkin ada yang belum tahu, nama blognya a Giny itu adalah... Recent Activity, yang berisi tentang.... mending, gak usah aku jelasin disini, aku saranin langsung main kesana aja deh. Penasaran...? makanya, main-main deh kesana, hehe...

Balik lagi ke teka-teki gambarnya... Ternyata, perjuangan saya melototin, maksudnya memperhatikan dengan seksama gambar-gambar itu gak sia-sia... Karena akhirnya, saya mampu menjawab semua teka-tekinya *bohooong*.

Ehehee... Iya sih dari ke-6 gambar itu, jumlah perbedaan seluruhnya ada 8, dan yg berhasil aku temuin cuma 6, hehehe....

Apa? Nggak fair? 
Maaf yaa dilarang keras untuk protes, terserah kalau ada yang mau bilang dan berpikir apa, yang penting aku udah dapat awardnya, ahaha... *evil laugh*

Dan inilah GinyAwards :


Keren kan awardnya, berwarna perak dan bernuansa merah putih.
Mungkin, sekali lagi mungkin lho yaa... Jadi kalau salah, ya maaf ini kan cuma kemungkinan, yang bisa jadi benar bisa jadi juga salah... Nah, mungkin... Maksud a Giny bikin award dengan nuansa merah putih seperti itu agar saya selalu bersemangat dan tidak pernah putus asa dalam...... mengisi dan mempertahankan kemerdekaan negara kesatuan republik Indonesia, yang sudah dengan sangat susah payah diraih oleh para pahlawan kita yang telah gugur *ini apa sih sebenarnya...??*. 

Entahlah... Seperti apa maksud yang sebenarnya, hanya a Giny dan Allah SWT saja yang tahu.

Terakhir, mau bilang terima kasih sama a Giny buat... buat apa ya? buat semuanya deh, dan buat awardnya yang keren doong pastinyaaa, hehe... Oh iyaa... terima kasih juga buat beberapa hari kemarin, jadi serasa ada teman nungguin jam 11-nya, hehhehe...

Buat siapapun yang baca ini, terima kasih juga yaa... By the way, ini award saya yang ke-12 lho, *gak ada yang nanya juga, ahaha*.

Wassalamualaikum... Wr.Wb.

Sunday, September 29, 2013

Untitled...

19 comments
Percayalah, harus selalu bersemangat itu susah.!!
Untuk menghapus rasa putus asa itu juga susah. Dan terkadang, berusaha untuk menerima kenyataan dengan ikhlas dan menganggap bahwa segala sesuatu sudah ditakdirkan oleh Allah... itu sangatlah susah.

Terutama... saat harus mengubur dan menghapus semua yang diinginkan. Hanya karena.... kamu berbeda.!!!

Dan... percayalah, sangat sulit untuk mengatakan pada diri kita sendiri bahwa kita baik-baik saja dan akan selalu baik-baik saja... padahal kamu tahu pasti bahwa diri kamu tidak dalam keadaan baik dan keadaan diri kamu sedang dan akan terus memburuk, bahkan kamu juga tahu persis bahwa diri kamu sedang dalam keadaan terancam...

Jadi...? Jadi kenapa harus selalu bersemangat dan tidak boleh telat untuk menenggak butiran-butiran berbahan kimia itu setiap waktu....? Untuk apa sih sebenarnya? Bukan kah seperti yang kalian bilang, segala sesuatu, apapun itu tidak terjadi begitu saja, semua sudah direncanakan-Nya.

Oke lah kalau gitu, kita ikuti saja permainan-Nya.
Permainan yang sangat memuakkan sudah lama berlangsung dan tidak diketahui kapan berakhir.

Tidak, jangan khawatir... tidak akan ada yang menyalahkan-Nya... Tidak akan.

Pastinya sempat terpikir... Kenapa bisa-bisanya Dia berlaku tidak adil terhadap makhluk-Nya? Tapi sekali lagi jangan khawatir, pemikiran dan pertanyaan bahkan hujatan-hujatan untuk-Nya yang semacam itu sudah dihapus. Karena berusaha untuk membenarkan hiburan yang terucap dari bibir-bibir kalian yang berupa kalimat... "Harus ikhlas ya... Insya Allah semua akan baik-baik saja."

...........................................................................

Mungkin satu hal yang harus kalian ingat... ketika kita menemukan orang yang kita anggap sebagai orang yang kuat dan penuh semangat, percayalah... kadang aslinya orang tersebut tidaklah seperti itu, bisa saja aslinya orang tersebut adalah orang yang sangat RAPUH.!!!


(hanya tulisan dari seseorang untuk keluarga, saudara, teman dan penciptanya)

Saturday, September 28, 2013

Hanya Ingin Bertanya, Silahkan Dijawab yaaa....

67 comments
Assalamualaikuuuum....

Selamat hari Sabtu... Iyaph, sesuai dengan judul yang saya tulis diatas, di hari Sabtu pagi yang cerah ceria ini, saya ingin bertanya kepada seluruh sahabat blogger di seantero jagad raya, hehehhh... Eh tapi pertanyaan ini nggak dikhususkan buat para sahabat blogger aja sih, tapi juga buat siapapun yang membaca tulisan ini.

Sekali-sekali berandai-andai boleh kan, hihiii... dan ini bukan berarti untuk jadi tidak mensyukuri nikmat yang telah diberikan oleh Allah SWT kepada kita selama ini ya... Oke, langsung aja... ini dia pertanyaannya ya :

Jika esok hari anda terbangun dari tidur dengan memiliki kekuatan super, 
nah kekuatan super seperti apakah yang anda inginkan? 
Dan apa yang akan ada lakukan dengan kekuatan super tersebut?

Silahkan jawab pertanyaan diatas pada kotak komentar yang tersedia dibawah yaa... Awas lho jangan menuliskan jawabannya didinding atau pagar rumah saya, dilarang keras pokoknya, hehehe...

Udah deh segitu aja dulu, jangan lupa dijawab ya... Daaan, semoga hari ini jadi hari yang menyenangkan buat kita semua. 'Cz life is what you make it. So, let's make it beautiful...
Bye, bye... muach, muaach

Wassalamualaikum...

Friday, September 27, 2013

Bulan Apogee 28 September 2013

4 comments
Assalamualaikum...

