Saturday, May 31, 2014

Review Buku - Mansfield Park karya Jane Austen

10 comments
Assalamualaikum...

Fiuhh... akhirnya selesai juga baca karya salah satu novelist Inggris yang sangat terkenal itu. Entah kenapa, lumayan rada lelet bin lemot baca Mansfield Park ini. Sampai dua minggu lebih dua hari, mulai bacanya tanggal 16 Mei 2014 dan baru selesai tadi siang, 31 Mei 2014. Padahal ceritanya bagus, dan bukunya juga sebenarnya tidak terlalu tebal.

Dan kalau sebelumnya saya coba tulis review novel karya Jane Austen yang berjudul Pride and Prejudice, yang sangat terkenal itu. Nah kali ini (dengan bantuan dari wikipedia, hihiii...) saya coba tuliskan lagi review novel lainnya yang merupakan karya Jane Austen juga, yaitu yang berjudul Mansfield Park.


Mansfield Park adalah salah satu novel karya Jane Austen, ditulis di Chawton Cottage antara bulan Februari 1811 dan 1813. Novel ini dipublikasikan pada bulan Mei 1814 oleh Thomas Egerton.

Identitas Buku
Judul : Mansfield Park
Penulis : Jane Austen
Bahasa : Indonesia
Penerjemah : Berliani Mantili Nugrahani
Penerbit : Qanita (PT Mizan Pustaka)
ISBN : 978-602-9225-42-6
Rilis pertama di Indonesia : Februari 2012
Jumlah Halaman : 620
Ukuran buku : 13 x 20,5 cm
Beli di : Facebook Mizanmedia Utama
Harga : Rp. 47.200,- 
(disc 20% Rp. 59.000,-)

Review Cerita
Karakter utama dalam cerita berjudul Mansfield park ini bernama Fanny Price, seorang gadis muda dari sebuah keluarga besar yang miskin. Saat berusia 10 tahun, ia diasuh oleh paman dan bibinya, Sir Thomas, seorang baronet, dan Lady Bertram, yang tinggal di Mansfield Park. Sebelumnya dia tinggal bersama orangtuanya sendiri, Lieut. Price dan istrinya, Frances (Fanny), saudara perempuan Lady Bertram. Dia adalah anak kedua dan anak perempuan pertama, dengan tujuh orang saudara lahir setelahnya. Dia memiliki keterikatan yang kuat dengan kakak laki-lakinya, William, yang pada usia 12 telah mengikuti ayahnya masuk dalam angkatan laut. Dengan begitu banyak mulut yang harus diberi makan sementara pendapatan terbatas, ibu Fanny bersyukur karena Fanny tinggal bersama saudaranya yang bernasib baik.

Di Mansfield Park, Fanny tumbuh bersama saudara sepupunya yang lebih tua, Tom Bertram, Edmund Bertram, Maria Bertram dan Julia, tetapi ia selalu diperlakukan dengan buruk oleh mereka. Hanya Edmund, anak kedua, yang bersikap baik padanya. Dia juga yang paling baik hati dari saudaranya yang lain: Maria dan Julia yang sombong dan manja, sementara Tom adalah penjudi yang tidak bertanggung jawab. Seiring waktu, rasa syukur Fanny untuk perhatian Edmund diam-diam tumbuh menjadi cinta. Bibi yang lainnya, Mrs Norris, istri Parson setempat, memberi perhatian dan kasih sayang yang berlimpah pada keponakan Bertram-nya, terutama Maria, tetapi ia bersikap kasar dan kejam terhadap Fanny.

Dia menyisihkan Fanny dari acara-acara dan kesenangan lainnya. Beberapa tahun setelah Fanny tiba, bibi Norris menjanda, kemudian pindah ke pondoknya sendiri, dan menjadi pengunjung tetap Mansfield Park. Sir Thomas menawarkan sebuah rumah pendeta kepada Dr. Grant, yang pindah bersama istrinya.

Ketika Fanny berumur 16 tahun, sang kepala keluarga, Sir Thomas pergi selama setahun untuk mengurus masalah perkebunannya di Antigua. Dia mengajak serta Tom dengan harapan pengalaman tersebut bisa menyadarkannya. Sementara itu Mrs. Norris sedang bertugas mencari seorang suami untuk Maria Bertram dan berhasil memperkenalkan keponakan favoritnya pada Mr. Rushworth, seorang pria kaya raya yang agak bodoh. Maria menerima lamaran pernikahannya, Sir Thomas segera menyetujui setelah ia kembali.

Pada saat itu, Henry Crawford yang kaya, modis dan duniawi beserta saudara perempuannya, Mary Crawford, tiba di rumah pendeta untuk tinggal bersama Mrs. Grant, kakak tiri mereka. setelah setahun di Antigua, Sir Thomas menyuruh Tom pulang sementara ia melanjutkan bisnisnya senriri. Walaupun istrinya pemalas dan tidak bertanggung jawab akan semua hal, Sir Thomas merasa yakin akan situasi keluarganya, dengan mengandalkan campur tangan Mrs. Norris dan merasa yakin Edmund yang bertanngung jawab akan menjaga keluarganya.

Kedatangan keluarga Crawfords yang menarik, mengganggu ketenangan di Mansfield dan memicu serangkaian ketertarikan antara dua keluarga. Mary dan Edmund mulai saling tertarik satu sama lain, walaupun pilihan sebenarnya adalah Tom sebagai pewaris dari Mansfield Park. Meskipun Edmund khawatir akan gaya bicara Mary yang seringkali sinis dan kurang tegas, serta Mary juga tidak senang dengan Edmund yang ingin jadi pendeta, ketertarikan mereka semakin tumbuh.

Fanny takut Mary akan menyukai Edmund, dan cinta itu akan membutakan Edmund akan kekurangan Fanny. Sementara itu, selama mengunjungi perkebunan Mr. Rushworth di Soherton, Henry sengaja mempermainkan cinta Maria dan Julia, membuat mereka berselisih paham. Maria parcaya bahwa Henry jatuh cinta padanya dan memperlakukan Mr. Rushworth dengan acuh tak acuh, yang memicu kecemburuannya. Walaupun tidak seorang pun memperhatikan Fanny, dia sangat jeli melihat situasi hubungan Maria and Henry.

Didorong oleh Tom dan temannya Mr. Yates, orang-orang muda tersebut memustuskan untuk memainkan permainan Elizabeth Inchbald yaitu Sumpah Pecinta; Namun, Edmund dan Fanny adalah alasan permainan itu dilakukan, percaya bahwa Sir Thomas tidak akan setuju dan merasa mereka pantas mendapatkannya yang melibatkan hal-hal yang tidak pantas dan tidak dapat diterima. Akhirnya Edmund dengan enggan setuju untuk mengambil peran Anhalt, kekasih dari karakter yang dimainkan oleh Mary Crawford. Selain memberikan Maria dan banyak Edmund ruang untuk berbicara tentang cinta dan pernikahan, permainan memberikan dalih untuk Henry dan Maria untuk saling menggoda di depan umum.

Ketika Sir Thomas dengan tak terduga tiba di rumah di tengah-tengah acara permainan, acara tersebut segera dihentikan. Henry, yang telah diharapkan Maria untuk melamarnya, pergi, dan dia merasa hancur, menyadari bahwa Henry tidak mencintainya. Meskipun ia tidak menyukai atau menghormati Mr Rushworth, mereka akhirnya menikah, untuk melarikan diri dari suasana Mansfield yang menyesakkan, dan mereka berangkat ke Brighton, membawa Julia bersama mereka. Sementara itu, penampilan Fanny yang baik dan sifatnya yang lembut membuatnya disayangi oleh Sir Thomas, yang mulai memperlakukannya dengan baik. Dengan kepergian Maria dan Julia, Fanny dan Mary Crawford menjadi dekat satu sama lain. Diluar keinginan Mary dan tau hal ini akan menyenangkan Edmund dan ayahnya, Mary akhirnya berteman dengan Fanny.

Henry kembali Mansfield Park dan memutuskan menghibur dirinya dengan membuat Fanny jatuh cinta padanya. Namun Fanny tetap mencintai Edmund secara diam-diam, dan keadaan justru berubah ketika Henry benar-benar jatuh cinta pada Fanny. Untuk menjelaskan maksudnya, dia menggunakan koneksi keluarga untuk membantu saudara lelaki Fanny, William naik pangkat menjadi letnan angkatan laut, demi membahagiakan Fanny. Tapi, ketika dia melamar Fanny menolaknya, sebagian kerena dia tidak menyukai sifat Henry dan juga karena dia mencintai orang lain. Sir Thomas yang kecewa dan terkejut karena penolakan itu, karena lamaran itu sangat menguntungkan bagi gadis miskin seperti Fanny. Dia mencela sikap Fanny tersebut dan percaya penolakan itu karena Fanny terlalu malu untuk menerimanya, dan mendorong Henry untuk bertahan.

Untuk menenangkan pikirannya, Sir Thomas mengirimnya untuk mengunjungi rumahnya di Portsmouth, berharap dengan kenyamanan disana akan membantu Fanny mempertimbangkan kembali tawaran Henry. Dia bertemu dengan William yang sedang cuti. Di Portsmouth, dia mendekatkan diri pada adik perempuannya Susan,tetapi terkejut dengan perbedaan lingkungan bermoral - kebisingan, kekacauan, makanan enak dengan lingkungan di Mansfield. Henry mengunjunginya untuk meyakinkannya bahwa ia telah berubah dan pantas bersama Fanny. Walaupun Fanny masih menegaskan bahwa dia tidak bisa menikah dengannya, sikapnya sudah mulai melunak, terutama karena Edmund dan Mary terlihat akan bertunangan.

Henry pergi ke London, dan tak lama kemudian, Fanny mengetahui skandal yang melibatkan Henry dan Maria. Keduanya bertemu di sebuah pesta dan menghidupkan kembali ketertarikan mereka, dan Maria telah meninggalkan suaminya demi Henry. Sebuah skandal besar tentang perselingkuhan, Maria dicap sebagai istri yang berzina, Mr Rushworth menggugat cerai, dan martabat keluarga Bertram hancur. Dan keadaan menjadi lebih buruk, Tom jatuh sakit, dan Julia, takut bahwa ayahnya akan mengurungnya , telah kawin lari dengan teman Tom, Mr Yates.

Ditengah kesusahan itu, Fanny kembali ke Mansfield Park dengan saudara perempuannya, Susan, yang dengan senang hati diterima oleh seluruh keluarga. Sir Thomas menyadari bahwa Fanny bertindak benar dengan menolak lamarn Henry dan sekarang menganggapnya sebagai anak. Selama pertemuan emosional dengan Mary Crawford, Edmund menyadari bahwa Mary tidak mengecam perbuatan Henry dan Maria, dan meyembunyikannya. Perhatian utamanya adalah menutupinya, dan dia menyiratkan bahwa jika Fanny menerima Henry, masalah ini tidak akan ada. Edmund, yang telah mengidolakan Mary, merasa bahwa ia telah mengetahui sifar Mary yang sebenarnya. Dia memberi tahu Mary dan kembali ke Mansfield untuk menyelesaikan tugas yang diberikan kementrian.

Dalam kesedihan untuk melupakan Mary, Edmund menyadari betapa penting Fanny baginya. Dia menyatakan cintanya dan mereka pun menikah, kemudian mereka pindah ke rumah pendeta Mansfield Park, dekat dengan orang-orang yang mereka sayangi. Tom sembuh dari sakitnya dan menjadi pria yang lebih baik dari sebelumnya. Henry Crawford menolak untuk menikahi Maria, yang dibuang oleh keluarganya dan tinggal di negara lain bersama bibinya Mrs. Norris. Fanny menjadi teladan moral bagi Mansfield Park.

Tokoh dan Karakter

  • Fanny Price
    Anak kedua tertua dari sembilan bersaudara yang dikirim untuk tinggal bersama saudara perempuan ibunya di Mansfield Park saat berumur 10 tahun. Fanny orang yang sensitif, pemalu, pintar, taat beragama, memiliki moral yang baik; dan statusnya di Mansfield Park sebagai saudara yang miskin membuat perlakuan padanya dibatasi. Banyak bagian dalam novel bercerika ketika dia berumur depalan belas dan sembilan belas tahun. Sejak muda ia telah jatuh cinta pada sepupunya Edmund dan ketika keduanya telah menyadari perasaannya mereka pun menikah. Fanny juga disukai oleh Mr Henry Crawford.

  • Lady Bertram
    Maria Ward, yang menikah dengan pria kaya, Sir Thomas Bertram. Anak kedua dari Wards bersaudari, Miss Ward, Maria dan Frances (Fanny). terlahir sebagai "Miss Maria Ward, dari Huntingdon, hanya dengan kekayaan sebesar tujuh ribu pounds..."

  • Mrs. Norris
    Kakak tertua Lady Bertram yang suka mencampuri urusan orang lain dan kikir yang tinggal dekat\Mansfield Park. Suaminya, Mr. Norris, dulunya adalah pendeta di Mansfield Park sampai kematiannya. Dia tidak menyukai Fanny dan dalam berbagai kesempatan memperlakukannya dengan buruk dan membedakan perlakuan antara Fanny dengan sepupu-sepupunya yang kaya. Mrs. Norris juga mengambil setiap kesempatan untuk menyimpan uang, seperti mengambil barang-barang dari Mansfield Park untuk rumah sendiri.