Bulan September sudah mau berakhir, sodara-sodara... Dan kalau ada yang pernah membaca postingan saya sebelumnya yang berjudul Peristiwa-Peristiwa Astronomi bulan September 2013, disana tertulis bahwa pada tanggal 28 September ada peristiwa Astronomi yang disebut dengan istilah Bulan di Apogee.

Penjelasan mengenai Bulan Apogee... sebenarnya sudah pernah disebut-sebut juga pada postingan sebelumnya yang membahas tentang Bulan Perigee yang terjadi pada tanggal 15 September 2013 yang lalu.
Lintasan orbit Bulan pada Bumi tidaklah bulat, tetapi berbentuk elips.
Oleh karena itu, pada siklus perputarannya,
ada saat bulan berada pada titik terdekat dengan bumi.
Siklus seperti itulah yang disebut dengan lunar perigee atau bulan perigee.

Sumber Gambar : Wikipedia
Jadi jika pada tanggal 15 September lalu Bulan berada pada jarak terdekatnya dengan Bumi yang disebut dengan istilah Bulan Perigee, nah... pada tanggal 28 September 2013 besok, sebaliknya... Bulan, Insya Allah akan berada pada jarak terjauhnya dengan Bumi. Dan dalam astronomi, peristiwa tersebut dikenal dengan istilah Bulan Apogee. Pada saat bulan apogee, Bulan terlihat lebih kecil dibanding pada saat bulan perigee dan jaraknya bisa mencapai 405.000 km jauhnya.

Dan menurut informasi dari Basic Astro.com untuk peristiwa Bulan Apogee 28 September 2013, jarak terjauh yang akan dicapai oleh Bulan adalah sejauh 404.309 km pada pukul 01:17 WIB.

Oh iya berikut gambar perbandingan ukuran saat Bulan Perigee 30 Januari 2010 dan Bulan Apogee 25 Agustus 2010 :

Untuk lebih jelas melihat gambar diatas silahkan kujungi :
www.perseus.gr yaa...
karena saya pinjem gambar ini dari sana :D
Jadi jangan heran ya, kalau besok malam saat kamu mengamati Bulan dan Bulannya terlihat kecil, itu karena Bulan sedang berada pada jarak terjauhnya dengan Bumi.


"Dan Dialah yang telah menciptakan malam dan siang, matahari dan bulan.
Masing-masing dari keduanya itu beredar di dalam garis edarnya."
Q.S. Al-Anbiya (33)

Wassalamualaikum... Wr. Wb.

Tuesday, September 24, 2013

Alhamdulillah... Terima Kasih, Ya Allah.

26 comments
Percayalah pada kebesaran-Nya...

Segala perih di hati akan hilang pada waktunya, dan Insya Allah akan menimbulkan keindahan di kemudian hari...

Percayalah, di balik semua peristiwa pasti ada hikmahnya...

Alhamdulillah, Terima kasih Ya Allah, Sang pemilik segala rasa dihati...
Engkau telah mengganti cucuran air mata, kegelisahan, kesedihan dan keputus asaan hari kemarin dengan nikmat kebahagian yang tiada tara pada hari ini, dan semoga untuk hari esok dan hari-hari mendatang, Amin...


Saturday, September 21, 2013

Hari Ekuinoks Musim Gugur 23 September 2013

80 comments
Assalamualaikum...

Pada postingan sebelumnya, terkait dengan peristiwa Astronomi yang terjadi pada bulan September ini, pernah diinformasikan bahwa tanggal 23 September 2013 merupakan hari Ekuinoks. Lebih tepatnya adalah hari ekuinoks musim gugur atau disebut juga dengan istilah Autumnal Equinox.

Ekuinoks itu apa sih?
Kata Ekuinoks berasal dari bahasa Latin : aequus (yang berarti sama) dan nox (yang bermakna malam), karena selama ekuinoks, panjang siang dan malam sama.

Ekuinoks adalah titik potong antara equator langit dengan ekliptika. Matahari mencapai titik ini setiap tahun pada sekitar tanggal 21 Maret (disebut vernal equinox) dan 22 September (disebut autumnal equinox). Saat itu, siang dan malam akan tepat sama panjangnya.

Gambar Posisi Planet Bumi
Saat Terjadi Peristiwa Ekuinoks Musim Gugur 23 September 2013
(Gambar Tidak Menggunakan Ukuran Skala Yang Sebenarnya)
Sumber Gambar : Time and Date
Jadi, pada hari itu, Matahari akan bersinar tepat di perpotongan ekliptik dan ekuator. Kala itu lama waktu siang dan malam dalam waktu di seluruh dunia yang hampir sama. Hari ini juga akan menjadi awal musim gugur (autumnal equinox) di belahan Bumi Utara dan menjadi awal musim semi (vernal equinox) di belahan Bumi Selatan. Karena setelah tanggal 23 September 2013 ini, Matahari akan terus bergerak ke Selatan. Dan hal tersebut menyebabkan pergantian musim dingin di belahan Bumi Utara dan musim panas di belahan Bumi Selatan.

Bagaimana Peristiwa Ekuinoks Ini Bisa Terjadi?
Nah, seperti yang kita ketahui... Bahwa bidang ekuator, yaitu bidang yang membelah Bumi dua bagian sama besar Utara-Selatan adalah tegak lurus dengan sumbu rotasi Bumi. Dan seperti yang kita ketahui juga, bidang ekuator bumi tidak sejajar dengan sumbu bidang ekliptika, tetapi membentuk sudut sebesar 23,5 derajat. Sudut yang dibentuk dari perpotongan inilah yang mengakibatkan adanya deklinasi Matahari selama satu tahun lama Bumi mengitari Matahari.

Deklinasi...?
Iya, deklinasi ini tidak lain adalah jarak antara Matahari dengan bidang ekuator dan nilai deklinasi per harinya bervariasi lho... mulai dari 23,5 derajat hingga minus 23,5 derajat.

Guys... harap dicatat dan diingat baik-baik yaa, peristiwa ekuinoks, baik itu Vernal equinox atau Autumnal Equinox tidak tidak berpotensi menimbulkan bencana bagi bumi ataupun makhluk hidup di bumi.