  • Sir Thomas Bertram
    Seorang baron, suami dari bibi Fanny, Lady Bertram. Dia pemilik tanah Mansfield Park dan juga properti di Antigua. Dia sebenarnya tegas dan cermat, namun sangat memanjakan keluarganya. Dia membantu semua keponakan istrinya dalam mencari kerja ketika mereka dewasa. Dia kemudian menyadari tingkah lakunya mungkin telah menyebabkan kehancuran putri sulungnya. Dia ingin anak-anaknya sendiri lebih seperti keponakannya Fanny and William Price.

  • Tom Bertram
    Putra sulung keluarga Betram, dia lebih tua tujuh tahun dari pada Fanny. Tom tertarik dengan pacuan kuda, berpesta dengan masyarakat London dan menikmati teater bersama temannya, Mr. Yates. Tom menimbulkan utang yang besar, memaksa Sir Thomas untuk menjual posisi gereja yang akan diduduki adik Tom, Edmund. Satu perjalanan perayaan membuat Tom demam dan ia kemudian belajar akan kesalahannya.

  • Edmund Bertram
    Putra termuda Sir Thomas dan Lady Bertram; lebih tua 6 tahun dari Fanny dan berencana menjadi pendeta. Hanya dia sendiri dalam keluarnya yang peduli pada perasaan Fanny. Sebagai penjaga dan teman, dia berpengaruh besar pada Fanny dalam membangun karakternya. Tapi dia juga menipu diri sendirinya, dan tanpa berpikir menyebabkan Fanny terluka terutama ketika ia tertarik dengan Miss Crawford. Namun pendapatnya tentang skandal yang melibatkan Ny Rushworth dan Mr Crawford menyinggung perasaan Edmund. Dia kemudian menyadari bahwa ia jatuh cinta pada Fanny dan mereka menikah.

  • Maria Bertram
    Putri tertua Sir Thomas dan Lady Bertram yang sangat cantik; dia lebih tua tiga tahun dibanding Fanny. dia bertunangan dengan Mr. Rushworth tapi dia tertarik pada Henry Crawford. Dia mengarapkan Mr. Crawford untuk melamarnya dan ternyata tidak, dia kemudian menikahi Mr. Rushworth demi £12,000 setahun, meskipun dia mengetahui lelaki itu sopan dan memiliki sedikit kekurangan tapi uang mempengaruhinya. Mr. Crawford kembali ke kehidupannya segera setelah menikah dan mereka melarikan diri bersama. Rushworth menceraikannya dan ia dikembalikan ke keluarganya karena Mr Crawford menolak untuk menikahinya. Dia akhirnya tinggal bersama Mrs. Norris "di negara lain."

  • Julia Bertram
    Putri termuda Sir Thomas dan Lady Bertram; dia lebih tua dua tahun dibanding Fanny. Dia mempunyai perasaan yang kuat pada Mr. Crawford, tapi menyadari lelaki itu lebih tertarik pada Maria. Mr. Yates mentukainya, yang cepat berakhir ketika Sir Thomas kembali dari Antigua. Julia kemudian pergi bersama Mr. dan Mrs. Rushworth saat mereka berbulan madu dan tinggal dirumah mereka di kota. Disaat yang sama Maria melarikan diri dengan Mr Crawford, Julia melarikan diri dengan Mr. Yates, seolah-olah untuk menghindari disalahkan oleh ayahnya atas perbuatan Maria dengan Mr Crawford.

  • Dr. Grant
    Pendeta di Mansfield Park, setelah Mr Norris meninggal. Berumur 45 ketika ia tiba di Mansfield Park. Dia seorang lelaki yang sangat menyukai makanan dan minuman.

  • Mrs. Grant
    Istri dari Mr. Grant, dan kakak tiri dari Henry dan Mary Crawford. Dia sangat tertarik akan pernikahan saudara lelaki dan perempuannya. Dia 15 tahun lebih muda dari suaminya dan mereka tidak mempunyai anak.

  • Mr. Henry Crawford
    Saudara lelaki Mrs. Grant dan Miss Crawford. Seorang sarjana uang menawan, persuasif, dan layak yang mempermainkan perasaan Maria dan Julia. Hal ini diamati oleh Fanny. Setelah Maria menikah, ia memutuskan untuk membuat Fanny jatuh cinta padanya tetapi malah dia jatuh cinta pada Fanny. Ia kehilangan kesempatan Fanny setelah dia lari bersama Maria.

  • Miss Mary Crawford
    Saudara perempuan Mr Crawford dan Mrs Grant yang cantik dan menawan, yang menyukai Edmund Bertram meskipun dia adalah anak kedua. Meskipun dia menarik, dia memiliki pandangan tertentu yang akhirnya membuatnya kehilangan Edmund. Dia sering bersikap baik pada Fanny Price, tapi bukanlah teman yang bisa dipercaya. Dia mengetahui rencana Henry untuk mempermainkan perasaan Fanny, tapi tidak melakukan apa-apa untuk meyakinkan Henry atau memperingati Fanny.

  • Mr. Rushworth
    Pria kaya yang membosankan yang bertunagan dengan Maria Bertram. Mereka kemudian bercerai setelah Mary melarikan diri dengan Henry Crawford.

  • The Hon. John Yates
    Teman baik Tom Bertram. Tom dan Yates suka mabuk-mabukan di London membawa kecintaan mereka pada teater ke Mansfield Park. Yates menunjukkan ketertarikan pada Julia Bertram. He kawin lari dengan Julia disaat yang sama Mr. Crawford dan Maria melarikan diri.

  • William Price
    Saudara lelaki tertua Fanny, seorang prajurit angkatan laut, yang sangat dekat dengannya. Mr. Crawford berusaha mendekatkan dirinya dengan Fanny dengan membantu William dalam karirnya. William adalah pemuda yang sopan, baik dan menarik. Hanya dia yang berkoresponden dengan Fanny sampai keluarganya mengunjunginya. Membantu karir angkatan lautnya melalui paman mereka Sir Thomas.

  • Mr. Price
    Ayah Fanny, seorang pegawai di Marines yang tinggal di Portsmouth. Dia tertarik dengan kehidupan laut dan perkapalan di Portsmouth dan menjalin hubungan baik dengan para nelayan disana. Keluarga besarnya membuat penghasilannya tidak mencukupi kehidupan mereka.

  • Mrs. Price
    Terlahir dengan nama Frances (Fanny) Ward, ibu Fanny, saudara perempuan dari Mrs. Norris dan Lady Bertram. Dia menikahi seorang letnan miskin dari angkatan laut, Mr Price, demi cinta. Dia mirip dengan Lady Bertram dalam hal sifatnya yang santai dan pemalas, tapi dengan kaluarga yang besar dan pendapatan yang rendah dia menjadi tidak terurus terbebani oleh kehidupannya. Seperti suaminya, dia sangat peduli pada Fanny.

  • Susan Price
    Saudara perempuan termuda Fanny yang pertama kali dekat dengannya ketika Fanny mengunjungi rumahnya. Dia ikut dengan Fanny ke Mansfield Park dan mengambil tempat Fanny untuk membantu bibinya ketika Fanny menikah dengan Edmund. Karakternya sangat menyerupai Fanny daripada saudara-saudaranya yang lain.

  • Lady Stornoway
    Seorang wanita dari perkumpulan di London, yang terlibat dalam hubungan Mr Crawford dan Maria. Mereka bertemu saat pesta dirumahnya dan melarikan diri setelah pesta selesai.

  • Mrs. Rushworth
    Ibu Mr. Rushworth dan mertua Maria. Mr. Rushworth sedang dalam perjalanan ke Easter untuk menjemputnya ketika Mr. Crawford dan Maria melarikan diri. Mrs. Rushworth tidak menyangi menantunya setelah pernikahan terjadi.
Oh iya, novel ini juga udah diadaptasi ke layar lebar pada tahun 2007 dengan judul yang sama, Mansfield Park. Saya sendiri belum sempat nonton filmnya, tapi dengar-dengar... ada cukup banyak perbedaan antara di novel dengan yang dibuku, meskipun inti ceritanya kurang lebih sama.

Pelajaran yang bisa ditemukan dari Mansfield Park ini tidak hanya sebatas perihal cinta, melainkan juga antara lain tentang hidup, pandangan tentang lembaga pernikahan, perbudakan, dan emansipasi wanita. Selain itu, kadang kita tidak menyadari bahwa :
  • selama ini, seseorang (pasangan) yang kita butuhkan dan cari-cari ada di depan mata kita sendiri
  • betapa berartinya dia atau mereka yang selalu ada, mendukung, mendoakan dan menyayangi kita dengan sepenuh hati
Untuk Mansfield Park ini, aku kasih rating 4 dari 5 bintang dan untuk yang belum membacanya recommended banget.

Setelah ini, baca juga "Kutipan-Kutipan Favorit dari Novel Mansfield Park Versi Widiani"


Wassalamualaikum... Wr.Wb.

Monday, May 26, 2014

Buku "Dibawah Bendera Revolusi" Jilid Kedua Karya Ir. Soekarno

44 comments
Assalamualaikum...

Kaget, Senang dan Terharu.
Itu yang saya rasakan saat saya tahu, bahwa salah satu buku yang saya koleksi termasuk buku langka. Dan bahkan katanya (info dari salah seorang teman dan searching di Google) bernilai puluhan hingga ratusan juta!!!

Waww, Subhanalah...!!!
Kaget, karena saya sama sekali tidak menyangka kalau buku pemberian dari Almarhum Kakek saya itu termasuk buku langka yang di tangan para kolektor buku antik/langka saat ini, buku tersebut dihargai dengan harga jual mulai dari Rp. 5 juta hingga diatas Rp. 100 juta bahkan lebih (sesuai dengan kondisi buku dan tahun terbit). Senang, pastinya karena meskipun saya juga sangat suka dengan yang namanya buku (berbagai genre) dan meskipun saat ini saya sedang mulai berburu buku-buku langka juga, tapi... kalau harus mengeluarkan uang lebih dari Rp. 5 juta untuk membeli sebuah buku, rasanya saya belum bisa. Jadi sangat senang dan bersyukur sekali bisa memiliki buku tersebut tanpa harus membelinya. Terharu, tentu saja... karena saya menjadi salah satu pemilik buku langka tersebut. Dimana saat ini, buku tersebut juga sedang dicari-cari oleh mereka para pecinta dan kolektor buku langka. Sekali lagi, saya sangat bersyukur bisa memiliki buku itu tanpa harus bersusah payah untuk mendapatkannya seperti para kolektor buku langka diluar sana, Alhamdulillah... ^_^

Buku yang saya maksud adalah buku yang berjudul :

"Dibawah Bendera Revolusi" 
jilid kedua cetakan kedua karya sang proklamator kita, Ir. Soekarno. 




Bukunya udah tanpa kotak dan cover selimut, karena saat buku itu diberikan kepada saya, kondisi kotak dan cover selimutnya terlihat sangat memprihatinkan, hingga terpaksa kotak dan cover selimutnya itu dibuang aja... nyesel sih sekarang, hihi... 

Secara keseluruhan, buku "Di Bawah Bendera Revolusi" ini menghimpun tulisan-tulisan Bung Karno di masa penjajahan Belanda. Buku ini pertama kali diterbitkan pada tahun 1959.

Menurut informasi yang saya dapat, sampai akhir tahun 1965, buku "Dibawah Bendera Revolusi" yang sudah beredar luas terdiri dari dua jilid. Nah, berhubung saya tahunya tentang jilid kedua saja dan gak tahu menahu tentang jilid kesatunya, jadi saya akan ceritakan sedikit tentang isi dari jilid keduanya saja ya...

Buku "Dibawah Bendera Revolusi" jilid kedua yang juga merupakan cetakan kedua penerbit Panitya tahun 1965 ini, terdiri dari 598 halaman, memuat 20 pidato kenegaraan Bung Karno setiap tahun dalam rangka memperingati 17 Agustus sejak tahun 1945 sampai 1964.


Ke-20 pidato Bung Karno tersebut adalah :
  1. 17 Agoestoes 1945
  2. Sekali Merdeka, Tetap Merdeka!
  3. Rawe-rawe rantas, malang-malang putung!
  4. Seluruh Nusantara Berdjiwa Republik!
  5. Tetaplah bersemangat Elang Radjawali!
  6. Dari Sabang sampai Merauke!
  7. Tjapailah tata-tentram, kerta rahardja
  8. Harapan dan Kenjataan
  9. Djadilah alat sedjarah!
  10. Berirama dengan kodrat
  11. Tetap terbanglah Radjawali!
  12. Berilah isi kepada hidupmu!
  13. Satu tahun ketentuan (A year of Decision)
  14. Tahun tantangan (A year of Challenge)
  15. Penemuan kembali Revolusi kita (The Rediscovery of our Revolution)
  16. "Laksana Malaekat jang menjerbu dari langit", djalannya revolusi kita!
  17. Re-So-Pim : Revolusi - Sosialisme Indonesia - Pimpinan Nasional
  18. Tahun Kemenangan
  19. Genta Suara Republik Indonesia
  20. Tahun "Vivere Pericoloso"
Dalam kata pendahuluan buku jilid kedua yang diterbitkan pada tanggal 20 Agustus 1964, ketua Panitia Penerbit Dibawah Bendera Revolusi, H. Mualliff Nasution (pembantu terdekat Bung Karno), menulis antara lain sebagai berikut :