Terus, terus... kapan terjadinya dan apa unik dan menariknya peristiwa Ekuinoks, khususnya Ekuinoks Musim Gugur 23 September 2013 nanti apa?
Peristiwa Ekuinoks musim gugur tahun 2013 Insya Allah akan terjadi pada hari Senin tanggal 23 September 2013 tepat pukul 03:44 WIB dini hari.
Bagi kamu atau mereka yang tinggal di garis khatulistiwa yaitu wilayah yang memiliki nilai lintang tempat pada kisaran 0 derajat seperti kalau di Indonesia di kota Pontianak yang berada pada kisaran lintang 0 derajat 5 detik lintang selatan dan 109 derajat 22 menit bujur timur, di siang hari mereka akan menyaksikan saat-saat matahari berada di titik tertinggi atau tegak lurus di atas kepala atau kulminasi Matahari tepat berada di titik zenith. Selain itu meraka juga akan menyaksikan, secara praktis matahari terbit tepat di titik timur dan terbenam tepat di titik barat. Bagi daerah yang berada pada lintang nol derajat ini, lama waktu siang praktis sama dengan lama waktu malam.

Jadi, selamat menyambut hari Ekuinoks Musim Gugur 23 September 2013 yaa... Namun sayang di negara kita tidak ada musim gugurnya ya, hehehe... Kalau gitu ucapannya diganti, selamat menyambut musim dingin buat kamu yang tinggal di belahan Bumi bagian Utara dan selamat menyambut musim panas buat kamu yang tinggal di belahan Bumi bagian Selatan, hehehh ^_^

Wassalamualaikum... Wr,Wb.

Friday, September 20, 2013

Lima Cover Video Klip dan Lagu "Just Give Me A Reason" by Pink ft Nate Terbaik Versi De Widiani

38 comments
Assalamualaikum...

Heyy, tahu lagunya Pink yang dinyanyikan duet bareng Nate Ruess kan? Itu lho yang judulnya "Just Give Me a Reason", pasti banyak yang tahu deh dan sering dengerin juga kan. It's my favourite song, you know. Tapi kalau ada yang benar-benar gak tahu dan belum pernah denger lagu ini, silahkeun tengok video klipnya disini.

Kalau menurut saya siiihh... berdasarkan dari dengerin lagunya, lagu ini bercerita tentang sepasang kekasih yang hubungannya sedang renggang. Dimana pada awalnya, si perempuan bertemu dengan seorang laki-laki, dan si perempuan itu merasa bahwa si laki-laki itu telah mencuri hatinya dan membuatnya jatuh cinta *ciee... Bahkan si perempuan itu juga saking cintanya rela jika ia harus menjadi korban ke play boy-an si laki-laki tersebut *wuihh, segitunya yaa... Akhirnya mereka pun dekat, dan saling melengkapi satu sama lain *so sweet... Namun kemudian si perempuan merasa hubungan mereka renggang dan terasa berbeda, sehingga si perempuan itu berusaha meminta alasan dan penjelasan kepada pacarnya untuk keadaan yang sedang mereka alami itu. Dan si laki-laki itupun menegaskan bahwa hubungan mereka baik-baik saja, mereka tidak putus, hanya sedang renggang. Lalu si laki–laki ini mengajak pacarnya itu untuk memulai kembali hubungan mereka dan melupakan semua luka dan permasalahan yang pernah mereka hadapi *sumpah... sweet banget... Dan si perempuan itupun menyetujuinya untuk kembali memulai hubungan mereka dan belajar saling mencintai, menyayangi dan menghormati satu sama lain dengan cara yang lebih baik lagi dari sebelumnya.

Nah, kemarin aku nonton acara musik di salah satu stasiun TV. Terus setelah video klip Pink ft Nates itu diputar, kata si pembawa acaranya, lagu tersebut termasuk lagu yang banyak di cover. Alias banyak dinyanyikan dan dibuat video klip ulang. Searching di youtube, ternyata memang banyak yang meng-cover lagu dan video klip tersebut. Dan dari sekian banyak cover-annya itu, berikut 5 cover video klip dan lagu "Just Give Me A Reason" terbaik versi saya. Let's check this out.!!! :

1. Tiffany Alvord ft Trevor Holmes
Lagu "Just Give Me A Reason" yang dinyanyikan ulah Tiffany dan Trevor ini, menurutku terdengar lebih manis. Video klipnya juga nggak kalah manis, pkoknya sukaa banget deh dengan versi yang satu ini. Ditambah suaranya Trevor tu seksiii, wajahnya juga cute abis, ya gak sih, hehehe...

2. Kylee ft Sam Tsui
Cara Kylee dan Sam meng-cover lagu ini, beneran deh menurutku lagu ini jadi tedengar kereeen banget. Video klipnya...? Jangan ditanya, kalau aku bilang, it's really awesome.!!! Yang paling suka dari video ini, yaitu... cara si drummer gebukin drum nya, Love it.!!

3. Backtrack ft Spencer Beatbox
Disini, mereka menyanyikan lagu "Just Give Me A Reason" tersebut secara acapella. Dan aksi Backtrack ft Spencer Beatbox ini sukses bikin saya kagum dan terpesona. Kalau harus di vote dan disediakan lima bintang, saya kasih 5 bintang deh...

4. Jung Sung Ahn Violin Cover ft Sarah Park
Kenapa suka versi yang ini? Karena saya adalah seseorang yang selalu terpukau dengan permainan biola Jung Sung Ahn, hehehh... suaranya Sarah Park nya juga bagus. Penasaran...? stonton deh video ini :

5. Pink ft Nate Ruess - Just Give Me A Reason, Violin Cover
Kalau di sebelumnya saat Jung Sung Ahn bernyanyi dengan Sarah Park, mengganti suara prianya dengan suara gesekan biolanya, nah di versi favorit saya yang terakhir ini baik suara pria ataupun suara perempuannya full diganti dengan suara gesekan biola. Dan yang memainkan biolanya itu, dua-duanya perempuan. Bikin iri banget, karena dulu saya pernah bercita-cita jadi pemain biola, tapi ternyata nggak kesampaian yaa, hehe....


Nnnaah... itulah 5 Cover video klip dan lagu "Just Give Me A Reason" by Pink ft Nates terbaik versi saya. Sekali lagi, ini hanya versi saya lho, hehe... See you...

Wassalamualaikum...Wr.Wb.

Saturday, September 14, 2013

Bulan Perigee 15 September 2013

22 comments
Assalamualaikum Wr. Wb...