"Seiring dengan tekad bangsa Indonesia untuk mengganyang terus proyek Neo-Kolonialis "Malaysia", khusus untuk jilid kedua ini dihimpun 20 buah pidato 17 Agustus dari Presiden Soekarno, dengan maksud bukan sekadar untuk memudahkan penelitian dan peninjauan kembali jalannya Revolusi Indonesia serta bahan perbandingan kemajuan antara babak yang satu dengan lainnya, tetapi dengan maksud utama, adalah agar himpunan 20 pidato 17 Agustus ini, tetap memberi api baru - memberi dorongan dan kekuatan baru - bahkan menjadi pusaka keramat untuk menjadi bimbingan yang menyeluruh ke arah tujuan Revolusi Indonesia, yaitu terbentuknya masyarakat yang adil dan makmur berdasarkan Pancasila.

Himpunan 20 buah pidato 17 Agustus ini, bukan hanya sekadar untuk penghias lemari-buku dan memperkaya khasanah perpustakaan dengan sebuah buku yang bernilai dokumenter yang menjadi sumber bagi penulisan sejarah Revolusi Indonesia, tetapi adalah agar menjadi pegangan hidup yang senantiasa segar - menjadi sumber ilham yang tiada kering-keringnya - baik bagi generasi sekarang maupun generasi yang akan datang, demikian pula agar menjadi bahan penelitian ilmiah bagi ahli politik, ahli sosiologi, ahli hukum dan lain sebagainya.

Karena itu, persembahan himpunan 20 buah pidato 17 Agustus ini kepada rakyat Indonesia, adalah dengan maksud agar kita semua mempunyai pegangan yang sama menggerakkan Revolusi Indonesia menuju kemenangan"

Dalam merenungkan pengalaman selama Orde Baru, bagi banyak orang pada masa itu, terasa sekali terjadi kekosongan kepemimpinan moral yang berbobot dan kekosongan guru bangsa yang bisa menjadi sumber ilham perjuangan. Dengan tetap menghormati sejumlah tokoh di berbagai bidang yang berhak untuk mendapat penghargaan dan penghormatan, maka patutlah diakui bersama bahwa Bung Karno, bagaimana pun juga, adalah pemimpin bangsa yang terbesar selama dan hingga saat ini. Ia besar bukan hanya berkat pandai berpidato atau mengobarkan semangat banyak orang, melainkan (dan, bahkan, terutama sekali) berkat kebesaran ajaran-ajarannya. Dan sebagian besar dari ajaran-ajarannya yang penting itu terhimpun dalam buku "Dibawah Bendera Revolusi".

Nah, adakah diantara yang sedang membaca tulisan ini, yang juga mempunyai buku tersebut?, kalau boleh saya sarankan... simpan baik-baik ya bukunya, karena apapun itu, termasuk buku-buku kuno/lama/antik/langka itu, apalagi yang mengandung nilai sejarah tidak bisa dihargai dengan nilai Rupiah tertentu.

Oh iya, saya lagi berusaha banget nabung buat beli buku jilid kesatunya lho... Udah ada inceran, kondisinya terlihat masih sangat mulus lho... tapi harganya agak lumayan sih... mudah-mudahan aja bisa kebeli, tapi kalau ada yang mau ngasih gratis, boleh bangeeett, hehehe...

Wassalamualaikum... Wr.Wb.

Cara Menginstal Aplikasi Camera360 Pada Komputer

39 comments
Assalamualaikum...

Aplikasi Camera360...?? Yaph, siapa yang gak suka dengan aplikasi yang satu ini. Selain penggunaannya yang mudah dan praktis, berkat fitur-fitur efek yang terdapat pada aplikasi ini, hasil foto yang kita ambil jadi terlihat lebih jelas, tajam, bening dan juga bernilai seni. Meskipun, tetap sih... bagus tidaknya kualitas suatu hasil foto itu tergantung pada kualitas lensa kamera, pencahayaan, dan penggunanya.

Berawal dari mencoba mengetikkan "Camera360" di kotak telusur pada webstore Chrome, akhirnya muncullah ide untuk membuat tulisan ini. Karena selama ini, yang saya tahu aplikasi Camera360 (tersedia dalam versi Pro dan Ultimate) adalah aplikasi yang hanya support pada handphone berbasis OS Android dan iOS saja. Tapi ternyata aplikasi ini juga bisa support di OS Windows lho... Ehh, atau udah pada tahu yaa?? Berartiii... cuma aku aja yang kudet, haha... Atau mungkin ada diantara yang sedang membaca tulisan ini ada yang belum tahu juga dan sedang membutuhkan informasi tentang ini? Tenang, tenang... di tulisan kali ini kita coba cari tahu cara menginstal atau memasang aplikasi Camera360 pada komputer/Laptop berbasis sistem operasi Windows tentunya.

Cara Menginstal Aplikasi Camera360 pada Komputer :
  • Pastikan koneksi internet kamu terhubung dengan baik :)
    Mengingat untuk mendownload aplikasi ini dibutuhkan koneksi internet, tentunya :).

  • Peramban/penjelah web (Browser) kamu harus Google Chrome.
    Jika browser kamu bukan Google Chrome, silahkan instal terlebih dahulu disini. Jika sudah atau jika kamu memang sudah menggunakan browser tersebut, yukk lanjut ke langkah ke-3

  • Buka browser Google Chrome.

  • Masuk ke akun Google+ kamu.
    Jika belum punya akun G+, silahkan buat terlebih dahulu. Jika sudah atau jika kamu memang sudah mempunyai akun G+, mari lanjut ke langkah ke-6.
  • Salin, tempel lalu buka link berikut :
    https://chrome.google.com/webstore 
    pada address bar di tab baru, sehingga tampil jendela berikut :


  • Ketik "Camera 360" pada kotak telusur (yang dilingkari merah pada gambar diatas), sehingga muncul tampilan jendela berikut :

  • Klik "GRATIS", maka akan muncul jendela konfirmasi aplikasi baru lalu klik "Tambahkan"


  • Tunggu beberapa saat sampai aplikasi Camera360 berhasil disimpan ke koleksi aplikasi kamu.

Untuk menggunakan aplikasi Camera360 tersebut, tinggal klik ikonnya daaaaan aplikasi Camera360 pun siap digunakan.