Hello, people... what's up?
By the way, Bulan di Perigee...? maksudnya apa sih?. Untuk yang ingin tahu dan sedang mencari informasi mengenai bulan di perigee, khususnya yang Insya Allah akan terjadi pada tanggal 15 September 2013, yukk kita bahas sama-sama yaa...

Seperti yang kita ketahui ya, Guys... bahwa setiap benda angkasa itu memiliki jarak terdekat dan terjauh. Untuk orbit-orbit yang melintasi Matahari, contohnya planet Bumi digunakan istilah perihelion dan aphelion. Dimana yang dimaksud dengan perihelion adalah titik terdekat planet dengan matahari, sedangkan aphelion adalah titik terjauh planet dari matahari. Sementara untuk Bulan digunakan istilah perigee dan apogee.

Wait, wait, wait... "setiap benda angkasa itu memiliki jarak terdekat dan terjauh"?.
Iya betul, itu karena lintasan orbit Bulan pada Bumi tidaklah bulat, tapi berbentuk elips. Oleh karena itu, pada siklus perputarannya, ada saat bulan berada pada titik terdekat dengan bumi. Siklus seperti itulah yang disebut dengan lunar perigee atau bulan perigee.

Ada saat bulan berada pada titik terdekat dengan bumi, berati ada juga saat Bulan berada pada jarak terjauh dengan bumi?. Tentu saja... dan saat Bulan berada pada jarak terjauh dengan bumi disebut dengan istilah lunar apogee atau bulan apogee. Pada saat bulan apogee, Bulan terlihat lebih kecil dibanding pada saat bulan perigee.

Perigee merupakan istilah ilmiah umum yang digunakan para ilmuwan dalam menggambarkan jarak terdekat Bulan dengan Bumi. Kata “perigee” diambil dari bahasa Yunani, yaitu “peri” dan “gee”. Kata “peri” berarti dekat atau berada di sekitar, sedangkan kata “gee” berarti bumi.

Bulan perigee adalah istilah yang digunakan untuk menggambarkan peristiwa mendekatnya Bulan dengan Bumi. Ketika mendekat, jaraknya bisa hanya sekitar 360.000 km. Sementara ketika Bulan berada pada titik apogee, jaraknya bisa mencapai 405.000 km jauhnya.

Bulan membutuhkan waktu sekitar 29,5 hari untuk menyelesaikan putaran orbitnya mengelilingi Bumi. Bulan berada pada titik perigee setiap 14 hari dari munculnya bulan baru. Jadi, dalam satu bulan bisa terjadi dua kali supermoon atau lunar perigee. Adapun purnama kedua dalam waktu satu bulan disebut juga dengan istilah Blue Moon atau Bulan Biru.

Nah, pada tanggal 15 September 2013, Insya Allah akan terjadi peristiwa astronomi yang disebut dengan istilah bulan perigee seperti yang telah kita bahas diatas. 

Dimana saat itu, pada malam hari tentunya... tepat pada pukul 23:34 WIB, Bulan sebagai satu-satunya satelit alami planet bumi akan berada pada titik terdekatnya dengan bumi yaitu dengan jarak 367.400 km.

Ilustrasi kenampakan bulan
saat terjadi bulan perigee 15 September 2013, jam 23:34 WIB
dengan menggunakan aplikasi simulasi langit Stellarium
Oh iya, pada saat berada pada titik terdekatnya dengan bumi tanggal 15 September 2013 nanti, bulan juga sedang berada pada fase waxing gibbous. Pada saat fase waxing gibbous ini bulan nampak terlihat benjol, dimana persentase kenampakannya hanya terlihat 82% (seperti yang terlihat pada gambar hasil screenshot dari Stellarium diatas) dari ukuran persentase saat fase bulan purnama.

Selamat menikmati pemandangan bulan saat perigee and have a nice Saturday.!!!

Waalaikumsalam... Wr.Wb



Referensi :

Fase dan Perubahan Bentuk Kenampakan Bulan dari Planet Bumi

No comments
Assalamualaikum...

Fase bulan adalah bentuk bulan yang selalu berubah-ubah jika dilihat dari bumi. Fase bulan itu tergantung pada kedudukan bulan terhadap matahari dilihat dari bumi. Fase bulan disebut juga aspek bulan. (wikipedia)

sumber gambar : Picasa
1. New Moon (Bulan Baru) : Bulan tidak tampak
2. Waning Crescent (Sabit Awal) : Bulan nampak terlihat berbentuk seperti sabit
3. Last Quarter (Perbani Awal) : Bulan nampak terlihat setengah bulatan
4. Waning Gibbous (Gibbus Awal) : Bulan tampak benjol
5. Full Moon (Bulan Purnama) : Bulan tampak bulat sempurna
6. Waxing Gibbous (Gibbus Akhir) : Bulan tampak benjol
7. First Quarter (Perbani Akhir) : Bulan nampak terlihat setengah bulatan
8. Waxing Crescent (Sabit Akhir) : Bulan tampak berbentuk seperti sabit

Wassalamualaikum... Wr.Wb

Wednesday, September 11, 2013

Sujud Syukur and the Sarjana Baru

24 comments
Assalamualaikum...

Beberapa hari yang lalu, tepatnya hari apa yaa...? Lupa. Pokoknya di akhir bulan Agustus kemarin, adik laki-laki saya satu-satunya melaksanakan sidang skripsinya dan Alhamdulillah lulus dengan IPK yang yaa Alhamdulillah... memuaskan kok, hehehe... Pokoknya dia lulus, keluarga seneeeng banget... Finally, dia udah jadi Sarjana sekarang, tinggal disahkan saja dalam prosesi wisudaan nanti.

my cute brother
Ingin sedikit berbagi cerita ketika dia memberi kabar via telepon ke ibu saya bahwa sidang skripsinya lancar dan dinyatakan lulus oleh dosen pengujinya. Saat itu menjelang sholat maghrib, kami (bapak, ibu, kakak, kakak ipar, keponakan, saya dan nenek saya) dirumah, selesai mengambil wudhu, ibu saya sudah memakai mukenanya. Masih ingat banget ketika ibu saya berbicara di telepon dengan adik saya :

Ibu saya    : "Gimana, nak... sidangnya?"
Adik saya  : "@#%^*($$@^*#%@..." (gak kedengeran ngomong apa karena ditelepon, jadi saya gak bisa denger :P)
Ibu saya    : "Alhamdulillah...."

"Gimana...??" tanya bapak saya yang seperti sudah gak sabaran banget ingin tahu, "Alhamdulillah, Pak... lulus" jawab ibu saya. "Alhamdulillah..." kata bapak saya yang sudah berdiri di atas sajadah mau melaksanakan sholat Maghrib. Sambil menyimpan handphone nya diatas meja, ibuku berkata "ibu juga mau sholat dulu, sekalian mau bersujud syukur..."

Mendengar ibuku akan melaksanakan sujud syukur, gak tahu kenapa hati saya agak terenyuh... Dan hanya bisa berkata dalam hati, "Alhamdulillah... Terima kasih ya Allah". Iya karena dengan kabar kelulusan adik saya dalam sidang skripsinya, berarti sudah menghapus kekhawatiran kedua orang tua saya.

he is with
his motor rover-nya
Selama ini kedua orang tua saya nampak suka terlihat (meskipun tidak menampakkannya secara jelas) khawatir. Khawatir adik bungsu ku itu tidak lulus kuliah dan tidak menjadi sarjana, ckckckk...

Kenapa begitu? Karenaaa... di pertengahan kuliahnya, mungkin sekitar semestar 4 atau 5 gitu deh, dia lagi gila-gilaan banget menggeluti hobi balapan motor yang gak jelas (tapi kalau gila motornya sampai sekarang juga masih -_-, cowok emang kayak gitu kali yaa, kadang motornya dibagus-bagusian, kadang dibongkar-bongkar), terus di tahun-tahun akhir kuliah kemarin dia juga suka banget bilang pengen berhenti kuliah dan pengen pindah kampus, terutama tuh yaa saat dia putus sama pacarnya, yang udah dia pacarin mungkin sekitar tiga tahun lebih, ahahahaa... depresi banget tuh kayaknya dia, ckckk... sampe sigitunya sih diputusin doang... Tapi sekarang Alhamdulillah, tabiatnya udah membaik dan sholeh, hehe... We love you banget deh pokoknya :)

Oh iya, ngomong-ngomong tentang sujud Syukur seperti yang dilakukan oleh ibuku itu, mungkin sebenarnya semua orang juga udah tahu ya... Sujud Syukur itu artinya sujud terima kasih kepada Allah SWT. Dilakukan saat kita mendapat kebahagiaan.

Sujud syukur dapat dilakukan dimana saja bahkan tanpa wudu' terlebih dahulu. Sujud syukur tidak disyaratkan menghadap kiblat, juga tidak disyaratkan dalam keadaan suci karena sujud syukur bukanlah shalat. Namun hal-hal tadi hanyalah disunnahkan saja dan bukan syarat. Demikian pendapat yang dianut oleh Ibnu Taimiyah rahimahullah yang menyelisihi pendapat ulama madzhab.


Adapun mengenai tata cara melaksanakan sujud Syukur adalah seperti sujud tilawah. Yaitu dengan sekali sujud. Ketika akan sujud hendaklah dalam keadaan suci, menghadap kiblat, lalu bertakbir, kemudian melakukan sekali sujud. Saat sujud, bacaan yang dibaca adalah seperti bacaan ketika sujud dalam shalat. yaitu subhaana rabbiyal a’laaa ("Maha suci Tuhanku Yang Maha Tinggi" - HR. Tirmidzi)). Seperti yang dikatakan oleh Ibnu Qudamah tentang Tata cara sujud syukur, baik gerakan maupun hukum, dan syaratnya sama seperti sujud tilawah.” (Al-Mughni, 2:372). Beliau juga menjelaskan tentang sujud tilawah, “Bacaan sujud tilawah sama dengan bacaan sujud dalam shalat.” (Al-Mughni, 2:362). Kemudian setelah itu bertakbir kembali dan mengangkat kepala. Setelah sujud tidak ada salam dan tidak ada tasyahud.

Dalil disyari’atkannya sujud syukur adalah,


Dari Abu Bakroh, dari Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam, yaitu ketika beliau mendapati hal yang menggembirakan atau dikabarkan berita gembira, beliau tersungkur untuk sujud pada Allah Ta’ala. (HR. Abu Daud no. 2774. Syaikh Al Albani mengatakan bahwa hadits ini shahih). Juga dari hadits Ka’ab bin Malik radhiyallahu ‘anhu yang diriwayatkan oleh Imam Al Bukhari di mana ketika diberitahu bahwa taubat Ka’ab diterima, beliau pun tersungkur untuk bersujud (yaitu sujud syukur).

Sedangkan mengenai hukumnya, Sujud syukur itu disunnahkan ketika ada sebabnya. Inilah pendapat ulama Syafi’iyah dan Hambali.

Jadi, ketika mendapatkan nikmat atau ketika selamat dari bencana, hendaklah kita melaksanakan sujud syukur. Karena dengan bersyukur, Insya Allah nikmat yang kita dapatpun akan bertambah. Sebagaimana Allah SWT berfirman:
“Sesungguhnya jika kamu bersyukur, pasti Kami akan menambah (nikmat) kepadamu, dan jika kamu mengingkari (nikmat-Ku), maka sesungguhnya azab-Ku sangat pedih.” (QS. Ibrahim : 7)

Wassalamualaikum... Wr.Wb.

Tuesday, September 10, 2013

Konjungsi Saturnus dan Venus

8 comments
Assalamualaikum....

Hai... sore kemarin ada yang lihat juga gak? di langit sebelah barat terlihat Bulan sabit yang cantik. Diatasnya terlihat ada satu titik cahaya yang terang, dan dibawahnya terlihat ada dua titik cahaya juga. Sebenarnya diantara ketiganya itu hanya ada satu saja bintangnya, yaitu bintang Spica. Dan yang duanya lagi itu bukan bintang lho, melainkan itu adalah planet.

Ada yang tahu itu planet apa? Iya, betul... dua titik cahaya itu adalah planet Saturnus dan Venus. Seperti yang terlihat pada gambar hasil screenshot dari Stellarium berikut ini :

Arah pandang langit sebelah barat melalui Stellarium
Lokasi : Sumedang, Jawa Barat - Indonesia
Berdasarkan dari informasi yang saya dapat, tadi malam selepas Matahari terbenam hingga sekitar pukul 8 malam, memang merupakan saat-saat puncak dari peristiwa konjungsi Saturnus dan Venus.