Terakhir... upload foto kamu yang akan diedit, lalu edit dengan menggunakan fitur-fitur efek yang tersedia. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat yah...

Wassalamualaikum... Wr.Wb.

Friday, May 23, 2014

Badai Meteor Camelopardalis Tidak Bisa Diamati di Indonesia

6 comments
Assalamualaikum...

Seperti yang telah diinformasikan pada post sebelumnya, bahwa pada tanggal 24 Mei 2014 akan terjadi Badai Meteor Camelopardalis.

Badai Meteor Camelopardalis
Badai meteor Camelopardalis merupakan hujan meteor yang tergolong sebagai hujan meteor langka dan tidak biasa. Akan mencapai puncaknya pada hari Sabtu, 24 Mei 2014. Dengan jumlah rata-rata meteornya bisa mencapai 400 meteor/jam, bahkan ada potensi bisa lebih besar dan diprediksikan akan mencapai hingga ribuan meteor/jam, oleh karena itulah hujan meteor ini disebut sebagai badai meteor.

Observasi disarankan pada saat menjelang matahari terbenam hingga fajar. Pada saat puncaknya itu, Bulan sudah jauh melewati fase purnamanya dan kini sedang menyandang status Bulan tua menuju ke konjungsi Bulan-Matahari yang baru berikutnya. Sehingga gangguan akibat cahaya Bulan di sekitar fase purnamanya dapat ditepis. Namun bila faktor fajar/senja kelautan dan ketinggian radian yang besar diperhitungkan, maka sejatinya hanya kawasan Amerika bagian utara saja yang berpotensi besar menyaksikan hujan meteor ini. Sementara bagian dunia lainnya tidak seberuntung itu.

Adapun sumber meteor-meteor pada badai Meteor Camelopardalis seakan-akan berasal atau terletak dalam rasi (konstelasi bintang) Camelopardalis (Jerapah)

Rasi Camelopardalis di arah langit sebelah utara
Screenshot Sterllarium, dengan pengaturan :
24 Mei 2014, jam 13:00 WIB

Meteor-meteor pada badai meteor Camelopardalis berasal dari remah-remah komet redup yaitu komet 209 P/LINEAR. Komet 209 P/LINEAR baru ditemukan umat manusia dalam kurun satu dasawarsa terakhir, pertama kali terlihat pada 3 Februari 2004 silam oleh sistem LINEAR (Lincoln Near-Earth Asteroid Research). Namun diduga telah melanglang buana dalam lingkungan tata surya di antara orbit Bumi hingga Jupiter sepanjang ratusan hingga ribuan tahun terakhir.

Badai Meteor Camelopardalis Tidak Bisa Diamati di Indonesia
Seperti yang tertulis diatas, badai meteor ini muncul di titik radian (titik di mana seolah meteor muncul di langit) rasi bintang Camelopardalis. Dimana rasi bintang tersebut jika dilihat dari Indonesia berada di cakrawala Utara, sehingga sulit diamati di Indonesia. 

Selain itu puncak badai meteor (ketika remah-remah komet 209 P/LINEAR memasuki atmosfer Bumi) terjadi saat seluruh wilayah Indonesia masih siang hari yakni pukul 13:00 WIB s/d 15:00 WIB.

Dengan demikian Badai Meteor Camelopardalis Tidak Bisa Diamati di Indonesia karena terjadi saat kawasan Indonesia masih siang hari sehingga cahaya meteor kalah oleh cahaya Matahari yang sangat terang.

Berikut peta pengamatan badai meteor Camelopardalis, dimana kawasan Indonesia masuk ke dalam wilayah yang tidak bisa mengamati badai meteor.


Memang cukup mengecewakan, apa lagi badai meteor ini tidak akan terjadi lagi tahun depan, dengan kata lain hanya sekali seumur hidup.

Namun, meskipun kecil masih ada secuil harapan kemungkinan untuk mengamati hujan meteor Camelopardalids dari Indonesia. Salah satunya dengan mengandalkan adanya kemungkinan meteor-terang (fireball) dalam hujan meteor ini. Karena menurut beberapa laporan hingga 2 minggu menjelang puncak hujan meteor Camelopardalis, telah terdeteksi sejumlah meteor-terang yang berasal dari radian ini dan dipastikan merupakan bagian dari hujan meteor Camelopardalids. Beberapa meteor-terangnya bahkan cukup terang, melebihi benderangnya Venus, sehingga berkemungkinan terlihat di siang hari. Inilah salah satu kesempatan untuk menyaksikan hujan meteor yang tak biasa tersebut.

Wishing you clear Sky.!!!

Wassalamualaikum... Wr.Wb



Referensi :
EkliptikaForum Astronom Amatir Indonesia

Monday, May 19, 2014

Crepuscular Rays dan Anticrepuscular Rays

12 comments
Assalamualaikum...

Hai semuanya, apakabar hari ini?
I hope you have a wonderful day !!!

Beberapa waktu yang lalu, atau tepatnya pada hari Jum'at, tanggal 18 April 2014... ehh woww, udah satu bulan yang lalu ternyata, lupa sih mau tulis dari kemarin-kemarin, hehe.... Ok, kembali ke hari Jum'at, 18 April 2014 yang lalu sekitar pukul 05.40 WIB pagi hari, sebuah fenomena menarik terjadi di langit kota tempat tinggal saya, Sumedang (Jawa Barat).

Fenomena apakah itu? Saat itu, terlihat sebuah cahaya panjang yang membentang seperti membelah langit.

Berikut fotonya, yang diambil tepat didepan rumah saya... kebayang dong, pas keluar rumah, pagi-pagi pula... langsung disuguhi Allah SWT pemandangan langit yang begitu indah :

Sumedang, 18 April 2014
Jam 05:40 WIB
Meskipun mungkin, pada foto diatas cahaya memanjang yang saya maksud tidak terlihat begitu jelas karena hanya menggunakan kamera handphone dengan resolusi yang tidak terlalu bagus. Namun, Subhanallah... apa yang terlihat di arah langit sebelah barat daya pada saat itu luar biasa indah. Ditambah dengan hadirnya Bulan yang masih terlihat cukup terang saat itu. Dan setelah saya cek and ricek, saat itu Bulan sedang berada pada fase Wanning Gibbous dengan kenampakan sebesar 86%. Oh iya, kalau-kalau ada yang bingung dengan istilah Wanning Gibbous, akan saya jelaskan sedikit. Wanning Gibbous adalah istilah untuk menyebut bentuk bulan setelah mencapai fase Purnama (Full Moon), dan selanjutnya penyinaran dari Bulan akan mulai mengecil kembali.