Konjungsi itu apa sih?
Dalam ilmu astronomi, konjungsi adalah istilah yang digunakan untuk menyebut fenomena saat dua planet saling berdekatan. Konjungsi planet adalah hal yang biasa terjadi dalam astronomi. Fenomena ini bisa disaksikan dengan mata telanjang, namun bisa disaksikan lebih jelas dengan teleskop. Magnitud merujuk pada kecerlangan benda langit. Makin negatif, makin cerlang.

Oh iya, tadi malam sempat juga lho saya baca, ada yang menulis status di Facebook yang menyampaikan bahwa kita harus berhati-hati saat terjadi konjungsi planet. Terlebih ketika terjadi konjungsi ada bulan di tengahnya.
For your information, People... hingga saat ini tidak ditemukan ada bukti kuat bahwa peristiwa konjungsi planet seperti ini dapat memicu atau menimbulkan bahaya dan bencana.

Nah, itulah sedikit mengenai peristiwa konjungsi Saturnus dan venus yang terjadi tadi malam. Semoga bermanfaat ya... Sekali lagi, yang disebut dengan konjungsi planet  tidak menimbulkan bencana alam.

Wassalamualaikum... Wr, Wb.

Sunday, September 8, 2013

Sedikit Tentang Saya dan Blog 'DEE IS MY NAME'

26 comments
Assalamualaikum...

Hai semuanyaa, gimana malam Minggu nya tadi malam? seru? kemana aja tuh, ngapain aja?, hiii kepo banget sih yah, hehehe... Itu terserah deh mau dijawab silahkan, nggak dijawab juga gak apa-apa kok, apalagi yang tadi malam gak pergi kemana-mana karena sakit, sama saya juga kayak gitu... hikss :(... Siapapun yang saat ini sedang sakit, mudah-mudahan kita cepat sembuh yaa, Aamiin...

Sebenarnya, saat ini there are so many idea in my mind, but rasanya tu malaaas banget mau ngapa-ngapain. Kepala pusing, hidung mampet, bersin-bersin, agak demam, mimisan, lemes. Tapii, bukan saya dong kalau harus diam karena sakit, ya buktinya lagi kayak gini aja masih keukeuh ngeblog dan blogwalking-an, hihihi...

Terus, sekarang ngapain dong...?
Gini aja deh, gimana kalau pada postingan kali ini saya akan cerita sedikit mengenai saya dan blog saya ini. Pasti pada penasaran banget kaaan?. hehehh....

Nothing special about me sebenarnya, jadi agak bingung juga sih kalau harus cerita tentang diri saya sendiri sama orang lain. Karena pada dasarnya saya adalah tipe orang yang rendah hati, gak suka pamer dan narsis, hwohohooo...

Hmm... mulai dari mana ya? nama kali yaa.. Nama saya Wiwi Widiani, tapi biasa dipanggil Ade. Haha... iya jauh banget ya antara nama asli sama nama panggilan, tapi ya memang ya seperti itulah. Sejarahnya sih begini, dulu saya itu sempat jadi anak bungsu, tapi gak jadi karena adikku lahir, dan panggilan "Ade" itu terus melekat kuat hingga detik ini.

Kalau berdasarkan dari yang tertulis di akta kelahiran, saya lahir tanggal tujuh belas, bulan lima... Naah, jadi, kalau sudah memasuki bulan kelima alias bulan Mei, segera siapkan kado ulang tahun buat saya yaa dan kirim ke... ke..ke... kasih tau alamat saya gak yaa... tapi kalau butuh alamat email saya boleh deh, silahkan hubungi ke kotaksurat.widiani@gmail.com ya, hehehe...

Selebihnya tentang saya, saya hanya seseorang yang selalu ingin tahu, kritis, suka membaca, gak suka telur, alergi debu, fans berat Star Wars, The Beatles dan buku-buku bergenre klasik romance. Gak bisa tidur kalau gak pakai kaos kaki. Saudara dan teman-teman dekat bilang, saya adalah perempuan aneh karena tertarik dengan masalah UFO dan Alien. Heyy... apa yang salah dengan dua hal tersebut? gak ada kaan... hehehh.... Oh iya, saya adalah anak kedua dari tiga bersaudara dan warna favorit saya adalah putih. Nggak cuma putih sih.. saya juga suka suka banget warna pink dan coklat. Kalau ngomongin makanan, makanan favorit saya itu adalah salad buah. Minuman kesukaan, air putih aja, gak terlalu suka teh, gak suka kopi dan anti minum minuman bersoda. Kalau harus disuruh milih, antara segelas susu coklat hangat atau makan, saya pilih segelas susu coklat hangat.!!!

Apalagi ya, udah deh segitu aja ya... kalau pengen tahu saya sehari-hari silahkan temukan saya di : 
Facebook :Widiani
Instagram : ade_reads
Goodreads : ade_reads 

Itu sedikit tentang saya, sekarang cerita tentang blog ini yaa. Blog yang sangat sederhana dan apa adanya yang isinya campur aduk dan kadang-kadang suka ngacapruk kagak jelas.

Mulai dari background picture. Gambar ini sebenarnya gak sembarangan lho, pas nemu gambar ini seneeng banget karena cocok dan gua banget. Pokoknya bermakna deh...

Warna birunya mewakili warna birunya langit. Karena saya sukaa banget memandangi langit, apalagi kalau langitnya biru cerah, sukaaa banget. Pokoknya ada kenikmatan tersendiri gitu, hehehh... Terus warna putih yang berbentuk seperti awan. Itu juga sangat mewakili hobi saya yang suka memotret-motret awan. Gak ada kerjaan banget ya, ahahaa....

Simbol hati berwarna pink. Simbol hati adalah simbol yang sejak lama banyak digunakan untuk menunjukkan spiritualitas, emosi, moral, dan pada masa lalu, juga sebagai pusat kecerdasan manusia. Simbol hati juga banyak digunakan sebagai ekspresi cinta dan kasih sayang. Oleh karena itulah saya sangat memfavoritkan simbol yang satu ini, terlebih warnanya itu warna pink, warna favorit saya. Lalu ada bentuk bulan sabit. For your information, bulan adalah salah satu benda langit kesayangan saya. Rasanya itu senang banget kalau liatin bulan sabit apalagi kalau bulannya sedang dalam fase purnama. Subhanallah indah sekali...

Dan Terakhir ada bentuk bunga berwarna hijau. Bunga secara umum melambangkan keanggunan dan kecantikan. Dan dua hal itu adalah saya banget. Anggun dan cantik, jadi pas dong...? hihihiii..... bohong deh. Dan warna hijaunya itu mewakili planet bumi banget, ya kan? setuju dong?
(((update, sekarang templatenya sudah gantii ^_^)))

Terus kenapa nama blognya 'Dee Is My Name'...?


Tidak ada alasan khusus. Hanya saja selain dipanggil Ade, saya sering juga disapa atau lebih tepatnya saat ada yang memanggil, suka dipanggil "De..." atau "Dee..." gitu. Jadinya pengen aja kasih nama blog ini Dee Is My Name. Kalau tentang alamat blognya, "deebacalah.blogspot.com"... "dee"-nya itu tentu aja mewakili nama saya dan "bacalah", maksudnya silahkan bacalah postingan-postingan dalam blog ini, mudah-mudahan ada manfaatnya. Hehehe... maksain banget gak sih -_-

Tentang deskripsi blognya, gak usah dijelasin yaa... gitu deh pokoknya, hehe...

Kalau yang lain-lainnya, misal warna-warna yang dipakai dan widget-widget yang dipasang itu memang udah cocok, sesuai banget dengan apa yang saya mau saat ini. Sebetulnya pengen juga ganti template blog ini dengan tampilan template yang lebih terlihat profesional, berbau-bau luar angkasa dan tetap ringan loading. Tapi sampai saat ini belum nemu template yang benar-benar pas dihati...

Sangat simple? iya.. bahkan blog saya tidak memiliki menu navigasi dan widget label. Tapi gak masalah kan... karena hingga saat ini, saya memang maunya seperti ini, sederhana dan loading cepat. Karena tujuan utama saya ngeblog adalah berbagi informasi, jadi biar orang yang membutuhkan informasi dari blog saya ini bisa dengan cepat membuka halaman yang mereka tuju. ^_^

Pertama kali bikin blog ini kapan yahh, saya sendiri juga udah lupa tepatnya kapan, dan males nyari tahu juga, hehehe... yang pasti bulan Januari tahun 2012. Kalau postingan-postingan tahun 2010 dan 2011 itu sebenarnya postingan dari blog saya sebelumnya.

Mengenai isi dalam postingan-postingan di blog ini, sebenarnya ada 3 kategori. Yaitu mengenai UFO dan Alien, Astronomi dan lainnya yang berisi tentang tulisan-tulisan mengenai Islam, science, tulisan/curhatan pribadi, award, review buku, musik, film daaaaann lain-lainnya lagi. Nggak dipungkiri, awal-awal ngeblog dulu memang suka pinjam artikel dari blogger lain, hihihi.... jujur lho iniii. Meskipun begitu selalu saya cantumin kok linkback nya. Selebihnya, selain tulisan yang bersifat pribadi, postingan berisi informasi atau bersifat pemberitaan lebih suka menerjemahkan sendiri dari situs-situs luar negeri atau dari media cetak dan online dalam negeri sebagai bahan referensi.

Nah, itulah sedikit tentang saya dan blog saya yang sangat sederhana ini. Semoga apa yang saya share melalui blog ini bisa bermanfaat bagi siapapun yang membacanya.

Dan terima kasih banyak yaa untuk sahabat-sahabat blogger yang selalu menyempatkan berkunjung, salam blogger, salam persahabatan (6_9)

Wassalamualaikum... Wr, Wb.

Saturday, September 7, 2013

Ayoo... Download Stellarium Versi 0.12.2, Versi Terbaruuu.!!!

4 comments
Assalamualaikum....

HeLLoWww.... Everybody, Selamat Hari Sabtuuu... Weekend, weekend, weekend pada jalan-jalan kemana nih? atau dirumah aja kayak saya? hihihi, iya nih lagi agak kurang sehat jadinya nggak bisa kemana-mana deh, ah biasanya juga jarang pergi kemana-mana sih, hehehe.... Tapi dari kemarin-kemarin udah direncanain hari ini pengen banget ke toko buku, gak jadi deh...

Eh iya.. cerita dikit, kemarin menjelang waktu sholat Isya, kan geraaaah banget tu ya. Ah alias hareudang pisan pokokna mah. Gitu juga gak sih ditempat kalian?. Nah, karena gerah itu duduk-duduk deh diluar sambil liat-liat langit. Siapa tahu aja ada UFO yang lewat sambil alien nya say hi, say hi... hehehe.... 

Nah, waktu lihat ke sebelah barat, eh ada satu bintang yang cantik banget, berwarna kemerahan dan berkedip-kedip. Ada yang lihat juga gak? itu namanya bintang Arcturus lho...
Screenshoot Stellarium
06/09/2013 (19:01 WIB)
Saat itu, bintang Arcturus, planet Saturnus dan planet Venus terlihat membentuk segitiga sama kaki. Dan saat itu juga, sangat dekat dengan planet Venus ada titik cahaya yang meskipun terlihat lebih kecil dari planet Venus namun terlihat sangat terang. Hmm... sempat bertanya-tanya, itu bintang apa sih yaa? Kecil-kecil kok cantik, kayak saya gitu meskipun kecil dan pendek tapi cantik, hahaha.... Tapi mau bertanya sama siapa, saat itu saya duduk sendirian. Bertanya sama rumput bergoyang? Lihat kesana kemari gak ada rumput, karena baru kemarin halaman rumah dibersihin sama ibuku (*mulai ngacapruk nih perasaan...).

Oke, lupakan tentang rumput dan halaman rumah saya yang luas itu yang bikin saya menderita lahir dan batin kalau kebagian nyapu halaman. Tapi tetap aja penasaraaan banget pengen tahu itu bintang apa sihh...?. 