Lalu, apakah ada penjelasan secara ilmiah dari fenomena semacam itu? Jawabnya adalah ada, dan fenomena itu disebut Anticrepuscular Rays.

For your information, Guys... selain Anticrepuscular Rays, ada istilah lain yang disebut Crepuscular Rays. Apa perbedaan dan pengertian dari keduanya? Berikut penjelasannya yaa....

Sebelum membahas mengenai Anticrepuscular Rays, kita pahami dulu apa yang dimaksud dengan Crepuscular Rays.

Crepuscular Ray (Indonesia:Sinar Krepuskular) atau disebut juga dengan istilah Sun Rays atau Gods Rays adalah suatu fenomena alam ketika cahaya matahari terlihat beradiasi dari satu titik tertentu. Radiasi cahaya ini bisa terjadi karena cahaya matahari masuk melewati celah-celah di antara awan atau objek lain dan biasanya terlihat menjelang matahari terbit atau tenggelam.

Dibawah ini adalah dua contoh fotonya :

Crepuscular Rays
Fotografer : Les Chatfield
Sumber Gambar : Scribol.com
Crepuscular Rays
Fotografer : Piccolo Namek
Sumber Gambar : scribol.com
Itu mengenai Crepuscular Rays, semoga bisa dipahami... dan sepertinya sudah banyak yang pernah melihat fenomena seperti itu ya...

Nah, sekarang kita cari tahu penjelasan mengenai Anticrepuscular Rays.

Anticrepuscular Ray (Indonesia:Sinar Antikrepuskular) adalah berkas sinar yang mirip dengan Crepuscular, namun terlihat berada di tempat yang berlawanan dari matahari, terjadi ketika Crepuscular Ray yang muncul dari matahari terbit atau tenggelam terlihat mengalami Konvergensi ulang di Titik Antisolar. Titik Antisolar adalah titik langit yang berlawanan dengan arah matahari.

Atau secara sederhana, fenomena Anticrepuscular Rays terjadi karena sinar matahari terhalang oleh awan atau objek lainnya seperti crepuscular ray, namun ia terlihat di arah yang berlawanan dengan matahari. 

Sama halnya seperti Crepuscular Rays, fenomena Anticrepuscular Rays ini juga sering terlihat ketika matahari terbit atau tenggelam.

Berikut adalah dua contoh foto lainnya dari fenomena Anticrepuscular Rays :

Anticrepuscular Rays
di langit Dakota Selatan (Amerika Serikat), 2007
Anticrepucular Rays
di langit Thailand, Februari 2007
Ternyata, fenomena Anticrepuscular Rays tersebut, selain terjadi di kota Sumedang, 18 April 2014 yang lalu, sebelum-sebelumnya juga pernah terjadi di beberapa wilayah lainnya, diantaranya di Dakota Selatan dan di Thailand pada tahun 2007

Ditempat kamu apa pernah terjadi juga fenomena seperti itu? Crepuscular Rays atau Anticrepuskular Rays?
Share ya di kotak komentar :)

Wassalamualaikum... Wr.Wb

Saturday, May 17, 2014

Semoga Allah Memberikan Keberkahan Atas Umurmu dan Umurku

12 comments
Assalamualaikum...

Dear Allah... today i wake up, i am healthy, and i am alive. Thank you and Alhamdulillah. I apologize for all my complaining, i'm truly grateful for all you've done.

Yeps, if yesterday is Maria Gaenata Agnesi's 296th Birthday (16 Mei 1718 - 16 Mei 2014), for your information i am her admirer. And now, today 17th May is birthdaaaayy, Alhamdulillah....

Alhamdulillah, Allah masih memberikan kesempatan kepada saya untuk bisa menghirup oksigen hingga hari ini, hingga bisa merasakan pertambahan usia lagi.

Ada banyak harapan, diantaranya pengen sehat, selalu bisa bertilawah Al-Qur'an setiap hari, menjadi seseorang yang selalu bisa membawa kegembiraan dan berkah buat ibu, bapak, keluarga dan semua orang disekitarku. Dan apa lagi ya... oh iya, berharap banget bisa menjadi seseorang yang lebih bisa mensyukuri setiap nikmat yang diberikan Allah SWT untukku. Udah itu aja...

Ehh, masih ada... mudah-mudahan, tahun ini bapakku jadi beliin aku kuda, hihii... atau, mudah-mudahan ibu sama bapakku mengizinkan aku pelihara singa jantan di rumah, gak usah yang udah dewasa... yang masih kecil aja. Suka banget soalnya sama rambutnya itu, lucu... nggemesiiin, ahaha...
Sama satu lagi, tapi rahasia... gak bisa aku tulis disini, yang jelas aku udah minta sama Allah semoga Allah mengabulkan keinginanku yang satu ini, suatu hari nanti.....

Oh iya, sebelumnya, waktu tanggal 9 Mei kemarin kakak sepupu ku juga ulang tahun lho... dan tanggal 27 Mei nanti juga kakak sepupuku yang satunya lagi, berulang tahun juga. Iya betul, kita bertiga lahir di bulan yang sama, tentunya dengan tanggal dan tahun berbeda, hehe....
This is aa, me and teteh ^_^
Buat aa, a lot of greetings and prays for you... Sekali lagi,  Happy Birthday!!
Barakallah fii umrik wa hayaatik, fii dunya wal akhiraat.. Semoga Allah senantiasa selalu menyayangi aa, tambah sukses, tambah banyak rezeki, sehat, tetap rendah hati and keep humble as i know you ya a... Dan buat teteh, meskipun hari ulang tahunnya masih lama, 10 harian lagi... Happy Birthday juga yaaa.... Barakallah fii umrik. Allah loves you! Semoga teteh senantiasa diberikan kehidupan yang indah oleh Allah. Tambah sukses, tambah banyak rezeki, sehat and keep look pretty, sweet and young. I love you both very much!!!

Juga buat siapapun yang lahir di bulan Mei ini, especially yang miladnya sama dengan saya tanggal 17 Mei ini, Barakallah fii umrik... Semoga Allah memberikan keberkahan atas umur mu dan umur ku, Aamiin...

Hampir lupa, buat semua yang udah kasih hadiah, ucapan dan doa... Jazakillah khoir, hari ini sangat menyenangkan, Terima kasih ya...


    

Wasalamualaikum... Wr. Wb.

Friday, May 16, 2014

Mereka yang tersisa...

10 comments
Assalamualaikum...