Akhirnya karena terdorong rasa penasaran yang bergumuruh di dada (*hweeew...) buka laptop deh... Nah, abis itu langsung double klik salah satu short cut di layar. Yuph, tak lain dan tak bukan yang saya klik itu adalah aplikasi simulasi langit sejuta umat yaitu Stellarium yang tercinta yang very usefull. Dan setelah aplikasi Stellarium terbuka dan setelah mengarahkan arah pandang ke langit sebelah barat, seketika itu pula saya tahu, kalau ternyata titik putih kecil yang bercahaya terang didekat planet Venus itu adalah Bintang Spica, sodara-sodaraaa...

Nah, omong-omong tentang aplikasi simulasi langit yang bernama Stellarium ini (*hoaamm... panjang bener yahh preambule-nya, hehehe), udah pada tahu belum kalau sekarang udah ada versi terbaru lagi lhoo... yaitu Stellarium versi 0.12.2. Mungkin ada yang masih bingung dan bertanya-tanya apakah gerangan yang dimaksud dengan Stellarium itu?, kamu bisa baca disini.

Buat yang mau download versi terbaru saat ini, ayoo download disini. Right Now.!!!. Mengenai fitur-fiturnya bisa kalian baca di websitenya langsung yaa...


Oke deh, selamat mendownload, selamat mempelajari dan "menjelajah" langit yaa...

Wassalamualaikum... Wr, Wb.

Okultasi Venus 9 September 2013

6 comments
Assalamualaikum... 

Hai... Seperti yang telah diinformasikan pada postingan sebelumnya, pada tanggal 9 September 2013 akan terjadi peristiwa astronomi yang disebut dengan Okultasi Venus.

Hmm... buat yang belum tahu, pasti bertanya-tanya, apa siih Okultasi Venus itu? Yukk, ikuti penjelasan berikut yaa...

Gambar contoh saat terjadi
Okultasi Planet oleh Bulan
Okultasi adalah suatu peristiwa tertutupnya suatu benda langit oleh benda langit lainnya yang berukuran lebih besar (dilihat oleh pengamat dari Bumi). Akibatnya, benda langit yang tertutupi menjadi tidak terlihat sama sekali karena tersembunyi dibelakang benda lainnya yang lainnya.

Mungkin ada pembaca yang berpikir "Oh itu kan sama dengan peristiwa gerhana". Atau mungkin bertanya : "Lalu apa bedanya dong Okultasi dengan gerhana?"

Memang betul, secara sepintas, penjelasan mengenai Okultasi mirip dengan penjelasan mengenai Gerhana. Tapi sebenarnya, ada perbedaan yang mudah dipahami diantara keduanya lho... Yaitu, gerhana hanya terjadi pada Bulan dan Matahari saja, sedangkan okultasi terjadi secara umum pada semua benda langit. 

Contoh okultasi misalnya, tertutupnya planet, bintang atau gugus bintang, dan asteroid oleh Bulan. Atau bisa juga okultasi oleh planet terhadap bintang atau planet lainnya. 

Suatu benda langit dikatakan mengalami okultasi apabila jarak antara kedua objek tersebut lebih kecil daripada jari-jari objek yang menghalangi. Jarak yang dimaksud bukanlah jarak sebenarnya kedua benda langit tersebut, tetapi jarak yang dimaksud adalah jarak yang dibentuk dari pengamatan yang dilihat dari Bumi sebagai titik acuan.

Nah peristiwa seperti itulah yang akan terjadi terhadap planet Venus pada tanggal 9 September 2013 pukul 13:15 WIB. Dimana pada saat itu planet Venus akan terlihat tertutup oleh Bulan yang dilihat dari Bumi.

Ilustrasi Terjadinya Peristiwa Okultasi Venus

Peta lokasi pengamatan Okultasi venus 9 September 2013


Namun sayang, berdasarkan peta lokasi keterlihatan okultasi venus diatas kejadian ini tidak bisa dilihat di Indonesia. Bisa kita lihat dari peta diatas lokasi terbaik untuk mengamatinya adalah di wilayah Amerika Selatan. Meskipun begitu, semoga saja informasi ini bisa menambah lagi wawasan kita di bidang ilmu astronomi khususnya mengenai peritiwa Okultasi planet oleh Bulan.

Wassalamualaikum... Wr, Wb.



Referensi :
Lunar Occultations.com
Universe Today.com
Moon Tracks.com

Thursday, September 5, 2013

Peristiwa-Peristiwa Astronomi bulan September 2013

8 comments
Assalamualaikum....

Yeaaayy, it's September.!! Dan akhirnyaa bisa nulis lagi disini, di blog yang apa adanya yang isinya campur aduk, hehehh...
So, what is your September wish list?, whatever mudah-mudahan bisa terealisasi yaa... 

Eh iya, omong-omong tentang peristiwa astronomi yang terjadi pada bulan September, pada tanggal 1 September 2013 kemarin adalah puncak hujan meteor Alpha Aurigid lho. Tapi maaf ya gak sempat share infonya sebelumnya. Eitss jangan sedeeeh, karena selain hujan meteor Alpha Aurigid yang sudah terjadi pada tanggal 1 itu, masih ada banyak peristiwa astronomi lainnya yang akan terjadi di bulan September ini yang tentu saja sayang untuk dilewatkan.

Kalender September 2013
Sumber gambar : www.123rf.com

Peristiwa-peristiwa astronomi yang terjadi pada bulan September 2013 ini adalah sebagai berikut :
  • 01 September : Hujan Meteor Alpha Aurigid
  • 05 September : Bulan Baru
  • 09 September : Okultasi Venus
  • 10 September : Konjungsi Saturnus dan Venus
  • 13 September : Bulan Separuh Awal
  • 15 September : Bulan di Perigee
  • 19 September : Bulan Purnama
  • 20 September : Bulan - Uranus 3.2 derajat
  • 23 September : Ekuinoks September
  • 25 September : Merkurius di Perihelion
  • 27 September : Bulan Separuh Akhir
  • 28 September : Bulan di Apogee
Mengenai peristiwa astronomi Okultasi Venus, Konjungsi Saturnus dan Venus, Bulan di apogee, Bulan di perigee, Ekuinoks September dan Merkurius di Perihelion Insya Allah akan saya jelaskan dalam masing-masing postingan yang berbeda. Jadi, tungguin aja ya...

Semoga bermanfaat, silahkan di share.

Wassalamualaikum... Wr, Wb.



Referensi :
www.seasky.org
www.go-astronomy.com