Haiii....
Mungkin, hampir setiap orang mempunyai barang-barang koleksi. Hmm.... saya juga. Malahan barang-barang yang saya koleksi itu gak cuma satu jenis aja. Saya mengkoleksi perangko, buku dengan berbagai genre, boneka dengan berbagai karakter, asesories (gelang dan kalung), bando, segala sesuatu bermotif polkadot, segala sesuatu berwarna pink, everything about Hello Kitty and Spiderman... terus saya juga kolektor uang kuno lho, koin sama kertas. Makanya kalau lagi merenung (halahh, kata-katanya yaa) suka pusing sendiri, serba ada... haha....

Tentang koleksi boneka, seperti yang aku bilang tadi... aku mengkoleksinya gak cuma satu warna atau satu karakter aja. Dan buat aku, masing-masing dari mereka gak cuma sebagai boneka belaka. Masing-masing dari mereka mempunyai... apa ya...? "soul" mungkin ya.... entahlah, begitulah kira-kira.... Mereka juga gak sekedar teman tidur, hihi... gak sekedar sebagai sama-sama penghuni kamar dengan saya, tapi juga kadang salah satu dari mereka menjadi teman curhat yang selalu setia mendengar segala keluhan saya. Saat saya sakit, saat saya merasa sedih ataupun senang. Meskipun ya begitulah, bercerita apapun sama mereka, sesedih ataupun sebahagia apapun ceritaku sama mereka... mereka gak pernah merespon siiiih, hihii.... Ya iyalah yaa... Oh iya, hampir semua boneka ku itu aku kasih nama lho... hehehe....

Dan inilah beberapa koleksi boneka saya yang tersisa,


Kenapa saya menyebut mereka sebagai "yang tersisa...", karena merekalah yang tersisa saat ini yang ada di kamar saya. Iyaph, sebagian udah saya kasih ke anak-anak kecil, sebagian lagi saya udah saya packed yang untuk saat ini masih saya simpan, rencananya mau saya kasihin juga nanti... Kenapa dikasihin ke orang lain? nggak sayang? Sayang banget sih, pastinya... Tapi aku pikir, hidup kita di dunia ini gak lama... dan sepertinya akan menyenangkan jika saat kita hidup itu diisi dengan berbagi. Iya... aku harap, mereka (i mean... boneka-boneka ku itu) yang udah gak sama aku saat ini, bisa memberikan kebahagiaan dan kesenangan bagi pemilik barunya....

Oh iya, kamu punya barang koleksi juga? apa? share dong di kotak komentar :)

Wassalamualaikum... Wr. Wb.

Monday, May 12, 2014

May is Brain Cancer Awareness Month

8 comments
Assalamualaikum...

Commemorate Brain Cancer Awareness Month in May

As we know that May is brain cancer awareness month. And cancer is an awful disease with still no cure. For them which are have lost their battle to this horrible disease, I am praying for everyone of you.

And for you, people who are fighting brain cancer, just so you know, you are not alone... let's never give up. Never stop fighting! Keep up the fight! Your stronger than you realize! Your smile lights up others around you!

    

This image was shared by my friend on Facebook,
he is a brain cancer survivor.
I wanted to share it with all of my readers here too.
Jadi sekali lagi, buat kamu yang sedang berjuang melawan sakit kanker, especially brain cancer... never stop believing in hopes because miracles happen everyday. Tetap semangat yaa, karena ada banyak cinta dan juga kasih sayang untuk mu...

        

Wassalamualaikum... Wr. Wb.

Sunday, May 11, 2014

Terjemah Lirik || Celine Dion - I Love You

No comments
I must be crazy now
Pasti aku sudah gila

Maybe I dream too much
Mungkin aku terlalu banyak bermimpi

But when I think of you
Tapi saat memikirkanmu

I long to feel your touch
Kuingin rasakan sentuhanmu

To whisper in your ear
Bisikkan di telingamu
Words that are old as time
Kata-kata yang tlah setua waktu
Words only you would hear
Kata-kata hanya kau yang kan mendengarnya
If only you were mine
Andai kau milikku

I wish I could go back
Andai aku bisa kembali
To the very first day I saw you
Ke hari pertama berjumpa denganmu
Should've made my move when you looked in my eyes
Harusnya aku tlah lakukan sesuatu saat kau tampak di depanku
'Cause by now I know that you'd feel the way that I do
Karena kini aku tahu bahwa perasaanmu sama sepertiku
And I'd whisper these words as you'd lie here by my side
Dan kan kubisikkan kata-kata ini saat kau berbaring di sisiku

IV
I love you, please say
Aku mencintamiu, tolong jawab
You love me too, these three words
Kau juga mencintaiku, tiga kata ini
They could change our lives forever
Akan mengubah hidup kita selamanya
And I promise you that we will always be together
Dan aku berjanji kita kan selalu bersama
Till the end of time
Hingga akhir waktu

So today, I finally find the courage deep inside
Jadi hari ini, akhirnya kutemukan nyali di relung hati
Just to walk right up to your door
Untuk berjalan menuju ke pintumu
But my body can't move when I finally get to it
Tapi tubuhku tak bisa bergerak saat akhirnya aku sampai
Just like a thousand times before
Seperti ribuan kali sebelumnya

Then without a word he handed me this letter
Lalu tanpa sepatah kata pun, dia memberiku surat ini
Read I hope this finds the way into your heart, it said
Kubaca, kuharap ini kan temukan jalan ke hatimu, begitu isinya

Back to IV

Well maybe I, I need a little love yeah
Mungkin aku, aku butuh sedikit cinta
And maybe I, I need a little care
Dan mungkin aku, aku butuh sedikit perhatian
And maybe I, maybe you, maybe you, maybe you
Dan mungkin kau, mungkin kau, mungkin kau, mungkin kau
Oh you need somebody just to hold you
Oh kau butuh seseorang tuk mendekapmu
If you do, just reach out and I'll be there
Jika memang iya, rentangkanlah tanganmu dan aku kan di situ

I love you, please say
Aku mencintaimu, tolong jawablah
You love me too
Kau juga mencintaiku
Please say you love me too
Tolong jawablah kau juga mencintaiku
Till the end of time
Hingga akhir waktu
These three words
Tiga kata ini
They could change our lives forever
Akan mengubah hidup kita selamanya
And I promise you that we will always be together
Dan kuberjanji kita kan selalu bersama

Oh, I love you
Oh, aku mencintaimu
Please say you love me too
Tolong jawablah kau juga mencintaiku
Please please
Tolong kumohon
Say you love me too
Katakanlah kau juga mencintaiku
Till the end of time
Hingga akhir waktu
My baby
Kasih
Together, together, forever
Bersama, bersama, selamanya
Till the end of time
Hingga akhir waktu
I love you
Aku mencintaimu
I will be your light
Aku kan jadi cahayamu
Shining bright
Yang bersinar terang
Shining through your eyes
Bersinar lewat matamu
My baby
Kasih